Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
Replying to: View Post
ooohhh...ini toh markas penyuluhan nya mami holden...
loh kok bunda nana nyampe duluan
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #17  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Bunda Nana dan Bunda Donita...silahkan di nikmati jamuannya... saya tak jalan" dulu...

---------- Post added 25 August 2013 at 10:49 ---------- Previous post was 24 August 2013 at 22:23 ----------

Imunologi Implantasi Disfungsi (IID): Sebuah Penyebab umum diulang, "Unexplained" Kegagalan IVF
Dr Geoffrey Sher Rekomendasi


Biaya keuangan dan emosional yang terkait dengan infertilitas dijelaskan atau kegagalan IVF berulang dapat menghancurkan. Jadi, untuk menasihati pasangan yang telah gagal satu atau lebih usaha bahwa semua itu akan mengambil sampai akhirnya berhasil akan terus mencoba lagi dan lagi, adalah baik terlalu sederhana dan jujur.

Sekitar tujuh sampai delapan hari setelah pembuahan, sistem akar embrio mulai berkomunikasi dengan sel-sel kekebalan (limfosit) pada lapisan rahim (endometrium) melalui pertukaran faktor pertumbuhan yang dikenal sebagai sitokin. Hal ini pada integritas proses ini komunikatif (dikenal sebagai "jaringan sitokin") yang diatur intrusi sistem akar embrio (yang akhirnya akan berkembang menjadi plasenta) didasarkan.

Dengan demikian interaksi imunologi disfungsional antara konsepsi mengembangkan dan ibu dapat menyebabkan semua jenis masalah reproduksi mulai dari implantasi gagal (menyajikan sebagai "dijelaskan" infertilitas atau berulang kegagalan IVF) dan keguguran, retardasi pertumbuhan intrauterin, lahir mati, kematian janin, dan mengurangi neurologis pasca-kelahiran dan perkembangan fisik.

Ini mengikuti bahwa implantasi yang tepat tidak hanya prasyarat untuk kelangsungan hidup embrio, juga merupakan faktor utama dalam menentukan pertumbuhan intrauterin dan perkembangan bayi dan mungkin yang paling penting pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hidup sangat setelah lahir.

Pada dasarnya ada dua kategori imunologi Implantasi Disfungsi (ID):

ID autoimun:
Ini adalah jauh varietas yang paling umum. Hal ini diyakini terlibat dalam> 90% kasus disfungsi kekebalan implantasi dan terjadi ketika reaksi kekebalan yang dihasilkan oleh individu, untuk / nya komponen seluler tubuhnya sendiri. Antibodi yang paling umum yang terbentuk dalam situasi tersebut adalah:

a) antibodi Anti-fosfolipid (APA)
b) antibodi anti-tiroid (ATA)
c) antibodi Antiovarian.

Tapi, itu hanya ketika sel-sel kekebalan khusus dalam lapisan rahim dikenal sebagai Natural Killer (NK) Sel, menjadi aktif (NKA) dan mulai melepaskan "racun" yang menyerang sistem akar embrio, potensi implantasi adalah membahayakan. Diagnosis aktivasi sel NK seperti (Nka) memerlukan darah yang sangat khusus dan / atau tes endometrium yang hanya dapat dilakukan di beberapa laboratorium imunologi reproduksi di Amerika Serikat.

Karena ID autoimun sering ditularkan secara genetik, tidak mengherankan bahwa lebih mungkin ada pada wanita yang memiliki keluarga (atau pribadi) riwayat penyakit autoimun primer seperti Lupus Erythematosus (LE), Scleroderma, hipotiroidisme klinis atau subklinis, Rheumatoid Arthritis dll reaksioner (sekunder) autoimunitas dapat terjadi dalam hubungannya dengan kondisi medis yang terkait dengan kerusakan jaringan luas. Salah satu kondisi ginekologi seperti endometriosis.

ID autoimun biasanya mematikan ke embrio menanamkan. Hal ini karena menghancurkan sistem akar embrio dari get-pergi. Oleh karena itu, yang paling sering muncul sebagai "dijelaskan infertilitas" atau "dijelaskan (sering diulang) IVF kegagalan" daripada sebagai keguguran. ID autoimun mudah setuju untuk pembalikan melalui tepat waktu, diberikan dengan tepat, imunoterapi selektif (lihat di bawah).

ID aloimun:
Ini relatif jarang, akuntansi kurang dari 10% kasus ID. ID aloimun dikaitkan dengan reaksi terhadap komponen sel (misalnya antigen sperma) yang berasal dari anggota lain dari spesies yang sama (misalnya, sperma). Oleh karena itu, kontribusi sperma embrio (yaitu antigen paternal) yang membuat embrio allograft. Hal ini sangat luar biasa karena itu, bahwa embrio yang dalam sebagian besar kasus adalah immunogically "berbeda" untuk ibu, tumbuh subur di rahimnya. Pengaturan ini paradoks terjadi melalui adaptasi evolusi megah yang memungkinkan ini terjadi. Sel kekebalan rahim (sel NK dan terutama T-sel) memainkan roll penting dalam akomodasi ini. Mereka melakukannya melalui siaran seimbang faktor pertumbuhan (sitokin).

Jadi itu adalah bahwa dalam waktu kurang dari 10% kasus IVF yang berkaitan dengan ID embrio (melalui kontribusi yang dibuat oleh sperma) berbagi terlalu banyak karakteristik genetik serupa dengan host (ibu). Ketika ini terjadi, eksposur berulang embrio tersebut akan dari waktu ke waktu membangkitkan ketidakseimbangan dalam sitokin dilepaskan oleh sel-sel kekebalan rahim. Hal ini ditandai dengan aktivasi sel NK rahim (Nka). Dalam kasus seperti "sistem akar" embrio "dapat dikompromikan dan embrio dapat segera dimusnahkan tetapi paling sering malah akan" lemas "bersama hanya untuk keguguran ketika pasokan nutrisi dan oksigen melampaui oleh permintaan.

Jadi ID aloimun biasanya tidak merusak embrio segera. Sebaliknya, setelah erosi berkelanjutan dari cadangannya, konseptus akan keguguran.

Kami mendiagnosa ID aloimun dengan menguji pasangan pria dan wanita untuk berbagi penanda genetik yang dikenal sebagai sebagai DQA dan HLA. Gelar yang cukup cocok peroleh diagnosis. Kami juga menguji penerima embrio untuk Nka dalam upaya untuk mengukur tingkat keparahan relatif dari masalah. Hal ini karena sekali sel NK dalam lapisan rahim diaktifkan dan keseimbangan sitokin terganggu, situasi yang serius dan akan tetap demikian (atau memburuk) kecuali sel NKA secara medis dinonaktifkan (down-regulated) setidaknya 1 minggu di muka embrio (s) mencapai rahim.

Biasanya diperlukan waktu eksposur ulang sel NK rahim untuk embrio pencocokan aloimun sel-sel ini menjadi aktif (NKA). Sampai ini terjadi kehamilan dapat dibangun dan bahkan melanjutkan ke meskipun lahir normal ID. Selanjutnya dari waktu ke waktu, dengan eksposur ulang pencocokan embrio ke rahim ibu, sel NK akan menjadi aktif dan pasangan akan menemukan diri mereka keguguran. Akhirnya NKA akan menjadi permanen didirikan dan pasangan akan gagal untuk hamil. Dengan demikian tidak biasa untuk menemukan pasangan seperti pergi dari memiliki bayi bersama-sama melalui tahap keguguran berulang ke salah satu infertilitas sekunder.

