Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
leeza...   TS 
 
Posts: 77
Lightbulb apa itu PCOS? kenali dan cara mengobatinya

Penyebab Sulit Hamil Karena PCOS

yang menentukan kita bs punya anak atau tidak hanyalah ALLAH SWT


Sindroma Ovarium Polikistik ( Polycystic Ovarian Syndrome / PCOS ) atau juga dikenal sebagai Sindroma Stein - Leventhal merupakan salah satu gangguan hormonal yang paling sering pada wanita ( 5% - 10% dari wanita usia reproduksi yang berumur 12 - 45 tahun dan diduga menjadi salah satu penyebab utama infertilitas wanita. PCOS diartikan sebagai kumpulan gejala akibat peningkatan hormon kelaki – lakian / androgen ( hiperandrogenisme ) dan adanya gangguan ovulasi tanpa disertai adanya kelainan pada anak ginjal ( hiperplasia adrenal congenital ), peningkatan hormon prolaktin / produksi susu ( hiperprolaktinemia ) atau adanya tumor / neoplasma yang memproduksi hormon androgen.

Memang istilah polikistik yang berarti adanya “ banyak kista ” sering kali disalahartikan. Banyak penderita mengira bahwa adanya “ kista ” berarti memerlukan pembedahan dan bahkan meningkatkan ketakutan dan kekhawatiran tentang kemungkinan kanker atau penyakit ginekologi lainnya. Padahal istilah yang tepat adalah banyaknya folikel telur ( ukuran 4- 8mm ) yang tidak berkembang yang tampak pada indung telur sebagai “ kista kecil-kecil ”. Bukan kista yang berukuran besar yang menunjukkan adanya tumor indung telur.

Gejala Dan Diagnosis

Gejala yang timbul dapat bervariasi dari tanpa gejala sama sekali sampai gejala seperti infertilitas, anovulasi kronik yang ditandai dengan amenorea, oligomenorea, gangguan haid atau perdarahan uterus disfungsional, jerawat, hirsutisme / maskulinisasi, obesitas. Gejala dan keparahan sindrom sangat bervariasi di antara wanita.

Menurut Kriteria Rotterdam ( 2003 ) diagnosis PCOS ditegakkan apabila memenuhi 2 dari 3 gejala :

· Adanya gangguan haid akibat sedikit hingga tidak adanya ovulasi.
· Adanya tanda secara klinis atau biokimia hiperandogen.
· Gambaran ovarium polikistik dari pemeriksaan USG.


Penyebab PCOS tidak diketahui secara pasti, namun diduga adanya resistansi insulin, diabetes, dan obesitas semuanya sangat berkorelasi dengan kelainan ini.

Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas punya peluang sebanyak 50% - 60% mengalami PCOS, terkait bahwa pada wanita obesitas punya kemungkinan ( karena mengalami resistensi insulin ) sehingga menyebabkan kadar insulin dalam darah meningkat. Kadar insulin yang tinggi akhirnya merangsang laju androgen yang berlebihan sehingga menyebabkan maskulinisasi seperti tumbuhnya rambut dikumis, dagu, kaki, tangan yang berlebihan dan menyerupai pola pertumbuhan rambut laki-laki.


Sindrom Ovarium Polikistik Dan Infertilitas

Ketidaksuburan / infertilitas adalah gejala yang sering dialami wanita yang didiagnosis memiliki Sindrom Ovarium Polikistik. Pada penelitian didapatkan tujuh dari sepuluh wanita yang mengalami infertilitas karena gangguan ovulasi yang juga mengalami gangguan haid ( 2 - 3 bulan sekali ) ternyata mengidap Sindrom Ovarium Polikistik. Penderita mengalami gangguan keseimbangan hormon berupa peningkatan hormon Luteinizing Hormon ( LH ) yang menetap sehingga terjadi gangguan ovulasi. Kadar LH yang meningkat menyebabkan sel teka yang aktif menghasilkan androgen dalam bentuk androstenedion dan testosteron. Keadaan hiperandrogenik ini menyebabkan lingkungan internal folikel bersifat dominan androgen sehingga tidak dapat berkembang dan akhirnya mati.

