Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Nybegy...   TS 
 
Posts: 32
Default Bunda yg Jadi Pencari Nafkah Utama (butuh sharing dan semangat)

Bunda2 disini yg mengalami jg posisi sbg pencari nafkah utama (breadwinner) karena kerjaan dan gaji lebih baik dr pd suami/suami sedang ga kerja,, sharing dong lg pngen bgt dpt semangat dr bunda2 yg memang mengalami

seringkali berasa capeek bgt dan pusing,, di saat bener2 pengen resign krn pengan full merhatiin anak tp jg ga siap dg kondisi keuangan yg menurun drastis jika aku resign, drastisnya bener2 bun kl aku resign kondisi keuangan bs jadi 1/4 dari kondisi skrg,, belum lg soal brbagai fasilitas dan rasa aman (secure) yg didapat dari instansi tmpt ku bekerja,, rasa aman kl aku trus bkrja disini maka kehidupan keluargaku akan baik2 saja trjamin secara finansial smpe anak gede,, smpe pensiun,,

emg iya rejeki ud diatur, anak ad rejeki masing2, tp tetep aja bun mrasa harus realistis soal keuangan yah apalg sudah punya anak

bayi ku alergi,, bb nya susah naik, kulitnya merah2 trus,, aku ud konsul k brbagai dokter dsa biasa, dsa spesialis gizi, alergi, tes darah alergi, tp tetap jg bingung dg penyebabnya,, melalui tes darah anaku alergi nya rendah2 smua, agak tinggi cm kacang, tp kok anakku merah2 terus jaraaang bgt yg bnr2 mulus,, pdhl aku ga makan kacang

DSA ud saran ini itu,, tp ttp kan aku ga bs praktk lgsg,, DSA alergi nyaranin diet ketat aku krn masih menyusui,, tp susah sekalii aku ga sanggup masak lgsg,, kl beli ya susah kl mau bnr2 clean diet sesuai yg disarankan dokter,, kl masak buat bayi sih masih smpat,, krn gampang,, pakai slowcooker,, kl masak buat org dewasa lebih repot kan,, aku skrg cm brdua sm suami, dd diasuh sm mbak yg pulang pergi aja,, jd ya capeek bgt rasanya,, krjaan kantor banyak pusing + urusan rmh + urusan anak yg spsial dg kondisi alerginya yg mesti ekstra

kadang kl lg capeek bgt suka sedih sndiri,, kok aku ga prnah dpt nafkah utk diri sndiri ya,, ga spt ibu2 lain,, kok kbalik aku yg lebih byk ngasih nafkah, ngasih tmpt tinggal, nanggung cicilan, ngajak liburan,,biayain anak, dll

kl lagi baik2 aja sih aku biasa aja,, bersyukur2 aja, hepi2 aja, krn suami jg orgnya rajin dlm ngerjain tgs rmh dan urus anak

tp skrg kyk lg capeek bgt bun, banyak pikiran, minta saran bunda2 hebat disini yg jd breadwinner jg,, biar bs semangat lg dan TIDAK MERASA SENDIRIAN,, krn org2 yg aku kenal di dunia nyata sii ga ada yg kondisinya spt ini jd suka merasa "saya doang yg kayak gini ya, sedih amat sih"
 
  #2  
Old
bunda ...
 
Posts: 281
 
Saya tdk di posisi bunda, saya ibu rumah tangga.
Coba bunda merenung sebentar bayangin se andainya bunda tdk bekerja mau dpt penghasilan dr mn krn hanya bunda yg jd tulang punggung, memang sgt berat bun bekerja sekaligus lakukan tugas sbg ibu dan istri ngurus rmh. Klo bunda ga kerja beli susu pempers belanja dapur kbthn harian cicilan siapa yg nanggung, lebih berat lg kan mikirin ga punya penghasilan smbil drmh jagain anak. Klo bunda kerja ada penghasilan keuangan aman cuma berat nya di tugas aja dan mikirin kshtn anak.
Skrg kita fokus k kshtn anak bunda, anak bunda alergi, cari tau alerginya dr mn? Debu/bulu2/cuaca (yg berhubungan dg lingkungan) atau anak bunda alergi makanan. Suami bisa jaga anak ajak suami jaga kebersihan rumah dan cara bikin mpasi yg benar perhatikan gizi dr sumber makanannya.
Dsa sudah menyarankan berbagai macam saran bunda hrs jalani demi anak, bunda kerja kan jg demi anak. Kompak dg suami meringan kan tugas bunda drmh dan jaga anak krn bunda sudah ikut membantu keuangan.
Smga bunda selalu diberi kekuatan dan kesabaran
 
  #3  
Old
fateem...
 
