Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
Default Heran dgn "PROGRAM" HAMIL jaman NOW

Siang bunda2... assalamualaikum..

Sedikit curcol nih bund.. apa yg ada di otak sya melihat problematika jaman NOW.
Sya kerja salah 1 daerah dimana yg pekerjanya mayoritas penduduk lokal, dan bisa dibilang di desa bunda, jadi gak spt di kota yg multietnis dan heterogen.
Nah yg menarik perhatian sya itu ttg PROSES perkawinanan yg ada di lingkungan masyrakat sya kerja. Apalagi kalo teman2 kantor nanya, knpa sya di usia 29tahun blm nikah, padahal sudah 9 tahun menjalin hub dgn pria. jadi dilihatnya sya bukan wanita single yg gak laku2 gitu bund..hehehe.. malah jadi sedikit pergunjingan dan bahan "ceramah" mrka ke sya gitu... apalagi teman2 tsb lbh muda dr sya dan rata2 sudah punya 1 anak.

Jadi... di daerah sya ini, kalo GAK HAMIL DULUAN, itu gak seru bunda... Mungkin teman2 yg dari Bali terutama, pasti meng-iya-kan. Malah sudah jadi rahasia umum dan jadi "tradisi" lazim di suatu daerah di Bali bunda.. Dan lbh mem-WAOW-kan lagi, kalo ada yg beling (bahasa balinya hamil) sebelum nikah itu mrka namakan "PROGRAM", malah ada teman yg lbh ekstrim pasangan ini sampai ke dokter kandungan dulu utk cek "kenapa" gak hamil2 pdhal pacaran udah lama. Malah kalo gak hamil, itu spt "dicurigai" mandul bund..

ya pasti aneh dan gak masuk akal buat tmn2 dari daerah lain. spt budaya jawa gitu.. biasanya kan lamaran dulu, seserahan, lalu kawin agama dan adat, baru merencanakan kehamilan yaa.. ini mah beda bund..langsung ekstafet. Tapi itu REALITA. Malah dibilang percaya gak percaya, klo yg nikah dulu baru hamil, itu bisa lamaaaaa punya anaknya,, di desa tmp sya kerja, kebanyakan diatas 5 tahun nikah baru penduduknya punya anak. apalagi kalo usia saat menikah sudah mendekati 30, ditakutkan bakal susah punya anak, krn beresiko hamil di usia tua.

Tapi buat sya pribadi, itu nilai yg tidak mau sya tiru bunda.. krn hamil diluar nikah itu resikonya besar sekali. istilahnya feedback nya gak sebanding dgn yg kita sudah lakukan. Jelek2nya ya klo pacar kita beneran mau tanggung jwb, sekalipun kelihatannya mau. tapi sya yakin pasti beda ya, saat tau hamil pas udah kawin dgn hamil sebelum kawin. Beruntung kalo si cow masih pegang komitmen. Apalagi klo di tmp sya, punya anak LAKI itu senang banget, jd penerus keluarga. Krn berdasarkan survei bayi2 yg diaborsi kan krn ortunya MBA alias diluar nikah. Dan dlm setahun brp pasangan yg gak tanggung jwb dgn perilakunya tsb.

Apalagi kalo pas sya tanya, dr sisi agama bagaimana. Mrka jawab emang sih gak ada agamanya yg 'membolehkan' hub sex diluar nikah apalagi sampai hamil. tapi gmn men, kembali lagi pada kata "lazim" nya suatu realita yg dihidupi dan dijadikan budaya. sungguh pola pikir yg pasti berlainan dgn pikiran normal bunda2..

sya sendiri blm menikah dan blm hamil diluar nikah spt mrka, krn memang kehamilan dan rumah tanggga itu bukan omdo bund, tapi sesuatu yg hrs benar2 diperhatikan. Mungkin kan ada org yg saat ini penghasilannya oke utk mempersiapkan rumah tangga & anak2nya nanti jd lbh baik. Ada jg yg nikah muda krn keinginan dan mrasa sudah matang. Bukan berarti sya lama memutuskan nikah krn gak serius loh. hehee.. doakan tahun depan sya kawin ya bunda... udah program ke event organizer, bukan program hamil loh.. hahaha.
 
  #2  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
wow. Kirain itu tradisi lama, sekarang sudah menghilang. Ternyata masih bertahan. Memang pernah punya kenalan cowok asli Bali, waktu ngobrol rame2 disinggung soal itu. Katanya kalau terlanjur nikah ternyata nggak bisa punya anak rugi dong.
Kalau menurut saya sih hal seperti itu tidak boleh dilakukan, oleh orang agama apapun. Iya kalau cowoknya 100% tanggung jawab, kalau tidak yg rugi cewek juga. Atau kalau cowok sudah mau tanggung jawab ternyata meninggal sebelum menikahi ceweknya. Memang lebih baik nikah dulu baru promil.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cm bisanya bertanya "udh isi blm..????"..."kpn isinya"...."program donk.." -- Diskusi Umum 88
Mengenal "Shēng huà tāng" ("生化湯") atau "Tim ayam obat ibu hamil -- Ngobrol Apa Saja 4
"Ayam arak" atau "Máyóu jī " ("麻油雞") boleh tidak ya? -- Diskusi Umum 31
Share ttg pengalaman "program hamil" utk ibu yg punya berat badan berlebih -- Diskusi Umum 3
"TIPS HAMIL" dan "TANDA HAMIL" untuk bunda yang gagal bulan ini ;) -- Diskusi Umum 24


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:10.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com