Ketidakseimbangan hormon ini jugalah yang mengakibatkan mudahnya penderita Sindrom Ovarium Polikistik yang berhasil hamil mengalami keguguran dan tidak jarang keguguran ini terjadi berulang.

Pengobatan

Adanya PCOS tidak berarti tidak akan hamil. Tapi mungkin berarti bahwa Anda akan memerlukan bantuan untuk membuat Anda berovulasi dengan normal. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

  • Menurunkan resistensi insulin.
Hal ini dapat diperoleh dengan mengendalikan / menurunkan berat badan. Diet rendah karbohidrat, berolah raga secara teratur. Selain itu dapat juga dilakukan dengan pengobatan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dengan metformin dan thiazolidinedione ( glitazones ). Konsumsi metformin secara rutin akan menormalkan fungsi ovarium. Menstruasi akan normal dengan sendirinya dalam 1 - 2 bulan terapi.


  • Menurunkan hormon androgen dan mengatur menstruasi.
Hormon androgen yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumi obat yang mengandung cyproteron asetat ( ada pada pil KB tertentu ). Pil KB juga dapat membantu menormalkan komposisi hormonal yang abnormal pada PCO. Setelah beberapa bulan pengobatan selanjutnya adalah dilakukan induksi ovulasi untuk merangsang pertumbuhan sel telur.


Sindrom Ovarium Polikistik Dan Kesehatan Jangka Panjang

Ada beberapa masalah kesehatan jangka panjang terkait dengan PCOS. Wanita dengan PCOS punya kemungkinan lebih besar mengalami diabetes mellitus dikemudian hari. Mereka juga memiliki peningkatan risiko hipertensi dan penyakit jantung. Wanita dengan PCOS juga memiliki peningkatan risiko kanker rahim.


ini ada jg link ttg pcos (1. tanya jawab dokter) Welcome to Khaled's Site: Pertanyaan Tentang PCO/PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)
2. detikHealth : PCO Bikin Perempuan Sulit Punya Anak

insyaALLAH kita semua disini sehat2 ya bunda.. anak2 + keluarga jg sehat smua

 
Thread lain yang berhubungan:
ALLAH SEBAIK-BAIK PENOLONG DAN SEBAIK-BAIK PELINDUNG
  #2  
Old
facyas...
 
Posts: 51
 
emang rempong banget nih penyakit,susah banget sembuhnya
 
  #3  
Old
liamel...
 
Location: Tangerang / Jakarta Barat
Posts: 43
 


Well, jangan nyerah dulu bunda2 dan teman2 yang lain, masih bisa diobati.. ada kok teman2 yang menderita PCOS dengan usahanya, kegigihannya, keyakinannya untuk sembuh dan ini yang mau dishare dengan menggunakan herbal2 seperti banyak terdapat herbal di negara kita tercinta dengan resep nenek moyang kita secara tradisional juga yang tentunya dikemas secara modern (yang penting terjamin keherbalannya 100% alamiah no kimia), simply cuma butuh kerutinan dan commitment dengan tips2 herbal yang diberikan untuk dapat mengatasi hal PCOS yang menghambat kehamilan kita (wanita)

Bocoran ya herbal utamanya Maca united dari Health Wealth International (tanaman maca ini adalah the best nature hormone balancer herbs) untuk menjaga kadar gula dalam darah ada tambahan herbal lainya yang aman dikonsumsi life time, FOCUS IN THE HEALTH OF OUR BODY EXACTLY, gak peduli bagaimana cara pemasarannya tp intinya untuk kesehatan kita that's enough, pilihlah product yang butuh kita ketauhi detail dan cara kerja nya sehingga tidak efek ke organ tubuh lainnya

Terlepas dari lain-lainnya, This is just for share of health, karna saya tau jelas begitu mahalnya harga kesehatan dan belum tentu harga mahal dapat memberikan kesehatan yang luar biasa tanpa kita duga (n__n)

For order and sharing or consult,
call me Pin: 2A767711, WA 0812 9666 3318, CU there
God Bless Us
 
  #4  
Old
merrya...
 