Posts: 51
 
Bunda TS cek inbox, makasih banyak...
 
  #4  
Old
diarrr...
 
Posts: 96
 
Kalau saya dan suami sma" kerja bun. Kbetulan anak blm ada , jadi blm ada yg mesti djagai d rmah.
Kalau saranku coba deh bunda curhat sama suami ttg unek" bunda. Suami bunda kan partner hdup bunda , susah snang d rasakan brsama. Kasian bunda kalo tanggung smua bban sndiri, takutnya sampai stress. Jgn dianggap sepele soal stress loh bun. Tpi klo bunda takut suami trsinggung , bunda curhat ke mertua biar mertua yg nasehati suami.
Jgan dibiarin trus bun, biar bgaimnapun mnafkahi adalah kewajiban suami. Bunda kan jga berhak memperjuangkan hak bunda u/ memperoleh nafkah .

Semangaat bun . saya selalu salut dgn working mom seperti bunda. Banyak brdoa bun, spaya sgera dksh jln sma Allah SWT.
 
  #5  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Kalau saya posisinya hampir sama seperti bu TS, hanya saja suami kadang2 ada penghasilan dari usahanya. Tapi ya tidak bisa tiap bulan ada jatah untuk saya, karena tergantung ada tidaknya pesanan. Dulu awal2 nikah suami tertekan karena ibu saya selalu menekankan untuk memberi jatah buat saya. Saya sendiri juga kurang setuju kalau ada yg bilang penghasilan suami untuk istri, dan penghasilan istri sepenuhnya untuk istri. Kalau buat saya sih, yang penting kebutuhan anak2 bisa tercukupi, dan suami juga tidak ngelunjak. Kadang ada perasaan sedih kalau ada keluarga yg butuh bantuan keuangan, tapi saya tidak bisa bantu seperti dulu waktu masih lajang. Tapi saya bersyukur suami saya rajin, dan tidak malu2 ikut mengurus pekerjaan rumah tangga.

Pernah juga suami saya targetkan untuk bisa membiayai listrik & cicilan, sementara kebutuhan makan, bensin & anak2 saya yg tanggung. Tapi ternyata tidak berhasil, karena usaha suami jadi macet karena salah pengelolaan keuangan. Dari situ saya belajar untuk ikhlas menerima pemberian suami apa adanya. Lama2 ortu juga tahu kondisi kami, awalnya kecewa dengan suami saya, tapi akhirnya bisa menerimanya.

Sekarang suami saya diserahi untuk mengurus sawah ortu saya dengan sistem bagi hasil. Lumayan tidak perlu beli beras lagi. Di rumah sebenarnya juga buka toko, tapi barang2nya dari kakak saya semua. Suami yg jaga toko sekalian jaga anak2. Tapi krn toko baju, jadinya ramenya musiman. Maunya saya, variasi dagangan akan saya tambah, tapi uang saya masih pas2an untuk kebutuhan sehari-hari karena masih ada cicilan hutang yg jumlahnya tidak sedikit. Mungkin pertengahan tahun depan setelah hutang lunas, kami bisa mulai menjalankan rencana kami sendiri.
 
  #6  
Old
keynar...
 
Location: bandung
Posts: 147
 
Saya juga pencari nafkah utama bund, suami saya kerja tp penghasilannya lbh banyak saya. Jadi saya yang lbh banyak menanggung beban cicilan, rumah tangga, biaya lain2 jg.. kalo suami saya ya paling kurangnya aja,seringnya malah gaji suami ya buat keperluan dia sendiri.

