Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Maripo...   TS 
 
Posts: 399
Default Lama dapat anak membuatku sadar..

Assalamualaikum Bunda-Bunda.. thread kali ini saya hanya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan juga buat yang baru nikah ataupun yang sudah sangat berpengalaman (mungkin yg sudah punya anak 4). Oiya Thread saya ini akan ditulis lumayan panjang, jadi sebaiknya dibaca pas lagi luang aja ya

Jadi begini bunda-bunda. Mungkin kita sering, di dalam keseharian kita, tanpa sengaja mengupload foto yang sebenarnya tujuan kita hanya untuk berbagi kebahagiaan, tetapi nyatanya malah melukai hati orang yang melihatnya. Bisa saja kita makan makanan enak di hotel/restoran mewah, kita dapat hadiah perhiasan dari suami, testpack dan hasil usg, maupun hal2 lainnya. Kita mungkin nggak ngerasa nyakitin orang lain, tapi siapa tau followers kita ternyata (maaf) ekonominya susah. Sehingga belum pernah makan makanan hotel/restoran. Begitu lihat postingan kita ttg makanan, perhiasan, langsung sedih, kepikiran, dll. Lalu yang sudah lama menikah, namun nggak kunjung dikasih anak, bisa jadi langsung nangis guling2 begitu liat tespcak temennya yg diupload di sosmed padahal baru nikah beberapa bulan.

Dulu saya nggak pernah mikir2 dulu sebelum upload "kebahagiaan" tersebut, bunda. Apapun kebahagiaan yang saya dapatkan, langsung saya upload. Entah itu dapat hadiah, makanan enak atau apapun. Bahkan yang saya sangat sesalkan sekarang, dulu saya suka banget upload foto2 saya dengan suami entah itu sedang pegangan tangan, atau saling lihat2an (nggak yg terlalu mesra kok, saya bukan kid jaman now yg gaya pacarannya uda bikin eneg banget). Tanpa saya sadari diluar sana bisa aja follower saya merasa tersakiti. Apalagi follower itu teman2 saya yg usianya sama seperti saya, sudah matang, sudah waktunya menikah. Bisa saja mereka merasa sedih dan iri karena sampai saat ini belum juga dapat jodoh padahal umur sudah mencapai seperempat abad. Itu baru saya sadari sekarang. Setelah saya merasakan sendiri iri terhadap rezeki orang lain. Saya nikah memasuki tahun ke-2 bund. Dan selama itu saya baper banget sama temen2 yang baru nikah, uda upload2 testpack dan hasil USG. Saya bahkan sedih ngeliat saudara saya, baru nikah tahun 2017, sekarang uda punya bayi. Malah sodara satu lagi, juga nikah 2017, uda mau melahirkan. Hati ini rasaya teriris setiap kali orang tua mereka (bude2 saya) nanyain saya gimana, uda isi apa belum. Saya sampek uninstal instagram supaya ngga lihat temen2 saya upload2 testpack.

Sekarang setelah saya merasakan sendiri sedihnya liat TP orang lain, saya jadi berjanji sama diri saya sendiri untuk nggak upload2 TP maupun hasil USG ke sosmed kecuali ada yang nanya, atau memastikan, kayak thread yg ini ---> https://ibuhamil.com/diskusi-umum/12...kah-hamil.html
Saya juga nggak akan upload foto anak saya ketika lahir nanti. Biarlah orang2 terdekat aja yang tau kalau perut saya mblendung, atau saya nggendong anak. Saya nggak mau lagi nyakitin orang lain sebagaimana saya tersakiti selama ini
Selain itu saya juga nggak mau keluarga saya terkena penyakit 'ain bund. Buat yang belum tau, jadi dalam Islam dikenal adanya penyakit 'ain. Penyakit 'ain itu penyakit yang ditimbulkan karena seseorang iri melihat kita mendapat rejeki. Jadi misalnya kita upload foto anak kita. Trus anak kita tiba2 nggak mau nyusu, rewel sendiri, itu bisa jadi dia terkena 'ain, yaitu pandangan orang2 yg iri karena kita punya anak. Untuk info lebih lengkap bisa lihat di youtube ceramahnya ustad Khalid Basalamah, Bunda. Atau ustad2 lainnya.

Jadi buat yang baru nikah, saya saranin nih, untuk lebih baik menyimpan sendiri momen2 bahagia seperti TP, USG, anak, dll ya karena itu tadi. Takutnya ada yg iri sama kita. Saking irinya, sampai2 anak kita atau kita sendiri terkena penyakit 'ain. Memang sosmed itu tujuannya untuk pamer. Apalagi Instagram ya. Tapi kalau kita bisa menjadi orang yang bijak, bukankah lebih baik?

