Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
Default Kenali jenis-jenis gigi dan tahap pertumbuhan gigi pada anak disini!



Tau gak sih bund, bahwa gigi bayi sebenarnya sudah tumbuh sejak dalam kandungan? Hanya giginya belum muncul aja. Jadi, kebutuhan kalsium ibu hamil sebenarnya meningkat, ini karena untuk menunjang pertumbuhan gigi dan tulang bayi dalam kandungan. Karena gigi mengandung banyak banget unsur kalsium, bahkan hampir seluruhnya. Saat bayi sudah memasuki usia beberapa bulan setelah lahir, gigi bayi baru deh bakal muncul.
Nah, kita bahas pertumbuhan gigi dari bayi sampai anak yuk!

Jenis-jenis gigi
Sebelum mengetahui tahap-tahap pertumbuhan gigi bayi, kita juga perlu tau tentang jenis-jenis gigi. Gigi pun ada beberapa jenisnya, Bund. Nah, ini dia jenis-jenis gigi:
Gigi seri, yaitu gigi depan pada rahang atas dan bawah. Biasanya gigi seri atas dan bawah muncul dalam waktu yang sama. Gigi ini berfungsi untuk menggigit makanan, Bund.
Gigi taring, yaitu gigi yang ujungnya lancip dan berada mengapit gigi seri di rahang atas dan bawah. Gigi taring berfungsi untuk memotong makanan.
Gigi geraham depan, gigi ini berfungsi untuk menghancurkan makanan, Bund.
Gigi geraham belakang, gigi ini juga berfungsi untuk menghancurkan makanan dan memiliki ukuran yang lebih besar daripada gigi geraham depan

Pertumbuhan gigi bayi
Gigi bayi muncul pada usia yang bervariasi antar bayi. Ada bayi yang giginya sudah muncul pada usia dini dan ada juga bayi yang mengalami pertumbuhan gigi lebih telat. Meski berbeda-beda, pertumbuhan gigi bayi pada umumnya berlangsung di usia yang hampir sama, Bund.
Nah, ini dia tahapan pertumbuhan gigi saat bayi.

Usia 5 bulan
Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada usia ini. Namun, beberapa bayi mungkin mulai tumbuh gigi pada usia lebih dini, yaitu 4 bulan, atau beberapa juga memiliki pertumbuhan gigi yang lebih lambat, pada usia 6 atau 7 bulan. Pada saat ini, gigi bayi baru mulai muncul, gusi bayi mungkin akan membengkak dan kemerahan, Bund.

Usia 6 bulan
Pada usia 6 bulan atau sekitar 5-7 bulan, gigi pertama bayi sudah mulai muncul. Biasanya gigi pertama yang muncul ada dua gigi seri depan pada rahang bawah. Kedua gigi ini dapat muncul bersama-sama. Pada saat gigi bayi sudah muncul, Kita udah bisa membersihkan gigi bayi dengan cara menyekanya dengan kain bersih setelah bayi menyusu, Bund.

Usia 7 bulan
Selanjutnya pada usia 7 bulan, dua gigi seri depan pada rahang atas muncul. Sebagian besar bayi mungkin mengalami pertumbuhan gigi ini sekitar usia 6-8 bulan. Pada usia ini juga bayi sudah bisa diberi makan makanan padat.

Usia 9-16 bulan
Gigi selanjutnya yang akan muncul adalah gigi di sebelah gigi seri depan bagian atas, kemudian gigi di samping gigi seri bawah menyusul. Biasanya gigi muncul berpasang-pasangan atas dan bawah, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri, Bund.

Saat bayi akan tumbuh Gigi, meski belum terlihat, tapi kita bisa tau kalau si Kecil sedang tumbuh gigi, lho! Kita bisa mengenali ciri-ciri umumnya, antara lain suka memasukkan dan menggigiti benda yang dipegangnya, mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya, lebih rewel dari biasanya akibat gusi terasa nyeri atau bengkak, sulit tidur nyenyak, tidak mau makan, Bahkan hingga demam.

Sebelum membhas pertumbuhan gigi pada anak, Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, Bund. Misal, kita bisa menggunakan Mainan teething/teether, Teether ini mainan berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman dimasukkan ke mulut. Atau memberikan minuman dingin bebas gula, sebagai pereda nyeri atau gatal bagi balita enam bulan ke atas yang tumbuh gigi, Bund. Tapi pastikan minumannya gak terlalu dingin ya. Lalu jika demam, kita bisa menggunakan plester kompres demam, seperti Bye-Bye Fever untuk memberikan rasa nyaman pada si Kecil, Bund.



Pertumbuhan gigi anak

Usia 14 bulan

Pada usia ini, gigi geraham pertama mulai muncul pada bagian rahang bawah dan rahang atas pada waktu yang sama, Bund. Tapi, beberapa bayi udah mempunyai gigi geraham pada usia 12 bulan dan ada juga yang baru muncul pada usia 15 bulan.

Usia 18 bulan
Gigi taring mulai muncul pada usia ini, baik gigi taring atas maupun gigi taring bawah. Munculnya gigi taring mungkin bervariasi antar anak, dari mulai usia 16 bulan sampai 22 bulan.