Kadang saya juga seperti bunda, kesel merasa semua tanggungjawab rumah tangga kok saya yang nanggung. Saya sendiri gak pernah pengen keluar dari kerjaan tp saya cuma pengen soal nafkah harusnya yaa sesuai porsinya aja, saya yang membantu hanya MEMBANTU.. Namanya membantu artinya bukan saya yang utama dong bund tp suami. Jadi saya masih bisa harusnya beli keperluan saya sendiri dg gaji saya dan soal rmh tangga suami saya harusnya lebih mikir. Cuma yaa harapan tinggal harapan yah bund nyatanya sbg istri dan ibu saya jg gak tega ngliat anak dan suami kesusahan. Bunda sih untung punya suami ngerti sendiri rajin bantuin beresin rumah. suami saya duhhh saya banyak berantemnya karna itu bund. Saya cape apalagi saya gak pake pembantu lah suami saya perfectionist ga bisa liat berantakan atau kotor sedikit ngomel nyuruh ini itu, emangnya saya ini apa bund ? Kalo pembantu yaa di gaji ini malah saya yang ngeluarin uang..

Cuma bund saya merasa ini adalah tahapan-tahapan saya dan suami menuju rumah tangga yang semakin kuat, ini ujiannya dan gimana seharusnya kami lalui berdua dg perjuangan berdua. Yah berjuang berdua, krn saya merasa saya berjuang sndiri yaaa saya coba ajak suami. Saya coba pahami dl keinginan suami saya, tp saya juga liat kemampuan saya. Kl saya dan suami soal keuangan nih bund skrg, uang saya dan uang suami ya sm2 bareng2 g ada mlik msing2 tp milik berdua. Yaaa seneng sm2 ngirit sama2 lah, soal kerjaan rmh jg sya coba komunikasikan keinginan saya, ky dwaktu libur minggu suami saya yg beberes rmh ngurus anak sya ckup nyetrika masak aja. yaa gmn enaknya aja.. Itu yg udah berhasil bund, seenggakny bkin saya g ngerasa berjuang sndiri. Saya jg g sungkan2 mnta uang bund ke suami kalo uang saya abis, atau saya mau beli sesuatu.

Oia kaya dulu saya kn udh kerja gaji lbh gede dr saya, saya jg bkin online shop bund yang bkin nambah penghasilan saya. suami saya jg ngedukung bgt bund, tp kok saya mikir nih suami saya jd keenakan bgt bund, sayanya jg tambah sibuk bkin saya tambah stres aja. Dr sana saya coba cari alasan saya stop online shop saya bund, pdhl udh lumayan loh bund cm drpd saya stres ya hrs sya korbankan. Sya blg ke suami kerjaan dkantor sibuk, sya rasa2in dg saya berhenti onlen shop kami g jd kekurangan kok malah suami saya skrg jd lbh banyak andil dlm keuangan. Usahanya jg jd lbh dlancarin bund.. Smpet suami saya protes kok sya berenti onlen shopnya, tp akhirnya sya jelasin saya cape di kerjaan, drumah bkin saya stres, jd sya berenti biar saya g gt stres dan cape. Lama2 suami saya ngerti bund..

Saya percaya sih bund rejeki g ketuker, kaya skrg gaji sya lbh gede dsana sbnerny ada hak suami dan anak saya yg dititipkan ke saya. Jadi sya gak sharusnya mengeluh, gt pun dg suami saya ada hak saya dan anak saya. Seperti ketika saya berhenti onlen shop tp toh kebutuhan kami ttep terpenuhi kok, dr mana ? Dr gaji suami saya yg akhirnya sedikit2 mulai punya andil. Itu sih bund kalo saya dan suami.. Saya jg percaya bund segala bentuk kesusahan saya pasti di ganti kebahagiaan sm Tuhan.

Oia bund kalo saya lg kesel ky bund skrg, saya suka ngelakuin apapun yg saya suka sekalipun it ngeluarin uang banyak saya g pikirin yg penting stres saya ilang, hehehe... Wajar kok bund jenuh kesel dg kondisi bunda, cm bunda hrs anggap it hal wajar, yg di obatin it kejenuhannya. Bunda g sendiri kok bund.. Pelan2 cb bunda jg rubah peran suami dlm keuangan rmh tangga sedikit2 aja sih..
 
  #7  
Old
mahmud...
 
