Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
dewi r...   TS 
 
Posts: 101
Default PCOS itu apa yaa bunda??? apa aku PCOS???

Dear bunda-bunda yg baik hati
Aku dah nikah 2thn lbh..udah periksa kedktr kata dokter sel telur aku kecil2 tp byk..dihari ke 11haid ukuran sel telur aku cm 14ml yg paling besar.bulan dpnnya aku dikasi obat,setelah tes sel telur lg sel telur aku 18ml.kata dktr klo aku tdr mengkonsumsi obat,dia g yakin sel telurqu bs matang,apa aku PCOS? beratqu ideal.
Mohon bimbingannya penjelasannya yaa..apa pcos itu?apa penyebab pcos itu?dan bagaimana cara agar normal tanpa obat??
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
neymar...
 
Posts: 34
 
PCO (polycystic ovary) adalah suatu keadaan di mana satu indung telur mengandung 12 folikel atau lebih. Karena acap orang salah duga, DR. MED. Dr. Calvin Tjong, SpOG menegaskan bahwa yang ditemukan pada PCO bukanlah sebuah kista, melainkan folikel-folikel kecil yang berukuran 5-7 mm. Kista adalah definisi yang dipakai bila pada indung telur ditemukan ruang yang berisi cairan atau benda padat dan dilapisi oleh selaput. (Memahami PCOS | MeetDoctor), semoga membantu ya bun.........

Pada satu indung telur terdapat jutaan folikel yang notabenenya adalah bakal sel telur. Setiap bulan setelah menstruasi, beberapa folikel akan membesar dan biasanya hanya satu folikel yang akan menjadi matang. Folikel yang matang mempunyai ukuran 18-25 mm.
Folikel yang matang ini akan pecah dan menghasilkan sel telur dalam proses yang dinamakan ovulasi. Pada PCO, beberapa folikel berkembang, tetapi pembesaran ini terhenti pada ukuran 5-7 mm. Folikel-folikel yang tak kunjung matang akan terus menerus menghasilkan hormon estrogen yang mana bertanggung jawab mempengaruhi pertumbuhan selaput lendir pada rongga rahim.
Esterogen yang terus-menerus diproduksi, lambat laun membuat selaput lendir rongga rahim menjadi sangat tebal. Ketika sirkulasi darah dari dinding rahim tak lagi terfasilitasi, terjadilah bleeding berupa flek atau bahkan pendarahan yang sangat hebat. Amenorhea juga menjadi salah satu gejala yang kerap timbul sebab efek dari PCOS.
Tidak semua PCO yang termonitor dari USG berpotensi menyebabkan gangguan. Apabila temuan PCO turut disertai gangguan siklus menstruasi atau kelebihan hormon androgen (hormon laki-laki), barulah kondisi ini dikategorikan sebagai sindrom polikistik ovarium atau PCOS.
 
  #3  
Old
dewi r...   TS 
 
Posts: 101
 
Thx bunda neymar atas penjelasanna
 
  #4  
Old
Dicha ...
 
Posts: 31
 
Maaf bunda dewi saya mau tanya, bunda tau sel telur kecil setelah USG trans v ya ?
haid saya jg gak teratur bunda, jadi kemungkinan sel telur saya jg kecil.
semalem saya ke dokter buat konsultasi n promil, jd bulan depan klo masih haid, haid ke 2 suruh dteng ke dokter lg, mngkn mau diteraturin dulu haid saya, soalnya kata dokter peluang kita hamil itu kalau sel telur kita baik dan itu ditandai dari haid yg teratur...(tapi banyak juga bunda2 dsni yg haidnya gak teratur tp bisa hamil, semua memang sudah diatur oleh Allah bunda)..
tetep sabar dan berusaha ya bunda, semoga kita segera diberikan kehamilan oleh Allah.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pcos -- Diskusi Umum 19
Pcos -- Diskusi Umum 1
Bunda yg PCOS, sel telur ukuran berpa dikatakan sembuh dan bs di buahi? -- Diskusi Umum 30
Pcos oh pcos -- Ngobrol Apa Saja 7
u/ bunda dg diagnosa pcos jgn khawatir, alhamdulillah saya bs hamil alami -- Ngobrol Apa Saja 22


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:25.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com