Lalu ada hal lain yang mau saya sampaikan. Ini mengenai pertanyaan2 sensitif kala bertemu keluarga, sahabat, teman, dll. Terutama saat lagi kumpul keluarga besar ya. Janganlah sekali2 kita tanyakan hal2 sensitif kepada mereka. Pertanyaan2 seperti:
1. Kapan wisuda?
2. Mana pacarnya?
3. Uda hamil belom?
4. Anaknya uda umur segini, kok ga nambah adik sih?
5. Badannya kok lebar-an sih?
6. Uda selesai lebaran kok badanmu masih "tipis" sih?
7. Uda umur 27 mbokyo cari jodoh, keburu tua lho
Dan banyak pertanyaan/celetukan lain.
Pertanyaan no 3 yang sering saya terima. Malah sampe keluar kata2 "kok lama ya?" dan yang nanyain itu siapa, saudara-saudara? IBU-IBU yang sudah punya cucu. Dia sama saya itu sama2 perempuan, malah sudah makan asam garam kehidupan. Tapi entah kenapa dia ngga sensitif sama sekali sama perasaan saya. dia nggak mikir apa, kalau2 anak dia yang digituin, gimana? Tapi mungkin emang dia nggak kepikiran kayak gitu, wong anaknya bbrp bulan setelah nikah langsung hamil.

Ini saya upload salah dua status IG temen saya, bunda. Semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk lebih mengeremkata-kata kita ya bunda. Maaf foto mereka saya blur untuk privasi mereka.

Akhir kata saya ucapkan maaf kalau ada salah kata, dan makasih uda mau baca tulisan saya ini, bunda-bunda. Syukur2 kalau dipraktekin yah hehe

Wassalamualaikum wr wb

 
Attached Thumbnails
Lama dapat anak membuatku sadar..-ain.jpg   Lama dapat anak membuatku sadar..-screenshot_1.jpg   Lama dapat anak membuatku sadar..-screenshot_2018-06-18-17-16-46.jpg  

Thread lain yang berhubungan:
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #2  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Hehehe penyakit ain pada anak ini mungkin ada benernya...mungkin juga krn kebetulan...gada yg tahu...tapi menurut saya memang bisa dijadikan sebagai PENGINGAT agar tdk mengumbar kebahagiaan seperti yg disinggung bunda....

Soalnya dulu awal2 oplot foto anak yg lucu2 ke IG...malemnya eh...rewel. pdhal udah lama ga rewel. Fyi saya juga ga sering oplot foto anak dkk...kebanyakan mah foto hobby aja. Sekalinya oplot foto anak waktu ultah beberpa hari lalu eh...malemnya rewel kan ga lucu...jdi keingat masalah ain itu deh. Tpi ya ga selalu seperti itu...apalagi klo kita liat anak2 artis skrg punya IG semua toh mrk juga gpp. Mungkin udah kebal

Intinya sih...berbagi kebahagiaan gpp....tpi jgn lebay.Toh kita punya media sosial juga tujuannya berbagi cerita kehidupan kita ke temen2.... Sisi positifnya drpd menuhin memory hp...trus klo hp rusak memory kehapus...kan untung masih ada foto2 yg di media sosial...
 
  #3  
Old
Maripo...   TS 
 
Posts: 399
 
Iya bund memang gejalanya nggak mesti rewel, dll. Bisa aja rewel itu karena demam, kan. Banyak sih gejala penyakit ain yg lain, tapi saya lupa. Lebih baik memang ditanyakan ke ahlinya (ustad) hehe.

Iya balik lagi ke diri masing2 bunda. Saya sih cuma menyarankan aja, untuk mengantisipasi. Karena itulah yg saya imani

Dari Ibnu Abbas dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,
“‘Ain adalah nyata, dan seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ‘ainlah yang mendahuluinya. Jika kalian diminta untuk mandi, maka mandilah.”

Read more https://konsultasisyariah.com/10400-hakikat-ain.html

Buat teman2 yg mau upload ya itu hak mereka, mereka yg punya akun sosmed. Kalau mereka ngga percaya dgn 'ain pun yasudah, terserah mereka. Yg penting saya hanya ingin memberitau informasi apa yg saya tau, perkara diterima apa nggak, itu balik lagi ke diri masing2 aja, bunda hehe
 
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #4  
Old
Lailaf...
 
Posts: 37
 
MasyaAllah.. Barakallahu fiik bun.
 
