Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Fifiek...   TS 
 
Location: Alam Sutera
Posts: 945
Default Bayiku Liptie

Pagi bunda2 semua, lama tak jumpa hehe. pagi ini boleh dong saya curhat, daripada saya kesal dan berpengaruh pada mood dan asi saya.

my princess lahir 3,5 bulan lalu, 3 April 2017. selama menyusui jadi proses yang berdarah2 (lebay dikit). tapi ya memang beberapa x memang pernah sampai berdarah karena digigit (padahal belum tumbuh gigi). paling sering itu milk blister (tumbuh seperti jerawat nanah di puting) dan mastitis(ditandai dengan rasa sakit yang terjadi pada payudara, payu dara tampak merah, panas dan sakit (meradang). Terkadang payudara juga dapat mengalami infeksi).

Si Aiya bisa dibilang bayi yang amat ceria, alhamdulillah bisa kasih asi ekslusif. Tapi sayangnya penambahan berat badan hanya 400-600gram tiap bulan. Saya pikir wajar, kenapa? karena si Aiya ini memang menyusunya sebentar, cuma 5-10menit saja tiap sesi, dan jarak menyusu tiap 2jam sekali.

merasakan sakit yang amat sangat saat menyusui terlwbih si Aiya ga bisa buka mulut lebar2 saat menyusu, saya heran, ada apa? saya pikir tonge tie (tali lidah pendek). saat divek ternyata tidak ada masalah. saya berpikir, ah mungkin dia blm pintar menyusu.

Beberapa hari lalu, saya share perkembangan Aiya yang naiknya 400, 500, 600 di bulan ke-1,2,dan 3. Beberapa teman bilanh, dikit amat naiknya, ga normal tuh! ga sesuai buku! padahal setau saya bobot normal bayi antara 400-1000gram atau lebih. jaei bs fikatakan Aiya sdh masuk batas normal. sekali lg aiya memang menyusunya sedikit. Sampai saya mendapatkan fakta baru bahwa Aiya liptie (kondisi kelainan pada tali penyambung gusi atas dan bibir atas)



nah, now I know bahwa selama ini aaiya susah membuka mulut lebar2 karena liptie kelas 4. saya curiga, jangan2 papanya juga gitu. dan ternyata benar, papanya juga liptie.

semua nyuruh saya utk insisi (membedah/ gunting) tapi sqya dan suami sepakat tidak. karena suami sayapun bisa tumbuh dgn baik tanpa liptienya harus diinsisi. Tapi yeman2 saya mendesak saya, katanya baiar bobot Aiya naik drastis.

Saya tetap tidak mau karena dari yang saya baca diblog2, banyak yang sudah insisi tapi ujung2nya nyambung lagi dan itu ga cuma 1 atau 2 orang tapi buanyaakk. Bahkan salah 1 konselor asi pun ada yang anaknya liptie tp jg memilih utk tidak diinsisi. Solusinya adalah memberikan asi tambahan yang dipompa dan diminumkqn ke bayo, jadi tau bayi sudah minun asi seberapa banyak. sayapun berencana melakukan hal yang sama, tetap menyusui langsung dan memberi tambahan menggunakan asi peras (ASIP).

eh tiba2 saya diceletuk ga sayang anaklah, ga ada ikatan batin sama anaklah, dibilang proses menyusui itu bukan sekedar ngasih minum asi perah tp ada kontak batin. ya Allah sakit betul rasanya digituin. Kayak saya ini ga berusaha aja sebagai ibu.

