Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Little...   TS 
 
Posts: 349
Default Cerita kelahiran malaikat kecilku, Baby B

Halo semua penghuni ibuhamil.com..
Saya mau share tentang cerita kelahiran baby boy saya yg hari ini sudah berumur 2 bulan setengah. Langsung saja yaa..

Tgl 27 April pukul 1.30 (tengah malam)
Saya merasakan mau pipis, dan saya pun ke toilet untuk pipis.

Pukul 1.45
Saya udah balik ke kamar dan berbaring mau lanjut tidur. Tiba2 'tuk' dan saya ngga ngeh itu apa pada awal nya. Lalu tiba2 aja terasa hangat2 di cd saya. Saat itu saya berpikir 'keputihan' yg memang terkadang rasa nya begitu. Eh, lama2 kok ya keluar terus. 'deg' saya baru ngeh, jangan2 ketuban saya pecah! Dan saya pun langsung mengecek cd saya, dan benar aja, saya mengalami ketuban pecah dini (Karna saat itu belom terasa pembukaan sama sekali). Kemudian saya langsung menghubungi suami melalui whatsapp "ketubanku pecah". Suami saya langsung telpon mamer untuk bawa saya ke rs.
Nb: saya tinggal bersama mertua, dan suami kerja di luar kota. Mertua tidur di samping kamar saya persis, tapi saat butuh bantuan orang pertama yg saya ingat adalah suami yg jauh walaupun ada orang lain yg bisa membantu di sebelah saya (hal spontan)

Pukul 2.35
Saya tiba di RS

Pukul 3.40
Cek tensi dll semua baik, di VT dan ternyata belom ada pembukaan! "Apa?!" Dalam hati saya sudah mulai panik karna ketuban pecah duluan. Tapi di sisi lain saya selalu percaya bahwa baby punya waktu lahir nya sendiri. Saya masih berpikir positif.

Pukul 04.30
Saya di pindah dari ruang IGD menuju ruangan bersalin. Saya merasa ngantuk karna hanya berbaring.

Pukul 06.00
Saya di beri makan oleh RS dan teh hangat manis. Lumayan, saya merasa lapar saat itu.
Saya kembali di VT dan....... Pembukaan 1! Suster pun mengubungi spog saya dan mempertanyakan tindakan selanjut nya. Karna ketuban pecah dini jd tidak boleh sering VT. Jadilah harus di ambil tindakan karna berlomba dengan air ketuban. Spog saya memberi izin aas tindakan induksi.

Pukul 07.00
Saya merasa ngantuk sekali karna bosan dari subuh tadi hanya berbaring. Dan karna berangkat tengah malam jadi waktu tidur saya hilang. Saya merasakan rasa sakit seperti haid, tapi lebih sakit haid menurut saya. Saya pun tertidur.

Pukul 08.00
Suster menyuntikkan cairan melalui infus (saya tidak tanya itu apa karna saat itu saya tidur)

Pukul 09.00
Suster memasang alat di perut saya. Yaitu untuk rekam medis ddj, apakah baby saya kuat atau tidak untuk di induksi. Terimakasih Tuhan, baby saya memiliki ddj yg baik dan stabil untuk mulai proses induksi.

Pukul 10.00
Cairan induksi di masukkan melalui infus sebanyak 20cc.

Pukul 11.00
Spog saya visit dan memberi semangat untuk bisa lahir normal. Spog saya memegang perut saya dan berkata jika sudah bagus perut mulai kencang seperti itu. Penting ya untuk mengenal spog bunda apakah pro normal atau tidak. Dan kenali karakter nya apa pembawaan nya tenang, bagaimana penyampaian nya, dsb. Saya memilih spog pro normal dan beliau sangat tenang, sehingga rasa khawatir dan panik saya pun hilang saat dokter saya visit, karna saya merasa nyaman saat bicara dengan beliau.
Saya merasakan lebih sakit saat itu, seperti haid tp rasa nya lebih 'berasa'.

Pukul 12.00
Suster kembali VT dan ternyata stuck masih di pembukaan 1. Saya mulai berpikir 'apa saya bisa lahiran normal?' saya merasa lebih sakit saat itu, tapi masih stuck di pembukaan 1 setelah 10jam saya berbaring? Saya mulai merasa sedih dan pesimis.

