Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hasna6...   TS 
 
Posts: 78
Default Penyakit gondok menyebabkan kemandulan pria

Antara golongan kaum pria dewasa yang mengalami penyakit gondok,20%-30% daripada mereka akan terdapat komplikasi seperti radang testis yang mana kebanyakan berlaku pada sebelahtestis. Sekiranya berlaku pada kedua-dua belah testis bisa mengakibatkan kemandulan.

Radang testis terkadang terjadi sebelum,semasa atau selepas sembab kelenjar parotid. Gejala yang utama ialah kesakitan dan sembab testis, ia akan menjadi keras apabila tersentuh serta permukaan skrotum akan bertambah tebal. Selain itu, penyakit ini juga diikuti dengan demam,kesejukan,sakit kepala dan sakit bawah perut.

Jika sembab berlaku di bagian kanan testis,penghidap akan terasa kesakitan di bagian kanan bawah perut sebagaimana gejala apendisitis. Untunglah 80% daripada kanak-kanak yang menghidap penyakit gondok adalah radang sebelah testis. Kedua-dua belah testis sembab akan menyebabkan kemandulan pria.

Kebanyakan pria tidak mengetahui banyak pengetahuan mengenai radang testis,dan antaranya radang yang serius ialah Orkitis. Orkitis adalah radang pada salah satu atau kedua testis, yang menyebabkan terjadinya sembab dan sakit pada testis. Ia disebabkan oleh bakteri atau virus dan biasanya sering berlaku pada golongan pria remaja. Testis akan sembab dengan berwarna ungu kebiruan. Apabila Orkitis sembuh, testis mengecil,menjadi lembut dan mengecut. Biarpun ia tidak menjejaskan pengeluaran hormon testosterone tetapi bisa membawa efek buruk terhadap kesuburan seseorang pria.

Orkitis biasanya berlaku di kalangan pria dewasa tetapi peluang infeksi penyakit ini semakin meningkat pada kebelakangan ini, dan berlaku di golongan pria remaja malah kanak-kanak yang berusia 3 tahun. Selain itu, persen berlaku komplikasi seperti pengecutan testis,kemandulan dan ketumbuhan tumorkian menaik.

Di samping itu, orang ramai bimbang akan adakah Orkitis akan mengakibatkan Spermatocele? Sebenarnya Spermatocele terjadi apabila Orkitis bertambah kritis,dan biasanya bersaiz besar,sakit ringan atau tiada kesakitan. Terkadang saiz Spermatocele terlalu besar akan mengakibatkan kesakitan testis.


semoga bermanfaat
Info Kesehatan
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kedelai dapat menyebabkan kemandulan..?? -- Ngobrol Apa Saja 29
pengobatan gondok -- Area Promosi 0
Salah satu penyakit yang menyebabkan sukar punya anak adalah pid/radang pan -- Diskusi Umum 1
keputihan dan kemandulan -- Kenalan Yuk! 0
Penyakit gondok dan kesuburan -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:58.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com