Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
puspas...   TS 
 
Posts: 21
Default Antibodi antisperma (asa) infertilitas yang tidak terjelaskan

Please sharingnya bunda2,,,
Adakah yg udah tes ASA???
infertilitas yang tak terjelaskan ini adalah antibodi antisperma (ASA),yaitu kita n suami dinyatakan sehat n normal aja,tp masih jg belum hamillll
Menurut link yg saya baca begini bunyinya : "
Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kelainan antibodi antisperma? Adakah hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh atau antibodi?
Pemahaman itu memang tak sepenuhnya salah. Kelainan yang disebut ASA ini memang memiliki kaitan dengan kekebalan tubuh. Tepatnya, kekebalan tubuh yang mengenali sel sperma layaknya virus.
Normalnya, pada tubuh sel sperma terdapat pelindung unik yang menyebabkan ia tak dikenali tubuh wanita sebagai benda asing. Pada beberapa kasus, pelindung ini tidak berjalan dengan baik. Sperma pun bisa dikenali layaknya virus, sehingga diserang oleh antibodi pasangannya.
Saat berkontak pertama kali, tubuh wanita membentuk antibodi yang cukup kuat untuk menghalau sperma.
Bila antibodi terkena pada bagian ekor sperma, akan menyebabkannya sulit berenang secara terarah untuk mencapai tuba falopi guna bertemu sel telur. Dan bila antibodi terkena pada bagian kepala sel sperma, akan menyebabkan ia sulit membuahi sel telur.
Intinya, antibodi yang dibentuk spesifik terhadap sel sperma ini menyebabkan sel sperma sulit membuahi sel telur. Meskipun analisis sperma menunjukkan, sperma terdapat dalam jumlah cukup banyak dan mampu berenang cepat.

Siapa tw ada bunda2 yg udh tes ASA itu gimana???cos bingung nih,udh tes ini itu sm suami,tp kita dinyatakan baik2 n normal2 aja,,,nah,sy blm konsultasi sm Dr untuk kasus ASA diatas.

Please sharingnya yah bunda2

Tengkiyuu sebelumnya


Sumber: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/37...#ixzz2cQHQO9Ve
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
siscas...
 
Posts: 30
 
Coba cek ke sammarie aja. Disana bisa kok tuk mengobati asa itu. Aku jg begitu kok bund.
 
  #3  
Old
puspas...   TS 
 
Posts: 21
 
Thanks bunda sisca respon ny
tp sorry nieh, Sammarie tuh apa yah??RS kah??

---------- Post added at 21:52 ---------- Previous post was at 21:36 ----------

bunda sisca domisili dimana??trus bisa cerita untuk tes ASA itu bund??apa bunda udh dpt solusinya dari Dr?? penasaran bund
 
  #4  
Old
ny asa...
 
Location: surabaya
Posts: 57
 
slmt mlm bunda puspa... skedar share aja dr bku yg udh prnh q bca,,mungkin bs dijadikan referensi ato skedar tmbahan info sj y bun..

tertundanya kehamilan bisa jadi krn masalah kesuburan akibat Antibodi Antisperma (istri alergi sperma suami). serangkaian pemeriksaan mgkin telah dijalani dengan hasil yg memuaskan (subur), berhubungan badan yg teratur saat masa suburpun jg tlh dilakukan, tetapi khamilan tak kunjung didapat.. Namun,bunda tak perlu khawatir atau stres. jika sgera dikonsultasikan dan ditangani dgn bnar,mk khamilan masih dapat terjadi..

masalah infertelitas akibat istri alergi sperma suami disebabkan oleh sistem kekebalan/antibodi yg merespon antigen sel sperma dan kmudian mnyebabkan tbuh wanita memproduksi antibodi utk mlawan sperma. terbentuknya antibodi tersebut secara alami sejak lahir.antibodi menyebabkan trjadinya hambatan pergerakan sperma di dlm vagina,shg sprma tdk bisa membuahi sel telur..
antibodi wanita yg melawan antigen (sperma) bisa juga terbentuk krn adanya luka dlm hub senggama, shg mnyebabkan kluarnya sel darah putih kmudian mnyerang sperma.. selain itu,juga dpt trjadi krn seringnya keputihan atau trdapat infeksi saluran vagina,sehingga sperma menggumpal dan gagal mncapai sel telur.
Itu beberapa kmungkinan terjadinya,namun belum diketahui pasti apa pnyebab dari trjadinya antibodi antisperma ini. keadaan ini dapat diatasi dgn menggunakan kondom saat berhubungan selama 3-6 bulan...