Usia 24 bulan
Di usianya yang ke-24 bulan, gigi geraham kedua pada bagian belakang di rahang bawah sudah mulai muncul. Kemudian menyusul gigi geraham kedua pada rahang atas mulai muncul pada usia 26 bulan. Pertumbuhan gigi ini bervariasi, ada yang lebih lambat atau lebih cepat, antara usia 20-33 bulan.

2-3 tahun
Pada usia dua sampai tiga tahun, anak sudah mempunyai gigi lengkap berjumlah 20 gigi, masing-masing 10 gigi di rahang atas dan rahang bawah. Gigi ini dikenal sebagai gigi susu atau gigi bayi. Susunan gigi susu lengkap ini akan bertahan sampai usia anak sekitar 6 atau 7 tahun, Bund.

4 tahun
Pada usia 4 tahun, rahang dan tulang wajah anak akan mulai tumbuh, sehingga memberi ruang antara gigi susu. Ruang ini memberi kesempatan gigi dewasa atau gigi tetap yang lebih besar untuk tumbuh. Gigi anak biasanya mulai tanggal pada usia 6 atau 7 tahun, lalu digantikan oleh gigi tetap. Pada usia 6-12 tahun, biasanya anak memiliki gigi susu dan juga gigi tetap dalam mulutnya.

Saat anak mulai mempunyai gigi tetap, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin dua kali sehari ya, Bund. Ini bertujuan agar anak selalu menjaga kebersihan giginya, supaya gak mengalami kerusakan gigi. Perlu di ingat juga, Bund, gigi tetap tidak akan tergantikan lagi seumur hidup ya.

Anak saya kok belum tumbuh gigi?
Kita gak perlu khawatir kalo pertumbuhan gigi anak berjalan tidak sama dengan anak lainnya, hal ini normal. Yang perlu kita ingat adalah bahwa sekitar 4 gigi anak akan muncul setiap 6 bulan usia anak, Bund. Biasanya juga, pertumbuhan gigi lebih cepat terjadi pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki, ini juga jangan di khawatirin ya, Bund.

Bunda mungkin perlu khawatir jika gigi anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda akan muncul pada usia anak 1 tahun. Saat anak Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi. Walaupun, beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi dan masih bisa mengejar keterlambatannya tanpa masalah.
 
Attached Thumbnails
Kenali jenis-jenis gigi dan tahap pertumbuhan gigi pada anak disini!-84.jpg   Kenali jenis-jenis gigi dan tahap pertumbuhan gigi pada anak disini!-83.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
sintaa...
Non-aktif
 
Posts: 31
 
lumayan informasinya.
kalo anak timbuh gigi biasanya jadi agak cengeng dan kadang demam.

aku ngerasa itu pantes sih, akhirnya setelah dewasa pun aku ngalamin tumbuh gigi paling ujung, dan rasanya gak nyaman banget.

kalo anak cengeng apalagi demam, ya kita mestinya bikin dia lebih nyaman. kasih ByeBye-Fever sih mestinya udah bisa bikin si kecil jadi lebih nyaman yaa
 
  #3  
Old
Whitne...
 
Posts: 22
 
saat udah bisa di ajari buat sikat gigi, ajari sikat gigi juga bu. jadi pas anak masuk TK/SD, gigi nya tidak rusak sebelum akhirnya terganti gigi tetapnya
 
  #4  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
 
Replying to: View Post
saat udah bisa di ajari buat sikat gigi, ajari sikat gigi juga bu. jadi pas anak masuk TK/SD, gigi nya tidak rusak sebelum akhirnya terganti gigi tetapnya
selain itu makan-makanan yang dimakan juga bu. kalau udah malem, jangan kasih cokelat, atau kalo kasih cokelat pun jangan lupa sikat gigi
 
  #5  
Old
sintaa...
Non-aktif
 
Posts: 31
 
Replying to: View Post
selain itu makan-makanan yang dimakan juga bu. kalau udah malem, jangan kasih cokelat, atau kalo kasih cokelat pun jangan lupa sikat gigi
peran kita penting banget disini bu.
biar anak juga gak makan yang manis2 malem hri ya bu
 
  #6  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
 
Replying to: View Post
peran kita penting banget disini bu.
biar anak juga gak makan yang manis2 malem hri ya bu
betul bu, jadi peran kita banget.
kalo gak dari kecil disiplin, nanti udah gede kasihan kalai si anaknya punya gigi yang gak bagus
 
  #7  
Old
AlunaB...
 
Posts: 28
 
gegara dulu waktu SMA ngalamin tumbuh gigi belakang, jadi ngerti nih gimana rasanya tumbuh gigi.

dulu itu udah SMA lho, ngerasain sakitnya tumbuh gigi. gimana bayik sakitnya tuuuhh
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ask tentang pertumbuhan gigi bayi -- Ngobrol Apa Saja 5
Kenali Jenis-jenis Batuk Ini Pada Bayi -- Diskusi Umum 2
benarkah ngemut jari membuat pertumbuhan gigi terganggu -- Diskusi Umum 20
Pada usia berapa anak mulai diajarkan gosok gigi -- Diskusi Umum 15
Kenali jenis pembalut aman, sembarangan miss.v bisa gatal-gatal -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:08.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com