Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Fenny ...   TS 
 
Posts: 49
Default Kelebihan asam folat

Ini bun, hasil browsing sy mengenai asam folat.. Mudah-mudahan berguna... Batas Toleransi Konsumsi (dosis) Asam Folat

Diketahui bahwa anjuran dari dokter dimana makan dengan pola makan yang sehat tentu ada. Bahkan anjuran mendapatkan asam folat juga diharuskan dari sumber makanan alami seperti sayuran hijau, daging hati, bibit gandum, ragi, kacang kering, sereal, susu dan juga jus jeruk. Namun dokter juga biasanya memberikan resep untuk mengkonsumsi ekstra vitamin B9 dari suplemen. Ada batas toleransi yang harus dipahami dalam konsumsi vitamin B9 ini. Balita tidak boleh melebihi dari konsumsi 300 mcg setiap harinya terhadap asam folat. Batas toleransi bagi anak-anak usia 4-8 tahun konsumsi 400 mcg vitamin B9 setiap harinya, lalu batas toleransi anak 9-13 tahun 600 mcg setiap harinya, batas toleransi remaja 800 mcg setiap harinya terakhir orang dewasa 1000 mcg. Karena jika lebih dari itu dapat menyebabkan overdosis.

Interaksi Dengan Vitamin B12

Dosis berlebihan yang menimbulkan akibat negatif adalah saat asam folat berinteraksi dengan vitamin B12. Saat tubuh mengalami kelebihan vitamin B9, ternyata tubuh akan sulit memenuhi kebutuhan akan vitamin B12nya karena kelebihan vitamin B9 menghalanginya. Walaupun begitu kelebihan vitamin B9 dapat mencegah terjadinya anemia megaloblastik. Namun tetap saja defisiensi vitamin B12 tidak dapat teratasi. Sehingga perlu mengurangi penggunaan vitamin B9 dulu lalu memenuhi kembali kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh.

Gejala Kelebihan Vitamin B9 Asam Folat

Lalu bagaimana gejala kelebihan vitamin B9 ini? Pertama seperti gejala kejang, insomnia, dan ruam adalah gejala primer dari kelebihan asam folat. Untuk overdosis vitamin B9 pada sumber makanan alami tidaklah mungkin, namun bisa terjadi dengan penggunaan suplemen. Selain itu ada juga gejala sekunder. Dimana kelebihan vitamin B9 terkait erat dengan gejala defisiensi vitamin B12. Seperti saat mengkonsumsi sampai diatas 1000 mcg asam folat, maka tubuh akan mengalami kekurangan vitamin B12. Jika hal ini dibiarkan, menurut penelitian, sistem saraf tubuh bisa rusak karena tidak tercukupinya vitamin B12. Saraf yang rusak menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Sehingga cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan asam folat ini.

Dosis yang Dianjurkan

Lalu bagaimanakah dosis yang dianjurkan seharusnya? dosis yang dianjurkan atau RDA untuk masyarakat dan keluarga adalah sebagai berikut ini.

Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari
Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg setiap hari
Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg setiap hari
Remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg setiap hari
Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 600 mcg setiap hari
Ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari
Diperhatikan bahwa anjuran setiap hari itu mungkin tidak terpenuhi secara lengkap, namun setidaknya Anda bisa menghitung dan mengukur sendiri kebutuhan vitamin B9 Anda. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Mencegah Overdosis Asam Folat

Bagaimana cara tepat mencegah overdosis asam folat? Mudah saja. Anda cukup memvariasikan makanan Anda sehari-hari dengan konsumsi vitamin B9 dengan sumber alami. Kemudian dengan konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin b9, Anda akan mencukupi kebutuhan harian vitamin B9 Anda tanpa overdosis. Karena hal yang tidak mungkin Anda overdosis vitamin jika mengkonsumsi makanan alami. Cobalah mengkonsumsi jus jeruk, bayam, dan sereal dan beragam sumber makanan asam folat lainnya. Jika pun Anda mengambil suplemen, disarankan untuk mengambil suplemen multivitamin daripada hanya mengambil suplemen yang mengandung asam folat saja. Karena dalam suplemen multivitamin, tidak hanya satu dua jenis vitamin saja yang ada. Namun banyak dan dibuat secara sintetis untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Salah satu tips termudah juga untuk mengkonsumsi suplemen bervitamin yaitu, konsumsilah dalam interval tidak setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B9 itu 3 hari sekali atau 4 hari sekali. Karena dosis yang cukup besar, tubuh tentu tidak siap menerima semuanya. Belum lagi untuk beberapa vitamin adalah larut dalam air, sehingga dosis berlebihnya akan dikeluarkan melalui urin. Sedangkan yang tidak larut dalam air bisa disimpan dalam tubuh namun tidak juga berlebihan karena dapat mengakibatkan beban kerja organ dalam seperti hati dan ginjal menjadi berat.

Sehat itu penting, namun dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi. Obat kimia, suplemen sintesis memang jalan pintas dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjaga kesehatan Anda. Namun perlu diingat itu semua buatan manusia yang mana tetap memiliki efek samping jika digunakan berlebihan. Untuk itu konsultasikan ke dokter, dan cek selalu kandungan vitamin B12 Anda jika kekurangan, dan cek selalu kandungan vitamin B9 Anda jika berlebihan dalam tubuh dengan ke rumah sakit atau lab. kesehatan yang ada di kota Anda.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
[ask] bahaya kelebihan asam folat -- Diskusi Umum 0
kelebihan asam folat bagi promil -- Diskusi Umum 8
Adakah efek kelebihan asam folat? -- Diskusi Umum 7
Minum ANELAT dan susu untuk Bumil. Bakal kelebihan asam folat ga? -- Ngobrol Apa Saja 0
Dampak kelebihan asam folat -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:11.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com