sbg tindakan pengobatan utk kasus antibodi antisperma, ada bbrp tindakan yg sering dilakukan, antara lain :
-pemberian kortikosteroid.. dengan pemberian kortikosteroid diharapkan akan menurunkan tingkat kepekaan antibodi antisperma
- Intrauterine Insemination (IUI) atau yg biasa disebut inseminasi buatan adalah suatu tindakan yg ckup efektif dlm mngatasi mslah antibodi antisperma krn dlm tindakan ini sperma akan langsung diarahkan utk mncapai sel telur tanpa hrs melewati leher rahim,
-In Vitro Fertilization (IVF) atau populer dgn istilah bayi tabung yg mrupakan metode penangana antibodi antisperma yg paling tinggi tingkat keberhasilannya. dalam tindakan ini sel sperma langsung bertemu sel telur tanpa melewati leher rahim dan tuba fallopi krn kduanya dipertemukan diluar rahim...

mgkin itu saja sdkit isi dr bku yg prnah sy baca tulisan dari seorang dokter SpOG... saran saya bunda puspa cb konsul k dkter SpOG utk lbih jelasnya...

smg brmanfaat,,
 
  #5  
Old
Ifagho...
 
Location: Bintaro
Posts: 96
 
Manta ni penjelasannya Bunda Ny Asan,

Saya kebetulan mempunyai ASA yang cukup tinggi yaitu titer 1:13ribuan (standard utk hamil skitar 1:64) dan juga HB menggunakan kondom selama 5bln, juga disuntikkan sel darah putih suami setiap bulannya. Alhamdulillah setelah 7 bulan ASA ku turun menjadi 1:64. oiya sy juga disuruh testfood, apabila sy ada alergi terhadap makanan tertentu yg bs memicu utk meningkatkan ASA (dalam kasus sy kebetulan sy alergi terhadap seafood terutama kepiting, kacang tanah, kuning telur, kopi dan teh), dan makanan tsb bisa dikonsumsi lg stlh hamil umur 20w.

mnrt info si dokter, si ASA ini tinggalnya di sekitar mulut rahim.. jadi dia kyk penjaga gitu.

Bulan feb kmrn sy inseminasi, dan hasilnya sempet ada kantung janin tetapi sayangnya ga mau dimomong dan sy mens jadi si kantung tidak menempel ke dinding rahim.

Karena dari itu saya dirujuk ke dharmais JkT utk check NK cells (natural killer cell) apabila memang tinggi, 10 hr menjelang masa subur sy, sy hrs di infus terlebih dahulu, kl blm turun juga terpaksa sy dibuat sakit (misal sakit flu) krn pada saat itulah imun tubuh sedang lemah.

sy sudah ambil darah senin kmrn, dan rencana konsul ke dokter membawa hasil NK cells tsb kamis bsk.. bismillah, Allohumma yassir walaa tu'assir


Nah bunda Puspasari27, cb check dl aja ASA nya.. sy biasa check di rs Budhi jaya dengan prof Ichramsjah, inseminasi nya jg dengan beliau. Tetap semangat dan berdoa yaa..
 
  #6  
Old
puspas...   TS 
 
Posts: 21
 
Thx bunda @Ana n bunda @Ifagho atas ilmu ny sy smpt stop konsul ke Dr n cm tebus2 obat aj spt resep sblm ny.ud smpt diurut cm g rutin jg.kmrn dtg lg ke Dr n konsul lg cos smp skr sy blm jg hml udh cek2 smua secara anatomi Alhamdulillah dua2 ny sehat n bgs jg.sy ud tny ttg ASA ini ke Dr sy, n Dr ud jelasin secara detil.kl dulu cara yg digunakan unt mengatasi ASA ini yaitu dg menyuntikkan sel darah putih suami ke tubuh kt slm bbrp Bln unt menurunkan anti body kt yg cew.

Awalnya jg sy mw tes ASA ny, tp Dr bilg prosesnya lebih pnjg kl mw tes2 dl trus mw pengobatan jg stlh tes.Jadi drpd buang waktu, fikiran n uang dr menyarankan sy agar inseminasi aj.ini metode yg lebih baru daripada harus suntik2 trs kata Dr sy.Jadi skrg sy
lg rencana prog.inseminasi dikasi obat unt membesarkan ovarium n tgl18 nanti di USG lg liat diameter sel ovarium ny, kemudian tgl 19/20 rencana inseminasi ny.