Lalu 3hari ini Aiya makin pintar, sudah ga pernah bikin lecet saat menyusu dan bisa nenen lama, 15 menit bahkan bisa 45-60menit, dari payudara yg penuh samoe kempes. eh dibilangnua anak menyusu bekum tentu nelen asi. syok sekali dengernya kok dijudge segitunya. kalo memang aiya ga minuk asi lantas asinya hilang kemana? hilang sendiri gitu? lha wong jelas2 payudara dr bengkak jd kempes, pas minum sempat tersedak trs dicopot bentar dan disitu terlihat asinya nyembur kok bisa2nya dibilang bayi ga minum. tetp ngeyel bilang bayiku ga minum asi. sumpah kesel...

dan hari ni saya jadi agak tdk bersemangat gara2 mereka. seakan2 mereka yg lebih tau tntg anakku. kita lihat saja bulan depan pasti bobotnya naik lebih banyak. please bayi itu bisa buat keajaiban yang ga disangka2. saat bingung mau insisi atau tdk, saya berdoa pada Tuhan utknmemberi petunjuk. jika tdk insisi mohon aiya menyusuinya lebih lama dan jangan bikin lecet lg. da terkabul! keesokan harinya cara menyusu, lamabya menyusu berubah total 180° sama sekali ga ada lecet2, perih2, dan durasinya lama. Saya yakin Tuhan menjawab doa saya, jadi insisi tidak oerlu dilakukan. aiya sdh bisa minum banyak, bisa!!! jadi plis jangan judge saya sbg ibu yg ga becus, ibu yg ga punya ikatan batin, ibu yang goblok ga punya perasaan. sakit rasanya, sakit... sedih... terluka ga ada orangtua yang ga mau memberi yg terbaik utk anaknya.

maaf pagi2 curhat sedih n agak uring2an. tapi sungguh, ini saya lakukan drpd saya stres. setidkanya dsini saya bisa melepaskan kegundahan saya. terimakasih bubda2 semua yg mengempatkan membaca. saya hanya seorang ibu yang ingin disupport sesamanya.

semoga hari ini lancar dan menyenangkan
 
Thread lain yang berhubungan:
Klik ➡ Griya Aesthetic Rafika ⬅, dapatkan kulit cantik sehat, cream dokter asli (pemesanan wajib konsultasi), bermacam2 jenis cream dokter mulai dr cream HTM, HTMH, GA, AZA, TCD, TCA, SPC, dll. Tunggu apa lagi 😘😍
  #2  
Old
Desy C...
 
Location: Pandaan
Posts: 322
 
Baru denger saya bun istilah liptie ini. Memang akan banyak cerita ya bun saat proses hamil sampai melahirkan. Ketika ada anak, akan banyak bgt orang2 yang sok judge, sok pinter, komentar sok tegas apalagi ke new mom seperti saya atau juga bunda haha. Awal baby saya lahir, saya hanya bisa ASIX 2 bulan. Itu udah saya usahakan tiap hari asi bun tiap 2 jam dan juga saya pompa. Tapi asinya tiba2 stop karena obat cina yg saya konsumsi. Bunda yang asi aja dibilang ga kasian anak kan? Bayangkan saya yang ga asi, sepanas apa telinga saya kira2? Wkwkwk tapi saya cuekin aja. Toh anak saya tergolong anak yg sehat walau dulu dibilang anak sufor gampang sakit. Makannya juga banyak, semua buah suka. Intinya bun, jangan didengerin. Galak kadang2 perlu hahaha. Kalo udah ada yg nyletuk panas, panasin balik dikit. Contoh: sayang ya ga asi, jd anak sapi deh. Saya jawab aja 'mau anak situ dibilang anak sapi? Kalo ngomong yg ati2 ya' wkwkwk ga baik sih tp lega
 
  #3  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Bunda fika anda sebagai ibu tau yg terbaik buat anak. Yg dilakukan sudah benar dengan banyak membaca utk mencari tahu keputusan terbaik.

Semoga bb aiyla cepet naik yah...
 
  #4  
Old
ummuha...
 
Posts: 88
 
bunda tetap semangat ya,
bener kata bunda trigal, setiap ibu pst tau mana yg trbaik untuk anak nya,

yang penting BAB n BAK lancar itu normal baby kenyang, tidk dehidrasi.
pengalaman saya anak saya spt nya tongue tie, awal2 perih skali stiap menyusu baby jg kurus,
tp stelah saya bantu pompa dan seiring berjalan nya usia, alhamdulillah skrng menyusu sudah tidak sakit lg,
berat badan jg naik nya msh normal,

tetap semangat ya bun,
 
  #5  
Old
itoel...
 
