Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
BeeLun...   TS 
 
Location: Jakarta pusat
Posts: 373
Default Diforum ini apa diharuskan ya mengetik dengan tulisan EYD,tidak disingkat?

Maaf bunda" saya mau tanya apakah disini aturannya mengetik dengan tulisan EYD dan tidak boleh disingkat ya?Soalnya saya member baru jadi belum tahu sepenuhnya.Karena ada yang memberi komen ke saya,mengatakan saya alay sampai bawa" umur saya juga jumlah anak saya segala.Tersinggung ada lah karena saya kaget sampai bawa" umur begitu.Saya mungkin terbiasa mengetik dengan singkat,...sedih sekali saya dapat tanggapan begitu,karena itu saya mohon bunda memberitahu sebaik"nya pada saya kalau" saya salah.Setahu saya ketikan tulisan saya yang disingkat"itu masih bisa terbaca kok oleh bunda" jadi saya pikir masih wajar.Tapi kalaupun ada pihak yang kurang berkenan saya mohon maaf,mungkin saya harus terbiasa mengetik dengan tulisan lengkap...terimakasih
 
  #2  
Old
watin...
 
Location: tangerang
Posts: 204
 
Salam kenal ya bun..

Bukan di larang,mungkin maksudnya biar lebih enak di bacanya bun
 
  #3  
Old
BeeLun...   TS 
 
Location: Jakarta pusat
Posts: 373
 
Bukannya saya tidak bisa bunda Watin,cuma mungkin saya saking terbiasanya mengetik begitu dan juga lebih cepat.Setahu saya kalau alay itu tulisan yang ketikannya beraneka ragam bentuk kadang memakai angka segala sedang saya tidak begitu.Tapi kalau memang sebaiknya begtu menurut bunda Watin,terimakasih bun sudah memberitahu secara baik kepada saya

---------- Post added at 01:12 ---------- Previous post was at 01:09 ----------

Oh iya salam kenal juga bunda Watin....
 
  #4  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
menurut saya sih supaya post apa trit bunda enak dibaca baiknya pakai bahasa yg enak dibaca dan tulisan yg gampang dibaca juga bunda. kalo pake singkatan kadang kan ngga ngerti maksudnya apa . jadi bikin bingung
 
  #5  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Mungkin bisa sambil baca2 thread "panduan bijak untuk bunda cerdas" dr admin Aris, bu. Disitu dituliskan di forum ini boleh pake singkatan asal tdk berlebihan. Mungkin bagi ibu singkatan yg ibu pake wajar2 saja, tp bbrp ibu disini (termasuk saya) tidak terbiasa dgn singkatan2 yg ibu pakai. Saya sendiri sebisa mungkin memakai EYD yg benar supaya tidak menyulitkan yg membaca.

Btw, kalau ada yg komentar pedes, abaikan saja. Dunia maya mah jangan diambil hati, bu :-)
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #6  
Old
BabyN...
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 2,188
 
Replying to: View Post
Maaf bunda" saya mau tanya apakah disini aturannya mengetik dengan tulisan EYD dan tidak boleh disingkat ya?Soalnya saya member baru jadi belum tahu sepenuhnya.Karena ada yang memberi komen ke saya,mengatakan saya alay sampai bawa" umur saya juga jumlah anak saya segala.Tersinggung ada lah karena saya kaget sampai bawa" umur begitu.Saya mungkin terbiasa mengetik dengan singkat,...sedih sekali saya dapat tanggapan begitu,karena itu saya mohon bunda memberitahu sebaik"nya pada saya kalau" saya salah.Setahu saya ketikan tulisan saya yang disingkat"itu masih bisa terbaca kok oleh bunda" jadi saya pikir masih wajar.Tapi kalaupun ada pihak yang kurang berkenan saya mohon maaf,mungkin saya harus terbiasa mengetik dengan tulisan lengkap...terimakasih

Sbnr'a z bun ga mksd ap" nie dgn prtanyaan q yg agak gmn gtu....q cm pgn tw lbh jls mnrt bunda"ttg posisi brhbngan dgn suami ktka perut sudah besar.Q sdg hamil 7 jln 8 bln,suka kurang nyaman dn agk bingung kl brhbngn dgn suami.Suami z ga prnh minta atwpun ngeluh soal brhbngn krn dia sadar betul kl q sdg hamil,justru suami yg parno tkt baby d dlm knp".Walaupun suami mngerti ttg kondisi q tp kdg kasian,nm'a manusia normal hasrat itu psti kn ada... Minta saran donk bunda"d sni,bgmn sbaik'a?