Pukul 13.00
Suster memberi saya makan. Saya tidak mau makan rasa nya karna tidak nafsu. Saya merasakan kontraksi semakin sakit dan sering. Suster memaksa makan atau kalo tidak mau makanan akan kembali di bawa. Saya lapar tapi saya tidak nafsu. Akhir nya saya pun terpaksa makan. Pikir saya 'bagaimana kalo saat nya mengejan nanti saya malah maag?' jadi saya makan dengan kontraksi yg aduhai rasa nya.

Pukul 14.00
Saya merasakan kontraksi amat sangat sakit sekali. Saya merasakan ada dorongan di dalam rahim. Saya merasa ingin mengejan, saya merasa mau pup! Saya panik, walaupun suster berkata 'ambil nafas panjang', saya nafas panjang namun dengan kepanikan, dan hasil nya pun semakin sakit menjadi2. Saya berteriak "suster saya mau pup! tolong di cek ini udah pembukaan berapa!'. Saat itu yg berjaga ada 2 orang, bidan dan suster. Bidan pun menjawab, 'kalo rasa mau pup di saat kontraksi arti nya memang seperti itu. Jadi bukan mau pup'.
Saat di VT ternyata sudah pembukaan 5 lunak!
Hati saya langsung tenang karna pembukaan bertambah dan tidak stuck, saya langsung bicara "jadi ini waktu yg kamu pilih ya dek, sebentar lagi ya kita ketemu".

Pukul 14.00 - 15.20
Saya merasakan seperti kram perut yg tidak hilang di sertai nyeri luar biasa. Saya semakin kesakitan, menarik nafas panjang pun rasa nya jutru semakin membuat saya panik. Kemudian saya ingat, bahwa semakin saya merasakan sakit itu sebagai rasa 'sakit', lalu mencoba menahan rasa sakit tersebut, maka saya akan semakin kesakitan. Tapi sebaliknya, jika saya merasakan rasa sakit itu sebagai 'proses', lalu mencoba menerima dan merasakan apa yg terjadi pada rahim saya dengan relaks, maka saya tidak akan merasakan sesakit itu. Saya pun mencoba relaks, tidak menggunakan nafas panjang (karna buat saya tambah panik), berbaring berdiam diri (seperti tidur) dan mencoba merasakan apa yg terjadi pada rahim saya. Ya, saya merasakan nya. Saya merasa ada yg mendorong dari dalam, membuka pada jalan lahir. Saya merasa ada sebuah jalur dan seperti terjadi pelebaran disana. Saya bernafas senormal mungkin layak nya tidak mengalami kesakitan.

Lama2 saya merasakan dorongan nya semakin kuat, kuat, dan kuat sekali! Saya rasa nya ingin mengejan! Bahkan secara tidak langsung saya sudah mengejan dengan sendiri nya! Saya langsung berteriak "suster tolong saya mau pup, saya mau mengejan!" dan yg datang adalah bu bidan. Dengan santai nya bu bidan berkata "kan tadi sudah kita bahas ya, kalo mau pup saat kontraksi itu ya wajar bukan mau pup! Ayo jangan mengejan ya tadi di cek baru pembukaan 5 jadi masih lama, jadwal VT jam 4". "HAH jam 4??? Bu bidan mau bantuin saya ngga sih, kalo ngga mau saya lahiran sendiri juga nih!" Dalam hati saya kesal sekali. Tiba2 datang suster dan langsung berkata "saya cek dulu ya" dan benar saja ternyata sudah pembukaan 8! Saya pun di suruh pindah ke tempat tidur khusus bersalin.

Jalan kaki walau hanya sejengkal tapi rasa nya saya tidak tahan lagi saya ingin mengejan! Di tengah jalan pun kontraksi tersebut datang dan saya tidak sengaja mengejan di tengah jalan! Saya berteriak "aduhhhh tolong saya sust saya ngga kuat lagi saya mau mengejan! Tolong susttttt" dan suster dengan santai nya menjawab "iya nanti di tolongin ya kalo pembukaan sudah lengkap", yaampun saya rasa nya ngga kuat lagi, masa iya masih belom lengkap sih? Bidan disana entah sibuk apa tapi mereka masih sempat mengobrol, seperti bersantai sampai akhir nya alat untuk penyanggah kaki pun di pasang. Saya langsung menaruh kedua kaki disana dan ngga peduli lagi dengan arahan bidan. Saya tidak tahu bidan bilang apa, saya hanya menangkap, mengejan saat mulas datang, dan tundukkan kepala serta pegang besi penyangga.