Location: Banyu Urip Wetan IV-G No. 18
Posts: 109
 
Saya dan suami sama2 kerja, gaji suami UMR surabaya. Tapi dy nekad nyicil mobil dmn tiap bulannya bayar cicilan seharga gaji dia 1bulan, saya sangat tdk setuju dia nyicil mobil karena penghasilan pas2an tapi watak suami saya yg keras ini bergaya aja pdhl mobil bukan kebutuhan utama masih ada motor kan. Akhirnya sejak saat itu penghasilan sayalah yg jadi nafkah utama utk keperluan sehari2. Utk beli susu & popok (anak saya masih umur 2thn), utk kontrol kandungan tiap bulan krn kebetulan saya sedang hamil 4bln, utk masak, listrik, pdam, ngasih ortu, mertua, bensin dll.... Dirumah saya tdk ada pembantu, anak saya titipin ke ortu saya, semua pekerjaan rumah saya ngelakuin sendiri mulai bersih2, cuci baju, bersihin kmr mandi, setrika, masak, dll wlaupun kondisi hamil semua saya kerjakan sendiri karena suami yg tdk mau ikut membantu. Sampai pernah disuatu titik dmn saya ngerasa sangaaat capeek, ngerasa semua ini tdk adil, saya ngerasa saya ini bukan robot yg bisa nglakuin smuanya sendiri (mgkn krn saat itu hormon ya, saya lgi hamil muda dmn mual2 muntah2 tapi tetep semua saya kerjakan sndiri), kadang menangis sendiri di tengah mlm. Badan lg pegel pusing suami gk mau tau, gk mau bantu pijet... Maraah rasanya sampai saya berani protes eh malah saya yg dimarahi balik sama suami.

Saya hanya bisa pasrah dan berdoa juga harus tetap semangat demi anak dan calon bayi saya. Bunda pun tetap semangat ya semua demi keluarga ��
 
" رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ "
  #8  
Old
BundaA...
 
Posts: 13
 
Hai bunda TS.. anda tidak sendiri. Kondisi saya juga sama dengan bunda. Pusing n cape pulang kerja ud biasa bun. Tp pas pulang ketemu anak, melihat senyuman anak yg membuat saya kembali bersemangat. Up n down itu biasa bunda, Yang penting Setiap hari kita harus bersemangat buat masa depan anak (ini Yang selalu menjadi pegangan saya disaat down).

Pada awalnya saya juga suka sedih n ga terima dgn keadaan bahkan juga dgn omongan org. Tp dgn berjalannya waktu saya bisa menerima dan legowo dgn kondisi skrg serta menutup kuping dr org luar. Justru dgn menerima semuanya saya merasa Lebih bahagia, dikantor juga suasana kondusif, dan rezeki berupa materi (gaji n bonus) meningkat dr pd saat saya single dahulu..

Alhamdulillah suami bunda mau membantu jagain anak. Begitu juga suami saya juga rajin jagain anak kami bahkan menbantu anak saya(USIA 2th) belajar bicara, menggambar, menyanyi. Saat anak sakit, suami saya yg begadang nungguin di RS. Satu bulan ini saya bolak balik 7x ke RS cz anak saya sakit bahkan sempat diopname.

Saya juga membesarkan hati suami, bahwa tidak selamanya keadaan spti ini pasti suatu saat akan berubah menjadi Lebih baik yg penting saya dan suami selalu usaha n positive thinking. Dgn keadaan spti ini Justru saya merasa bahwa ada kerjasama yg baik dan saling menghargai satu sama lain.

Untuk masalah keuangan kami berdua hidup ngirit bun. Nomer 1 kebutuhan anak saya utamakan, kl saya dan suami tinggal sisanya aja heheheh

Kalau lagi jenuh cobalah me time sesuai keinginan bunda. Beli baju, ke salon atw pijat sebulan sekali gpp lah hihihi... Kalau saya paling ketemuan sm sahabat2, Kadang juga anak n suami saya ajak.

OK ibu TS.. Semangat yaaa... Cheerss
 
  #9  
Old
nisaa ...
 