Kalau dibandingkan antara ketikan bunda yg skrg dgn ketikan yg saya copy paste ini, memang lbh enakan baca ketikan yg skrg bun.
Tdk harus pakai EYD jg kali bun. Tp diketik dgn kata2 yg mudah dimengerti, kalau mau disingkat ya pakai singkatan yang umum.
Misal kata sbnr'a... singkatan "nya" dijadikan "'a" memang biasanya dipakai oleh anak2 abg jaman skrg. Trs tiba2 ada huruf z di kalimat & kata "ni" menjadi "nie" bukan mempersingkat kalimat malah ditambahin kan bun. Itupun tdk semua org mengerti dgn artinya.
Cb deh bunda bandingin, pasti enakan baca ketikan bunda yg skrg kan?
 
  #7  
Old
derick...
 
Posts: 5,797
 
Coba jalan2 ke trit Panduan Bijak Untuk Bunda Cerdas bun..

Kayaknya bunda ini the next threadmaker ya
 
Budayakan menggunakan kolom SEARCH
  #8  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
Benerkan buat trit lagi.
Bu, klo stp dikasih saran, kritikan jgn lgsung ngambek bt curhatan/trit baru. Bales aja di trit anda sblmnya.

Ibu br sy komen dikit ttg hubungan HB, lgsung bt trit "pnya anak lbh dr satu bukannya blalala..."
Si ibu keikei kasih masukann ttg tlisan anda lgsung bt trit..

Lgpula masukan si ibu keikei jg bagus toh, krn anda sehari sj bs bt trit 5 biji, klo tulisan disingkat2 terus bnyak yg mgkn nti ga paham dan salah kasih solusi.
bgmn?
#HbisIniDiaBuatTritLagi
 
"Be grateful for whoever comes"
  #9  
Old
rahma2...
 
Posts: 251
 
buat saya pribadi, ini contoh tulisan yg baik:
"Selamat siang Bunda..kenalan dong. Saya member baru disini. Bagi pengalamannya tentang promil ya"

Contoh tulisan yg bisa ditolerir:
"Siang Bun..kenalan dong. Sy member baru dsini. Bagi pengalamanny ttg promil y"

Contoh tulisan bikin sakit mata:
"Ci4n9 Bund4..Kn4l4n donx. Qu m3mb3r b4ru dsini. B4g1 pg4lam4nx ttg promil y"

inget ya, Alay itu tidak dilarang, bahkan
dilindungi berdasarkan hukum tentang
kebebasan berekspresi. Namun perlu disadari
pula, kadang hal-hal semacam ini atau lainnya
dapat meresahkan orang lain. Semoga
dipertimbangkan
 
  #10  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Kalau sy sih mengumpamakan begini ya :
Mengetik pesan elektronik untuk kepentingan pribadi yg ditujukan untuk teman ataupun orang2 dalam suatu lingkup yg kecil n terbatas adalah serupa dg mengundang orang2 tersebut ke dalam kamar qt dan bercanda bersenda gurau dg santai dan mengobrol dg bahasa yg santai juga, sebab tidak ada aturan formal yg mengatur dalam hal tata bahasa. Dan tidak akan ada yg berkeberatan dg pemakaian bahasa "semau gue" tsb, karna lingkup kecil sahabat n teman sudah terbiasa.
Beda halnya ketika qt memasuki suatu aula maupun gedung pertemuan umum yg sy ibaratkan dg "media sosial umum". Dalam aula tsb terdapat banyak orang dr berbagai latar belakang. Ini berarti qt keluar dr kamar qt yg nyaman dan masuk ke ranah umum serta berbaur dg orang2 lain. Dan apa etikanya ketika qt memasuki area umum/sosial? Tentunya qt harus menempatkan diri dg baik bukan? Supaya kehadiran qt dapat diterima dg baik oleh khalayak umum tsb. Termasuk salah satu yg harus qt perhatikan adalah dalam pemakaian tata bahasa. Tidak harus saklek pada EYD, namun paling tidak pakailah tata bahasa serta tata cara penyingkatan yg akan dapat dipahami oleh berbagai kalangan usia serta latar belakang. Karena terkadang suatu singkatan hanya dapat dipahami oleh kalangan usia tertentu (semacam bahasa prokem).
Hal ini selain dapat membuat anda mjd makin mudah membaur dalam ranah umum (baca:forum ibuhamil.com), juga akan bisa meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat pemakaian bahasa anda yg mungkin kurang/sulit dipahami oleh orang2 yg hadir dalam aula tsb (member maupun orang yg mengakses forum ini).
Kesimpulannya : qt harus pandai2 menempatkan dan membawa diri di manapun qt berada. Ketika qt berada dalam lingkup kecil teman n sahabat, boleh2 saja qt bertata bahasa tidak resmi. Namun ketika qt berada dalam forum umum, tempatkan diri qt dg sepantasnya, karena dalam forum umum tsb berlaku etika serta norma2 tertentu (walau mungkin norma tsb tidak tertulis).
 
  #11  
Old
lilian...
 