QS. Asy-Syura (49-50)
  #5  
Old
Maripo...   TS 
 
Posts: 399
 
Replying to: View Post
MasyaAllah.. Barakallahu fiik bun.
Waiyyakum bunda
 
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #6  
Old
devifa...
 
Location: di rumah
Posts: 49
 
Nice thread bunnn
 
  #7  
Old
missli...
 
Posts: 295
 
Untuk penyakit ain sy no comment ya bun, tp sebelumnya minta maaf sy mau berbagi pengalaman aja,kalau menyinggung mohon maaf sekali lg ya. Sy jg sempat nunggu beberapa bulan sampe dpt baby.
Sy menikah dibulan yg sama dg 2 sahabat dekat sy, selang sebulan mrk berdua sy dengar sdh hamil. Sy?? Krn blm hamil sy iri,menangis dan menarik diri. Bahkan ketika kumpul2 sy berpura2 sibuk sendiri, pdhl sepertinya mereka tau sy menghindar. Krn itu mereka menjaga perkataan&pertanyaan setiap chat atau tiba2 secara tdk sengaja ketemu.
Sy ada dititik paling rendah ketika sepupu sy hamil diluar nikah. Sy menyalahkan diri sendri,sy ngerasa semua g adil, sy ngerasa knp harus sy. Sy bahagia ketika telat mens,tp hancur ketika tiba2 mens. Begitu seterusnya sampai berbulan bulan.
Sampai suatu ketika sy merasa g perlu kyk gini, buat apa iri dan sakit hati atas kebahagiaan org krn sy pun bisa bahagia krn hal yg lain, buat apa menarik diri atau malu krn kità g melakukan hal yg memalukan, buat apa menyalahkan diri atas takdir Tuhan??
Semwnjak itu sy ngerasa ikhlas seikhlasnya. Sy merencanakan liburan sm suami,sy menyibukkan diri dg ikut gym, sy berkumpul dg teman2, sy g ada lg iri,sy g sakit hati setiap ada yg tanya knp blm hamil, dan sy sudah pasrah hamil ya hamil ngak pun g papa. Dan sebulan kemudian sy bener2 hamil. Disitu sy jd belajar kl semua itu ada waktunya, ada porsinya& g perlu iri /dengki atas kehidupan org lain.
 
  #8  
Old
Maripo...   TS 
 
Posts: 399
 
Replying to: View Post
Untuk penyakit ain sy no comment ya bun, tp sebelumnya minta maaf sy mau berbagi pengalaman aja,kalau menyinggung mohon maaf sekali lg ya. Sy jg sempat nunggu beberapa bulan sampe dpt baby.
Sy menikah dibulan yg sama dg 2 sahabat dekat sy, selang sebulan mrk berdua sy dengar sdh hamil. Sy?? Krn blm hamil sy iri,menangis dan menarik diri. Bahkan ketika kumpul2 sy berpura2 sibuk sendiri, pdhl sepertinya mereka tau sy menghindar. Krn itu mereka menjaga perkataan&pertanyaan setiap chat atau tiba2 secara tdk sengaja ketemu.
Sy ada dititik paling rendah ketika sepupu sy hamil diluar nikah. Sy menyalahkan diri sendri,sy ngerasa semua g adil, sy ngerasa knp harus sy. Sy bahagia ketika telat mens,tp hancur ketika tiba2 mens. Begitu seterusnya sampai berbulan bulan.
Sampai suatu ketika sy merasa g perlu kyk gini, buat apa iri dan sakit hati atas kebahagiaan org krn sy pun bisa bahagia krn hal yg lain, buat apa menarik diri atau malu krn kità g melakukan hal yg memalukan, buat apa menyalahkan diri atas takdir Tuhan??
Semwnjak itu sy ngerasa ikhlas seikhlasnya. Sy merencanakan liburan sm suami,sy menyibukkan diri dg ikut gym, sy berkumpul dg teman2, sy g ada lg iri,sy g sakit hati setiap ada yg tanya knp blm hamil, dan sy sudah pasrah hamil ya hamil ngak pun g papa. Dan sebulan kemudian sy bener2 hamil. Disitu sy jd belajar kl semua itu ada waktunya, ada porsinya& g perlu iri /dengki atas kehidupan org lain.
Alhamdulillah kalau bunda sudah bisa ikhlas dengan ketentuan Allah.
Pelajaran yg bermanfaat buat kita semua insya Allah bunda.
Saya juga mengalami hal yg sama. Allah memang memberi di saat yang tepat menurut-Nya. Saya juga diberi dedek tepat ketika saya sudah bodo amat
sama semuanya. Pas testpack kmren itu sebenernya uda pasrah aja sama Allah, nggak terlalu berharap, karena uda sering banget liat testpack negatif. Eh ternyata sama Allah malah dikasih.