Sayangnya, imunoterapi untuk ID aloimun tidak mungkin untuk berhasil seperti dengan pengobatan ID autoimun. Imunoterapi Selektif tidak hanya selalu kuratif dalam kasus mantan. Sementara imunoterapi selektif secara signifikan meningkatkan peluang keberhasilan, dalam kasus ID aloimun, tidak dapat menjamin hasil yang sukses.

Heparin dan Aspirin Terapi
Ada bukti kuat bahwa pemerintahan subkutan heparin rutin dua kali heparin molekul harian atau rendah (Clexane, Lovenox) sekali sehari, (dimulai dengan timbulnya stimulasi ovarium) secara signifikan meningkatkan tingkat kelahiran IVF pada wanita yang dites positif Apas.

Aspirin di sisi lain, memiliki sedikit jika nilai apapun dan menurut pendapat saya. Alasan untuk ini adalah karena meningkatkan potensi berdarah. Efek ini bisa bertahan hingga seminggu dan bisa menambah risiko pendarahan dengan prosedur pengambilan telur dan mengakibatkan perdarahan intrauterin pada saat transfer embrio, berpotensi membahayakan keberhasilan IVF.

IVIG dan Intralipid Terapi
Tujuan utama dari imunoterapi selektif untuk ID imunologi adalah untuk down-mengatur (mengurangi toksisitas) dari Nka. Di masa lalu, satu-satunya cara yang efektif dan diijinkan untuk mencapai di AS melalui infus intravena produk darah yang dikenal sebagai imunoglobulin-G (IVIG). Namun, pemberian produk darah yang meningkat keprihatinan dimengerti tentang penularan infeksi virus seperti HIV dan hepatitis.

Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, bersaing klinik IVF memanfaatkan semua pers buruk ini dengan menaikkan bendera merah dan kadang-kadang pergi sejauh untuk mengingatkan pasangan infertil melawan mencari layanan IVF dari mereka yang berani untuk menawarkan akses ke IVIG. Ini menciptakan "mentalitas kawanan" yang sangat dirugikan praktik kita yang direkomendasikan terapi IVIG selektif.

Meskipun demikian, kami tidak bersedia untuk dibujuk oleh prasangka atau dengki dari melakukan apa yang kita tahu adalah hal yang benar dan hadiah untuk mengambil sikap ini yang datang dalam bentuk ribuan bayi (yang kalau tidak akan pernah lahir) sekarang mencerahkan kehidupan setara jumlah pasangan yang dinyatakan akan tetap punya anak.

Pada tahun 2006, laporan mulai muncul ke permukaan mengenai produk yang disebut Intralipid (IL), produk sintetis yang, setelah menjadi intravena sebelum transfer embrio, akan menimbulkan efek regulasi serupa di Nka sebagai IVIG telah dicapai. Pada tahun 2007 kami mulai pemberian IL untuk pasien dengan NKA. Pada awalnya pengobatan ini terbatas pada mereka yang membutuhkan IVIG tetapi untuk alasan yang beragam menolak pengobatan. Kemudian kami memperluas sidang untuk pasien IVF lain dengan NKA. Todate kami telah merawat lebih dari 200 wanita dengan IL dengan hasil yang mengesankan (segera diterbitkan). Terhadap latar belakang ini, SIRM dokter telah semua tapi ditinggalkan IVIG, mengganti dengan IL.

Dibandingkan dengan IVIG yang biaya sekitar $ 4000 - $ 5000 per infus dan dapat membangkitkan efek samping yang tidak menyenangkan dan berpotensi berbahaya, IL, bila digunakan sebagaimana direkomendasikan oleh SIRM, hampir tanpa risiko dan / atau efek dan biaya kurang dari $ 400 per infus samping (yaitu 1 / 10 dari biaya IVIG).

Terapi kortikosteroid (prednison, Prednisilone dan Deksametason)
Terapi steroid yang menjadi andalan dalam program IVF kebanyakan. Beberapa program meresepkan harian metil prednisilone lisan sementara yang lain meresepkan prednison atau deksametason, dimulai dengan inisiasi stimulasi ovarium dengan gonadotropin, dan berlanjut sampai setelah USG diagnosis kehamilan.

Benih apapun, jika ingin berkembang dan berkembang menjadi tanaman yang sehat, mensyaratkan bahwa ditempatkan di tanah yang subur. Begitu juga tidak kehamilan yang sukses mengharuskan bibit yang optimal (embrio) / tanah (endometrium) hubungan dibentuk.

Pada sekitar 70% kasus, kegagalan reproduksi adalah karena embrio miskin "kompetensi" masalah, sementara pada 30% kasus, endometrium non-reseptif adalah alasan untuk kegagalan. Ini mengikuti bahwa dengan IVF, berfokus sepenuhnya pada embrio (biji) kualitas tidak akan mengurangi risiko kegagalan pada pasien dengan penerimaan endometrium (tanah) masalah.

Evaluasi untuk disfungsi kekebalan serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi implantasi harus menjadi bagian dari evaluasi pasien mempersiapkan diri untuk menjalani IVF, dan terutama jadi pada wanita dengan keguguran berulang (RPL), wanita dengan riwayat pribadi atau keluarga autoimun kondisi, dan wanita dengan "dijelaskan" infertilitas atau kegagalan IVF (s).
 
  #18  
Old
ryane...
 
Location: Bandung
Posts: 361
 
Replying to: View Post
Bunda Linda...Sama"....
Mak Septi...iya...aku hanya mau berbagi aja...
biar yang promil atau yang mempunyai kista tetap semangat...


---------- Post added 23 August 2013 at 09:51 ---------- Previous post was 22 August 2013 at 13:04 ----------

(NaturalNews) PCOS singkatan sindrom ovarium polikistik, cukup seteguk yang menyiratkan sesuatu yang jarang terjadi. Tapi itu adalah umum di kalangan wanita. Kata polikistik mengacu pada beberapa kista kecil di sekitar tepi dari ovarium.

Situasi ini menyebabkan masalah hormon seks yang jika tidak terdeteksi dan diobati dengan baik dapat berkembang menjadi komplikasi yang menyebabkan resistensi insulin, diabetes, penyakit jantung, dan kemungkinan kanker. Banyak kali PCOS membuat wanita usia subur subur dan / atau menciptakan obesitas bisa dijelaskan.

Kista dapat dideteksi dengan USG. Tetapi wanita mungkin mengalami PCOS bahkan tanpa terdeteksi kista pada indung telur mereka. Bahkan tanpa konfirmasi USG, dua dari gejala berikut mungkin cukup untuk diagnosis PCOS.


Gejala PCOS
Gejala yang paling umum adalah siklus haid yang tidak normal. Biasanya PCOS berkembang selama tahun-tahun reproduksi wanita. Tapi itu tidak biasa bagi PCOS tanda-tanda akan dimulai segera setelah periode dimulai, terutama dengan anak perempuan yang telah matang sangat awal.

Periode atau siklus haid dapat ditempatkan terpisah tidak teratur, atau mereka yang luar biasa panjang dan berat atau ringan, atau seseorang memiliki kurang dari delapan siklus menstruasi setiap tahun dan bahkan pergi bulan tanpa satu.

Tanda lainnya adalah kelebihan androgen atau hormon laki-laki. Hal ini mungkin tampak bermanifestasi sebagai rambut wajah, kebotakan pola pria, jerawat dewasa atau remaja jerawat berlebihan. Namun, etnis mempengaruhi tanda-tanda lahiriah juga.

