Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
amanda...   TS 
 
Posts: 10
Post butuh Saran Bunda , Mertua pilih kasih terhadap mantu dan cucu

Dear bunda2 sekalian,

Butuh pencerahan nih bun ttg mertua. Sebenernya saya tidak benci dengan mertua saya. tapi smakin lama kok makin jadi ya, terlihat sangat membedakan saya dan mantu yg satunya. begitupun ke anak saya.

Kebetulan dari hamil anak pertama, saya sudah tau.. klo mertua saya tidak terlalu suka cucu laki2. sejak tau hasil USG saya, mama mertua malah bilang.. mungkin nanti berubah kali, lebih lucu anak perempuan drpd laki2, Anak laki2 itu bikin pusing katanya. Pdahal cucu pertama mereka sudah perempuan.

Saya tadinya gak mau ambil pusing. Tapi memang terlihat perbedaan ketika melahirkan, mertua yang ketika mantu pertama mengantar bahkan menemani saat lahiran, ketika saya malah memilih untuk lihat sebntar dan pulang ketika saya masih pembukaan 3.
Jeda 3 - 4 bulan saya melahirkan, kakak ipar saya melahirkan juga,,, lagi2 mertua saya yang mengantar dan menunggu proses melahirkannya.

Waktu terus berjalan, kebetulan mertua, saya, dan kakak ipar saya tinggal berdekatan.

Saya sering sekali melihat mertua saya mampir ke rumah kakak ipar saya untuk menengok cucunya. Bahkan tidak jarang cucunya dibwa pulang mertua saya.
Bahkan sekarang cucu pertama tsb tinggal di rumah mertua saya.

Yang membuat saya kecewa setiap mertua mampir k rumah kakak ipar saya, mertua saya tidak mampir juga ke rumah saya. Dan itu berlangsung sering sekali. Sekalinya ke rumah pun, mertua saya tidak pernah mencari anak saya. Mungkin hanya pinjam2 barang atau minta tolong sesuatu ke suami saya.
Disuruh mampir pun untuk melihat cucunya sering tidak mau. Dan parahnya memakai alasan : di rumah cucu baru bangun, takut nyariin.
Keluarga saya pun smakin lama smakin menyadari hal tersebut.
Dan bertanya2 ada apa sebnrnya.

Bahkan saat anak saya ulang taun, kami kirim kue ke rumah , mertua bilang... oh ulang taun ya? gak inget sama skali.

giliran cucu2nya yang dari kakak ipar ulang taun, justru kami yang slalu diingatkan oleh mertua.

Padahal kami yang paling sering membantu ketika di rumah mertua butuh bantuan, kami yang paling rajin menjenguk dan menemani ketika mama papa sakit. Kami slama ini juga tidak pernah merepotkan dengan menitipkan cucu kepada mereka. Kakak ipar saya justru sangat jarang ada disaat mertua saya mengalami kesulitan. Bahkan mertua dan keluarga juga sudah tau hal tersebut. Dalam hal ini saya tidak mau pamrih... tapi kuatir bunda skalian berpikir mungkin ada yang salah dari sikap kami ke mertua, jadi saya jelaskan.


Bagaimana saran bunda skalian dalam menghadapi hal ini?
sedangkan rumah kami berdekatan, jadi setiap saya ingin melupakan hal2 trsebut, kejadian itu terulang lagi dan lagi.
Pernah skali waktu ketika mereka mau makan2 dengan kakak ipar saya, anak saya tidak diajak, padahal sedang main di rumah mertua.
ANak saya pulang, mereka baru jalan.

Padahal klo saya yang ajak makan, mertua saya pasti selalu menjemput cucu pertamanya untuk ikut makan2 dengan keluarga kami.


Problemnya skarang, saya protes ke suami.. karna takut semakin besar anak saya , maka semakin menyadari jika dibeda2kan oleh kakek neneknya. SAya akan tetap mengajari anak saya yang terbaik dalam sikap terhadap semua orang, terlepas dari sikap mertua yang pilih kasih itu.
Tapi saya yakin, anak itu prasaaannya peka, suatu saat pasti akan menyadari.

