Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Guardi...   TS 
 
Location: denpasar bali
Posts: 67
Default Turun Gaji??.. Berasa kurang aja...

Halooo bunda...

Numpang share ya bund.. biar gak jadi pikiran terus di otak sya. Ya..krn masukan dr bunda2 semuanya siapa tau bisa jadi obat untuk melegakan hati dan pikiran sya sekarang ini...

Ceritanya.., sya bekerja di hotel bund.. dan di hotel itu ada 2x dapat uang :
1. setiap akhir bulan (gaji pokok+tunjangan)
2. setiap pertengahan bulan (service charge tamu hotel). kan tamu nginep kena tax dll nya mom..
menang sih umumnya gaji akhir bulan itu UMR, dan krn di hotel, kami semua ngandalin service sepi-rame nya tamu bund..biasanya lebih banyak nominalnya dr gaji akhir bulan bund..
contoh : gaji 1juta, service charge 2-3juta. total bawa pulang jadi 3-4juta/bulan.

Nah, sudah akhir bulan lalu sejak bencana gunung agung, hotel pada byk yg sepi bund..untungnya tempat sya lumayan masih keisi tamu lah.. tapi bos sya sudah bilang akan menurunkan gaji sya. krn memang bund, gaji sya termasuk tinggi di level admin (setelah supervisor), tapi dia blg masih bisa naik lagi kok nanti liat sikon.
Dan beneran bund..bulan ini gaji akhir bulan sya berkurang 500ribu.
sebenernya dibilang sedih sih sedih bund..krn gak bisa hepi-hepi lagi kyak dulu, tapi memang sya menyadari sikon ekonomi yg sulit, kasihan juga perusahaan klo bayar gaji banyak..terlebih lagi byk hotel yg sudah PHK ratusan karyawan akhibat lesunya pariwisata kemarin bund..termasuk hotel2 bintang 5. masa sya minta di PHK juga?!

Masalahnya, cuma kok sya ngerasa kuatir ya bun..apa krn masih ada "mental miskin" di lubuk hati, jadi takut ngerasa kurang gitu bund.. apalagi sya berkeinginan bisa menikah tahun ini.. sedangkan penghasilan calon suami lebih rendah dr sya.
kadang sya mikir juga bun.. (duh kebanyakan mikirnya nih..) bunda2 yg jadi ibu rumah tangga full, apa cukup ya dgn penghasilan suami aja?.. sdgkan ada yg punya anak 1,2,3, dst...
Menang sih masih ada uang masuk di pertengahan bulan (service charge), tapi aneh aja gitu bund.. bisa terima guede kali ya..

Kira2 ada pendapat/masukan bund, spy sya lbh legowo dan menyakinkan diri klo rejeki sudah ada yg ngatur..disyukuri.. mencoba berpikir positif sih bund..
 
  #2  
Old
annisa...
 
Location: Bandung
Posts: 2,396
 
Saya IRT yg full di rumah..
Saya hanya ngandelin penghasilan suami aja..
Sebelumnya suami kerja dibank (skrg udh resign dan buka usaha sendiri)
Alhamdulillah saya selalu merasa cukup dgn penghasilan suami..
Intinya sih bun harus banyak" bersyukur.. semakin banyak bersyukur mau itu penghasilannya sedikit ato banyak pasti akan selalu merasa cukup (tergantung gaya hidup jg)

Contoh aja gini ya..
Misal penghasilan bunda 100rb/bulan.. pasti kalo dipikir" itu ga akan cukup untuk memenuhi segala kebutuhan bunda kan? Tapi kalo bunda selalu bersyukur dengan pendapatan segitu ditengah" jalan pasti ada aja bantuan misal ada yg ngasih uang lah, listrik jd dibayarin org lah, ada yg ngasih kebutuhan pokoklah, dll..

Intinya sih harus banyak" bersyukur mau penhasilan bunda ato calon suami bunda nanti brp pun itu mau sedikit ato banyak pasti bakalan selaly merasa cukup..
Tapi gaya hidup pun jgn royal..
Itu aja sih bun .
 
  #3  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Menurut saya bersabar aja bu. Bencana gunung agung kan ga akan selamanya nanti juga pasti akan pulih.

Spt ibu bilang drpd di phk? Sama sekali ga ada pemasukkan.

Kalo masalah berkrang yg pasti berasa. Coba biasaiin buat budget pengeluaran dan kira2 post mana yg ibu bs cut spy nutupin yg 500rb.
 
  #4  
Old
Ayukd...
 