Umumnya, perempuan Asia dan Eropa Utara mungkin tidak menunjukkan manifestasi yang terlihat dari androgen yang berlebihan. Jika kelainan menstruasi muncul tetapi tanda-tanda lahiriah androgen tidak terjadi, akan lebih bijaksana untuk memiliki analisis hormon serum dilakukan.

Peningkatan agresi verbal atau marah pada seorang wanita juga bisa menjadi tanda kelebihan hormon androgen. Jika salah satu dari tanda-tanda jelas, siklus haid terutama normal, maka USG ovarium scan harus dilakukan.

Ini mungkin mengkonfirmasi bahwa PCOS adalah masalah. Tetapi jika USG negatif, seseorang mungkin masih dapat didiagnosis dengan PCOS dalam terang dari dua gejala yang ada lainnya. PCO-seperti sindrom dapat menimpa precociously dikembangkan gadis-gadis muda. Bahkan wanita menopause dapat menderita PCOS

Diagnosis PCOS dapat menjelaskan kondisi yang ada seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), hipotiroidisme, tingkat progesteron rendah, dan peradangan.


Pengobatan PCOS
Obat utama menawarkan biasa kegilaan manajemen farmasi untuk PCOS dan sindrom PCO-seperti. Tapi ada banyak jalan alami mengelola dan bahkan membalikkan PCOS atau sindrom PCO-seperti.

Phytotherapeutic berarti nabati atau herbal. Yang terakhir dan paling komprehensif rekomendasi diikuti oleh sebuah studi mengkonfirmasikan kemanjurannya:

* Meningkatkan produksi progesteron dengan mendukung jaringan progesteron yang memproduksi dengan phytotherapeutic (tanaman / dasar herbal) solusi yang juga meningkatkan respon jaringan terhadap progesteron.

* Natural phytotherapeutics juga dapat menurunkan androgen dan efek mereka.

* Gunakan suplemen antioksidan kuat atau biji kakao mentah untuk melindungi terhadap stres oksidatif.

* Meningkatkan produksi insulin pankreas dan fungsi seluler respon insulin dengan solusi phytotherapeutic untuk mengurangi resistensi insulin.

* Meningkatkan fungsi tiroid dengan suplemen herbal dan / atau suplemen yodium berkualitas tinggi.

* Akhirnya, asupan omega-3 harus ditingkatkan secara substansial. Ada banyak sumber, nabati dan hewani berbasis.
Studi menegaskan omega-3 untuk PCOS
Sebuah April 2013 studi yang dilakukan di Turki, "Khasiat omega-3 dalam pengobatan sindrom ovarium polikistik," mengambil 45 teknis non-obesitas penderita PCOS dan telah mereka melengkapi omega-3 pada tingkat 1.500 mg setiap hari selama enam bulan. Ini hanya setengah dari apa yang banyak ahli gizi merekomendasikan.

Setelah itu masa percobaan, para wanita tersebut menunjukkan penurunan resistensi insulin dan kurang lemak tubuh. Yang paling penting, testosteron (androgen) menurun dan seks kadar globulin pengikat hormon meningkat secara signifikan setelah intervensi enam bulan.

Peningkatan asupan omega-3 tampaknya seperti pendekatan yang paling lurus ke depan komprehensif untuk mengelola PCOS.
bund, mau tanya msh bgung sm PCO...
klo qta mengidap PCO berrti qta punya kista ya
apa dia bisa berkembang jdi kista yg mbesar gt?
Apa wktu haid itu bisa luruh bund, jd g perlu minum obat? atau obat kista nya hrus diminum?
 
  #19  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Endometriosis

Endometriosis - Gejala
Beberapa wanita dengan endometriosis tidak memiliki gejala. Perempuan lain memiliki gejala yang berkisar dari ringan sampai parah. Gejala mungkin termasuk:

Nyeri, yang dapat berupa:
Nyeri panggul.
Kram menstruasi yang parah.
Rendah sakit punggung 1 atau 2 hari sebelum dimulainya periode menstruasi (atau sebelumnya).
Nyeri selama hubungan seksual.
Nyeri rektum.
Nyeri saat buang air besar.
Infertilitas mungkin satu-satunya tanda bahwa Anda memiliki endometriosis. Antara 20% dan 40% dari wanita yang tidak subur memiliki endometriosis.1
Perdarahan abnormal. Hal ini dapat mencakup:
Darah dalam urin atau tinja.
Beberapa perdarahan vagina sebelum dimulainya periode menstruasi.
Perdarahan vagina setelah berhubungan seks.
Gejala seringkali paling parah tepat sebelum dan selama periode menstruasi Anda. Mereka mendapatkan lebih baik sebagai periode Anda akan berakhir. Beberapa wanita, terutama remaja, memiliki rasa sakit sepanjang waktu.

. Apa endometriosis?
Endometriosis (mengatakan "en-doh-mee-pohon-OH-sus") adalah masalah banyak perempuan selama tahun-tahun mereka melahirkan anak. Ini berarti bahwa jenis jaringan yang melapisi rahim juga tumbuh di luar rahim. Ini tidak selalu menimbulkan gejala. Dan biasanya tidak berbahaya. Tapi itu bisa menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya.

Gumpalan jaringan yang tumbuh di luar rahim disebut implan. Mereka biasanya tumbuh di ovarium, tuba falopi, dinding luar rahim, usus, atau organ lain di dalam perut. Dalam kasus yang jarang mereka menyebar ke daerah-daerah di luar perut.

Bagaimana endometriosis menyebabkan masalah?
Rahim dilapisi dengan jenis jaringan yang disebut endometrium (mengatakan "en-doh-MEE-tree-um"). Setiap bulan, tubuh akan melepaskan hormon yang menyebabkan endometrium menebal dan bersiap-siap untuk telur. Jika Anda hamil, telur yang telah dibuahi menempel pada endometrium dan mulai tumbuh. Jika Anda tidak hamil, endometrium rusak, dan tubuh Anda gudang sebagai darah. Ini adalah periode menstruasi Anda.

Bila Anda memiliki endometriosis, implan jaringan di luar rahim Anda bertindak seperti jaringan lapisan rahim. Selama siklus menstruasi Anda, mereka mendapatkan lebih tebal, kemudian memecah dan berdarah. Tapi implan berada di luar rahim, sehingga darah tidak dapat mengalir keluar dari tubuh Anda. Implan bisa kesal dan menyakitkan. Kadang-kadang mereka membentuk jaringan parut atau kantung berisi cairan (kista). Jaringan parut dapat membuat sulit untuk hamil.

Apa yang menyebabkan endometriosis?
Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan jaringan endometrium tumbuh di luar rahim Anda. Tapi mereka tahu bahwa hormon estrogen pada wanita membuat masalah lebih buruk. Perempuan memiliki tingkat estrogen yang tinggi selama tahun-tahun mereka melahirkan anak. Hal ini selama tahun-tahun-biasanya dari remaja mereka ke 40-an-bahwa wanita memiliki endometriosis. Tingkat estrogen drop ketika menstruasi periode berhenti (menopause). Gejala biasanya hilang kemudian.