Location: Slamet, Tumpang, Malang
Posts: 1,331
 
Liptie & tongue tie memang disarankan untuk digunting (insisi). Tapi wong anaknya bu ts sudah pintar menyusu, sepertinya nggak perlu insisi. Buktikan dengan berat badan anak anda yg naik pesat bulan depan & bulan2 berikutnya.
Semangat terus ya bu. Omongan orang yg suka nyinyir nggak perlu diambil hati.
 
  #6  
Old
Regina...
 
Posts: 330
 
baru denger saya bun tntang liptie ini . makasi ya udh share . buat bunda gak usah lh bund dgerin omngan org wong bunda gak minta makan am mereka jg . emg gak enk sih dgernya klo org ngomong gt tapi biarlah bun . gak ush dbawa stres ya bun yg penting si ade sehat2 ajaaa . smangatt bundaa
 
  #7  
Old
putriw...
 
Posts: 858
 
bun..
Anak kedua saya juga lip tie dan juga tongue tie.
Lahir 5 April bun,14 hari setelahnya tongue tie nya diinsisi. Kalau lip tie nya tidak, karena menurut dokter, anak ku bisa monyong bibirnya jadi ga perlu diinsisi juga.
Awalnya saya menolak untuk diinsisi,karena takut
Tapi akhirnya kami memutuskan untuk diinsisi saja dan ternyata tidak seseram apa yg selama ini saya bayangkan.
saya dan dokter hadap2an.dokternya sambil menggendong dede.kakinya dede saya pegang dan suami pegang tangan dd.Dalam hitungan detik,dokter berhasil gunting tongue tied nya,dikasih betadin mulut dan dd langsung disuruh nenen.
Setelah diinsisi harus rajin2 senam lidah.ada pijatannya dilakukan 4putaran dalam 5 kali sehari, selama satu bulan dan itu harus rajin , alhamdulillah ga nyambung lg.
"Tapi apapun keputusan bunda,saya hargai itu,karena yang lebih tau adalah bundanya sendiri."
Quote itu aq ambil dari dokter asi anakku
 
  #8  
Old
happyw...
 
Location: Tempat Terindah
Posts: 1,413
 
Cuekin aja kalau ada yang bilang nggak sayang anak, fyi aku malah asi sama sufor.. terserah orang mau ngomong apa, masalah syang anak atau nggak, diri sendiri yang paling tahu. Awal awalnya aku kepengen pompa sambil menyusui.. tapi nggak mampu karens terlalu lelah karena babyku demandnya tinggi, menyusu 30-1 jam masih nggak cukup ( plus aku pasca cesar asiku juga nggak deras gimana ), belum lagi harus pompa masing2 15 menit.. baru smpat istirahat 1 jam, baby bangun minta lagi... begitu terus.. lama-lama jadi tertekan, solusinya? Aku sudah stop pompa, menyusui langsung and kalau masih belum kenyang, bikinkan sufor. Disini aku tidak meminta anda buat kssih sufor juga ya? Menurut ku sebagai seorang ibu, aku perlu ketenangan dalam merawat baby ku, aku nggak peduli orang mau menilai aku sebsgai ibu yang pemalas atau egois, yang menjalankannya toh aku pribadi, dsripada aku kelelahan, stress and jadi babyblue ujung2nya babyku yang kena dampaknya. Menurutku sepanjang baby ada kenaikan bb, tidak dehidrssi ( di liat dari jumlah popoknya yang basah ) itu sudh cukup, toh bentaran lagi sudah bisa mpasi, dari situ bbnya bisa di boost. Untuk sekaramg terpenting tiap bulan naik bbnya.
 
The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams.
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bayiku -- Ngobrol Apa Saja 8
USG Bayiku -- Ngobrol Apa Saja 0
bayiku.. bergerak ya? -- Diskusi Umum 0
Adakah bunda yg anaknya liptie -- Diskusi Umum 0
Adakah bunda yg anaknya liptie -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 01:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com