Tapi maksudnya bukan benar2 bodo amat, melainkan pasrah. Tetap ikhtiar sambil berdoa, tapi nggak terlalu ngoyo kayak dulu. Yang bodo amat itu adalah ketika melihat tmen2 uda hamil duluan, ya sudah saya nggak mau mikirin soal itu

Bunda luar biasa sudah bisa ikhlas dlm hitungan bulan. Lah saya pas masuk tahun kedua baru bisa nerimo takdir . Kebangetan jadi manusia

---------- Post added at 08:22 ---------- Previous post was at 08:20 ----------

Replying to: View Post
Nice thread bunnn
makasih bunda.. Semoga bermanfaat ya
 
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #9  
Old
soezzi...
 
Posts: 296
 
Terimakasih untuk sharingnya bunda,
pada akhirnya ikhlas dan menghargai diri sendiri yang membuat kita kuat dan tidak terpengaruh dengan foto2 kebahagiaan teman2 lain di medsos, walau prosesnya ga semudah membalikkan telapak tangan
 
cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
WA: 0856-2322-435
  #10  
Old
Kalind...
 
Posts: 3
 
Replying to: View Post
Untuk penyakit ain sy no comment ya bun, tp sebelumnya minta maaf sy mau berbagi pengalaman aja,kalau menyinggung mohon maaf sekali lg ya. Sy jg sempat nunggu beberapa bulan sampe dpt baby.
Sy menikah dibulan yg sama dg 2 sahabat dekat sy, selang sebulan mrk berdua sy dengar sdh hamil. Sy?? Krn blm hamil sy iri,menangis dan menarik diri. Bahkan ketika kumpul2 sy berpura2 sibuk sendiri, pdhl sepertinya mereka tau sy menghindar. Krn itu mereka menjaga perkataan&pertanyaan setiap chat atau tiba2 secara tdk sengaja ketemu.
Sy ada dititik paling rendah ketika sepupu sy hamil diluar nikah. Sy menyalahkan diri sendri,sy ngerasa semua g adil, sy ngerasa knp harus sy. Sy bahagia ketika telat mens,tp hancur ketika tiba2 mens. Begitu seterusnya sampai berbulan bulan.
Sampai suatu ketika sy merasa g perlu kyk gini, buat apa iri dan sakit hati atas kebahagiaan org krn sy pun bisa bahagia krn hal yg lain, buat apa menarik diri atau malu krn kità g melakukan hal yg memalukan, buat apa menyalahkan diri atas takdir Tuhan??
Semwnjak itu sy ngerasa ikhlas seikhlasnya. Sy merencanakan liburan sm suami,sy menyibukkan diri dg ikut gym, sy berkumpul dg teman2, sy g ada lg iri,sy g sakit hati setiap ada yg tanya knp blm hamil, dan sy sudah pasrah hamil ya hamil ngak pun g papa. Dan sebulan kemudian sy bener2 hamil. Disitu sy jd belajar kl semua itu ada waktunya, ada porsinya& g perlu iri /dengki atas kehidupan org lain.
Bener banget, Bund. Kadang2 kita berpikir kalau kita kurang beruntung, tapi ternyata waktunya belum tepat. Saya sempat keguguran krn janin tdk berkembang. Sudah 6 bulan saya mengalami yg bunda alami sampai akhirnya saya pasrah. Mau dikasih ya alhamdulillah, kalau ga d kasih, kan masih ada anak2 kurang beruntung yg jg membutuhkan kasih sayang kita.

Salam kenal, Bunda
 
  #11  
Old
MossyL...
 
Posts: 5
 
Dulu saya juga sedih kalau ada keluarga atau tetangga yg suka nanya "udah isi blm?", Suka iri kalo ktemu tmn/keluarga yang baru nikah udah hamil aja, tapi Alhamdulillah saya ga pernah iri kalo liatnya dari sosmed, ga tau knp mungkin ga sampe kbawa di hati dan maaf saya ga kepoin mreka juga..makanya saya jg suka upload tp hny di wa, krn saya pikir hanya org yg mau liat status wa saya aja yg mau tau perkembangan debay..tgl orgnya aja mo kepoin status saya atau enggak, cm krn saya pernah ngrasain ditanya itu ga enak, prinsip saya pantang nanya ke org yg saya tau mreka blm dikasih kepercayaan untuk punya anak..buat bunda2 yg blm dpt tiket H diplongin aja bun saya juga gitu stelah 2 tahun lebih saya baru ikhlas, baru Allah ngasih kepercayaan..
 