Posts: 45
 
Temen deketku sekantor yang mengalami seperti bunda. Sering kita kalo pas makan siang ngobrol dia suka curhat. jadi pendapatan suaminya dari jual beli lovebird yang ngga tentu bun. 700 sampai 1 jt sebulan itu yg dikasih kadang cuma 300 sampai 500 rb. sementara temenku aku juga tau kisaran gajinya berapa yang kalo dilihat kasat mata ngga mungkin nutup bun karena ngga ada sampingan juga. Masih biaya anak nya SD. Kadang dia suka sedih sekaligus sebel kok ya suaminya ngga ada niatan buat kerja padahal itu tugas utamanya kan. Malah dia sendirian yang kerja pagi sampe sore memenuhi kebutuhan kelurganya. Cuma temenku orangnya ngga bisa nan, dompet suami kosong masih mau isiin walopun ngga banyak. Beli oleh oleh kalo pas mudik ke ortu nya sendiri sebulan sekali, pakai uang dia sendiri juga. Pokoknya uang dia yang pusing mikirin gimana muterinnya sama tetep masih ada sisa ditabung.

Temenku orangnya setiti, hemat juga dan nrimo sih. Yang penting dia sehat bisa cari tambahan nafkah karena dia percaya suatu saat kerja keras nya bakal berbuah baik. Dia contoh banget bun buat aku yang masih suka boros sama suami. Ibarat kata gajiku sama suami cuma habis buat senang senang ( tanpa mikir cicilan apa apa ) eh dia yang sendiri masih bisa nyisihin buat nabung dan bayar cicilan.

Barangkali saat ini rezeki bunda yang masih diatas suami, semoga nanti bisa berbalik rezeki bunda dan suami sama sama diatas jadi saat bunda ingin resign tidak jadi kendala di keuangan.

---------- Post added at 16:06 ---------- Previous post was at 15:55 ----------

Replying to: View Post
Saya juga pencari nafkah utama bund, suami saya kerja tp penghasilannya lbh banyak saya. Jadi saya yang lbh banyak menanggung beban cicilan, rumah tangga, biaya lain2 jg.. kalo suami saya ya paling kurangnya aja,seringnya malah gaji suami ya buat keperluan dia sendiri.

Kadang saya juga seperti bunda, kesel merasa semua tanggungjawab rumah tangga kok saya yang nanggung. Saya sendiri gak pernah pengen keluar dari kerjaan tp saya cuma pengen soal nafkah harusnya yaa sesuai porsinya aja, saya yang membantu hanya MEMBANTU.. Namanya membantu artinya bukan saya yang utama dong bund tp suami. Jadi saya masih bisa harusnya beli keperluan saya sendiri dg gaji saya dan soal rmh tangga suami saya harusnya lebih mikir. Cuma yaa harapan tinggal harapan yah bund nyatanya sbg istri dan ibu saya jg gak tega ngliat anak dan suami kesusahan. Bunda sih untung punya suami ngerti sendiri rajin bantuin beresin rumah. suami saya duhhh saya banyak berantemnya karna itu bund. Saya cape apalagi saya gak pake pembantu lah suami saya perfectionist ga bisa liat berantakan atau kotor sedikit ngomel nyuruh ini itu, emangnya saya ini apa bund ? Kalo pembantu yaa di gaji ini malah saya yang ngeluarin uang..

Cuma bund saya merasa ini adalah tahapan-tahapan saya dan suami menuju rumah tangga yang semakin kuat, ini ujiannya dan gimana seharusnya kami lalui berdua dg perjuangan berdua. Yah berjuang berdua, krn saya merasa saya berjuang sndiri yaaa saya coba ajak suami. Saya coba pahami dl keinginan suami saya, tp saya juga liat kemampuan saya. Kl saya dan suami soal keuangan nih bund skrg, uang saya dan uang suami ya sm2 bareng2 g ada mlik msing2 tp milik berdua. Yaaa seneng sm2 ngirit sama2 lah, soal kerjaan rmh jg sya coba komunikasikan keinginan saya, ky dwaktu libur minggu suami saya yg beberes rmh ngurus anak sya ckup nyetrika masak aja. yaa gmn enaknya aja.. Itu yg udah berhasil bund, seenggakny bkin saya g ngerasa berjuang sndiri. Saya jg g sungkan2 mnta uang bund ke suami kalo uang saya abis, atau saya mau beli sesuatu.

