Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
queent...   TS 
 
Posts: 63
Default Bayi bingung puting..

Bun saya mau sedikit cerita sekaligus bertanya,kemarin kebetulan saya br mengunjungi sodara saya yg baru melahirkan,dr pagi setelah bayi dilahirkan smp dgn sore hari bayi aktifitasnya hanya tidur saja..pertanyaan saya :

1.Apakah kita harus membangunkan sibayi agar mau menyusu/IMD?
2.Bagaimana kalau bbrp hari setelah melahirkan si ibu ASInya blm keluar,apa yg harus dilakukan spy ASI ibu lancar??

Itu saja pertanyaannya bun..mohon pencerahannya ya bunda-bunda..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
enaz...
 
Posts: 187
 
Replying to: View Post
Bun saya mau sedikit cerita sekaligus bertanya,kemarin kebetulan saya br mengunjungi sodara saya yg baru melahirkan,dr pagi setelah bayi dilahirkan smp dgn sore hari bayi aktifitasnya hanya tidur saja..pertanyaan saya :

1.Apakah kita harus membangunkan sibayi agar mau menyusu/IMD?
2.Bagaimana kalau bbrp hari setelah melahirkan si ibu ASInya blm keluar,apa yg harus dilakukan spy ASI ibu lancar??

Itu saja pertanyaannya bun..mohon pencerahannya ya bunda-bunda..
Klo yg biasa aq search d'website sich bund...bayi itu hrs menyusui tiap 3 jam skli, wlwpun si dede lg bobo ttp hrs dibangunkan...spy si dede g kelaparan bund.

Apalagi IMD mengandung antibodi yg penting demi ketahanan tubuh bayi thdp infeksi.

Oh ya bund utk ASI yg tdk kluar...cb dech buah dada ibu dikompres dg air hangat atw minum jamu/obat pelancar ASI yg tersedia di puskesmas/dokter bund.
 
"...A Beautiful Moment In My Life..."
  #3  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
1. bunda IMD itu Inisiasi Menyusu Dini, yang dilakukan langsung setelah bayi dilahirkan. kalo bayi tidur terus tanpa nangis minta minum, jangan senang karena itu pertanda ada 'sesuatu' yang nggak beres karena dia terlalu malas. maka si ibu harus membangunkannya untuk minum. kalo masih berlanjut seperti itu segera di bawa ke DSA bund. bayiku tiap 2-3jam selalu bangun minta mimik.
2. yang penting jangan stress bund, karena pikiran bisa mempengaruhi keluarnya ASI. kalo pikiran rileks dan tenang maka ASI akan keluar dengan lancar. coba menenangkan pikiran lalu lakukan breastcare (pijat payudara) dan makan makanan yang bisa merangsang kelancaran ASI

oia bund, trus hubungan pertanyaan bunda ma judulnya yang bingung puting itu dimana ya???
 
Alhamdulillah
  #4  
Old
queent...   TS 
 
Posts: 63
 
Bunda Enaz : Iya bun nanti aku coba bilang kesodaraku utk rajin bangunkan sidedeknya biar mau nyusu..makasih yaa bun sarannya..
Bunda Puri : Oh iya bun smp kelupa malah pertanyaan itu,mksdku ketika dicoba utk IMD dan bayi melek sebentar,bayi kliatan bingung mencari puting ibunya pdhl mulut bayi sudah diarahkan keputing,itu gmn crnya spy bayi ga bingung puting ya bun??
 
  #5  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
itu namanya bukan bingung puting bund, kalo bayi baru lahir emang ada prosesnya mencari puting ibunya dan proses mengenali bau dan kehangatan tubuh ibunya. hal itu sangat wajar.
yang namanya bingung puting itu, kondisi dimana bayi secara bersamaan minum dari payudara ibu dan botol. karena ada perbedaan tekanan dan hasil waktu bayi menydot dari payudara dan dot, kebanyakan bayi nggak akan mau lagi menyusu ke ibunya dan memilih minum lewat dot.
 
Alhamdulillah
  #6  
Old
queent...   TS 
 
Posts: 63
 
Bunda Puri : Nahkan aku salah persepsi selama ini ttg bingung puting,,aku jadi tau deh sekarang..terima kasih bunda puri utk informasinya sangat bermanfaat sekali..
 
  #7  
Old
illa...
 
Location: Malang, Jatim
Posts: 701
 
aq jd bingung judul bund hehehe *becanda bunda queen
1. hrs dibangunkan bund, klo nggak wah asi yg sdh memenuhi PD akan meluber kluar & menimbulkan rasa sakit/bengkak klo g disegerakan diminumkan k baby, pdhl baby saat itu sdng lapar klo g dibangunkan jd sering kembung ntar krn telat diberi asi
2. 2-3 hr stlh lairan asi bakal keluar bund, cara tuk merangsang keluar dng makan bnyk sayuran hijau + hindari stress
 
  #8  
Old
Bunda ...
 
Posts: 197
 
hehe..aq juga awalnya mikir: bingung puting..jadi langsung inget tentang dot..!
bayi baru lahir emang udah 'kodratnya' banyak tidur, tapi karena sel darah merah bayi belum bisa bekerja dg baik, maka klo bayi kebanyakan tidur dan kurang minum, akan menjadi jaundice (kuning) --> bilirubin bayi jadi tinggi (bilirubin adalah senyawa warna kuning dlm sel darah merah). banyak minum akan menormalkan bilirubin.
bener kata bunda2 sebelumnya, bayi baru lahir harus minum max 4 jam sekali. gelitik2 aja telapak kakinya, ntar pasti bayi akan bangun. langsung deh jejelin mulutnya ma ASI..!
klo ASI kurang lancar, coba pijat payudara juga selain makan/minum yg mengandung pelancar ASI (bisa suplemen atau makanan), ini akan merangsang kelenjar ASI bekerja. pijat payudara jgn lupa pakai baby oil agar PD ga lecet. caranya:
  1. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Lakukan gerakan memutar kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan mulai dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu. Lakukan hal tersebut di seluruh permukaan atas payudara. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.
  2. Letakkan kedua telapak tangan di antara dua payudara. Urutlah dari tengah ke arah atas lalu menyusuri pinggir payudara ke arah bawah sehingga telapak tangan menyangga kedua payudara. Angkat payudara dan lepaskan keduanya perlahan. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali.
  3. Sangga payudara kiri dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan mengurut payudara kiri dengan sisi luar telapak tangan (arah sisi kelingking) dari pangkal payudara ke arah putting susu. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali, bergantian dengan yang kanan.
  4. Kompres kedua payudara dengan waslap yang dibasahi air hangat beberapa kali. Hal ini berguna untuk membersihkan sisa minyak dan melancarkan peredaran darah di daerah payudara.
selain pijat payudara, makan makanan atau suplemen pelancar ASI, juga harus cukup istirahat. kelelahan juga dapat menyebabkan ASI ga keluar.
 
BORN AS A WOMAN, REBORN AS A MOTHER
  #9  
Old
roseme...
 
Posts: 22
 
Para bunda ada yang tau cara mencuatkan puting susu ?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Puting gatal -- Diskusi Umum 20
( maaf ) puting susu g ada T_T -- Diskusi Umum 17
baju bayi|selimut bayi|tas bayi|perlengkapan bayi aneka harga -- Area Promosi 1
mengatasi puting lecet -- Diskusi Umum 25
nyeri daerah puting... -- Diskusi Umum 15


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com