  #12  
Old
Mama s...
 
Location: Kolong Langit
Posts: 29
 
Penyakit ain (evil eye) memang ada bun. Di dunia nyata pun memang begitu, pada saat kita memuji seseorang sebaiknya bilang MashaAllah untuk melindungi dr penyakit ain. Bahkan memuji anak sendiri, misalnya: "pintar anak mama makannya byk, MashaAllah".

Di medsos, mungkin mereka juga gak maksud melukai hati followers/temannya, mereka cuma sekedar mengabadikan moment bahagianya sayangnya tiap org punya POV masing-masing.

Aku pernah juga merasa sebel pas temanku yg baru nikah lsg nunjukin test pack positif, pamer haul baju newborn, smp nunjukin video usg 4d segala. Tapi setelah melahirkan pas nengokin bayinya dia bilang Klo saat nazak sakit melahirkan normal dia ternyata malah ngedoain aku spy cepet punya anak. Waktu itu di tempat aku tinggal, sebagian perempuan percaya doa sakitnya ibu melahirkan ampuh untuk mendoakan yg ingin punya anak juga. Alhamdulillah, tiga bulan berikutnya aku hamil (setelah menunggu 2 tahun plus 2 Kali keguguran). Saat aku melahirkan selama operasi c section, aku doakan temenku yg sudah 3 tahun nunggu kehamilan. Alhamdulillah, skr temanku sdh punya anak 3.
Jadi menurutku sih it's ok to share your happy moments as long as you share your prayers. Keep positive thinking mom.
 
  #13  
Old
Maripo...   TS 
 
Posts: 399
 
Iya bunda2. Seperti yg sy bilang sebelumnya, semua saya kembalikan ke diri masing2.
Mau share silakan, nggak juga nggak apa2.

Saran yg baik insyaallah saya tampung. Kalau ada yg berbeda pendapat, yasudah itu urusan bunda masing2. Kita punya prinsip hidup masing2. Kalau sy sendiri sudah mulai meminimalisir share ini itu. Demi menjaga keluarga saya sendiri hehehe
 
Setiap cobaan yang diberikan oleh-Nya, pasti ada solusinya. Sabar, tawakkal, dijalani saja
  #14  
Old
Ichafa...
 
Posts: 29
 
Replying to: View Post
Assalamualaikum Bunda-Bunda.. thread kali ini saya hanya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan juga buat yang baru nikah ataupun yang sudah sangat berpengalaman (mungkin yg sudah punya anak 4). Oiya Thread saya ini akan ditulis lumayan panjang, jadi sebaiknya dibaca pas lagi luang aja ya

Jadi begini bunda-bunda. Mungkin kita sering, di dalam keseharian kita, tanpa sengaja mengupload foto yang sebenarnya tujuan kita hanya untuk berbagi kebahagiaan, tetapi nyatanya malah melukai hati orang yang melihatnya. Bisa saja kita makan makanan enak di hotel/restoran mewah, kita dapat hadiah perhiasan dari suami, testpack dan hasil usg, maupun hal2 lainnya. Kita mungkin nggak ngerasa nyakitin orang lain, tapi siapa tau followers kita ternyata (maaf) ekonominya susah. Sehingga belum pernah makan makanan hotel/restoran. Begitu lihat postingan kita ttg makanan, perhiasan, langsung sedih, kepikiran, dll. Lalu yang sudah lama menikah, namun nggak kunjung dikasih anak, bisa jadi langsung nangis guling2 begitu liat tespcak temennya yg diupload di sosmed padahal baru nikah beberapa bulan.

Dulu saya nggak pernah mikir2 dulu sebelum upload "kebahagiaan" tersebut, bunda. Apapun kebahagiaan yang saya dapatkan, langsung saya upload. Entah itu dapat hadiah, makanan enak atau apapun. Bahkan yang saya sangat sesalkan sekarang, dulu saya suka banget upload foto2 saya dengan suami entah itu sedang pegangan tangan, atau saling lihat2an (nggak yg terlalu mesra kok, saya bukan kid jaman now yg gaya pacarannya uda bikin eneg banget). Tanpa saya sadari diluar sana bisa aja follower saya merasa tersakiti. Apalagi follower itu teman2 saya yg usianya sama seperti saya, sudah matang, sudah waktunya menikah. Bisa saja mereka merasa sedih dan iri karena sampai saat ini belum juga dapat jodoh padahal umur sudah mencapai seperempat abad. Itu baru saya sadari sekarang. Setelah saya merasakan sendiri iri terhadap rezeki orang lain. Saya nikah memasuki tahun ke-2 bund. Dan selama itu saya baper banget sama temen2 yang baru nikah, uda upload2 testpack dan hasil USG. Saya bahkan sedih ngeliat saudara saya, baru nikah tahun 2017, sekarang uda punya bayi. Malah sodara satu lagi, juga nikah 2017, uda mau melahirkan. Hati ini rasaya teriris setiap kali orang tua mereka (bude2 saya) nanyain saya gimana, uda isi apa belum. Saya sampek uninstal instagram supaya ngga lihat temen2 saya upload2 testpack.

