Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
tutial...   TS 
 
Posts: 416
Default Gosok Gigi pada Balita gimana bun?

sharing cara memperkenalkan gosok gigi pada balita ya buun, butuh bantuan

anakku sekarang usia satu tahun bunda, mau saya biasakan gosok gigi mulai sekarang, telatkah?hehe
giginya baru tumbuh 6 gigi
kalau orang dewasa kan abis sikat gigi trus langsung tidur ya (ga minnum susu atau makan lagi), nah kalo masih balita begini apalagi masih satu tahun bisa tidur itu kan setelah nyusu (nyusu sampe ketiduran). yang mau saya tanyain sama bunda senior disini tuh :
1. cara gosok gigi balita kayak gimana, gausah odol, trus pake kumur-kumur atau cuma gosok aja giginya pake sikat trus udah?
2. kalo mau tidur gosok gigi kayaknya percuma ya, soalnya anakku bisa tidurnya harus nyusu dulu sama aku. gimana tuh?masih ada sisa susu dong pas tidur?ngrusak giginya ga yah kalo udah gede?
 
  #2  
Old
susi l...
 
Posts: 805
 
Saya bantu up bund soalnya ank saya 11 bulan gigi nya baru 4 blm saya ajari gosok gigi
 
  #3  
Old
Mommyz...
 
Posts: 621
 
Kalo saya pakaikan pasta gigi yg ga ada flouride nya yg aman tertelan jd ga isah kumur. Pas anaknya udah ngerti baru diajak kumur tp pake air minum jd kalau tertelan.aman karena.air matang. Nanti ketika udah tau klo tiap sikt gigi kumur bung mah baru pake air keran. Gitu sih aku sama sambil sering dicontohin pas dikamar mandi akari anak cara sikat gigi
 
We're 5 now
  #4  
Old
evikur...
 
Posts: 149
 
saya juga bantu up bun..

anak saya yang pertama mulai gosok gigi umur 1,5 tahun.. cz baru numbuh giginya umur 14-15 bulan.. cara dia pertama kali saya ajarkan gosok gigi pake lagunya upin ipin yang "gosok gigi", sampe dia umur 2 tahun belum pernah pake odol cz saya icip2 rasa odol dari merk pigeon, pepsodent, dodo pasti ada kaya rasa mintnya bun anak saya jadi g suka kalo gosok gigi pake odol, cuman kumur pake air hangat itupun airnya kadang masih ditelen selesai dibuat kumur. oiy anak saya cuman gosok gigi pas mandi pagi n sore aj..
 
  #5  
Old
dhilla...
 
Posts: 217
 
Awal gosok gigi, ga saya kasih odol. Cukup air saja.
Gosok gigi nya juga sikat yg bisa dimasukin jari telunjuk kita, bulu2nya halus dan ngga terlalu tebal ky sikat gigi biasanya. Jd kena gusi ga sakit, silicon tempat jari kita juga lentur, jd enak untuk menggosok gigi anak. Skrg anak sy br pegang sikat gigi sy dan ayah nya, tp untuk gosok giginya sendiri. Masih miring kanan kiri atas bawah
 
  #6  
Old
Seoran...
 
Posts: 81
 
Anak saya 1 tahun 4 bulan. Giginya uda 12 bun. Gak saya pakein odol . tp pakai sikat aja kecil lembut bulu2nya kayak silikon gt.
Sekarang sih dianya uda bisa sikat gigi sendiri. Malah saban hari maunya sikat gigi terus. Karna saya kasi liat lagu upin ipin yg judul nya gosok gigi . dianya suka jd ditiru terus terusan setiap malam saya papanya sama sikecil juga always sikat gigi barengan dikamar mandi biar si anak ngerti sebelum bobo wajib sikat gigi dulu. Gitu bun hehehe
 
  #7  
Old
Bella9...
 