Saya langsung mengejan sekuat tenaga saat mulas datang. Pertama kali, seperti ada yang mau keluar. Bidan memberi semangat 'iya ayo bu, pinter, pinter'. Saya langsung semangat mengejan.
Dua kali, tiga kali, seperti ada yg mengganjal di jalan keluar rahim. Bidan memberi instruksi 'ayo pinter, pinter, satu dua tiga ngejan lagi!' tapi saya hanya diam dan mengambil nafas. Saya bilang 'tunggu bu belom ada rasa mulas nya'.
Keempat kali, kelima kali, saya merasa ada sebuah bola besar berada di ujung sana. Bidab segera memberi instruksi 'ayo bu bagus, bagus! Ngejan lagi, mules ngga mules tetap ngejan, kasian baby nya terjepit'. Saya kaget denger nya takut kenapa2. Dan akhir nya saya mengejan sekuat tenaga, kepala baby pun keluar. Rasa nya seperti panas di miss v tp saya sudah tidak peduli. Saya mengejan lagi dan keluar lah badan si baby.

Setelah itu terasa keluar sesuatu yg menggumpal dan air yg cukup banyak. Saya menunggu kenapa baby saya masih belom menangis juga? Apa yang di lakukan bidan di depan sana? Sampai bidan berkata 'ayo nangis sayang, anak pinter'. Saya semakin bertanya2. Detak jantung saya yg masih berdegup kencang semakin menambah rasa khawatir saya. Waktu seolah berjalan sangat lama. Beberapa detik kemudian, terdengar lah suara tangis pertama putra saya. Terimakasih Tuhan.

Bidan menjelaskan bahwa baby saya terlilit tali pusat sebanyak 2x di leher nya. Wah padahal saat usg terakhir kali, tali pusat sudah terlepas. Bidan bilang kalo baby saya terlalu aktif di dalam kandungan^^

Baby pun segera di beri pakaian, dll sementara bidan 'mengobok-obok' rahim saya dengan tangan nya karna 'masih belum bersih' kata nya. Rasa nya? Luar biasa ngga nyaman! Saya bisa lihat baby saya di taruh di tempat tidur yg hangat. Dan saya melihat baby saya pun melihat ke arah saya. Ah bahagia nya. Rasa sakit dan 9 bulan mengandung itu tidak ada arti nya saat melihat kamu terlahir dengan sehat nak.

Selanjutnya proses imd pun belangsung sementara saya di jahit. Bidan bilang jahitan saya hanya sedikit tapi posisi nya susah/sobekan nya tidak rapih. Bidan bilang saya termasuk pintar mengejan walau anak pertama. Saya tersenyum. Teori nya sama dengan saat kita mau bab, ikuti saja rasa mulas saat datang. Kalo perasaan mulas tidak datang tapi kita mengejan, maka percuma saja kan? Tapi percayalah teori tidak berguna saat sudah di lapangan. Paling tepat adalah ikuti nalurimu!^^

Terimakasih Tuhan, malaikat kecilku akhir nya telah terlahir ke dunia dengan sehat sempurna tanpa kurang suatu apapun. Putra pertama saya dengan inisial B lahir dengan bb 2739kg, pj 48cm pada pukul 15.45wib. Doakan anak saya supaya sehat selalu ya bu ibu.

Pesan saya, penting sekali menentukan dimana kita akan melahirkan dan kenali tanda2 saat ingin melahirkan dengan teliti. Karna kita yg merasakan, bukan orang lain. Bahkan bidan senior pun bisa keliru karna melahirkan adalah hal yg tidak bisa di duga dan berteori. Sekian cerita dari saya, maaf kalo tulisan nya kurang rapih. Semoga bermanfaat ya^^
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Rosiya...
 
