Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
kecant...   TS 
 
Posts: 89
Thumbs up Cara Memilih Lotion Pemutih Bagi Bumil

Pelembab atau yang biasa kita sebut body Lotion Pemutih, adalah salah satu item kecantikan yang paling wajib untuk kita gunakan. Saking pentingnya bagi kulit, maka kamu juga gak boleh asal pilih aja lho, Ledis!


Saat sudah tersedia beramacam-macam jenis body lotion, dan terdapat tersebut menawarkan bermacam-macam bahan baku dan fungsinya. Meskipun sekarang banyak pilihan, bukan berarti kamu boleh asal memilih tanpa memikirkan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulitmu.


Agar kamu tak salah pilih dan membuang uang hanya untuk membeli body lotion yang salah, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa jenis kulitmu, karena setiap jenis kulit membutuhkan treatment yang berbeda-beda. Nah, berikut adalah tips memilih body lotion yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu!


1. Kulit normal memang cenderung cocok dengan segala macam body lotion, tapi pastikan dulu apakah komposisinya berbahaya atau tidak?


Bersyukurlah kamu yang dianugerahi kulit normal, karena kamu nggak perlu repot-repot memilih body lotion apa yang pas. Kulit normal memang lebih cenderung cocok dengan segala macam jenis pelembab.


Tapi tetap saja ada hal yang perlu kamu perhatiin, salah satunya adalah komposisi yang tertera pada label kemasan. Hindari pelembab yang mengandung zat-zat kimia berbahaya seperti ammonia derivatif, hydroquinone, retinoid, asam asam salisilat, dan paraben.


Setelah memastikan komposisinya aman, carilah pelembab yang ringan dan lembut di kulitmu. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, pakailah body lotion yang mengandung SPF 20 – 30.


2. Untuk kulit yang kering, sangat dianjurkan menggunakan body butter atau body cream yang lebih banyak mengandung minyak dan nutrisi.


Untuk jenis kulit yang satu ini, sudah pasti kamu harus mencari body lotion yang dapat meresap dan melembabkan kulitmu hingga bagian yang terdalam. Pilihlah produk pelembab yang memiliki kandungan gliserin, alpha hidroxy, dan kaya akan nutrisi.


Kalau kulit di tangan dan kakimu sangatlah kering bahkan sampai bersisik, pakai saja body butter atau body krim karena kandungan minyaknya lebih banyak dibandingan body lotion biasa. Dijamin kulitmu akan lembab kembali dan terlihat lebih segar.


3. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, jatuhkan saja pilihanmu pada body lotion yang berlabel “oil free”!


Meski kelihatannya lembab, bukan berarti kulit yang berminyak nggak butuh lagi yang namanya body lotion ya! Jenis kulit ini juga butuh pelembab agar tetap sehat dan terlindungi.


Beberapa produk pelembab kulit bahkan dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit lho! Tapi yang pasti, kamu harus memilih body lotion yang ringan dan memiliki label “oil-free” dan “non-comedogenic”.


4. Agar kulit sensitifmu nggak alergi, pakai body lotion yang pasti aman aja, yaitu yang berlabel “Hypoallergenic”.


Kulit sensitif memang agak sedikit repot, karena sangat peka terhadap berbagai benda asing yang menempel dan mudah sekali mengalami alergi. Oleh karena itu kamu harus lebih cermat dan berhati-hati dalam memilih body lotion. Tapi beruntungnya, sekarang ini semakin mudah menemukan body lotion khusus kulit sensitif.


Meski begitu, kamu harus tetap cermat dan pastikan body lotion tersebut memiliki label “hypoallergenic”. Bila memungkinkan, cobalah terlebih dulu sebagai tester. Namun bila kamu sulit menemukannya, berkonsultasilah pada dokter untuk mendapatkan body lotion yang aman untuk kulitmu.


5. Karena kulit kombinasi terdiri dari dua jenis kulit yang berbeda, maka kamu boleh memadukan dua jenis body lotion!


Saat ini, beberapa produk kecantikan terkenal sudah menyediakan body lotion khusus kulit kombinasi. Namun bila kamu masih kesulitan untuk mendapatkannya, kamu bisa menyiasatinya dengan memadukan dua jenis body lotion sesuai jenis kulitmu. Misalnya: kering – normal, berminyak – normal, atau kering – berminyak.


Apabila kulitmu termasuk kombinasi normal – berminyak, maka pertama oleskan secara merata body lotion untuk kulit normal terlebih dulu. Lalu oleskan kembali body lotion khusus kulit berminyak pada area yang berminyak seperti dada atau punggung.


6. Sebagai pengganti tabir surya, pakai saja body lotion yang mengandung SPF supaya tetap aman dan terlindungi dari bahaya radiasi sinar UV.


Tabir surya adalah barang penting yang wajib kamu pakai setiap kali pergi keluar rumah! Namun tekstur tabir surya terasa lebih berat dan pekat. Untungnya, saat ini hampir semua produk body lotion sudah disertai dengan kandungan SPF yang cukup efektif menangkal sinar ultraviolet.


Pastikan body lotion-mu setidaknya mengandung SPF 20 – 30. Jangan menyepelekan hal ini ya Ledis, karena bahaya sinar ultraviolet benar-benar dapat mengancam kesehatan kulitmu bahkan dapat memicu tumbuhnya sel kanker.


7. Cermati baik-baik tanggal masa berlakunya, jangan sampai kamu memakai body lotion yang sudah kadaluarsa.


Kalau udah tahu itu kadaluarsa, ya lebih baik dibuang saja! Iya sih sayang banget kalau harus dibuang, apalagi kalau harganya mahal. Tapi yakin kamu mau mengorbankan kulitmu hanya demi body lotion yang udah expired? Justru yang harusnya kamu sayang itu kulit kamu bukan?


Body lotion yang sudah lewat tanggal kadaluarsa, sudah nggak efektif lagi bekerja melindungi dan melembabkan kulitmu. Malah, bisa jadi menimbukan masalah baru yang berbahaya, lho!


Sekarang udah tahu kan body lotion seperti apa yang harus kamu pakai? Mulai sekarang, jangan lagi asal membeli body lotion yang jelas-jelas nggak cocok dengan jenis kulitmu. Semoga artikel ini bermanfaat!
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
lotion pemutih


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
BUn cream muka,Lotion yang aman u/ bumil tuh apa y? -- Ngobrol Apa Saja 0
bumil boleh ga inject vitamin c yang mengandung pemutih? -- Diskusi Umum 0
pakai lotion pemutih dokter saat hamil aman ga sih -- Diskusi Umum 5
lotion bahaya bagi kehamilan -- Diskusi Umum 3
bolehkah bumil pake lotion anti nyamuk ??? -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com