Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
Default Biar Siap Menjadi Orang Tua, Harus Gimana?

Halo mommy dan para calon mommy!
Sebelum punya anak, biasanya calon mommy dan calon ayah suka bingung kepikiran banyak hal. Antara excited mau punya anak, sekaligus bertanya-tanya, nanti gimana ya? Rasanya kaya apa ya? Bisa gak ya, jadi orang tua yang sukses? Sesekali suka ngerasa ragu, cemas, dan pengen menyerah aja, takut gak bisa menjalani kehidupan sebagai orang tua. Wajar kok, karena kalian belum menjalaninya. Nah, biar siap menjadi orang tua, kalo menurut pengalaman saya sih begini:

1. Membekali Diri dengan Informasi
Ngerasa bingung, cemas, dan takut begini-begitu disebabkan kurangnya informasi. Jadi, bekali diri kita dengan informasi seputar reproduksi, kehamilan, persalinan, tumbuh kembang anak, hingga aspek psikologi. Caranya? Bisa dengan search di google, konsultasi dengan bidan, ngobrol dengan mommy-mommy senior, baca buku-buku, atau jadi member di forum mommy-mommy kaya gini. Kalo ada yang gak ngerti, ragu, atau bikin penasaran, tanyakan aja. Ajakin suaminya juga ya, biar sama-sama pinter dan siap. Obrolin segala yang mommy rasakan dan pikirkan kepada pak suami biar gak ngerasa sendirian.

2. Menjaga Kesehatan
Jaga kesehatan calon mommy dan pak suami biar kelak baby di dalam rahim bisa berkembang sempurna. Makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan lakukan olahraga (ajak pak suami biar berasa kencan, hihi). Siapkan juga asuransi kesehatan karena saat hamil, kita bisa lebih rentan sakit. Jangan sampe sakit parah, terus biayain pake tabungan, eh biaya buat lahiran jadi kurang Asuransi kesehatan juga bisa membiayai persalinan. Jangan lupa, kalo udah launching ke dunia, baby-nya juga didaftarin asuransi kesehatan biar tenang. Kalo sakit apa-apa, butuh pengobatan, asuransi yang tangani urusan biaya.

3. Merencanakan Keuangan
Hal lain yang sering bikin cemas adalah urusan keuangan. Takut gak mampu, takut tabungan kurang, iya kan? Hihi, saya juga sempet ngalamin. Jadi, penting banget buat nabung dan merencanakan keuangan. Masih nyambung sama poin pertama, tanya-tanya sama yang lebih senior seputar biaya buat anak. Perlengkapan anak itu banyak lho, dan harganya gak semua murah Makanya, harus siap-siap sejak awal merencanakan punya anak. Selain nabung, miliki juga investasi. Gak usah yang mahal-mahal kaya properti atau saham, yang gampang aja, kaya asuransi kesehatan sekaligus investasi. Jadi, tiap bulannya cukup bayar premi asuransi kesehatan, tapi udah ada benefit investasinya. Kaya Prudential tuh punya PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru. Cuma bayar premi rutin tiap bulan, tapi investasinya makin lama, makin jadi. Terus, proteksinya, sehat sekarang, aman sampai nanti. Pokoknya pasti dikasih lebih, deh.

Para mommy yang lain, dulu sebelum punya anak, kiatnya apa aja sih biar siap menghadapi peran sebagai orang tua? Yuks share sini…
 
  #2  
Old
Whitne...
 
Posts: 22
 
Kalo saya suka ikutan acara talkshow, seminar, atau senam ibu hamil gitu bun, kan ada dokternya tuh, jadi bisa nambah ilmu, bisa konsultasi. Kadang suka ada ahli gizi atau psikolog juga. Emang bener banget, makin banyak ilmu, bawaannya makin tenang dan siap jadi ibu.
 
  #3  
Old
AlunaB...
 
Posts: 28
 
Setuju, banyak ilmu/info itu membantu jadi lebih siap & tenang jadi ortu bund. Jangan lupa juga mendekatkan diri pada Tuhan, banyak ibadah, banyakin berdoa biar dikasih kesiapan, kemampuan, dan ketenangan bund. Kurang-kurangin bikin dosa biar doanya dikabul, ehehe.
 
  #4  
Old
azkiah...
 
Posts: 18
 
Nice info mom... bener2 harus terus belajar yaa.. semangaatttt
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
anak, bumil, investasi, janin, orang tua


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
"Belum siap jd orang tua" Kata Misua...:'( -- Ngobrol Apa Saja 23
Siap siap menjadi ibu? Ikuti kelasnya disini! -- Area Promosi 0
Menjadi Orang Tua Tanggap -- Diskusi Umum 0
untuk yang lagi promil Harus siap gagal adalah tips agar tidak kecewa -- Diskusi Umum 3
Mungkin dia sudah sangat siap menjadi Duda atau mungin sudah punya penggant -- Ngobrol Apa Saja 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:42.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com