Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
Default Bagaimana cara menghilangkan toh pada bayi ?

halooo bundsay semua,,, mau nanya nih giman cara menghilangkan toh pada bayi ? kalo saya baca2, caranya di diamkan saja, nanti pada umur tertentu akan hilang sendiri, ada juga yang pakai minyak zaitun.. bunda semua ada yang punya pengalaman..? mohon sharingnya ya,,,, mksiiii.............
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Bunda ...
 
Location: Tambak Banyumas
Posts: 427
 
Bukannya malah bagus y bund ad tohny kan jd bs buat tanda lahir
tp kalo toh hidup emang bhaya jg sh bund hanya sj sy gk tau cr ngilanginny gmn..
maf gk bs bntu y bund
 
  #3  
Old
Bunda ...
 
Posts: 149
 
g tau Bund... aku punya toh di tangan, kalo normal g kliatan, tp klo abis olah raga, kepanasan, keringetan... kulit bagian itu merah sendiri, dah coba di macem2in g ngaruh.. tp g mengganggu jg jd g masalah. ponaknku juga ada, tapi kalo ponakanku keliatannya kalo nangis.. kaya bentuk w di kening.
<<maaf malah nyrocos sendiri... :hehehe:
 
Jadilah kebanggaan bagi Bunda
  #4  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
 
anakku yang ke tiga ada toh di kepalanya bun,,, warnanya merah, gak berair sih,,, tapi kalo di bandingkan waktu awal kelahiran, warnanya sdah agak memudar. sekarang umurnya 4 bulan. mngkin di diamkan aja lama2 hilang ya.. ? :-)

---------- Post added at 08:49 ---------- Previous post was at 08:45 ----------

bunda Titi : toh nya besar gak bun..? oow jadi kalo punya bunda keliatan kalo pas kepanasan, kalo punya keponakannya kalo pas nangis ya..? itu sepertinya kelenjar pembuluh darahnya lebih aktif ya, sehingga jadi keliahatan
 
  #5  
Old
olivin...
 
Posts: 197
 
Bun, ankku jg ada toh merah di kpala, skrg dy udh mau 10bln, wrna tohnya udh gk trllu merah, ada jg dipantatnya wrna ungu gk ak ksih apa2 tp kt org tua nti klo udh gde ilang sndiri, tp klo yg coklat kyknya gk bs ilang soalnya ak jg ada di prgelangan tgn
 
  #6  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
 
bunda olivina : wah kok sama bun, anakku tohnya juga di kepala ( warna merah ) n di pantat ( warna ungu ). jadi inget dulu anak pertamaku juga ada toh ungu di pantat, nggak nyadar juga umur brp hilangnya, hehehe...

Berarti didiemin aja ya bun,,, semoga hilang sendiri...
 
  #7  
Old
Maya A...
 
Location: touyuen.taiwan
Posts: 4,628
 
saya bund ada toh di pipi kanan.. tpi alhmdulillah waktu bayi hilang sendiri..
tpi yah agak nampak item dikit gtu....
kalau di tempat ortu saya sih diolesin getah daun jarak bund..
 
  #8  
Old
ana zo...
 
Posts: 731
 
Replying to: View Post
halooo bundsay semua,,, mau nanya nih giman cara menghilangkan toh pada bayi ? kalo saya baca2, caranya di diamkan saja, nanti pada umur tertentu akan hilang sendiri, ada juga yang pakai minyak zaitun.. bunda semua ada yang punya pengalaman..? mohon sharingnya ya,,,, mksiiii.............
Bunsay maap toh itu ap yaks?
 
Sehat terus ya dedek, mama n ayah loves U...
  #9  
Old
bidada...
 