Tapi suami saya slalu saja menganggap hal itu biasa dan tidak perlu dibesar2kan. bahkan dia slalu membela keluarganya.
Saya jg tidak brmaksut agar suami membenci orangtuanya.
Tapi saya ingin suami saya mencari cara, agar keadaan tidak berlangsung seprti ini trs. apalagi saya sedang mengandung anak laki2 lagi.
yang pertama aja sudah tidak dipedulikan, apalagi yg skrang kan bunda.

Mohon saran ya bunda, apa yang harus saya lakukan?
karna perasaaan ini sangat menyiksa.
Dan bagaimana mengatasi suami yang kurang mendukung kita ?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Neeta1...
 
Posts: 1,446
 
Sudah dibicarakan dari hati ke hati bun?
Coba jujur sm mertua bun mengenai perasaan bunda terkait sikap mereka terhadap bunda terlebih thd cucunya sendiri...
Apa yg membuat mrk bersikap kurang bersahabat dan terkesan pilih kasih....
Tidak ada asap jika tidak ada api.
Apa yg menjadi penyebabnya, mesti ibu cari tahu langsung ke mertua...
 
No more reasons to be unhappy
  #3  
Old
fenny ...
 
Location: Sidoarjo
Posts: 411
 
apa yang bunda alami sama kayak ak bun, hamil anak 1, 2 gk prnh namanya nanyain bahkan lahiran aja nengok stlh 2 mgg kelahiran, pas lahiran anak ptama cwok nengok bukannya kasih selamat/senang malah blg kok cwok (krn 2 cucunya dah cwok) katanya mrk gak suka cucu cwok,bhkan anak ke 2 saya akhirnya cwek juga sikap mrk juga gak berubah sama aja berarti intinya bkn krn jenis kelamin cucu tp dah dr sono nya gak suka mo cari cara pun baikin mertua dah ta lakuin bun yg ada malah mengira kebaikan yg ta beri dr anaknya bkn dr ak.protes ke suami pasti jawabannya lebih membela ke ortu drpd istrinya bisa diblg malah makan hati kan, jadi thd suami ya udah pasrah aja bun mo ngoyo spy suami ngmg ke mertua jg pasti gk mgkn dilakuin alasannya lbh hormat kpd ortunya. Terhadap mertua apa yang ta lakuin udah ta biarin aja dech bun drpd kita capek pikiran biar mertua mo gimana thd ak / cucu nya silakan percaya aja apa yg ditabur itu yg akan di tuainya. siapa tau yg malah disanjung2/diphatikan suatu kelak akan mengecewakan dia. yang penting kita gak nyimpen kepahitan di hati aja agar kita gk stres n bpikir jahat. Tuhan gak akan tutup mata kok bun atas kebaikan apa yg kita lakukan thd mereka / apa yg mereka perbuat thd kita. Jadi fokus aja sama kehamilan bunda tow bunda juga membesarkan anak bukan dr uang mrk.
 
Prayer is a key to success
  #4  
Old
ummu a...
 
Posts: 156
 
Kadang memang bawaan orang yg udah lanjut usia suka bgitu ya bun, lucu2 tingkahnya. Padahal kebanyakan malah org tua itu sukanya sm cucu cowo, soalnya kehamilan bayi cowo itu lumayan jarang dibanding cewe. Aplg cowo kan pembawa keturunan/pembawa darah marga dr suami.

Mnrt aku, sambil dikomunikasiin baik2 ke suami, sambil ditunjukin bukti2 pilih kasihnya, bunda juga sebisa mngkin hindari jg deh bergaul bnyk2 sm mertua, ya seperlunya aja, soalnya kl serimg2 malah makin sakit hati, hati ngga enak, suasana hati jd ngga ceria kepikiran akhirnya imbas ke perhatian/sikap ke anak/suami jd kurang ceria.

Pdhl kl prinsip aku ya, kita berhak buat bahagia ngga keganggu sm org lain, jd kl bs anak jg ngga perlu serimg2 main di ruma mertua kl ujung2nya nanti disakiti secara mental (krn pilih kasih). Kl mertua uda ada perubahan sikap baru deh kita jg open bgt silaturahminya. Mnrtku jg kl bunda mau keluar makan, ngga papa ngga perlu ajak keponakan, pkknya membatasi dr hal2 yg bikin kita nnti stress sendiri gr2 mebanding2kan perlakuan mertua. Jd intinya dibikin happy2 aja bun, sambil sabar kasi pengertian ke suami, soalnya penghubung mertua yg efektif ya suami itu.
 