Posts: 796
 
Sabar aja dulu bund..
Saya aja ngandelin gaji suami aja.. untung jg deket sama mama..
Anak saya satu.. full formula.. skrg sdh mau satu tahun..

Ga kerasa juga bisa sampe srkg.. bersyukur aja.. bisa ngelewatin semuanya berdua sama suami..
Kita ngontrak bund.. dan masih nyiciil utang juga .
Tp alhamdulillah sampai skrg lancar..
 
  #5  
Old
Regina...
 
Posts: 330
 
Semua nnt tergantung dr bunda , sbanyak apapun gaji klo gak dsukuri yg gak ckup sedangkan klo dskuri seberapapun it pasti ckup , dlu saya kerja dbank gaji y lumayan lah tp saya resign karna ikut suami pindah tugas luar kota , saya dlu banyak mikir bs gak ya sya yg ngandalin suami aj , sedangkan klo am gaji sya bs hampir diatas 8 juta , sdgkan klo Sya resign saya ngandalin gaji suami aja , sdgkan anak saya 2 duanya sufor, satu bayi satu skolah yg mana lebih gede pengeluaran ya. Mna ngontrak, blm yg lain2 Tpi setelah djalanin n dsukurin alhamdulilah saya cukup2 aja kok bun emg sih tpi yg tdix sya bs beli2 spuasnya dgn uang gaji saya skrg saya terbatas krn uang suami buat keperluan rmh heehe
 
  #6  
Old
Teresa...
 
Posts: 252
 
Hai bun,setuju sama bunda2 diatas bun sebesar apa uang klo kita gak syukuri gak akan cukup,aku full irt cuma ada gaji suami biaya hidup cuma pakai bunga dr bank bun,smpk sama mama mertuaku dibilang suamiku pelit pdhl kita hdp hemat,buat nabung pendidikan anak bun dan biaya hidup saat tua nanti jd mumpung bunda msh muda,blm punya anak jgn foya2,gak salah bun mau shoping manjain diri tpi kita lihat kehidupan kita trs berjalan dan biaya hidup makin lama semakin mahal. Coba bunda belajar bijak mengahrgai uang yg bunda dpt psti saat kondisi yg down sprti skrg bunda gak akn merasa kurang bhkn terbebani. Tuhan udah kasih kita sesuai porsi yg kita butuhkan bun,jdi gak ada istilah kekurangan bun makin kita bersyukur dgn berkat yg tuhan kasih makin kita dilimpahkan berkat kita oleh tuhan bun..
 
  #7  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Yang pertama banget itu harus bersyukur dulu. Lihat ke bawah bahwa masih sangat banyaaak orang yg lebih lebih kekurangan dibanding bunda. Banyak yg nganggur, jangankan buat seneng2, buat makan besok aja bingung.
Kedua, cukup atau tidaknya yergantung juga bagaimana kita mengelola. Bagaimana gaya hidup kita. Bagaimana kebutuhan hidup kita. Mudah2an bunda cukup cakap dlm mengelola gaji berdua nantinya utk memenuhi kebutuhan hidup bukan gaya hidup.
Saya punya temen dikantor bun. Honorer pemda. Gajinya jujur aja 2.3 juta. Skrg istrinya sedang hamil anak ke3. Dan saya sangat salutt istrinya jago dlm hal mengelola keuangan. Dengan gaji segitu istrinya msh bisa beli tas hermes harga 600rb lho. Saya aja yg gajinya diatas itu g punya tas harga segitu mereka kl belanja ikan ke pasar subuh. Dimana smw warung2 ambil ikan dari sana. Jd harganya murah. Mereka bisa borong banyak seafood utk anak2nya dgn harga murah. Kira2 begitu cara mereka menyiasatinya.
Intinya seberapapun penghasilan kl kita g pinter2 mengelola dan bersyukur pasti akan selalu merasa kurang
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #8  
Old
Yulian...
 
Posts: 70
 
Saya jg full dirmh bun hanya ngandelin suami dan gajih suami saya dibawah rata2 bgt dan rmh kami masih ngontrak tapi bun alhamdulillah kalo kita jalananinya dgn sabar rejeki itu datang terus menerus bun ya walau buat menabung sulit bun
Kuncinya selalu bersyukur bisa membuat kita lebih bahagia dan gak mikirin yg gimana2 bun
 
  #9  
Old
MomS B...
 
