Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
nanaz ...   TS 
 
Posts: 23
Default bidan atau rumah sakit?

minta infonya dong buat bunda bunda yg udh berpengalaman, ngelahirin yang enak itu di bidan atau rumah sakit? usia kandunganku udh 30w terus ini kehamilan pertama aku. aku udah mau mikirin buat lahiran dimana hehe soalnya masih bingung lebih bagus mana antara bidan sama rumah sakit nih bun
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ummu a...
 
Posts: 156
 
Sebenarnya tergantung kenyamanan masing2 bumil. Kalau aku pribadi lebih nyaman di bidan soalnya cenderung lebih private n lebih nyaman. Kl di rsnkeuntungannya alat2 lwngkap, kl ada apa2 dgn persalinan juga bs ditangani cepat, tp aku kurang nyaman krn melahirkan di ruang bersalin yg banyak bumil2 lainnya yg sama2 melahirkan, soalnya aku orgnya parnoan, jd gampang nervous, aplg misal liat/denger org teriak2 melahirkan di deket aku, takutnya aku jd down duluan.

Tp dimana aja sebenarnya bagus,asalnkehamilannya ngga beresiko bs plih bidan, tp kalau kehamilannya beresiko / perlu timdakan lebih bs pilih rumah sakit..
 
  #3  
Old
mamahg...
 
Posts: 14
 
Replying to: View Post
minta infonya dong buat bunda bunda yg udh berpengalaman, ngelahirin yang enak itu di bidan atau rumah sakit? usia kandunganku udh 30w terus ini kehamilan pertama aku. aku udah mau mikirin buat lahiran dimana hehe soalnya masih bingung lebih bagus mana antara bidan sama rumah sakit nih bun

Tergantung kenyamanan kita sih bund.. klo aku lebih suka di rs bund.. soalnya klo ada apa2 cepat ditangani karna alat2 lengkap.. pengalaman sih bund aku lahiran anak pertama di rs.. sampai bukaan 6 mampet gak nambah2 ketuban sdh ijo anak sdh stress akhirnya secepatnya di secar..pas lahir gak langsung nangis.. klo dari bidan kan kita perlu waktu dan akomodasi menuju ke rs misalnya ada apa2.. takutnya jalanan macet.. tapi masing2 orang kan punya pandangan masing2 bund.. jd yang mana menurut bunda nyaman dan mudah..
 
  #4  
Old
ika az...
 
Posts: 3,022
 
Sya pny pengalaman melhrkan di Rs n di bidan..
Dari pengalaman sya sih lbh nyaman melhrkan di bidan krna lbh private,tenang n suasana lbh sprti rmh..
Ank prtma sya melhrkan di RS.. emg bukan RS bsr,hny Rs bersalin tp pny fasilitas lengkap yg gk kalah sm RS bsr.. tp bun kalo melhrkan di RS kebnykan dkter kandungan itu kan laki2 dan di kota sya emg gk da dkter SPog perempuan,semua RS n tmpt praktek ya dkter SPog nya laki2..
Dulu sih mikir,krna tkt ada apa2 lbh nyaman melhrkan di Rs,di bidan peralatan terbatas n hrs di rujuk lg kalo gk bs normal..
tp pas ank ke2 mikir lg kita sbgai muslimah tu area sensitif di ubek2 sm dkter ada rasa risih jg.. emg sih waktu lahiran krna uda skt kita gk kan mikir apa2,mau diapain aja pasrah yg penting bayi cpt kluar.. tp kalo dinget2 ya malu jg gmn kita ngangkang pas dijahit.. maklum sya vacum jd pny bnyk jahitan..
Makanya pas ank ke2 cb lahiran dibidan,tp emg slma kehmln rutin cek up tiap bln nya tetap ke dkter utk usg liat prkmbgan janin.. kalo dibidan cm diraba2 aja,gk puas kalo gk liat lgsg dedeknya dr usg..
Jd mnrut sya slma gk da kndala utk lahirin normal, gk mslh jg lahiran dibidan,tp cari bidan yg bnr2 pengalaman,pny jam terbang tinggi n reputasi baik.. krna gk sedikit bidan yg baru dpt izin praktek n kdg agk sembrono..
Kalo pun di Rs bunda ada dkter Spog perempuan,ya gk mslh lahiran di Rs.. cuma kdg melhrkan normal wktu gk bs ditentuin jd blm tentu bs dpt dgn dkter yg kita mau.. biasanya jg dkter tu jg nangani pasien lahiran normal kalo uda bukaan lgkp n tinggal tahap mengejan utk lahiran.. sblm nya yg ngecek n ngontrol kita nunggu bukaan tetap bidan..
 