Location: Cirebon
Posts: 465
 
allahuakbar! tiap baca pengalaman bunda2 yg habis melahirkan, bacanya penuh haru, emosional, degdegan, campur kepanikan tersendiri, merasakan klo itu posisi ada disaya, apakah saya bisa dan mampu? dari dulu yg ada dipikiran saya itu melahirkan normal itu seperti apa? ternyata nano2 sekali, selamat ya bunda smga baby boy nya kelak menjadi anak yg soleh ya aamiin, do'akan bund saya jln 24week smga bisa jadi kaya bunda2 yg lain melahirkan normal...aamiin
 
Bersabar menanti si malaikat kecil yg akan menjadi pelengkap hidup kami, see you soon dede' mungil
  #3  
Old
Vivi24...
 
Posts: 226
 
Ikutan tegang bacanya Bun, tp begitu baca part si Dede nangis aku ikutan lega juga Bun heheh, duh mudah-mudahan nanti pas lahiran aku juga dikasih kelancaraan aamiin
 
  #4  
Old
anisyu...
 
Posts: 101
 
Makasi bund ceritanya.. Jd ikut deg˛an nunggu 22weeks lg.. Masih lamaaa
 
  #5  
Old
rieasa...
 
Posts: 10
 
Masyaallah bun perjuangannya ...

bacanya jd ikut deg2n berasa sndri yg ngalamin
Apalagi skrg uk sy udah mau jln 35week tnggl nunggu bbrpa mnggu lg

Mdh2n lancar dan normal jg lahiran nya.
 
  #6  
Old
Little...   TS 
 
Posts: 349
 
Replying to: View Post
Masyaallah bun perjuangannya ...

bacanya jd ikut deg2n berasa sndri yg ngalamin
Apalagi skrg uk sy udah mau jln 35week tnggl nunggu bbrpa mnggu lg

Mdh2n lancar dan normal jg lahiran nya.
Makasih sudah mampir ya
Wah sudah deket persalinan ya bund.. jangan lupa untuk kontrol setiap minggu saat masuk 36w ya! Pengalaman saya dede sempet terlilit tali pusat di leher.. karna longgar jd di perbolehkan normal.. coba kalo kenceng dan keburu lahiran nornal? Amit amit bunnn..
Mudah2an lancar dan sehat terus yaa

Replying to: View Post
allahuakbar! tiap baca pengalaman bunda2 yg habis melahirkan, bacanya penuh haru, emosional, degdegan, campur kepanikan tersendiri, merasakan klo itu posisi ada disaya, apakah saya bisa dan mampu? dari dulu yg ada dipikiran saya itu melahirkan normal itu seperti apa? ternyata nano2 sekali, selamat ya bunda smga baby boy nya kelak menjadi anak yg soleh ya aamiin, do'akan bund saya jln 24week smga bisa jadi kaya bunda2 yg lain melahirkan normal...aamiin
Bunda, percayalah setiap wanita yg terlahir itu di berikan kekuatan luar biasa dari sang Pencipta.. penting loh untuk percaya dengan diri sendiri.. bunda pasti bisa dan mampu! Saya dan jutaan orang lain nya aja bisa, kenapa bunda tidak? Semangaylt ya bun.. positif thinking aja
Amin, makasih bun.. lancar yaa, sehat2 terus bunda dan baby nya


Replying to: View Post
Ikutan tegang bacanya Bun, tp begitu baca part si Dede nangis aku ikutan lega juga Bun heheh, duh mudah-mudahan nanti pas lahiran aku juga dikasih kelancaraan aamiin

Makasih sudah mampir hehe
Amiinnn.. bunda sdah berapa weeks? Sehat terus bunda dan baby nya yaa


Replying to: View Post
Makasi bund ceritanya.. Jd ikut deg˛an nunggu 22weeks lg.. Masih lamaaa

Makasih sudah mampir dan membaca sharing nya yaa^^
Hihi nikmatilah masa masa hamil bund.. kita ngga pernah tau kapan kita akan ngerasain kembali 9 bulan luar biasa dalam hidup kita.. suatu saat kita akan kangen bund kalo inget mual muntah, pegel2 dan paling penting ngga bisa tengkurap! Haha

---------- Post added at 20:24 ---------- Previous post was at 20:12 ----------

Replying to: View Post
Masyaallah bun perjuangannya ...

bacanya jd ikut deg2n berasa sndri yg ngalamin
Apalagi skrg uk sy udah mau jln 35week tnggl nunggu bbrpa mnggu lg

