Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
suliya...   TS 
 
Posts: 25
Default hamil bolehkah nae bis luar jawa.(12jm perjalan)

saya dnger hamil muda tdk lah boleh perjalan jarak jauh, krn menybabkn keguguran . Bener gak sh it. Menrut bunda2 gmn,it fakta ap cman mitos.. Bg info ny ,atw ada pengalaman bunda2 smu..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
vinny1...
 
Posts: 197
 
dlu awal hamil aq jg naek Mobil lebih dr 6jam, tp wktu itu aq gktw klo lg hamil, alhamdulilah gpp..

mending konsultasiin dl ke bidan bund..
 
  #3  
Old
suliya...   TS 
 
Posts: 25
 
maksh sudah crita ts pengalman ny bunda
 
  #4  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Kondisi kehamilan org kan beda2 bun. Ada yg kuat adabyg lemah. Saya sempat ikut perjalanan g jauh banget sih, PP 10 jam, tapi saat itu sy blmbtau kl lagi hamil, pas ketauan rupanya udah 6w2d. Untungnya g kenapa2, soalnya mmg g ada tanda2nya. Tapi ada juga temen saya yg mudik, memang sih naek sepedamotor, sampe tujuan keguguran. Ehh, tapi sy juga pnya temen, dr singkil ke medan naek RX king 7 jam an gitu, alhamdulillah kemaren baru lahiran. Kuat2 aja tuh kandungannya. Mending sblm melakukan perjalanan bunda mnta saran dokter dl n dicek dl gmn kondisi rahim n debay bunda
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #5  
Old
rrrani...
 
Location: Semarang
Posts: 98
 
Replying to: View Post
saya dnger hamil muda tdk lah boleh perjalan jarak jauh, krn menybabkn keguguran . Bener gak sh it. Menrut bunda2 gmn,it fakta ap cman mitos.. Bg info ny ,atw ada pengalaman bunda2 smu..
Tergantung bunda, kondisi kandungannya bgmn lemah/kuat, trs pernah ada riwayat keguguran sblmnya atau tdk. Klo kandungan lemah atau pernah ada riwayat keguguran sblmnya lbh baik jgn lakukan perjalanan jauh baik saat hamil muda atau pun tua.

Pengalaman saya kmrn hamil muda wkt msh kuliah tingkat akhir di Bandung dan suami di Semarang, jaraknya 9 jam perjalanan (klo PP 18 jam perjalanan). Wkt itu saya gak tau klo hamil dan sempat 2x PP Bandung - Semarang.
Pdhl saya klo pulang ke Smrg naik bis, utk ke terminalnya saja hrs ganti angkutan umum 4x, belom bawaannya yg berat (maklum perempuan ) ditambah wkt itu saya sering perjalanan jauh jg di Bandung, naik motor ataupun naik angkutan, krn wkt itu saya ada olshop bun, jd suka wira-wiri antar barang dagangan atau stock barang ke pasar, klo udh gt bawaannya jg beraaat dan semua saya lakuin sendiri bunda.
Makanya dulu waktu tespack dan dpt 2 garis sempat amazing, ga percaya bisa jadi bundaaa mengingat aktivitas saya yg sprti itu angkat berat2 & perjalanan jauh trs tapi sangat-sangat bersyukur dan senang.
Setelah tau klo hamil pun saya ttp melakukan perjalanan jauh bun, krn msh hrs menyelesaikan skripsi di Bandung. Wkt wisuda jg kmrn saya bolak balik Bandung-Semarang.
Alhamdulillah kandungan saya baik-baik saja smp skrg udh mau lahiran hehe

Semoga membantu bunda
 
  #6  
Old
diniha...
 
Location: Bandung
Posts: 602
 
Gimana kondisi bumilnya yaa bun.. Aku pribadi dr awal hamil smpe skr mau 6bulan kl dibawa pergi jauh2 pk mobil suka lgsung mual, jgnkan jauh deket aja mual bun
 
  #7  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
kata dokterku kecenderungannya sih begitu, apalagi hamil muda kan biasanya ada ajah ketidaknyamanannya.
tapi tiap orang/bumil beda2 ketahanan fisik dan rahimnya sih.

hanya saja klo bepergian jauh gitu, apalagi dgn bus mungkin riskan kali ya. karna ga bisa berhenti tiap saat dibutuhkan. beda lagi dengan kendaraan pribadi, klo pas mual, pengen buang air kecil, pengen hirup udara segar, bisa minta brenti tiap saat.
 
  #8  
Old
icha z...
 
Location: blitar
Posts: 723
 
dulu awal hmil..awal bngt mlh mash kantong janin doank yg klhtan aq naik bus palembang blitar 3hri 3mlm tp gk apa2 bun..
mlhan aq minum antimo krna mabuk..muntah2 bawaan hmil..mnum cocacola sprite jg..
tp gk apa krn wktu itu blm tw klo hmil
 
  #9  
Old
suliya...   TS 
 
Posts: 25
 
em gt ya. Berart tergntng kndsi kndungan. Maksh bunda2 smua ats msukn , dr crita pengalaman .. Dan smog yg mw lhran lncr, trz yg ud puny baby smog seht2 ,amin..
 