Posts: 477
 
Cari sikat gigi yg ukurannya pas jadi si anak nyaman,pengalaman ku lho ya aku beli sikat gigi anak anak biasa ternyata anakku gak nyaman karna masih terlalu besar,cara cari bnyk nya dijual online harganya 80rban ini mahal bgt menurutku,sedangkan sikat gigi kan harus diganti max 3 bulan sekali...
Akhirnya ketemu oral-B for baby di supermarket ini bgs ukuran pas,bulu lembut.. kalo aku kenalin pertama gak pake odol,stelah dia terbiasa tiap mandi sikat gigi baru kenalin odol,skrg udh 20bulan dah bisa kumur2
Selama susu nya masih asi menurutku sih gapapa gak merusak gigi,yg penting ciptain kebiasaan baiknya dulu biar sampe besar kebiasaan kalo mau bobo sikat gigi..
 
Jangan suka baper,ini forum umum kalo tidak bisa menerima kritik jangan ngomong
  #8  
Old
mommyc...
 
Posts: 120
 
HAllo bunda,,
KAlo anak saya mula sikat gigi pas gigi nya 2 pakai sikat silocone yg dimasukin kejari dan cukup di celupin ke air hangat matang..
Pas gigi nya mulai tumbuh geraham saya pakai kan sikat anak2 yg bentuk kepala nya kecil, trus air mateng untuk kumur2, dan odol non fluoride..
Pertama belajar, saya biarkan si kecil yg pegang sikat nya sendiri,,, lalu saya sikat gigi saya di depan si kecil sampai dia ngerti fungsi sikat gigi dimasukin kemulut...
Trus saya ajarin berkumur juga...
Lalu saya ambil alih sikat nya dan saya suruh bilang "aaaaaaa" dan saya sikat pas mulut nya terbuka lebar... tapi kadang malah saya juga di disikatin gigi nya ama anak saya...
kalo waktu sikat gigi saya lakukan setiap mandi dan kalo mau tidur bund (pas mapan n sebelum minum susu menjelang tidur).... Nah, setiap habis makan makanan manis, saya selalu minta anak saya untuk berkumur untuk mencegah gigi berlubang bund..
Semoga membantu ya bund pengalam saya...
 
  #9  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Betul bun, meski jumlahnya terbilang masih sangat sedikit dibandingkan dengan gigi orang dewasa, bunda tetap perlu membersihkan mulut dan gigi bayi secara rutin. Namun, ketika membersihkan gigi balita, bunda perlu melakukannya dengan sangat hati-hati. Pasalnya, gigi dan gusi bayi masih sangat sensitif, jika tidak berhati-hati, takutnya gusi dan gigi Si Kecil bisa luka.

Nah, kalau yang saya pernah baca dari artikel ini https://www.halodoc.com/artikel/keta...-dan-gigi-bayi, untuk bayi, gunakan kain lembut atau kasa saja untuk membersihkan mulut dan gigi bayi. Caranya, celupkan kain atau kasa ke dalam air matang dan bersihkan area mulut dan gusi bayi secara perlahan. Lakukan hal ini dua kali sehari.

Namun, bila gigi Si Kecil sudah tumbuh, bunda bisa menggunakan sikat gigi khusus bayi yang bulu sikatnya lembut dan ukuran kepala sikatnya kecil.

Di artikel yang saya baca itu juga dijelasin mengenai cara mencegah gigi bayi rusak meski sering menyusui setelah sikat gigi.
 
  #10  
Old
lisa31...
 
Posts: 403
 
Pake air matang/ aqua, jgn air mentah sikat giginya. Awal2 kudu bunda yg nyikatin, krn dia pasti ga ngerti. Y gpp minum susu lgsg bbk, anak sy jg gt. Repot dnk kl abs sikat ga blh nyusu.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mual saat gosok gigi -- Diskusi Umum 12
Belum bisa gosok gigi!!! -- Diskusi Umum 9
pas gosok gigi berdarah trus .. knapa y bun aku jd was was .. -- Diskusi Umum 8
sikat gigi dan pasta gigi untuk balita -- Ngobrol Apa Saja 22
Pada usia berapa anak mulai diajarkan gosok gigi -- Diskusi Umum 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com