Apa saja gejalanya?
Gejala yang paling umum adalah:

Pain. Mana yang sakit tergantung pada di mana implan tumbuh. Anda mungkin mengalami nyeri di perut bagian bawah, rektum atau vagina, atau punggung bawah. Anda mungkin memiliki rasa sakit hanya sebelum dan selama periode atau sepanjang waktu. Beberapa wanita memiliki lebih banyak rasa sakit saat berhubungan seks, ketika mereka memiliki gerakan usus, atau ketika indung telur mereka melepaskan telur (ovulasi).
Perdarahan abnormal. Beberapa wanita memiliki periode berat, bercak atau perdarahan antara periode, pendarahan setelah berhubungan seks, atau darah dalam urin atau tinja mereka.
Kesulitan hamil (infertilitas). Ini adalah satu-satunya gejala beberapa wanita memiliki.
Endometriosis bervariasi dari wanita untuk wanita. Beberapa wanita tidak tahu bahwa mereka memilikinya sampai mereka pergi ke dokter karena mereka tidak bisa hamil atau memiliki prosedur untuk masalah lain. Beberapa memiliki kram ringan yang mereka pikir adalah normal bagi mereka. Pada wanita lain, rasa sakit dan perdarahan sangat buruk sehingga mereka tidak mampu bekerja atau pergi ke sekolah.

Banyak masalah yang berbeda dapat menyebabkan periode yang menyakitkan atau berat. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki endometriosis, dokter Anda akan:

Ajukan pertanyaan tentang gejala-gejala, periode Anda, kesehatan masa lalu Anda, dan sejarah keluarga Anda. Endometriosis kadang berjalan dalam keluarga.
Lakukan pemeriksaan panggul. Ini mungkin termasuk memeriksa kedua vagina dan dubur.
Jika sepertinya Anda memiliki endometriosis, dokter mungkin menyarankan agar Anda mencoba obat-obatan selama beberapa bulan. Jika Anda mendapatkan lebih baik menggunakan obat, Anda mungkin memiliki endometriosis.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kista pada ovarium, Anda mungkin memiliki tes pencitraan seperti USG, MRI, atau CT scan. Tes ini menunjukkan gambar apa yang ada dalam perut Anda.

Satu-satunya cara untuk memastikan Anda memiliki endometriosis adalah memiliki jenis operasi yang disebut laparoskopi (mengatakan "lap-uh-ROSS-kuh-kencing"). Selama operasi ini, dokter menempatkan tabung tipis bercahaya melalui luka kecil di perut Anda. Hal ini memungkinkan dokter melihat apa yang di dalam perut Anda. Jika dokter menemukan implan, jaringan parut, atau kista, ia dapat menghapus mereka selama operasi yang sama.

Bagaimana penyakit ini dirawat?
Tidak ada obat untuk endometriosis, tetapi ada perawatan yang baik. Anda mungkin perlu mencoba beberapa perawatan untuk menemukan apa yang terbaik untuk Anda. Dengan pengobatan apapun, ada kemungkinan bahwa gejala Anda bisa kembali.

Pilihan pengobatan tergantung pada apakah Anda ingin mengontrol rasa sakit atau Anda ingin hamil. Untuk rasa sakit dan pendarahan, Anda dapat mencoba obat-obatan atau operasi. Jika Anda ingin hamil, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat implan.

Pengobatan untuk endometriosis termasuk:

Over-the-counter obat nyeri seperti ibuprofen (Advil atau seperti Motrin) atau naproxen (Aleve seperti). Obat-obatan ini disebut obat anti-inflamasi, atau NSAID. Mereka dapat mengurangi perdarahan dan nyeri.
Pil KB. Mereka adalah pengobatan terbaik untuk mengontrol rasa sakit dan menyusut implan. Kebanyakan wanita dapat menggunakannya dengan aman selama bertahun-tahun. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan mereka jika Anda ingin hamil.
Terapi hormon. Ini berhenti menstruasi Anda dan menyusut implan. Tapi itu dapat menyebabkan efek samping, dan nyeri bisa kembali setelah perawatan berakhir. Seperti pil KB, terapi hormon akan membuat Anda mendapatkan hamil.
Laparoskopi untuk menghapus implan dan jaringan parut. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit, dan juga dapat membantu Anda hamil.
Sebagai usaha terakhir untuk sakit parah, beberapa wanita memiliki rahim dan ovarium diangkat (histerektomi dan ooforektomi) mereka. Jika Anda memiliki ovarium Anda dibawa keluar, tingkat estrogen Anda akan drop dan gejala mungkin akan pergi. Tapi Anda mungkin memiliki gejala menopause, dan Anda tidak akan bisa hamil.

Jika Anda mendapatkan dekat dengan menopause, Anda mungkin ingin mencoba untuk mengelola gejala dengan obat-obatan daripada operasi. Endometriosis biasanya berhenti menyebabkan masalah ketika Anda berhenti mengalami menstruasi.

Laparoskopi
Laparoskopi adalah operasi yang menggunakan tabung tipis bercahaya dimasukkan melalui luka (sayatan) di perut untuk melihat organ-organ perut atau organ panggul perempuan. Laparoskopi digunakan untuk menemukan masalah seperti kista, perlengketan, fibroid, dan infeksi. Sampel jaringan dapat diambil untuk biopsi melalui tabung (laparoskopi).

Dalam banyak kasus laparoskopi dapat dilakukan sebagai pengganti operasi laparotomi yang menggunakan sayatan besar di perut. Laparoskopi bisa kurang stres dan mungkin memiliki lebih sedikit masalah dan biaya lebih rendah daripada laparotomi untuk operasi kecil. Hal ini dapat sering dilakukan tanpa perlu menginap di rumah sakit.

Mengapa Apa Adanya Selesai
Laparoskopi dilakukan untuk:

Periksa dan mungkin mengambil pertumbuhan abnormal (seperti tumor) di dalam perut atau panggul.
Periksa dan mengobati kondisi seperti endometriosis, kehamilan ektopik, atau penyakit radang panggul (PID).
Cari kondisi yang dapat membuat sulit bagi seorang wanita untuk hamil. Kondisi ini termasuk kista, perlengketan, fibroid, dan infeksi. Laparoskopi dapat dilakukan setelah tes infertilitas awal tidak menunjukkan penyebab ketidaksuburan.
Apakah biopsi.
Lihat apakah kanker di daerah lain dari tubuh telah menyebar ke perut.
Periksa kerusakan organ internal, seperti limpa, setelah cedera atau kecelakaan.
Lakukan ligasi tuba.
Memperbaiki hernia hiatus atau hernia inguinalis. Lihat gambar hernia inguinalis.
Mengambil organ, seperti rahim, limpa, kandung empedu (kolesistektomi laparoskopi), ovarium, atau usus buntu (appendectomy). Penghapusan parsial (reseksi) dari usus besar juga bisa dilakukan.
Cari penyebab tiba-tiba atau berkelanjutan nyeri panggul.
Cara Mempersiapkan
Katakan kepada dokter Anda jika Anda:

Memiliki alergi terhadap obat-obatan, termasuk anestesi.
Memiliki masalah perdarahan atau mengkonsumsi obat pengencer darah, seperti aspirin atau warfarin (Coumadin).
Apakah atau mungkin hamil.

Sebelum laparoskopi:
Ikuti petunjuk persis tentang kapan harus berhenti makan dan minum, atau pembedahan Anda dapat dibatalkan. Jika dokter Anda telah menginstruksikan Anda untuk mengambil obat Anda pada hari operasi, silahkan melakukannya hanya menggunakan seteguk air.
Tinggalkan perhiasan Anda di rumah. Setiap perhiasan yang Anda kenakan akan perlu diambil dari sebelum laparoskopi.
Hapus kacamata, kontak, dan gigi palsu atau jembatan dilepas sebelum laparoskopi. Ini akan diberikan kembali kepada Anda segera setelah Anda bangun setelah operasi.
Mengatur seseorang untuk mengantar Anda pulang setelah laparoskopi.
Anda mungkin diminta untuk menggunakan enema beberapa jam sebelum atau sehari sebelum operasi untuk mengosongkan usus besar Anda.