Sekarang setelah saya merasakan sendiri sedihnya liat TP orang lain, saya jadi berjanji sama diri saya sendiri untuk nggak upload2 TP maupun hasil USG ke sosmed kecuali ada yang nanya, atau memastikan, kayak thread yg ini ---> https://ibuhamil.com/diskusi-umum/12...kah-hamil.html
Saya juga nggak akan upload foto anak saya ketika lahir nanti. Biarlah orang2 terdekat aja yang tau kalau perut saya mblendung, atau saya nggendong anak. Saya nggak mau lagi nyakitin orang lain sebagaimana saya tersakiti selama ini
Selain itu saya juga nggak mau keluarga saya terkena penyakit 'ain bund. Buat yang belum tau, jadi dalam Islam dikenal adanya penyakit 'ain. Penyakit 'ain itu penyakit yang ditimbulkan karena seseorang iri melihat kita mendapat rejeki. Jadi misalnya kita upload foto anak kita. Trus anak kita tiba2 nggak mau nyusu, rewel sendiri, itu bisa jadi dia terkena 'ain, yaitu pandangan orang2 yg iri karena kita punya anak. Untuk info lebih lengkap bisa lihat di youtube ceramahnya ustad Khalid Basalamah, Bunda. Atau ustad2 lainnya.

Jadi buat yang baru nikah, saya saranin nih, untuk lebih baik menyimpan sendiri momen2 bahagia seperti TP, USG, anak, dll ya karena itu tadi. Takutnya ada yg iri sama kita. Saking irinya, sampai2 anak kita atau kita sendiri terkena penyakit 'ain. Memang sosmed itu tujuannya untuk pamer. Apalagi Instagram ya. Tapi kalau kita bisa menjadi orang yang bijak, bukankah lebih baik?

Lalu ada hal lain yang mau saya sampaikan. Ini mengenai pertanyaan2 sensitif kala bertemu keluarga, sahabat, teman, dll. Terutama saat lagi kumpul keluarga besar ya. Janganlah sekali2 kita tanyakan hal2 sensitif kepada mereka. Pertanyaan2 seperti:
1. Kapan wisuda?
2. Mana pacarnya?
3. Uda hamil belom?
4. Anaknya uda umur segini, kok ga nambah adik sih?
5. Badannya kok lebar-an sih?
6. Uda selesai lebaran kok badanmu masih "tipis" sih?
7. Uda umur 27 mbokyo cari jodoh, keburu tua lho
Dan banyak pertanyaan/celetukan lain.
Pertanyaan no 3 yang sering saya terima. Malah sampe keluar kata2 "kok lama ya?" dan yang nanyain itu siapa, saudara-saudara? IBU-IBU yang sudah punya cucu. Dia sama saya itu sama2 perempuan, malah sudah makan asam garam kehidupan. Tapi entah kenapa dia ngga sensitif sama sekali sama perasaan saya. dia nggak mikir apa, kalau2 anak dia yang digituin, gimana? Tapi mungkin emang dia nggak kepikiran kayak gitu, wong anaknya bbrp bulan setelah nikah langsung hamil.

Ini saya upload salah dua status IG temen saya, bunda. Semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk lebih mengeremkata-kata kita ya bunda. Maaf foto mereka saya blur untuk privasi mereka.