Oia kaya dulu saya kn udh kerja gaji lbh gede dr saya, saya jg bkin online shop bund yang bkin nambah penghasilan saya. suami saya jg ngedukung bgt bund, tp kok saya mikir nih suami saya jd keenakan bgt bund, sayanya jg tambah sibuk bkin saya tambah stres aja. Dr sana saya coba cari alasan saya stop online shop saya bund, pdhl udh lumayan loh bund cm drpd saya stres ya hrs sya korbankan. Sya blg ke suami kerjaan dkantor sibuk, sya rasa2in dg saya berhenti onlen shop kami g jd kekurangan kok malah suami saya skrg jd lbh banyak andil dlm keuangan. Usahanya jg jd lbh dlancarin bund.. Smpet suami saya protes kok sya berenti onlen shopnya, tp akhirnya sya jelasin saya cape di kerjaan, drumah bkin saya stres, jd sya berenti biar saya g gt stres dan cape. Lama2 suami saya ngerti bund..

Saya percaya sih bund rejeki g ketuker, kaya skrg gaji sya lbh gede dsana sbnerny ada hak suami dan anak saya yg dititipkan ke saya. Jadi sya gak sharusnya mengeluh, gt pun dg suami saya ada hak saya dan anak saya. Seperti ketika saya berhenti onlen shop tp toh kebutuhan kami ttep terpenuhi kok, dr mana ? Dr gaji suami saya yg akhirnya sedikit2 mulai punya andil. Itu sih bund kalo saya dan suami.. Saya jg percaya bund segala bentuk kesusahan saya pasti di ganti kebahagiaan sm Tuhan.

Oia bund kalo saya lg kesel ky bund skrg, saya suka ngelakuin apapun yg saya suka sekalipun it ngeluarin uang banyak saya g pikirin yg penting stres saya ilang, hehehe... Wajar kok bund jenuh kesel dg kondisi bunda, cm bunda hrs anggap it hal wajar, yg di obatin it kejenuhannya. Bunda g sendiri kok bund.. Pelan2 cb bunda jg rubah peran suami dlm keuangan rmh tangga sedikit2 aja sih..


Wah bun, kok sama kayak saya bun. Tapi bedanya saya nyesel banget bun udah ngga jualan online lagi. cz dulu bisa disambi kerja dan dropship jadi ngga pusing mikirin stok barang plus hampir nol modal. Tapi karena kerjaan kantor yang doble job akhirnya ngga bisa disambi main HP lama lama lagi eh stop deh padahal lumayan banget buat nambah tabungan. Kalau hasil olshop ini suami blas ngga ngutak ngatik bun tapi. betul2 pure masuk kantong sendiri.
 
  #10  
Old
happyw...
 
Location: Tempat Terindah
Posts: 1,413
 
Aku IRT, tapi aku respect banget sama para working mom yang harus berbagi waktu antara karir dan keluarga apalagi buat para single parent ya.
Buat situasi anda sekarang memang lumayan sulit ya di tambah anak yang alergian.
Untuk alerginya, apa sampai sekarang tidak diketahui pemicunya apa? Berhubung suami mau membantu dalam urusan RT kenapa nggak meminta suami aja yang memasak? Mungkin bahan makanan bisa di persiapkan pada malam harinya dan tinggal dimasak keesokan paginya.
Perihal pekerjaan, pernah baca di thread sebelumnya jika penghasilan anda jauh lebih tinggi dari suami dan sangat berpengaruh jika anda resign jadi kupikir untuk resign sekalipun itu hampir tidak mungkin ya. Untuk rejeki yang sudah di atur dan tiap anak ada rejekinya..tetap aja perlu di jemput bukan?
Suami anda bekerja bukan walau gajinya tidak banyak, paling tidak beliau menghasilkan. Nah anda merasa anda semua yang mengeluarkan biaya, suami anda menanggung apa? Apa pemasukannya sama sekali tidak di gunakan untuk keperluan rumah tangga sedikitpun? Solusi dari aku.. jika memang gaji anda mencukupi segala keperluan RT, mungkin sebagian gaji suami bisa anda yang menyimpannya sebagai bentuk nafkah dari suami.
Aku pikir uang memang hal yang sensitif sih ya, aku sendiri juga bakal kesal kalau seandainya tidak diberi nafkah tapi kalau suami penghasilannya lebih sedikit dan tidaj mencukupi juga nggak bisa di tuntut bukan? Paling nggak ada etika baik dari suami untuk memberi nafkah terlepas berapa jumlahnya.
 