Location: Jambi city
Posts: 131
 
Tanda lahir sangat beragam macam dan bentuknya, banyak orang yang mengartikan tanda lahir sebagai symbol kutukan atau semacamnya, pada faktanya, tanda bayi hanyalah kelainan hormone warna pada manusia, yang umumnya pada bayi. Dan banyak juga yang berpendapat bahwa tanda lahir atau toh tidak dapat dihilangkan atau dihapus, pada dasarnya tanda lahir dapat dihilangkan dengan berbagai cara ya.
Berikutini adalah contoh-contoh dari beragam tanda lahir :
Mongolian Spot
Muncul dalam bentuk tanda yang halus, datar, dan agak gelap. Seringkali ditemukan di daerah pantat atau punggung bagian bawah bayi dengan warna biru keabu-abuan, hitam dan cokelat. Sekilas tampak mirip memar, namun tidak berbahaya karenamongolian spotakan hilang seiring waktu.
“Biasanya ketika anak hendak menuju masa akil balig, maka tanda lahir ini akan hilang dengan sendirinya. Ukurannya juga bervariasi, ada yang seperti tutup botol atau bahkan berada di seluruh pantatnya. Kalau yang ukurannya lebih besar lagi, mungkin perlu diperiksakan ke dokter karena khawatir ada efek samping dari besar ukurannya tersebut.
Salmon Patch
Disebut pulastorkbiteatau gigitan bangau. Tanda lahir ini sebenarnya adalah pembuluh darah yang muncul ke permukaan kulit dalam bentuk warna merah muda, kecil, dan datar.
Salmon patch(bercak salmon) terdapat pada sepertiga bayi yang baru lahir, biasanya muncul di belakang leher (tengkuk), di antara mata atau di kening, hidung, bawah bibir, dan kelopak mata.
Tanda lahir ini tidak berbahaya karena seiring pertumbuhan bayisalmon patchakan hilang dengan sendirinya.
Port Wine Stain
Noda ini muncul sebagai sebuah tanda yang datar, berwarna merah muda agak kemerahan dan perlahan beralih menjadi lebih gelap hingga mengarah ke warna merah keunguan. Sebagian besar bercak ini akan tumbuh lebih besar dan lebih tebal. Umumnya ukuran tanda lahir ini cukup besar dan berada di satu sisi. Sering muncul pada wajah, punggung atau dada. Paling sering muncul pada jidat dan daerah sekitar mata, jika hal ini terjadi pada bayi, segeralah konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan spesialis mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Port wine stain(noda cawan anggur) disebabkan oleh adanya pelebaran kapiler darah yang terjadi pada satu di antara 1000 bayi. Sebenarnya noda ini tidak berbahaya. Hanya saja jika tanda tersebut terdapat pada sekitar kelopak mata, maka bisa menyebabkan risiko glaukoma, yakni adanya peningkatan dari tekanan bola mata. Jika seperti itu, tanda ini bisa dianggap sebagai awal adanya penyakit tumor pembuluh darah bila memang noda yang terdapat pada wajah sudah mengenai organ vital seperti mata. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi laser, pembedahan dengan pencangkokan kulit, atau pemakaian krim atau obat oles.
Hemangioma
Yakni kumpulan pembuluh darah yang kecil dan menggumpal. Terjadi pada permukaan kulit dan biasanya terdapat di wajah, kulit kepala, punggung, dan dada. Sesuai dengan namanya, warna tanda lahir ini merah atau ungu dan akan tumbuh membesar. Tanda ini bisa terjadi pada dua di antara 100 kelahiran bayi. Hemangioma akan hilang jelang usia 9 tahun. tanda ini akan sangat berbahaya jika muncul di daerah sekitar mata dan mulut, karena dapat memengaruhi penglihatan dan menutup jalan napas. Jika bayi memiliki hemangioma pada daerah yang disebutkan tadi, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan medis.
Malformasi Vena
Sebenarnya hemangioma dan malformasi vena termasuk kategori tumor pembuluh darah. Malformasi vena disebabkan oleh kondisi abnormal yang terjadi akibat pembuluh darah melebar. Meskipun muncul saat lahir, tanda ini bisa perlahan memudar. Malformasi vena muncul pada 1 hingga 4 persen dari kelahiran bayi. Biasanya tanda ini muncul di rahang, pipi, lidah, dan bibir. Pun muncul di anggota tubuh lainnya. Tanda lahir ini akan tumbuh secara lambat dan tidak hilang seiring waktu. Bisa diatasi dengan sclerotherapy atau operasi.
Nevus Congenital
Berupa tahi lalat yang muncul saat lahir dan dapat tumbuh di mana saja dengan ukuran yang berbeda-beda ada yang 1 cm hingga lebih dari 20 cm. Nevi bawaan ini terjadi pada satu persen kelahiran bayi. Sebagian besar tahi lalat yang berwarna cokelat, hitam dan sebagian ada yang berambut ini tidak berbahaya. Tapi, Nevus conginental yang berukuran besar memiliki risiko besar menjadi melanoma yakni tipe kanker kulit yang mematikan. Untuk, itu segera konsultasikan ke dokter bila terdapat nevi bawaan dengan ukuran besar.
Pigmented Nevi
Merupakan bercak berpigmen pada kulit. Secara awam juga dikenal dengan tahi lalat (mole). Tanda ini bisa muncul ketika sel dalam kulit tumbuh secara berkelompok dan bukan menyebar ke seluruh kulit. Tahi lalat dapat muncul sendiri atau berkelompok dan bisa muncul di semua bagian tubuh. Warnanya seperti kulit, cokelat atau hitam yang bisa memudar saat dewasa dan mungkin hilang seiring waktu. Tahi lalat pada dasarnya merupakan tumor kulit jinak. Sebagian besar tahi lalat tidak berbahaya, namun yang berukuran besar bisa berkembang ke arah yang ganas dan berisiko menjadi kanker kulit.
Dan inilah tips-tips dari saya tentang cara menghilangkan tanda lahir secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang dengan mudah kita jumpai di sekitar kita :
Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelembab alami yang mampu membantu memutihkan sel kulit yang mengalami kerusakan dan dapat membuat permukaan kulit menjadi lebih lembut dan dapat membantu mengurangi warna tanda lahir. Cara penggunaanya, sediakan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, buat bola kapas secukupnya lalu celupkan ke dalam minyak zaitun. Gosokkan bola kapas tersebut secara melingkar pada bagian yang terdapat tandah lahir. Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas dengan mengunakan air hangat. Lakukan 4 kali dalam sehari selama 6 minggu.
Menggunakan jus lemon
Caranya, sediakan jus lemon secukupnya. Jus lemon dapat bermanfaat untuk membantu meringankan daerah delap pada kulit, seperti tanda lahir. Celupkan bola kapas ke dalam jus lemon lalu letakkan bola kapas tersebut pada bagian kulit yang terdapat pada tanda lahir, bila tanda lahir ada di bagian wajah bisa menggunakan cara ini. Gosokkan bola kapas tersebut dengan gerakan melingkar. Setelah digosok, biarkan bola kapas tetap berada pada tanda lahir selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Ulangi cara tersebut 3 kali dalam sehari selama 4 minggu.sekian
semoga membantu
 