  #10  
Old
pita n...
 
Posts: 207
 
aku rencana juga mo perjalanan jauh bund. ntar kalo udh uk 3bln. 20 jam malahan. kalimantan-jawa naek kapal agak was2 juga sih tp gmana lagi
 
  #11  
Old
ininis...
 
Posts: 232
 
Bun aku bagi pengalaman boleh ya
Aku hamilnya rnak banget gak pernah nyusahin
Alhasil aku bergerak dan aktivitas layaknya gak hamil, naik mobil pp tiap hari sampai cuti melahirkan 4 hari sebelum anakku lahir

Sering perjalanan jauh dines luar, malem kuliah....
Tiba saatnya tanpa sakit ketubanku bocor byur tiba tiba
Karena aku br pertama melahirkan dengan bodohnya sampai RS gak minta sesar karena pas di tes kondisi anakku jantungnya bagus ..aku nunggu bukaan yg ternyata gak dtg datang

Sampai dokter menawarkan induksi atau sesar, aku pingin induksi tp Alhamdulillah suami lhsg minta sesar

Ku bilang alhamdulillah karena kl nunggu induksi lebih lama lg bun, bayiku terlahir sehat Alhamdulillah, tp yg kusesali dia kena infeksi dengan kadar cukup tinggi. Karena apa? Ya karena ketubanku pecah dini, bayi gak segera lahir , resiko ketuban pecah dini besar bun. Dan ketuban pecah dini itu dipicu karena kecapekan juga...meski kita gak berasa, perjalanan jauh, aktivitas seperti biasa saat gak hamil itu pasti nharuh ke kekuatan rahim. akunmenyesal jadi ibu egois, meskimAlhamdulillah bayiku tetap sehat, tp dia harus di injeksi antibiotik 8 kali bun, lewat selang, ibu mana yg tega lihat bayinya dimasukin alat , org dewasa aja kesakitan.....rasa bersalahhhh selalu muncul, nangis tiap liat bahkan skrg aku sdh di rumah pulang dr lahiran tp bayiku br boleh pulang besok sampai injeksi selesai

Jadi pesannya hindari perjalanan jauh dan aktivitas berlebihan selagi bisa bun, meski kehamilan tiap ibu beda beda, ada yg kuat dan ada yg nggak
 
  #12  
Old
sila...
 
Location: kota Cirebon
Posts: 439
 
Replying to: View Post
saya dnger hamil muda tdk lah boleh perjalan jarak jauh, krn menybabkn keguguran . Bener gak sh it. Menrut bunda2 gmn,it fakta ap cman mitos.. Bg info ny ,atw ada pengalaman bunda2 smu..
bagi pengalamanku ya bund,,
dulu aku tp waktu telat seminggu alhamdulilah+, karna besoknya aku mau liburan di kampung suamiku aku kontrol ke bidan dan dokter kandungan, di bidan cuma di kasih saran lebih baik di tunda dlu karna kandunganku masih 6w2d.
sorenya aku usg di dokter kandungan dan di kasih obat penguat kandungan diminum satu saja sebelum berangkat. antisipasi barangkali kandunganku lemah.
besok sorenya jam 3 aku berangkat bund naik bis, kapal laut, bis lg dan sampai tujuan di lampung jam 9 pagi. kurang lebih 18 jam bund. alhamdulillah tidak ada keluhan apa2. sampai akhirnya aku pulang lg sampai cirebon seminggu kemudian kontrol lg ke dokter kandungan. babyku sehat dan baik2 saja.

jd menurutku kembali lg ke bunda, bagaimana kondisi bunda dan janinnya. alangkah baiknya sebelum brgkat kontrol dlu ke dokter..
agar bunda tidak was was dalam perjalanan nanti dengan kondisi janinnya..
semoga bsa bermanfaat bunda.
 
_Khayla Varisha Nuha_
Tumbuhlah jadi wanita yg solehah, menjadi kebanggaan keluarga dan berguna bagi orang lain,, aamiin_
  #13  
Old
Nhiar ...
 
Posts: 660
 
Replying to: View Post
saya dnger hamil muda tdk lah boleh perjalan jarak jauh, krn menybabkn keguguran . Bener gak sh it. Menrut bunda2 gmn,it fakta ap cman mitos.. Bg info ny ,atw ada pengalaman bunda2 smu..
Mending bunda naik pesawat aja deh soalnya buat ibu hamil gak bisa duduk lama sama berdiri lama. Duduk aja di bolehkan selama 6 jam itupun gak sepenuhnya harus duduk krna pinggangnya nanti sakit sama tulang belakang
 
Ezio Alfarezy Wattimena's Mommy
  #14  
Old
suliya...   TS 
 
Posts: 25
 
maksh bunda2 smua ats msukan nya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil luar kandungan.. -- Diskusi Umum 1
hamil di luar kandungan -- Diskusi Umum 33
hamil di luar kandungan -- Diskusi Umum 0
Kaki dan tangan agak bengkak stelah perjalan Kediri-Malang, kenapa ya bun? -- Diskusi Umum 3
bolehkah ibu hamil minum air asem jawa? -- Ngobrol Apa Saja 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com