Mohon do'a ny y bunda2, insyaallah sy jg mendo'akan bunda semua ttp semangat, berdo'a n yakin mukjizat Allah it pasti ada.
 
  #7  
Old
uun ri...
 
Posts: 1
 
Mba puspasari saya juga mempunyai ASA yg sangat tinggi.
To belum terapi,
Oiya mba gmn hasil inseminasinya?

---------- Post added at 23:58 ---------- Previous post was at 23:57 ----------

Mba puspasari saya juga mempunyai ASA yg sangat tinggi.
Tapi belum terapi,
Oiya mba gmn hasil inseminasinya?
 
  #8  
Old
Nuke P...
 
Posts: 10
 
Siang bunda2 pintar..
Gejalanya apa bun... Soalnya saya mengalami tubuh menggigil setiap 7 hari menjelang mens. apa itu berarti penolakan sperma oleh tubuh saya? mohon infonya.

PIN saya 2A04A674
 
  #9  
Old
indah ...
 
Posts: 30
 
mohon pencerahannya ada yg berhasil hamil secara alami ga bunda2 setelah terapi PLI untuk menurunkan ASA ?
 
  #10  
Old
puspas...   TS 
 
Posts: 21
 
Haloo bunda maaf baru buka lg stelah hampir 1th lupa Pswd n g dicek2 lg...iya nih sy ud inseminasi tp gagal (mgkn Bln rezeki) untuk bunda uun Ribka ttp berusaha n smgt y ^,^ dicoba lg yg alami....bunda indah jg untuk pengobatan ASA Dr yg lebih paham,jd saran sy cek ke Dr lg y bun...bunda nuke, untuk ASA itu sndiri g ada gejalanya bun, jd kl kt mw tau kt terserang ASA or tidaknya kt harus cek ke Dr.di chat atas ada bunda2 yg udah lakukan tes ASA....smoga membantu bunda smua y
 
  #11  
Old
syalia...
 
Posts: 14
 
hallo mba.. apa ada yg sudah berhasil terapi ASA nya?
 
  #12  
Old
Anggre...
 
Posts: 2
 
Bun adakah yg berhasil hamil setelah cek ASA positif ?
 
  #13  
Old
Ismaya...
 
Posts: 1
 
Halo bunda², sepertinya saya telat berkomentar, karena pertanyaan terakhir di 2018.
Cerita saya tentang ASA.
Saya menikah dari november 2012, keguguran pertama di 2013 kemudian disusul keguguran kedua tahun 2014, keguguran ketiga 2015 dan terakhir keguguran 2016.
Di keempat keguguran itu saya sdh periksa ke bbrp dokter kandungan, disarankan untuk tes torch lengkap, tapi hasilnya nihil.
2017 saya mencoba ke dokter spesialis penyakit kandungan, namun saya dinyatakan sehat.
Dari dokter penyakit kandungan, saya disarankan ke dokter fertilitas, di sana saya diminta untuk cek darah berbagai macam dan yg lainnya.
Dan ternyata ASA saya tinggi.
Disarankan dokter utk inseminasi/ bayi tabung.
Lama saya dan suami berpikir. Akhirnya karena kami pikir semua ketentuan di tangan Allah, kami ikhtiar dg jalan lain.
Alhamdulillah 2018 awal saya hamil, dan 2021 saya jg hamil lagi. Dan sekarang Alhamdulillah kami dikaruniai 2 org putri ����
Semangat ya utk bunda² yg dinyatakan ASA tinggi
 
  #14  
Old
restil...
 
Posts: 1
 
Bunda Ismaya Nilawati, Alhamdulillah bun ikut seneng dengernya.. Bun kalau boleh tau ikhtiarnya dengan jalan apa ya? Boleh sharingnya bun 🤗
 
  #15  
Old
fianad...
 
Posts: 10
 
bund boleh spill promilnya bund?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Antibodi vs sperma -- Diskusi Umum 2
infertilitas -- Diskusi Umum 1
Apakah ada keguguran/BO/janin tidak berkembang yang tidak pendarahan? -- Diskusi Umum 48
Penyebab flek karena ancaman keguguran..Akibat antibodi tubuh yang tinggi -- Diskusi Umum 10
Antibodi antisperma (asa) infertilitas yang tidak terjelaskan???? -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:43.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com