Rumah sakit atau operasi pusat dapat mengirimkan petunjuk tentang cara untuk bersiap-siap untuk laparoskopi atau perawat dapat menghubungi Anda dengan instruksi sebelum operasi Anda.

Anda akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan sebelum memiliki laparoskopi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang segala keprihatinan Anda tentang perlunya operasi, risikonya, bagaimana hal itu akan dilakukan, atau apa yang hasilnya akan berarti. Untuk membantu Anda memahami pentingnya tes ini, mengisi formulir informasi tes medis

Bagaimana Apakah Selesai
Laparoskopi dilakukan oleh seorang ahli bedah atau dokter kesehatan perempuan (ginekolog). Anestesi umum biasanya digunakan, tapi jenis lain anestesi, seperti anestesi spinal, dapat digunakan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa pilihan yang terbaik untuk Anda.

Sekitar satu jam sebelum operasi, Anda akan mengosongkan kandung kemih Anda. Anda akan mendapatkan cairan dan obat-obatan melalui intravena (IV) dalam pembuluh darah di lengan Anda. Anda mungkin mendapatkan obat (obat penenang) untuk membantu Anda bersantai.

Beberapa prosedur dapat dilakukan setelah Anda mendapatkan anestesi Anda dan santai atau tidur.

Sebuah saluran napas akan ditempatkan di tenggorokan Anda untuk membantu Anda bernapas jika Anda mendapatkan anestesi umum.
Sebuah tabung tipis fleksibel (kateter urin) dapat dimasukkan melalui uretra ke dalam kandung kemih.
Beberapa rambut kemaluan Anda mungkin akan dicukur.
Perut dan daerah panggul akan dicuci dengan sabun khusus.
Bagi wanita, dokter mungkin melakukan pemeriksaan panggul sebelum menempatkan tabung tipis (cannula) melalui vagina ke dalam rahim. Kanula ini memungkinkan dokter Anda memindahkan rahim dan ovarium untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik pada organ perut.
Selama laparoskopi, sayatan kecil dibuat di perut. Lebih dari satu sayatan dapat dilakukan jika alat-alat lain akan digunakan selama operasi. Sebuah jarum dimasukkan melalui sayatan pertama dan gas (karbon dioksida atau nitrous oksida) secara perlahan dimasukkan melalui jarum untuk mengembang perut. Gas mengangkat dinding perut jauh dari organ-organ dalam sehingga dokter anda dapat melihat dengan jelas.

Sebuah tabung tipis bercahaya (laparoskop) kemudian dimasukkan melalui sayatan untuk melihat organ. Alat-alat lain dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan, kerusakan memperbaiki, atau kista tiriskan. Laser mungkin melekat laparoskop untuk membantu dengan operasi.

Setelah operasi, semua alat akan dihapus dan gas akan dirilis. Sayatan akan ditutup dengan jahitan dan ditutup dengan perban. Bekas luka akan sangat kecil dan akan memudar seiring waktu.

Laparoskopi memakan waktu 30 sampai 90 menit, tergantung pada apa yang dilakukan, tetapi dapat memakan waktu lebih lama jika kondisi (seperti endometriosis) ditemukan dan diobati. Setelah laparoskopi, Anda akan pergi ke ruang pemulihan selama 2 sampai 4 jam. Anda biasanya dapat melakukan aktivitas normal Anda pada hari berikutnya, tetapi tidak melakukan aktivitas berat atau berolahraga selama sekitar satu minggu.

Bagaimana Rasanya
Jika anestesi umum digunakan, Anda akan tidur dan merasakan apa-apa. Setelah Anda bangun, Anda akan merasa mengantuk selama beberapa jam. Anda mungkin lelah dan memiliki rasa sakit selama beberapa hari setelah laparoskopi. Anda mungkin memiliki sakit tenggorokan ringan dari tabung di tenggorokan Anda untuk membantu Anda bernapas. Gunakan pelega tenggorokan dan berkumur dengan air garam hangat untuk membantu sakit tenggorokan Anda.

Jika Anda memiliki jenis anestesi, Anda mungkin memiliki rasa sakit selama beberapa hari ketika mati rasa awal mereda.

Risiko
Ada kemungkinan kecil untuk masalah dari laparoskopi.

Pendarahan dari sayatan
Infeksi
Kerusakan organ atau pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan lagi yang perlu operasi lagi untuk memperbaiki.
Sebuah laparoskopi tidak dapat dilakukan karena kesempatan yang lebih tinggi untuk masalah jika Anda memiliki:

Tepat setelah operasi, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan di mana perawat akan merawat dan menonton tanda vital (suhu, tekanan darah, kadar oksigen, dan detak jantung). Anda akan tinggal di daerah pemulihan selama 2 sampai 4 jam, dan kemudian Anda akan pulang. Perawat akan menjelaskan setiap instruksi khusus dari dokter. Anda mungkin akan pulang dengan selembar instruksi perawatan dan siapa yang harus dihubungi jika Anda memiliki masalah.

Anda mungkin memiliki beberapa kembung. Mungkin ada memar di sekitar sayatan selama beberapa hari. Anda mungkin memiliki beberapa rasa sakit di sekitar sayatan. Jangan minum minuman berkarbonasi selama 1 sampai 2 hari setelah laparoskopi untuk menurunkan kesempatan Anda sakit gas dan muntah.

Gas yang digunakan selama laparoskopi dapat mengiritasi diafragma Anda selama beberapa hari. Anda mungkin memiliki beberapa rasa sakit atau perasaan sakit pada bahu Anda selama beberapa hari setelah laparoskopi.

Beberapa gas dalam perut Anda dapat bocor ke dalam kulit Anda dan menyebabkan suara berderak jika Anda menggosok kulit sekitar jahitan. Hal ini tidak serius dan akan hilang dalam beberapa hari.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki:

Sebuah wilayah besar kemerahan atau pembengkakan di sekitar sayatan.
Perdarahan atau drainase dari jahitan.
Demam.
Sakit perut parah.
Suara serak di suara Anda yang berlangsung lebih dari beberapa hari atau memburuk.
Hasil
Laparoskopi adalah operasi yang menggunakan tabung tipis bercahaya dimasukkan melalui luka (sayatan) di perut untuk melihat organ-organ perut atau organ panggul perempuan. Dokter Anda mungkin berbicara dengan Anda tentang operasi setelah Anda benar-benar terjaga. Ia mungkin menelepon Anda di rumah nanti untuk berbicara dengan Anda tentang hasil. Hasil tes laboratorium apapun pada sampel jaringan mungkin tidak tersedia selama beberapa hari.

Laparoskopi normal:
Organ normal dalam ukuran, bentuk, dan posisi.

Adhesi, kista, atau pertumbuhan abnormal, seperti tumor, tidak terlihat.

Tidak ada tanda-tanda penyakit (seperti endometriosis), peradangan (seperti radang usus buntu), atau infeksi terlihat.

Abnormal:
Organ mungkin abnormal dalam ukuran, bentuk, atau posisi.

Adhesi, kista, atau pertumbuhan abnormal, seperti tumor, dapat dilihat.

Tanda-tanda penyakit, seperti endometriosis, atau infeksi dapat dilihat.

Kehamilan ektopik dapat hadir.

Peradangan organ internal dapat hadir, seperti radang usus buntu, kolesistitis, atau penyakit radang panggul (PID).

Jaringan parut dapat dilihat pada organ internal, seperti saluran tuba.