  #5  
Old
Richar...
 
Location: Kediri
Posts: 271
 
Mertua sy juga biasa2 aja bun sama anak saya padahal cucu pertama malah terkesan cuek. Waktu sy lahiran ga dijenguk sama sekali alasannya krn beda kota,pdhl kalau ada saudara lain yg sakit beda provinsi pun dibelain jenguk. Jenguk saja ga pernah apalagi beliin ini itu, sama sekali ga pernah termasuk pas anak sy ultah. Tp sy cuekin aja bun ga sy ambil pikiran. Sy tetep baikin mertua dan adik ipar, kl lg main kesana sy bawain oleh2, kdg sy sm suami abis makan diluar ya sy bungkusin meski ga ada acara apa2. Kl bumer lg butuh bantuan suami sy sebisa mungkin suruh suami bantu ga pernah pikir2.

Mungkin krn emg dr awal cuek anak sy juga ga deket sm mertua beda kalau sama ortu sy. Padahal juga sama2 beda kota tp anak sy deket bgt sm Papa Mama sy terutama Papa sy. Kl sy ajak nginep dirumah mertua pasti rewel dan skrg mertua yg kelabakan krn cucunya cuek g pernah mau digendong, diajakin main dsb.

Saran saya sih tetep baikin mertua ga perlu diambil hati bun sikap pilih kasihnya. Kalau ada yg bilang ga ada asap kl ga ada api mungkin Bunda bs ngomongin ke suami lg kr2 apa penyebabnya dan gimana solusinya, kl perlu bicarain lebih dr sekali smp sekiranya suami paham. Jangan Bunda bawa pikiran sendiri nanti malah efeknya ga baik ke Bunda.
 
일레인&리처드
  #6  
Old
laila ...
 
Posts: 151
 
Kl saran sy sih bun, cuekin aja,, kebalin hati...

Sikap n sifat bunda seperti biasa aja.. krn kl bunda jd anti atau ga berkomunikasi,, itu bakalan jd bumerang sm bu da, kl da mslah, pasti d bilang bunda yg salah..
Jd cuekin aja.. n yg pntg bunda ttp baik sm mertua..


Kl k anak, d ks pengertian aja, yg pntg dr bunda, ayah na n kel bunda ttp mencurahkan kasih sayang sm dia, jd ga kekurangan kasih sayang...
 
  #7  
Old
rahma2...
 
Posts: 251
 
Kadang bersikap cuek, masa bodoh, itu ada untungnya. Jadi nggak sering makan hati

Bersikap sewajarnya aja, biasa aja. Ga usah baper, berusaha cuek. Yg penting sikap suami bunda ke bunda, hidup mandiri, toh kalau ada perlu juga pasti nyariin kok

Ga usah dipikirin lah
 
  #8  
Old
Bellab...
 
Posts: 52
 
Saya setuju bund sama bunda2 yang lain.. Biarin aja mertua mau pilih kasih gitu asal beliau ga merugikan kita..

Justru enak mungkin bund, kan jadinya ga diatur2 soal ngurus anak, dsb

Jangan khawatir soal anak bunda yang nanti lama-lama sadar kalo dia dibedakan, saya rasa anak bunda juga bakal cuek2 aja, toh masih ada ortunya yang sayang sepenuhnya sama dia..

Semangat ya bund..
 
  #9  
Old
Recha ...
 
Posts: 96
 
Wah bun, kl sy jd bunda sih ya sy mrasa ada senengnya ada sedihnya. Seneng ny, sy ngga prlu setres ngadepin bumer yg kdang kala brtentangan sm sy soal merawat anak. misal, bumer nyekokin anak bayi sy sufor, bumer srng ksh anak sy jajan smbrngn (chiki2, mnuman aneh2), bumer bawa2 anak sy trs shingga anak sy jd krng dket sm sy.
Nb: prmisalan2 diatas sy dpt dr curhatan2 bunda dsini
nah sedihnya, kasian sm anak. Psikologis ny bs trganggu gra2 liat spupu ny selalu diajak jln2 smntr dia ngga diajak. Anak it sejak msh orok sdh pnya insting loh bun. Mreka tau siapa yg syg siapa yg enggak