The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.
  #11  
Old
sadr...
 
Posts: 1
 
Dear Bunda TS,
Bunda ga sendiri merasakan jadi pencari nafkah utama dlm keluarga.. saya juga merasakannya.
Dulu 1 bln sblm nikah, suami memutuskan untuk berhenti kerja karena alasan jarak dr rumah ke outlet tempat bekerja jauh dan berencana untuk membantu usaha mertua berdagang makanan lauk pauk di rumah. Sempat saya berdebat ttg keputusannya tsb, dr mana bisa berfikiran spt itu saat kami akan memulai hidup berdua? Pdhl saya sdh memberikan pilihan utk nantinya kami tinggal di kontrakkan yg berada di tengah (dr kantor saya dan outlet suami) tp tetep dy memutuskan utk berhenti. Perasaan saya sangat sedih dan kecewa, marah, kesal, rasanya ingin tdk melanjutkan pernikahan tsb. Tp saya bingung utk menjelaskan kpd orang tua saya, aplg keluarga, teman serta tetangga sdh mengetahui kabar pernikahan saya.
Dan hampir 1th pernikahan kami, kekecewaan pun sering saya alami, biaya kontrakan, listrik, makan sehari-hari, hutang bank (dulu suami pinjam utk mertua), dan kebutuhan lainnya semua saya yang bayar. Sedangkan suami, yg dulu memutuskan untuk berdagang membantu mertua beralih jadi ojek online. Yang seringkali penghasilannya hny bisa bantu utk beli keperluan dapur spt gula dll. Suami jadi ojol karena dagangan mertua sdh tutup, sempat dagang cendol, bakso bakar tp juga tdk panjang umurnya. Dan seringkali saya membantu suami membeli utk modal dagang tsb.
Di tambah, saat ini saya sedang hamil 7 bulan, perasaan tertekan sering saya alami saat merasakan cape yang luar biasa, menangis yg hny bisa saya lakukan, kdg khawatir sm debay dlm kandungan, berusaha kuat demi debay tp tetep jika sdh ga kuat saya akan mengeluarkan air mata biar lega hati ini.
Sabar, ikhlas dan terus semangat utk kita semua ya Bunda. Selalu berdoa utk kehidupan rumah tangga yang lebih baik ke depannya.
 
  #12  
Old
missli...
 
Posts: 295
 
Sy bgt bun dr awal pernikahan sy kerja .. suami usaha tp ya g selalu untung. Gaji sy sering dipake suami bayar org dll. Pas hamil smua2 sy. Lahiran pun pake gaji &bonusan sy. Anak sy dirawat mertua bun, dr hamil anak pertama adaaaa ajaaa masalahnya. Krn capek,pas hamil tua anak kedua sy resign bun. Suami skrg jd lebih baik usahanya,pemasukan lebih pasti cm memang g sepasti gaji sy dlu. Tp ada ajalah duit dtg,jd g pernah kurang. Sy skrg jualan bun.. apapun sy jual , sy pasarin ke temen2 sndri. Tp bun setahun g kerja,sy bnyk dpt tekanan.. ortu sy sndri ngrsa sy g berguna krn g kerja ..tiap ketemu pertanyaannya gt mulu. Anak sy jg uda mau setahun.. dan makin kesini sy makin ngrsa jd ibu itu kewajiban, tp jd ibu bekerja/ibu rumah tangga itu pilihan.
Pilih mana yg sesuai sm hati kita.
Jd ibu bekerja bkn berrti g bs jd ibu yg baik, &belum tentu ibu rumah tangga itu ibu yg baik jg.
Kl masalah masak,drpd bunda beli lebih baik mbaknya ditambahin gaji dsuruh masak. Kl dia g bs bunda catering aja, cari catering rumahan yg bersih &terjamin.
Kadang setan itu suka ngerusak rumah tangga dg bikin si istri capek,iri hati sm rumah tangga org. Krn sy pun pernah ngrsa gt. Jgn pernah iri, blmntentu yg kita iriin itu hidupnya lebih baik dr kita
harus tetep bersyukur suami mau bantuin urusan rmh . Kalau suami sy si drmh taunya tdr makan ngegame aja hehehehe
 
  #13  
Old
lisna ...
 
