Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
abigai...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 17
Default Kenali Penyakit Thalasemia yang Menyerang Anak

Apa Sih Thalasemia Itu?

Thalasemia merupakan penyakit kelainan genetik yang diturunkan orangtua ke anaknya. Menariknya, tren penderita penyakit ini makin lama makin tinggi, bahkan saat ini thalasaemia termasuk dalam daftar penyakit kelainan darah turunan terbanyak di dunia (Prof Dr dr Iskandar Wahidiyat, SpA(K)).

Banyak yang mengira thalasemia sama dengan anemia. Padahal, penyakit ini merupakan penyakit kelainan genetik yang membuat penderitanya mengalami kelainan sel darah merah yang menyebabkan Si Kecil selalu kekurangan darah. Hal ini utamanya ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuhnya.

Bagi penderita thalasemia, mereka sebenarnya memiliki kadar hemoglobin yang berfungsi dengan baik, hanya saja kadarnya jauh lebih rendah sehingga tingkat oksigen dalam tubuh mereka akan lebih rendah sehingga mereka akan mengalami beberapa kelainan yang cukup mengerikan. ada beberapa gejala yang kerap muncul pada penderita thalasemia, beberapa diantaranya adalah :
1. Si Kecil terlihat sangat pucat. Kondisi ini sebagai akibat dari turunnya kadar hemoglobin (Hb)
2. Si Kecil terkadang terlihat kuning
3. Si Kecil jadi mudah merasa lelah walaupun dia tidak melakukan pekerjaan berat.
4. Lemah dan pertumbuhannya melambat, hal ini bisa dilihat dari postur dan berat badan yang cenderung lebih kecil dari usia anak-anak lainnya.
5. Terjadinya pembengkakakkan di area perut akibat limpa yang membengkak.

Jika anda melihat gejala-gejala tersebut, sebaiknya jangan dibiarkan.
Untuk mengobati penyakit ini, dibutuhkan biaya dan waktu yang sangat panjang, terutama jika anda memilih menggunakan terapi obat-obatan. Selain itu, ada beberapa terapi pengobatan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi thalasemia, diantaranya :

1. Tranfusi darah secara teratur, terapi ini harus dilakukan secara berkelanjutan.
2. Transplantasi sumsum tulang. Terapi ini bisa menjadi obat permanen pada Si Kecil.
3. Terkadang dokter akan meresepkan vaksinasi tertentu, misalnya hepatitis B. Kondisi ini umumnya disebabkan karena penyakit thalasemia bisa berpengaruh pada limpa dan mengganggu fungsinya.

Selain dengan terapi pengobatan, anda pun harus aktif membantu Si Kecil dengan cara memenuhi kebutuhan gizinya. Perbanyak makanan tinggi protein, karbohidrat dan vitamin, merupakan solusi cerdas meringankan gejala thalasemia. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa mengkonsultasikan ini pada dokter.
 
  #2  
Old
fitria...
 
Posts: 300
 
makasi infonya bunda...
dari umur berapa mulai terlihat gejalanya bun??
 
  #3  
Old
Bunda ...
 
Posts: 3
 
Anak pertama saya umur 2 tahun didiagnosis thalasemia Alpha jenis HBH (periksa di lembaga ejikhmen), saat ini sudah melakukan transfusi 3 kali dan range waktu transfusi setiap 3-4 bulan sekali dan biasanya disertai keluhan sakit (misal lagi sakit ISPA / diare hb drop sampai hb 6). Saat ini saya sedang hamil yg ke 2. Mungkin para bunda2 ada yg tau apa itu thalasemia HBH dan apa bedanya dengan thalasemia jenis lain dan mungkin ada yg mau share pengalaman punya anak dengan thalasemia, mohon infonya pengobatan apa saja yg pernah dilakukan, dan apakah pernah dengar mengenai pengobatan transfusi stem cell dari sel punca saudaranya kandungnya yg normal (tanpa thalasemia).
Terima kasih
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Anak Thalasemia Mayor? -- Diskusi Umum 3
Penyakit-penyakit yang Bisa Bikin Perempuan Susah Punya Anak by DetikHealth -- Diskusi Umum 1
Memiliki Keluhan Tentang Penyakit Yang Menyerang Kulit Saat Hamil <<Check -- Area Promosi 1
4 Gejala Penyakit Mata Pada Bayi yang Harus Bunda Kenali -- Diskusi Umum 4
Beberapa penyakit yang merebak dimusim hujan yang mudah menyerang anak! -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:03.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com