saran sy, bunda usahakan anak bunda ngga kekurangan kbhagiaan. Bunda bs srng2in ajak anak jln2, atau srng belikan mainan, beliin cemilan jajanan (yg sehat tntunya).
Trs, ortu ny bunda apa jauh tnggl ny dr bunda?
Kl dket, bunda bs srng2 dketin anak k ortu ny bunda, biar dia mndapat cukup kasih syg dr kakek nenek. Lagian, bukankah kita lbh seneng dan lbh 'percaya' kl nitipin anak ke ortu sndiri? Ya kaan
kl mslh suami, bunda kl udh capek ngmng dan ngga digubris, yaudah. Bunda tnjukin aj k suami, srng2 sebut2 kakek nenek (ortu bunda) d dpn anak. Misal, bunda blng "kakak kngen sm nenek ngga? Nnt kt main tmpt nenek yaa. Nenek kan suka beliin kakak mainan, suka ajak kakak main di mall"
gitu buun. Nnt lama2 jg suami ngerasa, kok ibuku ngga prnh deket sm anakku ya?

Sekian buun smg mmbantu
 
  #10  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Saya share dari sisi anak aja ya. Saya cucu yg ga deket ama kakek nenek baik dari papa maupun mama (kalo mama krn kakek meninggal dan nenek beda pulau).

Saya santai2 aja ga terlalu merasa krn saya punya papa mama dan kakak2 yg beda umur jauh. Ga merasa sampe gimana (saya msh dpt mainan walau mgkn lbh dikit dari sepupu saya - yg umurnya beda 1 thn ama saya).

Kadang kakek nenek memang punya cucu favorit. Yah maklumin aja. Mgkn mama saya lbh berasa, saya sih happy2 aja... tp ya jadinya wkt remaja saya ga deket. Pas nenek saya mau tinggal bareng saya ga mau hehe...

Buat bunda ts, kadang lbh enak bukan cucu favorit, ga diatur gimana gedein anak kita. Liat thread2 sebelah yg mertuanya suka ikut campur mendidik anak jdnya malah pusing kalo saya. My kids my rule
 
  #11  
Old
Susi K...
 
Posts: 30
 
Wah..kalo di tempat sy malah sukanya dpt anak laki2 ��

Saran saya sih, bunda ga perlu terlalu mikirin sikap mertuanya deh. Ambil positipnya jd ga perlu repot2 ambil hati mertua kan? Fokus saja membina keluarga kecil yg sdng dibangun. Jadi keluarga mandiri.
Ada lho..mertua yg hobi nya pengen ngikut anaknya aja, apa2 maunya diajakin. Nah..karena mertua bunda cuek, yaa ambil positipnya saja. Bukankah kakek nenek dr pihak bunda sangat sayang dgn mereka?
Selain itu, didikan kolot mertua ga perlu ketularan kpd anak2 bunda.
Smga dpt solusi terbaik bunda ����
 
  #12  
Old
Ira Gu...
 
Location: Cikarang, Bekasi
Posts: 61
 
iya bunda. menurut saya cuekin saja. yang penting hati bunda tenang. pengalaman saya biasanya hati itu bolak balik. kalau kita merasa ga srek sama seseorang dalam hal ini mertuanya, di sana mertua pasti juga ada yg ganjel juga...
makanya dibikin santai saja. kalau bunda merasa sudah melakukan segala sesuatunya dengan baik nanti akan baik sendiri... bahkan kalau bisa dibuat lebih deket lagi biar hati mertuanya tersentuh.

Kalau untuk anaknya saya rasa ga akan jadi soal. Biasanya mereka ga terpengaruh dgn hubungan ortu dan menantu. kecuali kalau bunda juga ceritain perasaan bunda pada anak2... biarkan mereka yang merasa dan menilai sendiri...

semangat bundd...,.
 
  #13  
Old
Temiya...
 
