Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
sari75...   TS 
 
Posts: 222
Post masalah pada sperma dan cara mengatasinya

Betapa pentingnya fungsi sperma dalam sebuah proses kehamilan. Sehingga, kelainan pada sperma dapat mengakibatkan terganggunya fungsi reproduksi pria. Kasus-kasus yang banyak terjadi pada pria adalah:

* Jumlah Sperma

Cairan yang dikeluarkan pria pada saat ejakulasi sewaktu senggama disebut cairan semen. Volume normal cairan semen sekitar 2-5 ml. “Cairan semen ini berwarna putih mutiara dan berbau khas langu dengan pH 7-8,” papar dr. Bowo. Nah, volume cairan semen dianggap rendah secara abnormal jika kurang dari 1,5 ml. Volume semen melebihi 5 ml juga dianggap abnormal.

Dalam cairan semen inilah jumlah spermatozoa merupakan penentu keberhasilan memperoleh keturunan. Yang normal, jumlah spermatozoanya sekitar 20 juta/ml. Pada pria ditemukan kasus spermatozoa yang kurang (oligozoospermia) atau bahkan tak ditemukan sel sperma sama sekali (azoospermia).

Kecuali sel-sel spermatozoa, dalam cairan semen ini terdapat zat-zat lain yang berasal dari kelenjar-kelenjar sekitar reproduksi pria. Zat-zat itu berfungsi menyuplai makanan dan mempertahankan kualitas spermatozoa sehingga bisa bertahan hidup sampai masuk ke dalam saluran reproduksi wanita.

* Kelainan Bentuk (Morfologi).

Sperma yang normal berbentuk seperti kecebong. Terdiri dari kepala, tubuh, dan ekor. Kelainan seperti kepala kecil atau tak memiliki ekor akan mempengaruhi pergerakan sperma. Ini tentu saja akan mempersulit sel sperma mencapai sel telur.

* Pergerakan Lemah

Untuk mencapai sel telur, sel sperma harus mampu melakukan perjalanan panjang. Ini pun menjadi penentu terjadinya pembuahan. Jumlah sel sperma yang cukup, jika tak dibarengi pergerakan yang normal, membuat sel sperma tak akan mencapai sel telur. Sebaliknya, kendati jumlahnya sedikit namun pergerakannya cepat, bisa mencapai sel telur.

Kasus lemahnya pergerakan sperma (asthenozoospermia) kerap dijumpai. Adakalanya malah spermatozoa mati (necrozoospermia). Gerakan spermatozoa dibagi dalam 4 kategori:
a. Bergerak cepat dan maju lurus
b. Bergerak lambat dan sulit maju lurus
c. Tak bergerak maju (bergerak di tempat)
d. Tak bergerak.

Sperma dikatakan normal bila memiliki gerakan normal dengan kategori a lebih besar atau sama dengan 25% atau kategori b lebih besar atau sama dengan 50%.

Spermatozoa yang normal satu sama lain terpisah dan bergerak sesuai arahnya masing-masing. Dalam keadaan tertentu, spermatozoa abnormal bergerombol, berikatan satu sama lain, dan tak bergerak. “Keadaan tersebut dikatakan terjadi aglutinasi,” jelas Tri Bowo. Aglutinasi dapat terjadi karena terjadi kelainan imunologis di mana sel telur menolak sel sperma.

* Cairan Semen Terlalu Kental

Cairan semen yang terlalu kental mengakibatkan sel sperma sulit bergerak. Pembuahan pun jadi sulit karena sel sperma tak berhasil mencapai sel telur. Pada kasus normal, saat diejakulasikan, cairan semen dalam bentuk yang kental akan mencair (liquifaksi) antara 15-60 menit.

* Saluran Tersumbat

Saat ejakulasi, sperma keluar dari testis menuju penis melalui saluran yang sangat halus. Jika saluran-saluran itu tersumbat, maka sperma tak bisa keluar. Umumnya hal ini disebabkan trauma pada benturan. Bisa juga karena kurang menjaga kebersihan alat kelamin sehingga menyuburkan kehidupan virus atau bakteri.

* Kerusakan Testis

Testis dapat rusak karena virus dan berbagai infeksi, seperti gondongan, gonorrhea, sifilis, dan sebagainya. Untuk diketahui, testis merupakan pabrik sperma. Dengan demikian kesehatannya harus dijaga. Soalnya, testis yang sehat akan menghasilkan sperma yang baik secara kualitas dan kuantitas.

Testis ini sangat sensitif. Mudah sekali dipengaruhi oleh faktor-faktor luar. Jika testis terganggu, produksi sperma bisa terganggu. Mungkin saat berhubungan, pria tetap mengeluarkan sperma. Hanya saja tanpa sel sperma (azoospermia).

Usaha untuk memiliki momongan tak harus fokus pada pihak perempuan. Fertilitas pria pun perlu diperhatikan, terutama soal jumlah dan tingkat mobilitas sperma.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Banyak cara yang bisa dilakukan pria untuk memproduksi sperma yang sehat. Jadi, bantu pasangan Anda mengubah perilaku dan pola makan menjadi lebih sehat.

Gaya hidup
Menjauhkan pria dari alkohol punya pengaruh positif untuk meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma. Pakaian juga mempengaruhi. Celana yang terlalu ketat berpengaruh kurang baik untuk kualitas produksi sperma. Selain itu kebiasaan mandi di hot tub tampaknya juga perlu dikurangi, karena kurang baik untuk testis.

