Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hasna6...   TS 
 
Posts: 78
Default Ujian ketaksuburan lelaki—ultrabunyi kelenjar prostat

Biarpun kualitas air mani dan sperma yang sehat merupakan antara faktor penting yang menentukan tahap kesuburan lelaki, tetapi sekiranya kelenjar prostat menghadapi masalah kesehatan, ia turut mempengaruhi kesuburan kaum lelaki.

Prostat adalah kelenjar berbentuk seperti kacang kenari yang terletak di bawah pundi kencing dan di sekeliling uretra. Organ ini berperan menghasilkan suatu cairan yang membentuk 30% volume air mani. Saat ejakulasi, prostat berkontraksi untuk memancutkan cairan semen dan sperma keluar demi melancarkan proses ejakulasi. Selain itu, cairan ini mengandung asam sitrat, kalsium, dan enzim yang kemungkinan besar berperan untuk meningkatkan kemampuan berenang dan kesuburan sperma.

Air mani berbentuk cairan semasa ejakulasi dan akan berubah menjadi gumpalan seperti jelly dalam masa singkat. Dalam masa 10-30 menits, air mani akan berubah menjadi cairan. Gangguan pada prostat yang disebut Prostatitis berupa radang yang diakibatkan oleh infeksi pada prostat akan menganggu proses pencairan air mani.

Prostatitis -- sperma sulit bergerak

Prostatitis dapat menjejaskan kesuburan lelaki karena cairan mani yang dikeluarkan bukan merupakan media atau lingkungan yang baik bagi sperma, pencairan tidak berlaku dan menyebabkan sperma sulit bergerak, akhirnya ia tidak dapat berenang menuju ke arah uterus dan tiub fallopio untuk bersenyawa dengan telur. Di samping itu, radang prostat juga akan menurunkan paras pH air mani dan terjadinya antibodi anti-sperma yang mana akan menyebabkan kematian sperma. Penyebab Prostatitis adalah bakteri yang terjadi akan menjejaskan daya kehidupan sperma. Lagipula, obatan antibodi yang diambil oleh penghidap juga akan menjejaskan kesuburan seseorang lelaki.

Ultrabunyi Prostat menguji kelenjar prostat dari segi saiz dan bentuk,kekerasan,pertumbuhan nodul dan sebagainya. Ia boleh mengesan radang Prostat dengan lebih awal dan mengdiagnosis pelbagai penyakit kelenjar prostat yang lain demi memberi perawatan.


INFO KESEHATAN

PLEASE LIKE & SHARE
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
nice info
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Gjl Kelenjar frostat?? Bahaya kah? -- Diskusi Umum 0
Cara Mengobati Kanker Prostat -- Area Promosi 0
bund, vit. E 400IU picu kanker prostat pada pria????? -- Diskusi Umum 0
Artikel ttg kehamilan dan ketaksuburan -- Diskusi Umum 1
Ujian ketaksuburan lelaki—ultrabunyi skrotum -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:48.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com