Posts: 437
 
Saya juga Full IRT.. suaminya kerja nya masih kontrak... Kalau kontraknya mau abis hmmmm rasanya dag dig dug serrr..
Saya sih setuju sama bunda2 di atas intinya bersyukur...banyak banget rasanya orang2 yg jauh dibawah bunda... Kalau bunda takut masa depan keteteran atau gimana(padahal turun gajinya juga kmungkinan cuma bentar doank).. Mulai sekarang coba nabung.. Nabung banyak2..ga di pakai shopping2an mulu...nanti kalau udah nikah..kan enak kalau udah punya rumah sendiri..mobil sendiri.. Usaha sendiri...(gampangnya ngomoonng..) hihihihi..
 
  #10  
Old
Aisa12...
 
Posts: 56
 
Sy full irt jg tpi punya usaha sampingan. Suami karyawan, jadi kmi prepare usaha dulu bund sbelum sya resign.
Prepare jg tabungan, karna slama 6 bln d awal usaha belum profit jadi ceritanya mantap ( makan tabungan).
Smoga bunda blan dpan sudah naik gaji lagi. Tetap smangat & bersyukur.
 
  #11  
Old
happyw...
 
Location: Tempat Terindah
Posts: 1,413
 
Aku full IRT, pemasukan hanya dari suami apalagi aku domisili tidak diindonesia, hampir semua RT disini pemasukan dari suami dan istri karena tingginya biaya hidup, tapi puji Tuhan, hidup kami lebih dari cukup ( tapi bukan serba berlebihan/kaya ya hehehe ).
Pertama-tama bersyukur dengan apa yang di dapatkan, selanjutnya membuat list kebutuhan. Bandingkan pengeluaran yang di prioritaskan dan pengeluaran yang bisa di tunda, anda urutkan.. misalkan :

- Pajak ( biasa sudah langsung di potong sih dari perusahaan/pemberi kerja )
- Asuransi
- Biaya makan/listrik/air/property/sampah, kebutuhan basic perbulan ( kalau perempuan kan butuh pembalut dll yang berhubungan dengan perempuan )
- Tabungan
- Bensin/Transportasi

Setelah semua kebutuhan di atas sudah tercukupi baru bikin list pengeluaran lainnya seperti :
- Hiburan ( kongkow di cafetaria atau nonton bioskop )
- Makan diluar tiap weekend
- Shopping
- Liburan.

Nah uang anda di potong 500ribu, coba di hitung biaya yang harus anda keluarkan untuk hiburan, makan diluar, shopping dan liburannya, jika dalam sebulan anda harus mengeluarkan biaya 1-2 juta untuk biaya tersebut, tinggal anda kurangi frekuensinya.. yang biasa kongkow 3x seminggu di kurangi 1x seminggu/2 minggu, yng sering makan di luar tiap weekend, coba masak bareng dengan pasangan atau ajak teman2 masak and makan bareng di rumah, yang biasa shopping sekali seminggu/2 minggu coba di kurangi jadi sekali 1 bulan/2 bulan, untuk liburan bisa di akali dengan berlibur ke tempat2 yang dekat jadi tidak menghabiskan biaya bensin/tiket yang banyak. Kalau seandainya biaya2 untuk hal tersebut justru lebih sedikit dari 500rb, solusi lainnya kurangi jumlah tabungan anda.. yang perbulan tabung 1 juta, sementara tabung 500rb dulu.. hingga kondisi kembali normal.. pada dasarnya tabungan kan buat hal-hal emergency kan selain untuk masa depan? He he. Semoga membantu.
 
The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.
  #12  
Old
Intani...
 
Posts: 16
 
Tadi nya bekerja, skrng resign krn lg hamil anak ke4.. jadi skrng full time mommy..
bbrp kali resign trus kerja lagi resign lagi.. dan Dari awal Kenal sm suami gaji ga seberapa sampai skrng yg udah lumayan diatas rata” bun, cm ga Ada bedanya dulu dan skrng tanpa didasari rasa syukur dan Pengelola an yg baik..
Jadi inti nya memang bukan nominal nya tp gmn Kita bersyukur dan mengelola kebutuhan Rumah tangga Kita bun.. krn klo sy ga Pinter
Jadi sering nya kurang mulu
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
hamil 4 bulan kok kalo buang air berasa kaya turun rahimnya -- Diskusi Umum 0
debay berasa turun kebawah ,jdinya beser ..itu kenapa ya bund? -- Diskusi Umum 2
hal mengenai gaji suami dan gaji istri -- Ngobrol Apa Saja 20
sering berasa ada yg turun -- Diskusi Umum 9
uk 14w turun 4kg & gk berasa hamil .. -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:40.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com