Posts: 211
 
Sy Bun dr awal nikah sudah bekerja, penghasilan pun tetap ga kaya suami kerja klo ada proyek aja dan pendapatan pun ga tetap tiap bulannya,
Awal nikah suami nganggur sampingannya pun hanya Go-*ek apalagi jarang narik otomatis saya ga pernah nabung demi kebutuhan hidup, sampai usia anak sy 2th baru beberapa bulan ini kerja lagi, cuma yaa gtu pekerjaan nya ga tetap proyek habis nganggur lagi, pengen rasanya resign tapi takut kebutuhan ga terpenuhi Krn sy masih tinggal sama ortu juga, dan tau sendiri kebutuhan anak ga sedikit tiap bulannya
 
  #14  
Old
Nybegy...   TS 
 
Posts: 32
 
Bunda2 semua makasih banyak respon dan berbagi pengalamannya,, dg tau bahwa ada bunda2 lain yg punya pngalaman sama soal keuangan, ngebantu bgt aku spy positif lg, maaf ga bls satu2 bunda, yg pasti saat aku lg merasa berat dan down dan kesel gemes sama kondisi ini aku mampir trit ini baca2 lg komen bunda2 dan jd merasa lebih baik,, makasii banyak sekali lagi, dan ttp smngat utk kita semua
 
  #15  
Old
lisa31...
 
Posts: 403
 
Semua saran bunda2 disini ud bagus2 sih... Cuma mau tambahin aj, kebetulan hari in sy ketemu teman yg breadwinner. Tp dy enjoy aj tuh

Jd kl sy perhatiin td di mall peran mereka ditukar... Suaminy yg jagain anak, dianya malah nyantai2 aj. Jd si suami in beneran ud ga kerja dn mendedikasikan dirinya jd bpk rumah tangga full

Sy lihat kalau kayak gitu sepertinya lebih baik ya daripada seandainya suami kerja tp gajinya jauh lebih kecil dr istri... Maksudnya daripada suami buang2 waktu kerja utk pemasukan ga terlalu guna kec cukup utk dirinya sendiri, mending dia jagain anak & beres2 rumah aj deh. Jd si istri tdk direpotkan urusan rumah lagi cukup kerjaan di kantor aja

Lagipula kalau sepert it sepertinya istri jg jd ga nuntut2 atau berharap2 suami dapat kerja, dapat penghasilan, kasih nafkah, dsb. Soalny kadang hal2 kyk gini yg bikin stres lho... Mending ud kasih aj peran yg jelas, istri kerja, suami full d rumah jaga anak & beberes.

Soalny kl suami istri kerja pasti mauny urusan rumah tangga jg dibagi2... Yg bikin bete it suami kadang cape kerja gaji kecil tp nuntut istri kerja bantuin kerjaan rumah jg dgn alasan dia kn jg kerja, tp penghasilan cuma buat dy sendiri/ cm nutupin 10% pengeluaran rmh tangga. Sedangkan istri ud kerja gaji 90% utk rumah tangga... Tp harus urusin anak & rumah jg, it namanya ga adil. Suami dapat enak, istri dapat cape

Kecuali kalau gaji suami istri masing2 nutupin 50-50 pengeluaran rumah tangga... Seperti saudaraku, jadi urusan rumah dn ank jg bagi 2 deh. Kayak gitu kan enak jd masing2 ga ad yg berat sebelah perannya

Mungkin bunda ts bs dicoba pk cara temanku it suruh suami di rumah aj full masak, beberes, urus anak ke dokter, dsb. Bunda cukup fokus jd breadwinnernya... Tp pertanyaanny, mau ga suaminya? Butuh kebesaran hati jg lho seorang laki2 jd bapak rumah tangga. Kl sy sih malah salut sama laki2 yg rela bertukar peran begitu, ga ad sekalipun td sy memandang remeh suami teman malah mikir temanku it beruntung dpt suami gitu
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
butuh semangat bunda.... -- Diskusi Umum 16
butuh dukungan n semangat nda :( -- Ngobrol Apa Saja 29
Butuh Sharing bunda.. :) -- Kenalan Yuk! 4
Beranikan TP malah jadi Galau.. Butuh Pendapatnya bunda :D -- Ngobrol Apa Saja 15
Butuh semangat bun -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:24.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com