Location: cakung
Posts: 154
 
Jangan baper gt bund nama nya jg forum ,kalo ada coment2x yg kurang berkenan ya abaikan aja jgn lgsg dkt2x buat trit
 
Kakak allisya and adik keyzaa :*
  #12  
Old
BeeLun...   TS 
 
Location: Jakarta pusat
Posts: 373
 
Terimakasih bunda" atas masukannya....oh iya kalau baper sih tidak ya,cuma tidak mau salah paham saja.Sejujurnya saya kan berusaha untuk sopan dalam bersharing bukan untuk baper baperan,lagian saya bertanya baik baik" kok tapi kalau bunda menganggap baper itu hak bunda.Saya cuma bisa bilang terimakasih atas kritikannya. Karena baru masuk sebagai member disini wajar kan saya ada salah atau keliru makanya saya bertanya dan meminta saran baiknya bagaimana aturan dalam bergabung disini.Ya kepada bunda"yang sudah menjelaskan pada saya panjang lebar disini tentang tread saya ini,saya ucapkan terima kasih banyak.Dengan ini saya kan bisa belajar lebih baik lagi,tidak salah toh?? Jd sekali lagi saya mohon maaf bukan saya mau baper baperan(walaupun saya aneh dengan kata baper) atau mau jadi treadmaker nih....saya cuma mau sharing dan belajar lebih banyak juga lebih baik saja.Terlepas komen yang menyindir atau mengritik,saya anggap itu pembelajaran.. terimakasih bunda"

---------- Post added at 08:35 ---------- Previous post was at 08:17 ----------

Sebelum dan sesudahnya saya minta maaf pada bunda"sekalian....tread yang saya buat masih dalam jalur kesopanan dan tidak menyimpang apalagi berunsur Sara ataupun menyindir.Saya buat semata mata hanya sharing,pasti disini bunda" adalah pribadi yang bijak menyingkapi sebuah topik.Bukan maksud saya menyindir atau ngambek atau baper menghadapi komentar"pedas yang kadang muncul.Sekali lagi saya mohon maaf,sah kan selama saya sopan dan tidak aneh" dalam membuat tread...saya terlalu sering membuat tread?Kalau memang menganggu saya mohon maaf ya bun...ini saya mencoba sekedar menjelaskan loh,menjabarkan dan tidak ada unsur ngambek apalagi namanya baper.Mohon bunda sekalian mencermatinya dengan lebih bijak lagi.Terima kasih kepada semua bunda"yang sudah membantu saya mengkoreksi diri...
 
  #13  
Old
unacha...
 
Posts: 409
 
Bunda kalo kondangan pake baju bagus apa baju tidur? Kalo ke mall pake baju bagus apa daster?

Disini banyak orang bu. Di dinia maya ni kepribadian anda diliat dari ketikan. Jadi kalo mau dapet feedback positif ya yg rapi penampilannya/tulisannya
 
  #14  
Old
BeeLun...   TS 
 
Location: Jakarta pusat
Posts: 373
 
Terimakasih bunda Unachan.....dunia maya itu banyak macam pribadinya tapi saya sih selalu positif karena kan pribadi seseorang itu tidak hanya dipandang satu sisi saja.Tidak bisa juga dijadikan patokan untuk menjudge seseorang hanya karena gaya bahasa,topik pembicaraan atau tulisan yang diketik.Ekspresi melalui tulisan atau topik itu boleh dan bisa diungkapkan secara bebas asal sopan menurut saya.Jadi mungkin saya harus lebih bisa menempatkan dunia maya macam apa yang saya tengah bergabung agar saya dapat menempatkan diri sesuai aturannya.....sekali lagi terima kasih ya bunda Unachan
 
  #15  
Old
lutfy...
 
Posts: 128
 
hallo bunda, aku jg jadi member dsini belum lama ko bun msh trhitung baru, pada awalnya aku jd SR buat tau gmn sih forum ini dan para membernya.

tujuan utama aku gabung adalah buat dpt byk informasi, sejauh ini aku ga pernah buat thread krn menurutku setiap yg ingin aku tanyakan pasti ada dan diulas disini bahkan yg awalnya ga tau jd tau.

krn ini kehamilan pertamaku, jd butuh byk informasi penting hihi, jd bunda jgn trsinggung klo byk yg bilang dikit" bikin thread mungkin krn bunda yg lain ikut forum ini buat dpt info dn sharing kehamilan bukan curhat baper baperan dn dikit" buat thread baper hihihi (CMIIW)
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
caranya mengubah tulisan & bisa berwarna gimana ya bun??? -- Ngobrol Apa Saja 7
share y bun: janin tidak berkembang, diharuskan kuret...? -- Diskusi Umum 1
Rindu bunda2 diforum ini.. 5bulan gak aktif diforum.. -- Diskusi Umum 0
kenapa saya kok dikasi obat dengan tulisan abortus -- Diskusi Umum 25
Sudah diharuskan/belum? -- Diskusi Umum 19


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:09.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com