Posts: 2
 
Bunda kemungkinan aku juga pcos ni udh nikah 4tahun belum hamil2.tahun kemarin perikssa kedokter kata dokter sel telurnya kecil2 gak bs besar sekarang saya lagu konsumsi obat metformin dan rabu kemarin terakhir diperiksa sel telur berukuran 15mm kira2 bisa gak ya buat dibuahi..sedih gak hamil2
 
  #5  
Old
Ananda...
 
Posts: 2
 
Sore bun, aku newcomers nih.. dari masih gadis usia kira2 menginjak 19th sudah sering telat haid. Sekarang usia aku 24th. 3 tahun terakhir haid malah jadi makin jarang yaitu setahun sekali dan periodenya hanya 1-2 hari. Menikah baru sebulan kemarin. Aku belum periksa kedokter bun, kata suami jangan dulu disuruh pake herbal. pasti bunda yang belum hamilpun pernah berkecil hati saat mengalami ini, efek sampingnya apa ya bun kalau pake obat dokter..??

Terima kasih.
 
  #6  
Old
Mariar...
 
Posts: 7
 
el telurku juga kecil2 dan sulit matang .. tapi dokter tidak pernah bilang aku PCOS . apa sebenarnya aku pcos ya bund? bingung menginjak 2 thn pernikahan belum dikaruniai buah hati .. huhuu
 
  #7  
Old
dWIRah...
 
Posts: 1
 
Salam kenal bunda...ak 23th...ak dpt mens pertama kali waktu sd kls 6. Sampai kls 2 smp haid lancar, tp setelah itu jadi kacau siklus haidku. Bahkan pernah 8bln tdk mens. Trus periksa k dokter kandungan katanya cuma hormon, tdk usah takut,rahimnya bersih kok. Begitu seterusnya ganti2 dokter semuanya bilang seperti itu sampai ak menikah umur 19th. Baru setelah ke dokter untuk kesekian kalinya, ad dokter baru di klinik dkt rumah dan ketika pertama kali diperiksa dia langsung memvonisku pcos. Rasanya seperti terkena petir di siang bolong. Aku sedih sekali. Inilah yang membuatku sulit hamil. Tp kata dokter ad pasiennya yg jg pcos dan skrg lg hamil. Itu membuatku sedikit terhibur. Ak lgsg dikasih prothyra metformin ovacare...plus nurunin bb...lalu kontrol lg dksih profertil. setelah haid slsai di.usg transvagina,dsitu kliatan jelas pcos.nya dan sel telurku berukuran 17mm. Sekarang lg minum metformin dan formuno. Semoga promil kali ini jadi jawaban doa2ku slma ini...aamiin...mohon doanya ya bunda.
 
  #8  
Old
GIRL20...
 
Posts: 50
 
@ Ananda Nda : kita mengalami hal yg sama, siklus haid saya jg begitu dan divonis dokter PCO. Sudah menikah hampir 6 tahun belum dikaruniai keturunan. yang sabar aja terus berusaha dan berdoa. 2 hari lalu sy disuruh cek HSG, puji tuhan hasilnya kedua tuba patent (saluran lancar tdk tersumbat).
 
  #9  
Old
tiasti...
 
Posts: 28
 
ikut sharing bunda2 cantik..
aku kemarin juga divonis pcos sama dokter, jadi ceritanya aku nikah 10 oktober 2013 dan nggak ada rencana nunda2 buat dapet momongan, sama suami juga jauh-jauhan karena kerjaan jadi ketemu cuma bisa sebulan sekali itupun nggak lama hikss..
jadi pas 3 bulan nikah aku periksa ke dokter sekalian untuk program hamil, malah diketawain ama dokternya karena nikahnya juga baru tapi udah mau program.
dan setelah diperiksa alhamdulillah rahimku normal tapi ternyata muncullah si pcos ini.
ternyata gejalanya udah keliatan dari sebelum nikah, haidku kadang nggak teratur tapi karena mikirnya biasa aja jadi nggak tau kalau itu gejala pco.
jadi ama dokternya dikasih obat terapi hormon yang harus diminum 1 bulan full dan juga profertil untuk merangsang pertumbuhan sel telur.
beberapa bulan ikut program alhamdulillah sel telurku udah normal ukurannya malah kata dokter kalo yang kali ini berhasil bisa jadi anak kembar, hehe. tapi ternyata masih belum rejeki juga. bulan selanjutnya dokter suruh aku untuk HSG buat ngeliat apakah saluran telurku tersumbat atau nggak, dan alhamdulillah hasilnya juga normal.
dan setelah program berbulan2 itu alhamdulillah sekarang udah hamil dan udah mau 5 bulan.
jadi buat bunda2 yang waktu diperiksa ada pcos jangan kuatir, ternyata bisa disembuhin kok, selain pake obat juga jaga pola makan, soalnya untuk obat yang dikasih full 1 bulan itu kadang nggak kuminum soalnya takut juga kalo kebanyakan konsumsi zat kimia gitu. selain itu juga aku coba minum madu yang ada ekstrak sari kurmanya.