Mdh2n lancar dan normal jg lahiran nya.
Makasih sudah mampir ya
Wah sudah deket persalinan ya bund.. jangan lupa untuk kontrol setiap minggu saat masuk 36w ya! Pengalaman saya dede sempet terlilit tali pusat di leher.. karna longgar jd di perbolehkan normal.. coba kalo kenceng dan keburu lahiran nornal? Amit amit bunnn..
Mudah2an lancar dan sehat terus yaa

Replying to: View Post
allahuakbar! tiap baca pengalaman bunda2 yg habis melahirkan, bacanya penuh haru, emosional, degdegan, campur kepanikan tersendiri, merasakan klo itu posisi ada disaya, apakah saya bisa dan mampu? dari dulu yg ada dipikiran saya itu melahirkan normal itu seperti apa? ternyata nano2 sekali, selamat ya bunda smga baby boy nya kelak menjadi anak yg soleh ya aamiin, do'akan bund saya jln 24week smga bisa jadi kaya bunda2 yg lain melahirkan normal...aamiin
Bunda, percayalah setiap wanita yg terlahir itu di berikan kekuatan luar biasa dari sang Pencipta.. penting loh untuk percaya dengan diri sendiri.. bunda pasti bisa dan mampu! Saya dan jutaan orang lain nya aja bisa, kenapa bunda tidak? Semangaylt ya bun.. positif thinking aja
Amin, makasih bun.. lancar yaa, sehat2 terus bunda dan baby nya


Replying to: View Post
Ikutan tegang bacanya Bun, tp begitu baca part si Dede nangis aku ikutan lega juga Bun heheh, duh mudah-mudahan nanti pas lahiran aku juga dikasih kelancaraan aamiin

Makasih sudah mampir hehe
Amiinnn.. bunda sdah berapa weeks? Sehat terus bunda dan baby nya yaa


Replying to: View Post
Makasi bund ceritanya.. Jd ikut deg˛an nunggu 22weeks lg.. Masih lamaaa

Makasih sudah mampir dan membaca sharing nya yaa^^
Hihi nikmatilah masa masa hamil bund.. kita ngga pernah tau kapan kita akan ngerasain kembali 9 bulan luar biasa dalam hidup kita.. suatu saat kita akan kangen bund kalo inget mual muntah, pegel2 dan paling penting ngga bisa tengkurap! Haha
 
  #7  
Old
aniskh...
 
Posts: 104
 
Bun , saya ikut tegang bacanya , padahal saya baru hamil ukuran 5 w loh ..
Doain saya ya bun supaya bisa melahirkan lancar juga aminnn
 
  #8  
Old
Mba EL...
 
Posts: 57
 
Bacanya sambil ngebayangin bun, saya lg hamil 37w5d sudah mulai was was mikirin proses lahiran. Semoga saya diberi kemudahan kelancaran dan keselamatan ya bun soalnya kehamilan pertama juga jd banyak khawatirnya
 
  #9  
Old
rieasa...
 
Posts: 10
 
aamiin makasih bun littlemax

iyah ni jg rutin kontrol bun baru 2 minggu sekali dsruh dktrnya.

mgkn bntr lg kali ya klo udah genap 9bulan jd sminggu skli.

was was jg bun cz c dd aktif bgt gerakan nya

mudah2n jgn sampe ada lilitan

ttp berusaha posthink ja
 
  #10  
Old
Vivi24...
 
Posts: 226
 
14w Bun, baru awal tm2 nih, hahaha selamat ya bunda pasti seneng banget
 
  #11  
Old
rieasa...
 
Posts: 10
 
Replying to: View Post
Bacanya sambil ngebayangin bun, saya lg hamil 37w5d sudah mulai was was mikirin proses lahiran. Semoga saya diberi kemudahan kelancaran dan keselamatan ya bun soalnya kehamilan pertama juga jd banyak khawatirnya

wah sbntr lg ya bun lahiran nya.

semangat ya bun
mudah2n lancar ya ibu dan dd nya slmt n sehat..

emg hpl nya kapan bun ?
 
  #12  
Old
Alin u...
 
Posts: 2,250
 
Semoga baby boy nya... selalu sehat... pinter dan menjadi kebangga'an org tua.....

Aku anak pertama melahirkan normal..
Anak ke dua secar....
Heehee..
Jadi terasain semua wkwkwkkwkk
 
  #13  
Old
Little...   TS 
 
Posts: 349
 
Replying to: View Post
Semoga baby boy nya... selalu sehat... pinter dan menjadi kebangga'an org tua.....