  #5  
Old
SeanSy...
 
Location: Bandung Barat
Posts: 172
 
Saya sih cuma pernah melahirkan di bidan, memutuskan di bidan krn Alhamdulillah kandungan tidak bermasalah, lebih private, kyk melahirkan di rumah sendiri, dan cuma nanganin saya seorang, jd ga ditinggal2 hehe.. terus satu lg, saya takut operasi, jd kalau di bidan pasti sangat pro normal (tergantung bidannya jg) to kalau misalkan ada penyulit dlm proses kehamilan dan melahirkan, ada baiknya di RS aja, lbh lengkap dan pasti cepat penanganan lanjutannya..
 
  #6  
Old
Richar...
 
Location: Kediri
Posts: 271
 
Tergantung riwayat kehamilan juga bun kalau sekiranya ga ada penyulit kelahiran bs pilih bidan tapi kalau ada mending lgsg pilih rs aja bun kalau ada apa2 bs langsung ditangani.
 
일레인&리처드
  #7  
Old
Madici...
 
Posts: 35
 
kalo saya sih lebih prefer di rumah sakit, bunda. kenapa? karena peralatan di perbidanan tidak sekomplit peralatan di rumah sakit. jadi saya lebih prefer ke umah sakit. tapi apapun itu jika bidannya cekatan, gapapa kok kalo di bidan juga. ehehhe. yg penting yakin dan berdoa aja bunda. sama siapain perabotan2 buat anaknya nanti. seperti popok yg nyaman, baju anak, kereta anak, susu formula kalo butuh, dan lain sebagainya
 
  #8  
Old
diahel...
 
Location: Depok
Posts: 42
 
Kalau aku sih niatnya mau lahiran di bidan bun, karena sudah ada bidan langganan keluarga, mudah2an kesampaian Menurut aku mau di bidan atau rumah sakit, tergantung nyamannya bunda dan riwayat kehamilan bunda sendiri
 
  #9  
Old
mommyc...
 
Posts: 120
 
Saya pengen lahiran di RS apa daya dana tak sampai, karena kondisi kehamilan sehat, walau anak pertama yowes lah di bidan aja.
Bidan nya pun masih muda2, deg deg an juga sih.
Saran saya, klo bunda mau lahiran di bidan, cari bidan yg banyak rekomendasikan, tempatnya bersih dan peralatan bersalin nya ditata di dalam lemari kaca agar terhidar dri debu.
Cari bidan yg friendly dan informatif.
Apakah menyediakan mobil ambulance bila terjadi keadaan darurat yg harus di rujuk ke RS.
Semoga membantu dan lancar persalinan nya ya bunda...
 
  #10  
Old
ima15...
 
Posts: 10
 
Kayaknya lebih aman di rumah sakit ya bund.. Yang jelas utk alat alat lebih lengkap dari klinik bidan.. Untuk kehamilan pertama biasanya kita lebih takut kan ya, siapa tau bisa ngurangin sedikit ketakutan kitaa.. ☺☺
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
rumah sakit vs bidan -- Diskusi Umum 4
shoping dokter atau bidan, rumah sakit atau klinik bersalin di bengkulu -- Diskusi Umum 3
lahiran di bidan atau rumah sakit?? help bund....! -- Diskusi Umum 8
Bidan atau Rumah Sakit ???? -- Diskusi Umum 4
Lebih enak mana lahiran di bidan atau rumah sakit?? -- Kenalan Yuk! 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:58.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com