pokoknya nggak berhenti usaha dan doa bun.
maaf ya bunda2 jadi kepanjangan, atau mungkin kurang membantu
 
  #10  
Old
Ucta...
 
Posts: 77
 
Hai bunda
Info yg sangat bermanfaat.
Tp jd kepikiran sama wanita yg pcos dan kesehatan jangka panjang,ternyata bs ksena bbrp penyakit.
Sy jg terkena pcos skrg udh 2 bln konsumsi metformin sama profertil saat datang mens.
Pdhl sebelumnya mens sy lancar dg siklus 28-30 hari,trs berat badan ku juga cenderung tidak gemuk dengan tinggi 160 BB 50kg. Ternyata bs terkena PCOS jg
Bunda bunda yg didiagnosa PCOS semua tetap semangant ya..
Semoga kita semua segera diberi kehamilan yg sdh kita nantikan. Amin
 
  #11  
Old
GIRL20...
 
Posts: 50
 
Bun Tiasi selamat ya uda hamil, di jaga bener2 ya bun.. utk smua yg PCO iya harus semangat terus ya..
oh ya mau cerita sdkt nih bun, pagi ini jadwal saya ambil darah utk cek Glukosa puasa, LH,FSH,Prolactin,Estradiol,AMH. itu smua cek hormonal, hasilnya 5 hari baru ketauan.
 
  #12  
Old
oktiar...
 
Posts: 42
 
mat malam bunda semua salam kenal ya,aku mau nanya nih bun haid aku lancar dihari pertama dan kedua darah haid ku banyak bun,terus dihari ketiga berhenti eh dihari ke empat keluar lagi apa itu gejala pcos ya bun,kalau mau beli metformin sama profertil dimana ya bun aku dh pengen bangat punya debay dh mau jalan 5 th aku belum dapet tiket h jga
 
  #13  
Old
GIRL20...
 
Posts: 50
 
salam kenal jg bunda oktiara. gejala pcos itu : haid tdk teratur bun,kadang bisa bbrp bln baru haid bahkan bs sampe 6bln atau lbh.. Beli nya di apotik bun tp sebaiknya konsultasi dl bun nanti dibukain resep krn kayanya tanpa resep susah belinya bun.. sabar aja bun,sy jg uda jalan 6 th,dibw santai aja trs berusaha dan berdoa..
 
  #14  
Old
tiasti...
 
Posts: 28
 
@Bunda girl2013 & bunda oktiara : iya mksh y bun, berkat usha n doa juga. Bunda kg semangat yah,bunda udh coba pake yg alami blm bun, kbtlan aku kmrn jg pake madu+sari kurma yg buat pasangan, dan dr testinya bnyk yg berhasil, itupun yg lama nunggu alhmdlh brhasil.
Terus metformim sm profertil aku kmrn biasanya diresepin dlu sama dokter, soalnya kyk profertil mnumnya jg gk boleh smbarangan dan ad jangka waktunya bun, jd mending dikonsultasikan dn sesuai resep dokter.
 
  #15  
Old
GIRL20...
 
Posts: 50
 
sy tetap semangat kok bunda tiasti. ada kok minum madu kesuburan jg dan bekatul. smoga bs cepet nyusul bunda tiasti ya..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pcos -- Diskusi Umum 19
Share Info : Kenali Penyebab Janin Tidak Berkembang -- Diskusi Umum 36
"kenali masalah makan pada anak" -- Ngobrol Apa Saja 1
Kenali 7 Tanda Bahaya Kehamilan -- Diskusi Umum 4
apa itu PCOS ? -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com