Apa Mempengaruhi Test
Alasan Anda mungkin tidak dapat menjalani operasi atau mengapa hasilnya mungkin tidak bermanfaat termasuk:

Jika Anda mengalami obesitas, yang dapat membuat laparoskopi sulit untuk dilakukan.
Jika Anda memiliki jaringan parut dari operasi lain atau cedera.
Jika sampel jaringan diambil untuk biopsi, tetapi hasilnya tidak jelas tentang apa masalahnya.
Apa Untuk Pikirkan Tentang
Orang yang mengalami obesitas atau yang memiliki operasi perut lain mungkin perlu memiliki sayatan yang lebih besar di dalam perut untuk operasi. Ini disebut laparoskopi terbuka.

Endometriosis - Obat-obatan
Obat dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan perdarahan dan, dalam beberapa kasus, untuk mengecilkan pertumbuhan endometriosis. Bagi wanita yang tidak berusaha untuk hamil, hormon kontrol kelahiran dan anti-inflamasi (NSAIDs) biasanya dianjurkan terlebih dahulu. Mereka paling mungkin menyebabkan efek samping yang serius dan dapat menjadi pengobatan jangka panjang option.1 Tetapi jika infertilitas dari endometriosis adalah masalah utama Anda, obat-obatan umumnya tidak digunakan.
 
  #20  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Sambungan dari yang di atas.(Endometriosis)

Anti-inflamasi (NSAID)
Anti-inflamasi (NSAIDs) mengurangi nyeri, peradangan, dan pendarahan dari jaringan endometrium. Periksa dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat nonprescription selama lebih dari beberapa hari. (Jika ada kemungkinan bahwa Anda atau bisa segera hamil, tidak menggunakan NSAID. Mereka telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran, terutama bila digunakan pada saat konsepsi dan ketika digunakan selama lebih dari week.6)
Mulai mengambil dosis yang dianjurkan sesegera ketidaknyamanan Anda mulai atau hari sebelum periode menstruasi Anda dijadwalkan untuk memulai.
Ambil obat dalam dosis yang dijadwalkan secara rutin. Mengambil obat hanya ketika rasa sakit parah tidak efektif.
Jika satu jenis NSAID tidak mengurangi rasa sakit Anda, cobalah jenis lain. Atau coba acetaminophen, seperti Tylenol.
Terapi Hormon
Hormon kontrol kelahiran (patch, pil, atau cincin) menghentikan ovulasi bulanan dan pertumbuhan, mencurahkan, dan perdarahan yang membuat endometriosis menyakitkan. Hormon kontrol kelahiran meningkatkan nyeri endometriosis untuk sebagian women.4 Dan mereka adalah terapi hormon yang paling mungkin menyebabkan efek samping yang buruk. Untuk alasan ini, banyak wanita dapat menggunakannya selama bertahun-tahun. Terapi hormon lainnya hanya dapat digunakan selama beberapa bulan sampai 2 tahun. Untuk informasi umum lebih lanjut tentang hormon kontrol kelahiran, lihat Birth Control Pills, patch, atau cincin.
Gonadotropin-releasing agonist hormone (GnRH-a) terapi menurunkan estrogen, memicu keadaan menopause seperti. Ini menyusut implan dan mengurangi rasa sakit bagi kebanyakan wanita.
Progestin (pil atau Depo-Provera shot) menghentikan ovulasi dan menurunkan estrogen. Bagi kebanyakan wanita, itu menyusut pertumbuhan endometriosis dan mengurangi rasa sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alat kontrasepsi levonorgestrel (IUD) menurun pain.7
Terapi Danazol menurunkan kadar estrogen dan meningkatkan kadar androgen, memicu keadaan menopause seperti. Ini menyusut pertumbuhan dan mengurangi rasa sakit bagi kebanyakan wanita. Relief ini biasanya berlangsung selama 6 sampai 12 bulan setelah pengobatan. Tapi efek samping danazol dapat signifikan.
Semua terapi hormon untuk endometriosis dapat menyebabkan efek samping dan menimbulkan risiko kesehatan tertentu. Beberapa menyebabkan efek samping terutama menyenangkan. Sebelum memulai terapi obat atau hormon, meninjau efek samping mungkin. Jika mereka terdengar kurang sulit daripada gejala endometriosis Anda, mendiskusikan terapi dengan dokter Anda.

Endometriosis - Pengolahan Lainnya
Untuk membantu stres dan rasa sakit endometriosis, Anda dapat mempertimbangkan perawatan lainnya. Para peneliti belum melihat terapi ini untuk endometriosis. Tapi perawatan ini memiliki manfaat yang telah terbukti untuk mengobati kondisi lain:

Akupunktur dan akupresur yang digunakan untuk meredakan nyeri.
Meditasi digunakan untuk menurunkan stres dan mengurangi rasa sakit.

Apa itu ooforektomi?
Ooforektomi adalah operasi pengangkatan indung telur, bagian dari sistem reproduksi wanita yang menyimpan dan melepaskan telur untuk fertilisasi dan menghasilkan hormon seks perempuan.

Ooforektomi sering diperlukan ketika penyakit panggul, seperti kanker ovarium atau endometriosis berat, hadir. Di Amerika Serikat, lebih dari 600.000 histerektomi (operasi pengangkatan rahim wanita) yang dilakukan setiap tahun. Sekitar setengah dari ini melibatkan pengangkatan indung telur, juga.

Rekomendasi Terkait dengan ovarium CancerUnderstanding Kanker ovarium - Pencegahan

Tergantung pada tahap hidup Anda dan risiko kanker ovarium, Anda harus membicarakan dengan dokter Anda pro dan kontra dari menggunakan pil KB. Dosis rendah pil KB dianggap pelindung. Beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan yang mengambil terapi penggantian hormon setelah menopause mungkin memiliki peningkatan risiko kanker ovarium. Jika Anda berada pada risiko tinggi untuk kanker ovarium, tanyakan kepada dokter Anda tentang tes yang tersedia untuk skrining kanker ovarium, termasuk kerja darah, USG transvaginal, dan rekto-vagina ...

Dalam beberapa kasus ovarium diangkat dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit masa depan, seperti kanker ovarium. Ini disebut ooforektomi profilaksis.

Apa alasan untuk memiliki ooforektomi?
Sekitar 10% dari wanita yang memiliki histerektomi juga memiliki kondisi atau penyakit yang dapat meningkatkan kebutuhan untuk oophorectomy.1 Kondisi atau penyakit meliputi:

Keturunan (warisan) penyakit. Wanita yang memiliki gen abnormal tertentu (dikenal sebagai BRCA1 dan BRCA2) memiliki peningkatan risiko untuk mengembangkan kanker ovarium sebelum usia 70. Para wanita akan mengalami kanker sekitar usia 45, yaitu sekitar 20 tahun lebih awal daripada wanita yang tidak memiliki gen ini. Jika ibu atau saudara perempuan telah menderita kanker ovarium, atau Anda tahu bahwa Anda memiliki gen BRCA yang abnormal, Anda mungkin mempertimbangkan memiliki ovarium Anda dihapus. Anda tidak akan bisa hamil setelah menjalani operasi ini. Dan risiko Anda untuk mengembangkan kanker ovarium akan turun menjadi hampir nol. Risiko kanker payudara Anda juga akan lebih rendah. Bicaralah dengan dokter Anda untuk memutuskan apakah pilihan ini tepat untuk Anda.
Kanker payudara. Hormon yang diproduksi oleh indung telur meningkatkan risiko kanker payudara. Ooforektomi dapat mengurangi risiko kanker payudara atau kanker ovarium pada wanita yang memiliki kelainan gen BRCA1 atau BRCA2. Ooforektomi kadang-kadang dianjurkan untuk mengobati kanker payudara, karena menghilangkan hormon yang diproduksi oleh indung telur.
Diduga penyakit. Ketika seorang wanita premenopause dijadwalkan untuk memiliki satu ovarium dihapus selama operasi pengangkatan rahim (histerektomi) karena penyakit diduga, pengangkatan kedua indung telur mungkin dianjurkan jika penyakit ini ditemukan.
Apa alasan untuk tidak memiliki ooforektomi?
Jika Anda tidak memiliki peningkatan risiko kanker ovarium atau penyakit lain yang memerlukan penghapusan ovarium Anda, mempertimbangkan manfaat tidak memiliki ovarium Anda dihapus. Manfaat ini termasuk:

Tidak mengambil hormon. Ketika ooforektomi dilakukan sebelum usia alami seorang wanita menopause, terapi penggantian estrogen (ERT) dapat diresepkan setelahnya untuk mengurangi risiko osteoporosis, hot flashes, dan gejala menopause lainnya. Tanyakan kepada dokter Anda tentang masalah lain yang mungkin berhubungan dengan menggunakan ERT.
Sedikit patah tulang. Pengangkatan indung telur meningkatkan risiko untuk mengembangkan lemah dan rapuh tulang (osteoporosis), karena tubuh tidak lagi memproduksi sejumlah besar estrogen. Risiko untuk mengembangkan osteoporosis menyusul ooforektomi lebih besar pada wanita muda.
Manfaat kelangsungan hidup jangka panjang. Bila dibandingkan perempuan yang melakukan dan tidak memiliki indung telur mereka, para ahli memperkirakan bahwa wanita hidup lebih lama ketika mereka terus indung telur mereka sampai setidaknya usia 65 tahun. Hal ini mungkin karena wanita yang memiliki indung telur mereka memiliki patah tulang pinggul lebih sedikit (tulang kuat) dan kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit jantung.

Ablasi endometrial
Ablasi endometrial adalah prosedur yang menghancurkan (ablates) lapisan rahim, atau endometrium. Prosedur ini digunakan untuk mengobati perdarahan uterus disfungsional atau abnormal. Kadang-kadang instrumen melihat terang (hysteroscope) digunakan untuk melihat ke dalam rahim. Ablasi endometrial dapat dilakukan dengan:

Sinar laser (laser ablasi termal).
Panas (ablasi termal), dengan menggunakan:
Frekuensi radio.
Sebuah balon diisi dengan larutan garam yang telah dipanaskan sampai 85 C (185 F) (thermal balloon ablation).
Larutan garam normal (cairan bebas dipanaskan).
Listrik, menggunakan resectoscope dengan loop atau elektroda bola bergulir.
Pembekuan.
Microwave.
Endometrium menyembuhkan dengan jaringan parut, yang biasanya mengurangi atau mencegah perdarahan rahim.

Ablasi endometrial dapat dilakukan pada fasilitas rawat jalan atau kantor dokter Anda. Prosedur ini dapat memakan waktu hingga sekitar 45 menit. Prosedur ini dapat dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal atau spinal. Dan anestesi umum kadang-kadang digunakan.

Apa Untuk Harapkan Setelah Operasi
Setelah prosedur, Anda mungkin memiliki beberapa efek samping, seperti kram, mual, dan keputihan yang mungkin berair dan dicampur dengan darah. Debit ini akan menjadi jelas setelah beberapa hari dan dapat berlangsung selama sekitar 1 sampai 2 minggu.

Mengapa Apa Adanya Selesai
Ablasi endometrial digunakan untuk mengontrol berat, perdarahan vagina berkepanjangan bila:

Perdarahan tidak merespon pengobatan lain.
Melahirkan selesai.
Anda memilih untuk tidak memiliki histerektomi untuk mengontrol perdarahan.
Masalah medis lainnya mencegah histerektomi.
Bagaimana Yah Bekerja
Kebanyakan wanita akan mengurangi aliran menstruasi setelah ablasi endometrium. Dan sampai setengah akan berhenti mengalami periods.1

Wanita muda kurang mungkin dibandingkan dengan perempuan yang lebih tua untuk menanggapi ablasi endometrium. Setelah ablasi endometrium, wanita muda lebih mungkin untuk terus memiliki periode dan membutuhkan prosedur ulangi.

Perempuan muda dapat diobati dengan baik analog hormon gonadotropin-releasing (GnRH-As) 1 sampai 3 bulan sebelum prosedur. Hal ini akan mengurangi produksi mereka estrogen dan membantu mengencerkan lapisan rahim (endometrium).

Risiko
Masalah yang dapat terjadi selama ablasi endometrium meliputi:

Terkadang tusukan (perforasi) dari rahim.
Luka bakar (cedera termal) pada rahim atau permukaan usus.
Penumpukan cairan di paru-paru (edema paru).
Penyumbatan mendadak aliran darah arteri di dalam paru-paru (emboli paru).
Robeknya pembukaan rahim (serviks laserasi).
Masalah-masalah ini jarang terjadi tetapi bisa parah.

Apa Untuk Pikirkan Tentang
Pertumbuhan kembali endometrium dapat terjadi setelah Anda memiliki ablasi endometrium. Prosedur ini tidak dianjurkan jika Anda memiliki risiko tinggi untuk kanker endometrium.

Jangan menganggap prosedur ini jika Anda berencana untuk hamil di masa depan.

Meskipun operasi ini biasanya menyebabkan kemandulan dengan merusak lapisan rahim, kehamilan masih dapat dilakukan jika bagian kecil dari endometrium yang tersisa di tempat. Hal ini dapat menyebabkan masalah kehamilan parah. Kontrol Kelahiran beberapa bentuk diperlukan jika Anda belum selesai menopause.

Ujian panggul untuk Endometriosis
Dengan pemeriksaan panggul, dokter Anda dapat menentukan ukuran dan posisi organ panggul. Endometriosis dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pada rahim, vagina, ovarium, daerah antara uterus dan rektum (cul-de-sac), dan band yang kuat jaringan (ligamen) yang menempel ke rahim untuk menahannya di tempat.

Mengapa Apa Adanya Selesai
Sebuah pemeriksaan panggul ini dilakukan jika endometriosis diduga. Ini adalah langkah pertama digunakan untuk menentukan apakah endometriosis adalah penyebab gejala mengganggu.

Hasil
Hasil pemeriksaan panggul mungkin termasuk diantaranya.

Normal
Pemeriksaan panggul normal.

Tidak ada jaringan abnormal ditemukan di daerah antara uterus dan rektum (cul-de-sac) atau ligamen yang memegang rahim di tempat.
Tidak ada rasa sakit atau nyeri panggul hadir.
Tidak ada pengerasan jaringan (indurasi) dirasakan.
Rahim, tuba falopi, dan ovarium normal dalam ukuran dan lokasi.
Rahim dapat bergerak sedikit tanpa menimbulkan rasa sakit.
Abnormal
Rahim

Dokter Anda mungkin tidak dapat memindahkan rahim bahkan sedikit selama ujian, yang berarti bahwa jaringan parut (adhesi) dapat mengikat rahim.
Anda memiliki rasa sakit atau nyeri ketika rahim yang bergerak sedikit.
Di luar rahim

Hasil yang mungkin menunjukkan endometriosis meliputi:

Anda memiliki rasa sakit saat daerah antara uterus dan rektum disentuh.
Jaringan abnormal dirasakan di dekat rahim atau antara uterus dan rektum.
Ovarium yang menyakitkan ketika disentuh, diperbesar, atau tidak bergerak. Ini berarti bahwa adhesi dapat memegang ovarium di tempat.
Pengerasan jaringan dirasakan.
Lipatan kulit di sekitar pembukaan vagina (genitalia eksterna, labia) memiliki benjolan kebiruan kecil (lesi).
Lesi yang hadir pada permukaan vagina atau leher rahim.
Apa Untuk Pikirkan Tentang
Pemeriksaan panggul Anda bisa normal, bahkan ketika endometriosis hadir.