Aku anak pertama melahirkan normal..
Anak ke dua secar....
Heehee..
Jadi terasain semua wkwkwkkwkk
Amiiiinn terimakasih bunda
Wah udah ngerasain dua dua nya bund.. kenapa kok sc bund ngga normal lagi aja? Hehe

Replying to: View Post
Bun , saya ikut tegang bacanya , padahal saya baru hamil ukuran 5 w loh ..
Doain saya ya bun supaya bisa melahirkan lancar juga aminnn
Makasih udah mampir^^
Amiiinn.. bunda di jaga kandungan nya baik2 yaa.. sehat sehat terus bund sampai persalinan.. nikmati masa kehamilan bund

Replying to: View Post
Bacanya sambil ngebayangin bun, saya lg hamil 37w5d sudah mulai was was mikirin proses lahiran. Semoga saya diberi kemudahan kelancaran dan keselamatan ya bun soalnya kehamilan pertama juga jd banyak khawatirnya
Wah udah deket bgt nih bund.. lancar ya bund persalinan nya nanti..
Positif thinking aja ya bund sambil di pantau terus perkembangan baby nya.. baby saya di 39w sudah alami pengapuran plasenta bund.. untung nya baby pinter dan segera keluar
Usia segini lg berat2 nya dan ngga enak ngga enak nya nih

Replying to: View Post
aamiin makasih bun littlemax

iyah ni jg rutin kontrol bun baru 2 minggu sekali dsruh dktrnya.

mgkn bntr lg kali ya klo udah genap 9bulan jd sminggu skli.

was was jg bun cz c dd aktif bgt gerakan nya

mudah2n jgn sampe ada lilitan

ttp berusaha posthink ja
Iya bunda nanti kalo udah 36w biasa nya seminggu sekali.. baby saya waktu 39w alami pengapuran plasenta bund.. untung nya baby saya segera keluar.. jd penting ya untuk di pantau terus.. karna krusial bund.. mudah2an lancar bund

Replying to: View Post
14w Bun, baru awal tm2 nih, hahaha selamat ya bunda pasti seneng banget
Masih muda bund.. masa2 mual muntah kalo saya bund.. bunda mual muntah ngga?
Makasih bund.. saya bahagia sekali bund dengan kehadiran malaikat mungil di samping saya.. 9 bulan kehamilan dan rasa sakit melahirkan ngga ada arti nya bund percayalah
 
  #14  
Old
tia 97...
 
Posts: 70
 
terimakasih bund udah berbagi pengalamannya. waktu baca ikut deg"an tegang tapi pas bagian dedek nya keluar ikut terharu. yang seperti ini bund yg sempat ada dalam fikiranku,. gimana rasanya lahiran normal, gimana rasanya di rahim ada dedeknya. soalnya sekrang masih h2c... semoga dedeknya selalu sehat ya bund.
 
  #15  
Old
Little...   TS 
 
Posts: 349
 
Replying to: View Post
terimakasih bund udah berbagi pengalamannya. waktu baca ikut deg"an tegang tapi pas bagian dedek nya keluar ikut terharu. yang seperti ini bund yg sempat ada dalam fikiranku,. gimana rasanya lahiran normal, gimana rasanya di rahim ada dedeknya. soalnya sekrang masih h2c... semoga dedeknya selalu sehat ya bund.
Terimakasih juga sudah mampir dan membaca sharing saya^^
Percayalah bund kita para wanita di ciptakan sungguh luar biasa, dan melahirkan normal tidak ada arti nya begitu bertemu dengan si kecil.. saat menjelang persalinan, kita akan mendapat 'tenaga ekstra' yg entah muncul darimana

Mudah2an segera garis dua bund.
Amin makasih ya bunda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cerita kelahiran Jagoan Kecilku :* -- Ngobrol Apa Saja 3
Cerita Kelahiran Jagoan Kecilku :* -- Ngobrol Apa Saja 28
kelahiran putri pertamaku malaikat kecilku~ -- Diskusi Umum 17
sedikit cerita kelahiran putri kecilku -- Diskusi Umum 10
Cerita kelahiran dede Kaysha malaikat kecilku -- Diskusi Umum 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:57.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com