Makanan
Selain gaya hidup, makanan punya andil besar. Makanan organik yang bebas pestisida dan zat kimia bisa menurunkan jumlah sperma. Sedangkan makanan dengan kandungan zat gizi berikut ini bisa meningkatkan fertilitas pada pria:

* Seng
Tiram dikenal sebagai makanan perangsang gairah. Mengonsumsi tiram bisa meningkatkan mood menjadi lebih romantis. Tiram mengandung seng yang bisa mendorong fertilitas pada pria lebih baik, menurut penelitian dari University of Michigan. Makanan lain yang mengandung seng adalah daging, liver, kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, biji kapri, dan akar jahe.

* Kalsium dan vitamin D
BabyCenter.org melaporkan hasil penelitian dari University of Wisconsin bahwa kalsium dan vitamin D meningkatkan fertilitas pria. Makanan yang mengandung kalsium di antaranya susu, keju, es krim, dan yogurt. Sedangkan vitamin D bisa didapat dari salmon.

* Antioksidan (vitamin E dan C)
Vitamin E dan C adalah antioksidan paling kuat karena mampu melawan radikal bebas yang merusak sperma. Pria perlu lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E dan C, untuk menjaga kualitas sperma dalam hal jumlah dan daya tahannya. Makanan bervitamin E seperti bayam, brokoli, kiwi, mangga, tomat, biji bunga matahari, almond, dan selai kacang. Sedangkan vitamin C terdapat pada buah sitrus, dan paprika (merah, kuning, oranye).

* Asam folat (Vitamin B kompleks)
Asam folat merupakan vitamin penting untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan fertilitas. Makanan mengandung asam folat dapat ditemukan pada jeruk bali, sereal, gandum, kacang-kacangan, asparagus, bayam, dan biji bunga matahari.

sumber : kompas.com
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
nice info bunda..
up
up
up
 
  #3  
Old
sari75...   TS 
 
Posts: 222
 
Makasih bun...lg sedih nih...kemaren mens...gagal lg deh...klo suami ku mslhnya di point b....skrg lg berobat sih...mgg dpn mau tes lg analisa sperma yg ke 2..klo msh blm ok jg..disaranin ke androlog
 
  #4  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Poin b berarti ada kelainan bentuk/morfologi ya? Oleh dokter diberikan terapi apa bun?
 
  #5  
Old
sari75...   TS 
 
Posts: 222
 
Disuruh jgn stress..tidur cukup..olahraga...klo obat dikasih bioquinone..zegavit..n antibiotik..bisa dibeli bebas di apotik kok...blm tau ntar klo ke androlog gmn lg
 
  #6  
Old
laiha...
 
Posts: 98
 
Salam kenal bun,
Tolong sharing ke saya donk bun, kalau udah bagus spermanya,trus obatnya apa, krn suami sy jg enggak subur.trims
 
  #7  
Old
Filly...
 
Posts: 22
 
Replying to: View Post
Salam kenal bun,
Tolong sharing ke saya donk bun, kalau udah bagus spermanya,trus obatnya apa, krn suami sy jg enggak subur.trims
Bunda Laiha.. suami sya di vonis asthenoteratozoospermia.. dokter kasih resep obat Zeman yg di minum 2x sblm 15mnt bobo tiap malam. Sama seloxy di mnum 1x sehari. Dlm wkt 3bln hrs konsumsi obt2 tsb. Mudah2an membuahkan hasil. Amin.
bund..coba cek jg k dokter n mnta saran nya bagaimana.
 
  #8  
Old
wahyu1...
 
Posts: 79
 
Coba makan semangka setengah buah perhari. Suami saya oligoteratozoospermia. Bulan selanjutnya test sperma alhamdulillah noormozoospermia.
 
  #9  
Old
Eka se...
 
Posts: 131
 
Gpp bun .. Aku jg nih bulan ini gagal . Soalnya tadi siang mens .. Sakit nya masya allah huhu tetep semangat bun buat promil bulan depan
oia bun mau nanya biaya untuk cek sperma tu kisaran berapa ya?? Terus harus pake resep dokter? Atau konsul dulu??
 
  #10  
Old
Luny m...
 
Posts: 3
 
Mb, brp lama suami konsumsi semangkanya?? Suami sy juga kena kelainan sperma mb oligoteratozoospermia yg katanya kualitas n kuantitas tdk bagus n tdk normal. Harusnya 4% tp suami saya hanya 1% saja..kami menikah sdh setahun tp blm Dikaruniai anak smp skrg, Drop skli sy menerima hal itu tp hrs sabar n ikhlas smg suami saya bs kembali normal n kami bs punya momongan amieen
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
wahyu1706 laila


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
keluhan masa hamil dan cara mengatasinya (bag I) -- Diskusi Umum 2
keluhan masa hamil dan cara mengatasinya (bag II) -- Diskusi Umum 11
Kaki ku bengkak bun.... gmn cara mengatasinya?? -- Diskusi Umum 19
penyebab sel telur kecil dan cara mengatasinya.. -- Diskusi Umum 10
Gimana Cara Mengatasi Sperma Encer Pada Suami ya bun?? -- Diskusi Umum 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com