Ya Allah jagalah anakku disurgaMu.aku tau rencanaMu lebih indah, aku pasrah dan ikhlas menerima semua ini.bunda dan ayah sayang kamu nak.yg tenang ya sayang di surga.kamu akan selalu jadi bagian dari hidup bunda
  #10  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
 
bunda maya :

ngolesinnya waktu bunda masih bayi ya ? waduh nyari daun jarak di mana ya, hihi....

ana zone :
toh itu tanda lahir bun, warna kulit berbeda dari kulit asli, ada yang berwarna merah, ungu, coklat, ada yang berbahaya ada juga yang tidak

Bidadari dunia :
mksi bgt artikelnya ya bun,,, sangat bermanfaat. saya juga pnh nyari2 artikel tentang toh, hbs anakku ada tohnya, hehe...
 
  #11  
Old
Maya A...
 
Location: touyuen.taiwan
Posts: 4,628
 
Replying to: View Post
bunda maya :

ngolesinnya waktu bunda masih bayi ya ? waduh nyari daun jarak di mana ya, hihi....

ana zone :
toh itu tanda lahir bun, warna kulit berbeda dari kulit asli, ada yang berwarna merah, ungu, coklat, ada yang berbahaya ada juga yang tidak

Bidadari dunia :
mksi bgt artikelnya ya bun,,, sangat bermanfaat. saya juga pnh nyari2 artikel tentang toh, hbs anakku ada tohnya, hehe...
iya bund kata ibu saya gtu sih.. tiap hari bund..
dirumah say saja bund bnyak kok monggo tinggal ambil..
 
  #12  
Old
Thaniz...
 
Posts: 876
 
Emg bisa ilang yah bund?? Kk ku ada ditengkuk smpe skrg gk ilang..
 
  #13  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
 
lha bunda maya di mana tinggalnya...? pasti jauh dri tempatku, hehehe....

---------- Post added at 12:32 ---------- Previous post was at 12:29 ----------

bunda Thaniz1507 : kalo aku baca2, ada yang bisa hilang, ada yang ngga bisa bun, tergantung jenis tohnya. bunda tohnya warna apa bun,,? besar atau kecil ya..?
 
  #14  
Old
Lelvit...
 
Posts: 419
 
aku dulu waktu kecil punya toh dikedua pahaku... warnanya ungu kehitaman.. gede bangetz.... sampe dulu ga pede waktu pake celana renang... tapi sekarang sudah hilang. aku ga tau kapan tepatnya toh itu menghilang. Baru beberapa hari yang lalu, waktu aku memperhatikan pahaku, aku keinget kalo dulu punya toh yang mengerikan..
 
  #15  
Old
bundab...   TS 
 
Posts: 17
 
berarti tohnya sampe umur agak besar ya bun waktu itu ?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak? -- Diskusi Umum 9
bagaimana cara menghilangkan stress -- Diskusi Umum 4
Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Bosan Pd Pasangan? -- Ngobrol Apa Saja 9
bagaimana cara menghilangkan kista -- Diskusi Umum 0
bagaimana cara menghilangkan stretchmark? -- Diskusi Umum 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 14:18.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com