Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
fitri ...   TS 
 
Posts: 37
Default berhenti bertanya kapan hamil?

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Karena saya paham betul betapa tidak nyamannya ditanya mengenai kapan saya hamil, maka saya juga tidak pernah bertanya hal serupa ke perempuan lain.
Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi, yang saya rasa juga banyak dialami oleh perempuan lain di sini. Ditanya oleh orang-orang kenapa saya belum hamil. Mungkin ini pertanyaan menyebalkan tahap dua setelah ditanya mengenai kapan menikah, ya?
jangan bertanya kapan hamil
Flash back sedikit, saya menikah pada usia yang cukup matang, 28 tahun. Sebelum menikah, saya pernah bertanya pada calon suami,”Sayang, menurut kamu, memiliki anak itu penting nggak, sih?” Jawabannya, penting. Tapi ia juga berkata bahwa anak adalah rejeki. Entah dipercaya akan memilikinya atau tidak, hal itu tidak akan pernah menjadi masalah di dalam pernikahan kami kelak. Pertanyaan ini terlontar hanya semata-mata untuk mengetahui kesiapan suami jika problem yang saya sering saya dengar menjadi masalah besar bagi beberapa pasangan terjadi pada kami. Jawabannya membuat saya berlega hati dan semakin mantap meneruskan rencana pernikahan, karena merasa suami memilih menikah dengan alasan ingin menghabiskan sisa hidupnya bersama saya.
Setelah menikah, suami yang datang dari keluarga besar, selalu memiliki acara yang harus kami hadiri, entah pesta penikahan, halal bihalal atau acara lainnya. Tentunya Anda bisa menebak, saat-saat inilah, saat saya ditanya (sambil dipegang perutnya),”Sudah isi belum?” Awal-awalnya, sih, saya menjawabnya dengan santai, “Belum, nih.” Sampai ketika sepupu yang menikah setelah kami, ternyata telah hamil, tiba-tiba saya merasa ada tekanan. Bukan dari orangtua kami, tapi lebih dari orang sekeliling yang cukup sering melontarkan pertanyaan tersebut, sambil diiringi,”Si A sudah hamil, lho..” Teruuusss?? Jawab saya dalam hati, agak sedikit dongkol.
Butuh waktu nyaris lima tahun untuk saya bertahan mendengar pertanyaan-pertanyaan semacam ini, karena memasuki tahun ke lima akhirnya saya hamil. Meski kini saya bisa menjawab pertanyaan mengenai kehamilan, ini tak mengubah prinsip saya untuk tidak menanyakan mengenai kehamilan pada perempuan yang belum hamil. Kenapa begitu?
1. Itu menyakitkan
Bayangkan saja, saat Anda ingiiiiin sekali sesuatu tapi belum bisa-bisa sedangkan orang-orang lain di sekitar Anda sudah mendapatkannya. Bagaimana perasaan Anda? Dan, bukannya dihibur, tapi orang malah berlomba untuk memamerkan apa yang mereka miliki. Mungkin maksud Anda memberi semangat, tapi percayalah itu bukan pemberi semangat yang kami inginkan.
2. Itu bukan urusan Anda
Kata siapa saat perempuan menikah, secara otomatis berarti ia mau memiliki anak? Tidak semua perempuan terlahir dengan rasa ingin menjadi ibu. Jadi, jangan sibuk bertanya dan memaksa agar orang lain memiliki anak seperti Anda.
3. Kita tidak pernah tahu usaha yang sudah dilakukan
Kita tidak pernah tahu usaha apa yang sudah dilakukan oleh perempuan yang ingin hamil. Saya ingat sebelum hamil saya sudah melakukan berbagai macam cara agar bisa mendapatkan dua garis merah di test pack. Mulai dari makan sehat, olahraga, makan otak kelinci (maaf, ya, kelinci yang lucu), minum obat Cina, akupuntur, totok, kaki diinjak oleh bumil, mencuri popok, tidur beralaskan baju bayi, meminta daster bumil, meminta bedak bayi yang baru lahir untuk ditaburkan tiap malam ke perut, hingga inseminasi, dan sederet daftar percobaan lainnya. Jadi dengan usaha seperti itu kemudian orang lain sibuk bertanya, hanya membuat saya semakin tertekan dan KESAL.
Jadi daripada sibuk dengan hidup orang lain lebih baik kita menikmati hidup kita sendiri, kan? Just enjoy your time!
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nur ha...
 
Posts: 66
 
sabar bu fitri, yg penting udah usaha, namanya manusia mah pasti ada terus yang di masalahin, kalo udah hamil pasti nanya lagi kapan punya adek terus terus dan terus, tetap semangat, .
 
  #3  
Old
Precio...
 
Posts: 133
 
Thanks for your thread, bunda fitri
 
If there is a will, there is a way
  #4  
Old
nanami...
 
Posts: 1,213
 
Thx untuk nge-share quotationnya bunda... isi dan pesannya bagus untuk mengingatkan kita smua agar jangan klewat kepo jadi manusia... karna ke-kepo-an kdg lebih kejam dr membunuh... huff
 
baru nemuin, orang ganti signature lebih sering dari minum obat
  #5  
Old
fitri ...   TS 
 
Posts: 37
 
iya bunda2 smua saya cuman sekedar ngeshare aja saya pribadi jg blum ngalamin,,,sering miris jg lok liat ibu2 tetangga yg pada rempong kepoin yg pada belum hamil hihihihi
 
  #6  
Old
nanami...
 
