Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
nauran...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 18
Default Bagaimana Jika Si Kecil Terlambat Bicara??

Tumbuh kembang anak menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh orang tua. Mulai dari tumbuhnya gigi pertama, merangkak, berjalan dan berbicara. Tapi, bagaimana ya kalau si anak mengalami keterlambatan berbicara padahal usianya sudah lebih dari dua belas bulan? Ketrelambatan berbicara atau yang biasa disebut speech delay ternyata disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya ialah kurangnya stimulasi yang maksimal untuk berbicara.

Lantas bagaimana ya mencegah hal ini terjadi pada anak kita? Kalaupun sudah terlanjur kejadian adakah cara untuk mengobatinya?

 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
abigai...
Non-aktif
 
Posts: 17
 
bisa diajak ke terapi wicara, bund
 
  #3  
Old
lenynd...
 
Posts: 1,185
 
Anak pertama saya sudah 2 thn masih blm lancar ngomong, tp bagi saya ga masalah, tetep dstimulasi ajak ngomong sambil diajak main.
Saya ga ajak ke dokter dan sebagainya krn dy ga terlalu suka tempat baru atau tempat yg ramai kaya papanya. Type yg introvert, tp anak saya meskipun blm pinter ngomong dy pandai dalam banyak hal.
Ahh yg penting bagi saya anak saya sehat itu udh lebih dr cukup, sambil terus diajarin buat ngomong suatu saat jg ada waktunya dy pandai berbicara
 
You can't be perfect
But you can always be a better you
  #4  
Old
Delima...
 
Posts: 40
 
Udh bisa jln belum?? Jgn khawatir berlebihan dgn tumbuh kembang anak, kalau baru 12 bulan kyknya rata2 memang wajar masih ngoceh2 gak jelas ala bayi. Anak sy baru bs bilang bapak mama mimik usia 18bulan.
 
  #5  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
kalo masih 12 bulan tidak usah khawatir selama anak normal di lainnya (mau berinteraksi walau tdk bisa ngomong). anak saya baru belajar ngomong di usia 18 bulan itu juga cuma beberapa kata saja.

rajin aja diajak ngomong. kita sbg dewasa ngomongnya pelan2 dgn artikulasi yg jelas.
 
  #6  
Old
Zahid ...
 
Posts: 1
 
Anak ku usia nya sudah 3 tahun 5 bulan, bicara ny cm satu dua kata, jika dia bicara panjang lebar jatohny ngoceh ga jelas kyk bhs bayi. Anakny aktif, mudah bergaul, dbw kmn aj oke, alhamdulillah fisik kuat. Sjk usia 2.5 thn sy sekolah in playgroup, Tmn2 sekolah ny yg usia 3 thn sdh lancar bicara, tp kosakata ny ga bnyk nmbh, anakny fokus, di ajarin sekali lgsg bs, tp tdk mudah mengingat. Kira2 normal g y bun? Saya awam bgt tentang terapi bicara, apakah bunda2 pny pengalaman, mohon share bun, sy mulai khawatir dgn anak saya. Terimkasih bunda semuanya
 
  #7  
Old
diarf ...
 
Posts: 1
 
@zahid na apa anknya pernah jatuh bun? Ada kasus ank 2thnan blm cakap bicara, akhirnya diterapi rutin. Alhamdulillah skrng anknya udh cas cis cus

Atau bunda kasih nntn TV? Telat bicara bisa disebabkan beberapa Hal sperti kurang stimulus, gadgeting, nntn TV, atau jatuh. CMIIW
 
  #8  
Old
rizkaa...
 
Posts: 32
 
anak pertama saya 3.5 tahun... ngomongnya masih kaku tapi gak cadel...huruf r sudah bisa... dulu sya jg takut umur 2 tahun dia belum cerewet bicaranya... tetap diajak bicara pelan2...karena ank selalu meniru orang tuanya...
 
  #9  
Old
Mama A...
 
Location: bekasi jawa barat
Posts: 142
 
Anak saya umur 2thn br bisa bicara Bun. Itu jg msh cadel ngomongnya. Skrng umur 2thn 7 bulan, Alhamdulillah sdh banyak kosa kata yg dia bisa. Pelan2 ajalah, yg penting anak sehat, ksh stimulasi aja. Perlu kita ingat, setiap anak itu unik. Kita jd ortu ga usah terlalu pusingin omongan orang lain. Bila sdh waktunya toh dia jg akan bisa kok.
 
Marilah Kita Lihat....
Bahwasanya Diatas Langit....
Ternyata Masih Ada Langit....
  #10  
Old
nenden...
 
Posts: 1
 
anak saya laki laki umur 18 bulam blm bisa bicara bunda, tapi kalo disuruh apapun dia ngerti hanya saja kalo dia ingin sesuatu, dia hanya menarik tangan saya, itu normal tdk ya, kalo terapi terapinya dimana ya, saya daerah cimahi
 
  #11  
Old
Almash...
 
Posts: 8
 
Replying to: View Post
Anak saya umur 2thn br bisa bicara Bun. Itu jg msh cadel ngomongnya. Skrng umur 2thn 7 bulan, Alhamdulillah sdh banyak kosa kata yg dia bisa. Pelan2 ajalah, yg penting anak sehat, ksh stimulasi aja. Perlu kita ingat, setiap anak itu unik. Kita jd ortu ga usah terlalu pusingin omongan orang lain. Bila sdh waktunya toh dia jg akan bisa kok.
Maksudnya umur 2 tahun baru bisa bicara apa baru banyak kosakata nya bun ??? Sekarang pasti udah cerewet bgt ya bun
Anakku juga skrg umurnya 2th tp bicara nya blm banyak kosakata nya. Dia ngmong cuma kata tunggal doang, blm bisa rangkai jd kalimat bun..
Kalo jadi kalimat jatohnya ngoceh gajelas gitu lho bun
 
  #12  
Old
Mamaal...
 
Posts: 202
 
Anakku juga baru bisa bicara usia 16 bunda.. waktu umur setahun baru bisa bilang mama aja.. sekarang udah 23 bulan alhamdulillah udah lancar bicaranya meski kadang masih cadel.. rajin di ajak bicara aja bund.. jgn sering kasih gadget atau terlalu lama menonton tv.. ajak anak untuk bernyanyi atau membaca buku yang bergambar sehingga menimbulkan minatnya untuk berbicara..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bagaimana perasaan bunda jika SELALU ditanya???? -- Ngobrol Apa Saja 46
Bagaimana perasaan Bunda jika SELALU ditanya?? -- Ngobrol Apa Saja 9
terlambat haid 4 minggu tetapi rahim masih kecil -- Diskusi Umum 8
Bagaimana tanda awal kehamilan sebelum terlambat haid? -- Diskusi Umum 7
Bagaimana jika.. -- Ngobrol Apa Saja 32


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com