Posts: 82
 
Replying to: View Post
apa yang bunda alami sama kayak ak bun, hamil anak 1, 2 gk prnh namanya nanyain bahkan lahiran aja nengok stlh 2 mgg kelahiran, pas lahiran anak ptama cwok nengok bukannya kasih selamat/senang malah blg kok cwok (krn 2 cucunya dah cwok) katanya mrk gak suka cucu cwok,bhkan anak ke 2 saya akhirnya cwek juga sikap mrk juga gak berubah sama aja berarti intinya bkn krn jenis kelamin cucu tp dah dr sono nya gak suka mo cari cara pun baikin mertua dah ta lakuin bun yg ada malah mengira kebaikan yg ta beri dr anaknya bkn dr ak.protes ke suami pasti jawabannya lebih membela ke ortu drpd istrinya bisa diblg malah makan hati kan, jadi thd suami ya udah pasrah aja bun mo ngoyo spy suami ngmg ke mertua jg pasti gk mgkn dilakuin alasannya lbh hormat kpd ortunya. Terhadap mertua apa yang ta lakuin udah ta biarin aja dech bun drpd kita capek pikiran biar mertua mo gimana thd ak / cucu nya silakan percaya aja apa yg ditabur itu yg akan di tuainya. siapa tau yg malah disanjung2/diphatikan suatu kelak akan mengecewakan dia. yang penting kita gak nyimpen kepahitan di hati aja agar kita gk stres n bpikir jahat. Tuhan gak akan tutup mata kok bun atas kebaikan apa yg kita lakukan thd mereka / apa yg mereka perbuat thd kita. Jadi fokus aja sama kehamilan bunda tow bunda juga membesarkan anak bukan dr uang mrk.
aku suka deh bun sama pemikirannya, intinya sih kalo orang itu mau mertua atau siapapun dasarnya dah ga suka sama kita mah biarin aja, dibaekin malah sakit hati ya bun hihihi
yang penting kita tetap pada koridor ga jahat, cuek aja kayak ga kenapa".

semangat bunda, bahagia selalu yaa aamiin
 
  #14  
Old
Nyonya...
 
Posts: 801
 
klo saya mah E.G.P hohoho yg penting mah anaknya mertua alias suami saya sayang sm anak....itu udah cukup
 
  #15  
Old
deiar1...
 
Posts: 4
 
Sabar ya bun,

Saya sedang menunggu hari melahirkan kebetulan sc gak bisa normal, saya dan suami sudah beritahu mertua tanggal sc nya, tapi, mertua saya setengah hati mau kejakarta sampai suami saya yg minta hanya dijawab "kalau boleh pergi kejakarta sama kk nya suami baru pergi dan berapa harinya itu jg kk nya suami yg nentuin, dan hanya boleh 3hari" kalau saya berfikir positif saja barang kali mertua saya berat meninggalkan bapak mertua saya dan kk ipar saya yg belum menikah.

Tapi malah suami yg berpikiran ibunya pilih kasih krn saat kk pertamanya melahirkan anak pertama ibu mertua saya cuti 2 mnggu, dan saat anak ke dua kk ipar saya lahir dr masih belum lahir ibu mertua saya sudah mendampingi kk ipar sayaa sampai 2bln krn sudah pensiun

Kalau mertua saya hanya punya 1mantu perempuan dan itu saya bun, jadi saya berfikir positif aja mungkin karena saya dan suami masih tinggal dengan org tua saya mungkin gak enak untuk nginap disini, atau mungkin krn keuangan kami yg belum mapan, dan saya hanya mantu jadi saya tidak ingin melihat bagaimana mertua saya kecucu yg lain.

Cuma saya sedih jg denger suami saya bilang ibunya membedakan anaknya dengan anak kknya.

Jadi bunda yg sabar yaa ambil hikmah saja bun kalau anak terlalu dekat sama nenek dan kakek terkadang jadi susahh dibilangin atau dilarang karena kakek dan nenek lebih manjain dibanding kita sebagai orang tua.

Jangan diambil pusing kalau kan nanti anak kita bisa nanya atau merasakan dibedakan kita beri saja nasihat yg bijak buat anak
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
cerita ibu, curhat, mertua, mertuapilihkasih


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mertua lebih sayang mantu daripada anaknnya? -- Ngobrol Apa Saja 8
Mertua ku pilih kasih....!! -- Ngobrol Apa Saja 25
mertua banggain mantu orang lain!!!! -- Ngobrol Apa Saja 13
Aku menantu baru, Istri Adik Ipar lebih tua, dan Mertua yang Pilih Kasih -- Ngobrol Apa Saja 14
ibu suami yg pilih kasih terhadap anak dan cucunya -- Ngobrol Apa Saja 47


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com