Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hasna6...   TS 
 
Posts: 78
Default Adakah Fibroadenoma akan menyebabkan ketaksuburan?

Fibroadenoma adalah ketulan licin yang abnormal pada payu dara, yang terdiri daripada tisu berserat (fibrous) dan berkelenjar (adenomatous). Ketulan tersebut kenyal danterasa boleh bergerak di bawah kulit apabila diperiksa dan biasanya dirujuksebagai 'tetikus payu dara'.

Fibroadenoma adalah satu tumor jinak yang relatif populer di kalangan kaum wanita. Secara lazimnya,ia boleh tertumbuh di salah satu bagian payudara atau kedua-dua belah.

Fibroadenoma boleh dipengaruhi oleh hormon estrogen, dan paling kerap ditemui pada wanita di peringkat usia pre-menopause, waktu kehamilan atau waktu penyusuan bayi. Ini disebabkan pengeluaran hormon estrogen akan bertambah banyak dan mengakibatkan Fibroadenoma berkembang dengan cepat dan ia akan berpengaruh terhadap ibu hamildan janin.

Namun demikian,bagi golongan kaum wanita yang terdapat gangguan sistem endokrin,hormon estrogen juga akan dikeluarkan dalam jumlah yang besar biarpun tidak beradadalam periode kehamilan,penyusuan bayi atau pre-menopause. Jadi, tumor akan bertambah besar jika di luar kawalan dan membawa kesan negatif kepada kesuburan.

Fibroadenoma pada tingkat ringan lebih senang dirawat dan tidak akan menjejaskan kesuburan. Sebagai peringatan,penghidap Fibroadenoma dinasihatkan supaya merawat penyakit ini dahulu sebelum merancang kehamilan. Ini disebabkan ia akan berubah kepada kanker jika dirangsang oleh hormon estrogen dalam jumlah yang besar.

Mempunyai persepsi yang salah terhadap Fibroadenoma akan merusakkan kesuburan malah mengancam nyawa.

Salah persepsi 1: penghidap Fibroadenoma hanya perlu dirawat dengan mengkonsumsi obatan?

Segolongan penghidap Fibroadenoma mungkin berpendapat bahwa Fibroadenoma boleh hilang melalui pengambilan obatan dan tidak perlu membuat surgeri. Sebenarnya, Fibroadenoma bukan satu penyakit yang boleh disembuh dengan mengkonsumsi obatan. Berdasarkan kajian menunjukkan bahwa sebagian penyakit payudara boleh dirawat dengan obatan tetapi majoriti adalah Hiperplasia dan bukan Fibroadenoma.

Salah persepsi 2: Fibroadenoma adalah tumor jinak dan tidak perlu dirawati

Kebanyakan kaum wanita akan menganggap Fibroadenoma merupakan tumor jinak dan tidak perlu dirawati. Sebenarnya ia akan merusak kesuburan seseorang kaum wanita jika tidak dirawat dengan betul dan sesuai.

Sebagai peringatan, kaum wanita dinasihatkan berjumpa dengan pakar untuk rawatan jika mendapati menghidap Fibroadenoma. Membuat surgeri jika diperlukan.


semoga bermanfaat
Info Kesehatan
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Kondisi prawujud perobatan-- Adakah kandungan saya akan selamat? -- Diskusi Umum 3
Artikel ttg kehamilan dan ketaksuburan -- Diskusi Umum 1
Ujian ketaksuburan lelaki—ultrabunyi skrotum -- Diskusi Umum 0
Ujian ketaksuburan lelaki—ultrabunyi kelenjar prostat -- Diskusi Umum 1
ada yg pernah mengalami fibroadenoma saat hamil, bahayakah ?? -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com