Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kecant...   TS 
 
Posts: 89
Lightbulb Inilah Tanda-Tanda Apabila Tidak Cocok Dengan Skincare

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik untuk menunjang rasa percaya diri mereka. Oleh sebab itu, bayak dari mereka yang mencoba skincare baru tanpa berpikir panjang. Namun, bagaimana jika ternyata kamu tidak cocok dengan produk skincare tersebut? Berikut beberapa tanda bahwa kamu harus berhenti menggunakan produk skincare.

Wanita dan Produk Skincare
Untuk tampil cantik, sebagian besar wanita menggunakan produk perawatan kulit atau skincare seperti Body Lotion, Scrub, Make Up, Pemakaian Cream Pemutih atau Cream Walet. Produk skincare ini sangat bermacam-macam karena selain banyak jenisnya. Setiap produsen produk skincare menawarkan keunggulan yang berbeda-beda dari produknya. Alhasil, tak sedikit wanita yang tergoda untuk membeli produk skincare baru dengan iming-iming ini dan itu.

Semakin mahal produk skincare, bukan patokan bahwa itu semakin baik untuk kulitmu, lho. Jika salah dalam memilih produk skincare, bukan kulit yang cantik yang akan kamu dapatkan, namun justru masalah kulit yang lainnya. Berikut 5 tanda bahwa kamu harus berhenti menggunakan produk skincare tertentu.

1. Gatal-Gatal di Permukaan Kulit
Tanda bahwa kamu harus berhenti menggunakan produk skincare adalah ketika permukaan kulitmu terasa gatal. Misalnya ketika kamu mencoba menggunakan krim baru untuk lehermu, namun beberapa lama setelah kamu mengoleskan krim tersebut lehermu merasa sedikit gatal. Jika sudah begini, kamu sebaiknya menghentikan pemakaian produk tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kandungan yang tidak bersahabat untuk kondisi kulitmu sehingga memunculkan reaksi alergi berupa gatal di kulit.

2. Timbul Jerawat
Pernahkah kamu mencoba produk skincare untuk wajah namun justru kamu mendapati munculnya beberapa jerawat di wajah yang sebelumnya normal? Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa kondisi kulit kamu tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Adanya ketidakcocokan terhadap produk skincare bisa diakibatkan karena kandungan bahan yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Hal ini juga sering dialami oleh mereka yang memiliki wajah berjerawat dan ingin mengatasinya dengan produk skincare tertentu, namun yang timbul justru jerawat yang lebih banyak. Misalnya saja ketika kamu salah menggunakan cleanser yang oil-based untuk wajah berjerawatmu, yang mana seharusnya kamu memilih yang water-based.

3. Timbul Kemerahan pada Kulit
Reaksi lain yang timbul bisa berupa kemerah-merahan pada kulit. Jika dibiarkan terus-menerus, biasanya reaksi kemerahan ini juga disertai dengan rasa gatal sehingga ketika digaruk, justru akan menimbulkan iritasi kulit. Jadi, segera hentikan pemakaian produk skincare jika kulitmu mulai timbul kemerah-merahan sebelum menjadi gatal. Biasanya ini disebabkan oleh produk lotion yang tidak cocok dengan kulit yang sensitif. Selain itu, reaksi ini juga bisa disebabkan oleh produk kosmetik yang mengandung pewangi berlebih.

4. Kulit Menjadi Kering dan Kusam
Beberapa produk skincare seperti body lotion menawarkan manfaat seperti melembapkan kulit. Namun tak jarang, kulit justru menjadi kering dan kusam setelah memakai produk ini. Tak hanya body lotion, produk yang rawan membuat kulit menjadi kering dan kusam adalah sabun mandi.

Sabun mandi yang mengandung sodium hidroksida dapat menghilangkan kelembapan alami kulitmu sehingga akan membuat kulitmu menjadi kering dan kusam. Jadi, segera hentikan pemakaian sabun atau lotion yang justru mampu menghilangkan kelembapan kulitmu.

5. Kulit Menjadi Lebih Sensitif
Kulit dapat menjadi lebih sensitif dari sebelumnya setelah pemakaian produk skincare tertentu. Misalnya, jika biasanya dapat bertahan beberapa menit di bawah sinar matahari tanpa timbul gejala yang berarti, setelah memakai produk skincare tertentu kulit menjadi lebih sensitif seketika terkena paparan sinar matahari. Ini menunjukkan bahwa kamu sebaiknya menghentikan penggunaan produk tersebut untuk sementara waktu. Biasanya, produk yang membuat kulit menjadi sensitif adalah produk yang mengandung retinoid acid.

Itulah tadi beberapa tanda atau gejala yang ditimbulkan jika kamu tidak cocok dengan produk skincare tertentu. Jika salah satu tanda muncul, maka segera hentikan pemakaian sebelum berubah menjadi masalah yang serius. Segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik jika keadaan kulit yang ditimbulkan sudah semakin parah. Semoga bermanfaat, ya!
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
pemutih kulit, perawatan kulit, perawatan wajah


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tidak ada tanda haid dan tidak ada tanda hamil..gmn yah bunda2? -- Diskusi Umum 8
2 bulan tidak haid 7x TP negatif dengan tanda-tanda hamil -- Ngobrol Apa Saja 13
Apakah tanda tanda kehamilan itu selalu disertai dengan kemunculan flek..?? -- Kenalan Yuk! 21
Inilah tanda tanda kehamilan :) -- Ngobrol Apa Saja 36
Awas! Inilah Tanda-Tanda Kehamilan Yang Tidak Biasa -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:36.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com