Posts: 1,213
 
Yg punya banyak waktu buat kepo ttg urusan pribadi orang lain itu orang yg kurang piknik dan kurang minum mizone bun... biarkan omongan mreka berlalu kaya tukang yg jualan cangcimen cangcimen cangcimen....
 
baru nemuin, orang ganti signature lebih sering dari minum obat
  #7  
Old
khaziy...
 
Posts: 110
 
aku juga sering sebel bund kalo dibanding2in sama tetangga yang nikahnya deketan tapi belum hamil,ya bener kondisiku sekarang lagi hamil cuma kasian aja ama orang yang dibandingin sama aku,rejeki orang itu kan ada waktunya sendiri2 ada yang dikasihnya cepet ada yang harus nunggu,kita manusia cuma bisa ber ikhtiar dan berusaha,tapi kalu memang belum saatnya nerima rezeki itu gimana,tetangga yang suka kepo masalah kapan hamil itu gak paham sama namanya perjuangan
 
  #8  
Old
nadian...
 
Posts: 4
 
Setuju banget, baru 2 bulan nikah. Tapi udah ditanya-tanya terus, semakin lama semakin risih dan malah mau marah sama yang nanya. Biasanya bunda disini jawab apa kalau ditanya sudah hamil belum?
 
  #9  
Old
Fara28...
 
Posts: 95
 
Threadnya bagus bun

Aku juga bun, kudu nutup telinga denger omongan2 orang selama 2 tahun berumah tangga. Ampe pernah dikatain mandul juga .
Alhamdulillah sekarang saya juga udah hamil
Padahal mah ortu sama mertua pada santai aja, justru orang sekitar yang suka bikin stress

Dari sebelum nikah aku juga ga pernah kepo nanya orang udah hamil apa belum, karena takut mereka jadi batin.
 
  #10  
Old
dianay...
 
Posts: 30
 
antara perhatian sama kepo itu emang beda tipisssss. btw tetangga biasanya lebih perhatian (kepo) daripada teman atau kerabat. mungkin biar ada bahan gosip.
-____-
 
  #11  
Old
ellybi...
 
Posts: 58
 
thread bunda bikin aku jadi semangat, bait prtama bkin aku trharu dan ending nya bahagia...mmg bnr saat org2 pd brtanya trkadang mreka g mkir, ngapain sih nanya mulu, nanya apa ngeledek,. bikin saya dongkol aja... smoga aku bsa sprti bunda, memiliki momongan
 
  #12  
Old
dhewi ...
 
Posts: 330
 
Semnagat bun...
Gak usah perduliin orang lain..
Kan yg jalanin semua bunda n suami..
Fikir posif aja.. kalau sudah di kehendaki allah hamil.. pasti hamil ko bun.. selalu berdoa n berusaha yah bun... jagan patah semangat...
 
  #13  
Old
f31inn...
 
Posts: 261
 
Ini sih.. aku banget Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ ђâª≈ђãª≈ђãª Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡​
Secara merit pertama kali 7 tahun ga Ǟϑǟ anak...
Tapi Äк̲̣̣̥ů sih cuek aja kalo ditanya, udah isi Βεlu♏?
Äк̲̣̣̥ů jawab, udah tadi udah isi nasi sama ayam.. Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ ђâª≈ђãª≈ђãª Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡​
Meski dalam hati ingin juga hamil seperti lainnya, tapi Äк̲̣̣̥ů percaya, semua indah pada akhirnya
 
  #14  
Old
monyth...
 
Posts: 578
 
nice thread bunda fitri intinya jgn suka kepo sama org, mau hamil kek mau ngga kek. emg hamil bisa d beli tiket nya kyk beli tiket d bioskop?? bisa d pesan mau hamil nya kpn?? gak bisa kan bun.. yg menentukan cuma tuhan.

btw aku baca usaha promil nya yg promil nyuri popok, minta daster bumil, pke bedak bayi d perut sungguh sangat lucu. perjuangan seorang wanita perlu d kasi jempol 1000x
 
  #15  
Old
f31inn...
 
Posts: 261
 
Dan semua emang indah pada akhirnya...
Meski suami pertama meninggal, namun aku cepat diberi jodoh lagi...
Dan bukan hanya itu.. sebulan kosong langsung hamil...
Padahal sebelum menikah lagi udah wanti2 ama suami ini, kalo merit cuma mau punya anak, lebih baik ga usah nikah aja.. karena belum tentu aku bisa kasih kamu anak...drpd ntar ujung2nya cerai krn ga Ǟϑǟ anak...
Ternyata aku bisa juga hamil...
Puji Tuhan deh...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bersikap saat orang2 bertanya "kapan hamil?" -- Ngobrol Apa Saja 17
batuk tidak berhenti berhenti di masa kehamilan 26w -- Diskusi Umum 1
pendarahan gak berhenti berhenti udh hampir 3minggu -- Ngobrol Apa Saja 5
bunda yg tw tlg jawab.. Pasca keguguran kapan darah berhenti?? -- Ngobrol Apa Saja 5
kapan waktunya berhenti minum susu bumil bun? -- Ngobrol Apa Saja 20


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:48.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com