Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
Default Anak mudah sakit saat musim hujan? coba lakukan penanganan ini, Bu!

Hai Ibu!

Memasuki pergantian musim menjadi musim hujan, anak-anak biasanya akan rentan terkena penyakit seperti batuk, pilek, demam dan juga masuk angin. Tapi moms jangan terlalu khawatir dan memberikan si kecil berbagai macam obat-obatan.



Sebelum membawa anak ke dokter, sebaiknya moms coba dulu 4 cara mudah ini untuk mengatasi anak sakit di musim hujan. Seperti apa hal yang perlu dilakukan? Ini dia moms!

1. Berikan Minuman Hangat Tradisional

Mengonsumsi minuman hangat yang dibuat dengan bahan-bahan tradisional dipercaya ampuh untuk mengatasi anak yang sakit saat musim hujan seperti sekarang ini. Contohnya seperti ramuan lemon, madu dan jahe yang dimasak bersama air hingga mendidih. Khasiat lemon dapat mengurangi rasa mual dan jahe untuk mengeluarkan gas di dalam tubuh anak. Selain itu fungsi madu untuk mengembalikan stamina anak dan mengembalikan nafsu makan.

2. Usapkan Perut dengan Bawang Merah

Nah, salah satu bumbu masakan ini ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan sakit di musim hujan pada anak lho moms. Sejak dahulu bawang merah memang sudah terbukti manjur untuk menyembuhkan masuk angin. Caranya pun mudah, cukup belah menjadi dua beberapa siung bawang merah, kemudian oleskan ke bagian perut, pinggang dan juga leher si kecil. Bawang merah ini bisa membuat tubuh anak menjadi hangat dan mengeluarkan gas di dalam perut.

3. Beri Si Kecil Makanan Hangat

Sakit pada anak bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya karena telat makan, cuaca, terlalu banyak minum ketimbang makan dan juga masalah pencernaan. Saat anak sakit, perut mereka akan terasa keras dan lebih besar daripada biasanya. Oleh sebab itu moms harus memberikannya makanan hangat seperti bubur atau sup. Makanan hangat dapat meredakan mual dan juga menghilangkan gas di dalam perut si kecil. Selain itu berikan ia juga minuman hangat untuk memancing anak bersendawa dan juga kentut.

4. Kompres dan Pijat

Cara mengatasi anak yang sakit saat musim hujan selanjutnya yakni dengan mengompres kecil dengan plester kompres demam. Mom bisa mengompres si kecil menggunakan plester kompres demam ByeBye-FEVER, ini akan cukup membantu karena gel dinginnya bisa membantu menurunkan demam dan memberi efek yang menenangkan pada anak. Selain itu kita juga bisa memberikan pijat secara lembut bagian tubuh anak menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih.


Itu dia 4 cara mudah diatas bisa moms coba sebelum membawa anak ke dokter.Semoga bermafaat ya, Moms!
 
  #2  
Old
Karisa...
 
Posts: 3
 
langganan! sampe kayak udah hafal deh, si kecil suka demam tiap musim hujan tiba. ya walaupun demamnya cuma sehari-dua hari sih. Hehehe.

Gak terlalu khawatir berlebih kalo sekarang, aku kasih obat penurun panas sama pakein bye-bye fever biar dia lebih nyaman.
 
  #3  
Old
soniaw...   TS 
 
Posts: 25
 
Replying to: View Post
langganan! sampe kayak udah hafal deh, si kecil suka demam tiap musim hujan tiba. ya walaupun demamnya cuma sehari-dua hari sih. Hehehe.

Gak terlalu khawatir berlebih kalo sekarang, aku kasih obat penurun panas sama pakein bye-bye fever biar dia lebih nyaman.
jadi sekarang udah tau gimana ngatasinnya ya bu
 
  #4  
Old
AlunaB...
 
Posts: 28
 
Ini kan musim hujan ya, kalau sekarang musim panas juga kadang anak demam tuh.
mungkin karena cuacanya panas, anak jadi lebih capek kali yah kepanasan.

Jadi kadang anak pulang sekolah aja udah terus demam
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
sakit gigi saat hamil , coba minum susu :) -- Ngobrol Apa Saja 2
Sebel sama musim hujan...;( -- Ngobrol Apa Saja 9
Penanganan pertama saat bayi beringus ap ya bun? -- Diskusi Umum 1
kayanya lagi musim suami pada sakit yah bund.. -- Ngobrol Apa Saja 2
Mumpung lg musim hujan bund.. -- Ngobrol Apa Saja 329


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:50.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com