Akhir kata saya ucapkan maaf kalau ada salah kata, dan makasih uda mau baca tulisan saya ini, bunda-bunda. Syukur2 kalau dipraktekin yah hehe

Wassalamualaikum wr wb



Salam kenal bunda....Aqu juga pernah ngrasain... Sebenernya bukan iri atau syirik ya dg mreka yg nikah dluan kita tp hamilnya dluan mreka melainkan sedih aja.. apalagi klo dpet prtanyaan dr org" sudah isi? rasanya sedih banget bingung jga antara mau jwab atau diem aja. Tp setelah sharing sma suami dan baca" artikel yg bukan hanya aqu yg menanti buah hati dan mreka menanti pun dg sabar n ikhlas akhir.na aqu sadar ini memang belum waktunya aqu bertemu dengan buah hati, hingga nanti pada akhirnya di waktu yg paling tepat, dan mngkin harus menstabilkan ekonomi dulu karna memang krjaan suami yg dulu perusahaannya koleps smpai harus mencari krja yg lain, alhamdulillah lgsung dpat kerja baru.
Pada saat itulah aqu jd pasrah dengan hasil yg d.berikan Allah tp gak lupa untuk berusaha dan berdo'a terus. Allah tau kok kapan kita siap memilikinya percaya deh sama Kuasanya insya Allah berkah hidup ini
 
  #15  
Old
Wulan ...
 
Posts: 23
 
Replying to: View Post
Assalamualaikum Bunda-Bunda.. thread kali ini saya hanya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan juga buat yang baru nikah ataupun yang sudah sangat berpengalaman (mungkin yg sudah punya anak 4). Oiya Thread saya ini akan ditulis lumayan panjang, jadi sebaiknya dibaca pas lagi luang aja ya

Jadi begini bunda-bunda. Mungkin kita sering, di dalam keseharian kita, tanpa sengaja mengupload foto yang sebenarnya tujuan kita hanya untuk berbagi kebahagiaan, tetapi nyatanya malah melukai hati orang yang melihatnya. Bisa saja kita makan makanan enak di hotel/restoran mewah, kita dapat hadiah perhiasan dari suami, testpack dan hasil usg, maupun hal2 lainnya. Kita mungkin nggak ngerasa nyakitin orang lain, tapi siapa tau followers kita ternyata (maaf) ekonominya susah. Sehingga belum pernah makan makanan hotel/restoran. Begitu lihat postingan kita ttg makanan, perhiasan, langsung sedih, kepikiran, dll. Lalu yang sudah lama menikah, namun nggak kunjung dikasih anak, bisa jadi langsung nangis guling2 begitu liat tespcak temennya yg diupload di sosmed padahal baru nikah beberapa bulan.

Dulu saya nggak pernah mikir2 dulu sebelum upload "kebahagiaan" tersebut, bunda. Apapun kebahagiaan yang saya dapatkan, langsung saya upload. Entah itu dapat hadiah, makanan enak atau apapun. Bahkan yang saya sangat sesalkan sekarang, dulu saya suka banget upload foto2 saya dengan suami entah itu sedang pegangan tangan, atau saling lihat2an (nggak yg terlalu mesra kok, saya bukan kid jaman now yg gaya pacarannya uda bikin eneg banget). Tanpa saya sadari diluar sana bisa aja follower saya merasa tersakiti. Apalagi follower itu teman2 saya yg usianya sama seperti saya, sudah matang, sudah waktunya menikah. Bisa saja mereka merasa sedih dan iri karena sampai saat ini belum juga dapat jodoh padahal umur sudah mencapai seperempat abad. Itu baru saya sadari sekarang. Setelah saya merasakan sendiri iri terhadap rezeki orang lain. Saya nikah memasuki tahun ke-2 bund. Dan selama itu saya baper banget sama temen2 yang baru nikah, uda upload2 testpack dan hasil USG. Saya bahkan sedih ngeliat saudara saya, baru nikah tahun 2017, sekarang uda punya bayi. Malah sodara satu lagi, juga nikah 2017, uda mau melahirkan. Hati ini rasaya teriris setiap kali orang tua mereka (bude2 saya) nanyain saya gimana, uda isi apa belum. Saya sampek uninstal instagram supaya ngga lihat temen2 saya upload2 testpack.

Sekarang setelah saya merasakan sendiri sedihnya liat TP orang lain, saya jadi berjanji sama diri saya sendiri untuk nggak upload2 TP maupun hasil USG ke sosmed kecuali ada yang nanya, atau memastikan, kayak thread yg ini ---> https://ibuhamil.com/diskusi-umum/12...kah-hamil.html
Saya juga nggak akan upload foto anak saya ketika lahir nanti. Biarlah orang2 terdekat aja yang tau kalau perut saya mblendung, atau saya nggendong anak. Saya nggak mau lagi nyakitin orang lain sebagaimana saya tersakiti selama ini
Selain itu saya juga nggak mau keluarga saya terkena penyakit 'ain bund. Buat yang belum tau, jadi dalam Islam dikenal adanya penyakit 'ain. Penyakit 'ain itu penyakit yang ditimbulkan karena seseorang iri melihat kita mendapat rejeki. Jadi misalnya kita upload foto anak kita. Trus anak kita tiba2 nggak mau nyusu, rewel sendiri, itu bisa jadi dia terkena 'ain, yaitu pandangan orang2 yg iri karena kita punya anak. Untuk info lebih lengkap bisa lihat di youtube ceramahnya ustad Khalid Basalamah, Bunda. Atau ustad2 lainnya.

Jadi buat yang baru nikah, saya saranin nih, untuk lebih baik menyimpan sendiri momen2 bahagia seperti TP, USG, anak, dll ya karena itu tadi. Takutnya ada yg iri sama kita. Saking irinya, sampai2 anak kita atau kita sendiri terkena penyakit 'ain. Memang sosmed itu tujuannya untuk pamer. Apalagi Instagram ya. Tapi kalau kita bisa menjadi orang yang bijak, bukankah lebih baik?

Lalu ada hal lain yang mau saya sampaikan. Ini mengenai pertanyaan2 sensitif kala bertemu keluarga, sahabat, teman, dll. Terutama saat lagi kumpul keluarga besar ya. Janganlah sekali2 kita tanyakan hal2 sensitif kepada mereka. Pertanyaan2 seperti:
1. Kapan wisuda?
2. Mana pacarnya?
3. Uda hamil belom?
4. Anaknya uda umur segini, kok ga nambah adik sih?
5. Badannya kok lebar-an sih?
6. Uda selesai lebaran kok badanmu masih "tipis" sih?
7. Uda umur 27 mbokyo cari jodoh, keburu tua lho
Dan banyak pertanyaan/celetukan lain.
Pertanyaan no 3 yang sering saya terima. Malah sampe keluar kata2 "kok lama ya?" dan yang nanyain itu siapa, saudara-saudara? IBU-IBU yang sudah punya cucu. Dia sama saya itu sama2 perempuan, malah sudah makan asam garam kehidupan. Tapi entah kenapa dia ngga sensitif sama sekali sama perasaan saya. dia nggak mikir apa, kalau2 anak dia yang digituin, gimana? Tapi mungkin emang dia nggak kepikiran kayak gitu, wong anaknya bbrp bulan setelah nikah langsung hamil.

Ini saya upload salah dua status IG temen saya, bunda. Semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua untuk lebih mengeremkata-kata kita ya bunda. Maaf foto mereka saya blur untuk privasi mereka.

Akhir kata saya ucapkan maaf kalau ada salah kata, dan makasih uda mau baca tulisan saya ini, bunda-bunda. Syukur2 kalau dipraktekin yah hehe

Wassalamualaikum wr wb

Hai bunda, saya merasakan betul apa yg bunda rasakan Terutama nyinyiran orang2 yg tanpa sengaja seperti menyalahkan saya karna belum dikasih momongan.. Hati saya juga seperti disayat2, siapa yg tidak ingin punya momongan.. Bertemu keluarga besar pun malas, karena pasti ditanya masalah yg sma yg tidak bisa saya pastikan.. Adanya marah2, nangis aja..
Tapi aq gak bisa terpuruk terus, saya dn suami berjanji apapun yg terjadi nantinya, kita mau terus bersama.. Sering2 ngadu sama Gusti Allah, banyak ibadah, sholat, ngaji, itu yg buat aq tenang bun.. Sampai aq ada dititik kepasrahan terdalam pokoknya, tiba2 bulan puasa kemaren adanya muntah2 terus sampe promag dijadikan kudapan pembuka dan penutup
Suami maksa saya buat tespack, alhamdulillah 2 garis
Rasanya gak percaya aja bun, akhirnya dikasih kepercayaan sama Allah.. Semoga jd orang tua yang amanah menjaga titipannya. .

Aq cerita gini hanya berbagi pengalaman aja bun.. Buat bunda2 yg masih berjuang promil, sering2 merayu Allah ya, jangan lupa ikhtiar dimaksimalkan. .

Cerita tentang foto, saya sama juga dengan bunda, sekarang dah tobat gak mau ngumbar kebahagiaan di medsos.. Sekarang medsos ada, tapi hanya untuk cari informasi aja. .
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
berapa lama susu perah dapat bertahan ? -- Diskusi Umum 2
susah untuk dapat anak ke 2 -- Diskusi Umum 8
Imunisasi Pra nikah apa bisa buat lama dapat kehamilan ya.........????? -- Ngobrol Apa Saja 8
Adakah bunda yang lama menanti anak kedua? ( anak pertama sy umu11thn 7bln) -- Ngobrol Apa Saja 13
dengan gluberry drink dapat sehatnya dapat cantiknya dapat untungnya.. -- Area Promosi 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:39.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com