Jika gejala sangat menyarankan endometriosis, dan nyeri adalah perhatian utama Anda, dokter anda dapat merekomendasikan mencoba terapi hormon (seperti pil KB) untuk melihat apakah gejala membaik. Atau, jika dokter Anda mencurigai endometriosis parah atau masalah panggul yang lain, atau jika Anda mencoba untuk hamil, Anda mungkin perlu laparoskopi untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Alternatif untuk Histerektomi
Sepertiga dari wanita Amerika mengalami beberapa jenis gangguan kesehatan panggul pada saat mereka 60. Dan sekitar 600.000 perempuan setiap tahun memiliki histerektomi - menghapus rahim mereka untuk meringankan gejala mengganggu. Secara keseluruhan, diperkirakan 20 juta perempuan yang menjalani histerektomi.

Tapi jika Anda memiliki periode yang menyakitkan dengan perdarahan yang berlebihan, fibroid, endometriosis, atau masalah lain kesehatan panggul, Anda harus tahu bahwa ada alternatif baru untuk histerektomi untuk dipertimbangkan.

Uterine Fibroid
Tumor ini, biasanya jinak, umumnya ditemukan pada otot polos rahim, dan dapat menyebabkan nyeri panggul, infertilitas, dan perdarahan menstruasi berat. Uterine fibroid adalah alasan utama mengapa wanita memiliki histerektomi, akuntansi antara 177.000 dan 366.000 dari total tahunan.

Jika fibroid Anda tidak menyebabkan gejala, itu sepenuhnya masuk akal untuk mengadopsi strategi yang disebut "waspada menunggu" - memantau status dengan dokter Anda dan tidak menjalani operasi apapun kecuali masalah berkembang. Tetapi jika Anda mengalami rasa sakit, ketidaknyamanan, atau tekanan, ada beberapa pilihan kurang invasif untuk mengobati fibroid:

Miomektomi. Ini adalah operasi pengangkatan fibroid saja. Hal ini dapat dilakukan melalui operasi perut, laparoskopi (masuk melalui pusar), atau melalui histeroskopi (memasukkan alat tipis, teleskop seperti disebut hysteroscope melalui vagina). Pendekatan laparoskopi atau histeroskopi paling tidak invasif, dan ini juga lebih mahal dan membutuhkan waktu pemulihan lebih pendek. The da Vinci robot miomektomi adalah teknik lain yang menawarkan presisi dan sayatan kecil.
Embolisasi arteri rahim (UEA), juga dikenal sebagai uterus fibroid embolisasi (UFE). Ini adalah cukup sederhana, prosedur invasif di mana partikel-partikel kecil yang disuntikkan ke dalam arteri uterina makan fibroid, memotong suplai darah mereka. Tidak seperti histerektomi, prosedur ini mempertahankan rahim dan membantu wanita berpotensi menghindari operasi. Ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu menghentikan perdarahan setelah melahirkan atau pembedahan. Gejala membaik pada 85% sampai 90% dari pasien, sebagian besar dari mereka secara signifikan.
Histeroskopi. Penyisipan instrumen tipis, teleskop seperti melalui vagina dapat digunakan jika fibroid terutama dalam rongga rahim. Ini adalah prosedur bedah minor dengan waktu penyembuhan minimal, tetapi hanya dapat ditawarkan kepada wanita yang memiliki fibroid dalam lapisan rongga rahim.
Manajemen medis. Gejala nyeri fibroid rahim dapat awalnya diobati dengan obat anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti Motrin. Jika itu tidak efektif, pilihan lain adalah kelas obat yang menghalangi produksi ovarium 'estrogen dan hormon lainnya. Efek sampingnya dapat mencakup gejala menopause dini dan penurunan kepadatan tulang.
 
  #21  
Old
B Klq...
 
Location: dunia akhirat
Posts: 986
 
woww panjangnya kayak kereta api..tut tut tut
nice info bunda holden
 
Alhamdulillah Ya Allah atas nikmat yang Kau berikan padaku
  #22  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Replying to: View Post
woww panjangnya kayak kereta api..tut tut tut
nice info bunda holden
iya Bun...panjang"...

---------- Post added at 12:29 ---------- Previous post was at 12:27 ----------

Penyebab kegagalan inseminasi

Bagi Cetak ini articleCouples yang terus gagal untuk hamil sering beralih ke obat-obatan kesuburan dan / atau proses. Masyarakat saat ini juga memungkinkan ibu tunggal dan pasangan lesbian untuk hamil bayi, meningkatkan permintaan untuk alternatif kesuburan. Sayangnya, ini bukan jaminan bahwa setiap orang akan dapat untuk hamil bayi, karena ada banyak alasan mengapa metode kesuburan seperti inseminasi buatan, atau AI, bisa gagal. Punya pertanyaan? Dapatkan jawaban dari Profesional Medis sekarang!

Orang Lain Apakah Membaca
Apa Apakah Keuntungan Inseminasi Buatan pada Manusia? Tips untuk Mendapatkan Hamil Menggunakan Depan Buatan Risiko Inseminasi Buatan Inseminasi
Inseminasi buatan, mirip dengan prosedur medis lainnya, memiliki beberapa risiko. Risiko biasanya bervariasi dari satu prosedur ke yang lain, karena ada cara yang berbeda untuk menerapkan inseminasi. Risiko terbesar seluruh prosedur yang paling mungkin hamil kelipatan seperti kembar atau kembar tiga karena penggunaan simultan kesuburan obat-obatan dan inseminasi sperma buatan. Beberapa kelahiran biasanya memiliki tingkat yang lebih tinggi keguguran. Ancaman nyata berikutnya adalah diabetes gestasional, yang dapat dikontrak karena kelahiran kembar juga. Ovarium sindrom rangsangan hiper, lebih dikenal sebagai OHSS, adalah risiko yang lebih rendah dari inseminasi buatan dan dapat menyebabkan kembung, mual atau sakit perut bahkan.

Peran Mitra Pria
Jika laki-laki yang menghasilkan sperma memiliki jumlah sperma rendah, bisa menyebabkan kegagalan AI. Sperma pria mengurangi sebagai usia manusia. Hal ini tidak hanya terjadi dengan manusia tetapi telah ditemukan pada ternak dan berbagai mamalia. Jika jumlah sperma adalah alasan untuk tidak hamil, orang selalu dapat mempertimbangkan donor sperma.


Apa Peran Apakah Kesehatan dan Gaya Hidup Putar di Kegagalan Inseminasi Buatan?
Inseminasi buatan bisa menjadi sia-sia jika perempuan tidak menjalani gaya hidup sehat. Masalah gaya hidup, seperti obesitas, tekanan darah dan bahkan diabetes dapat mempengaruhi potensi wanita untuk hamil, bahkan dalam pengaturan yang sempurna. Keasaman di daerah rahim atau vagina dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan tingkat keasaman ini dapat mencegah kehamilan yang optimal. Olahraga teratur dan diet yang berkualitas baik sehingga meningkatkan peluang penerima untuk hamil setelah ia menerima AI.

Metode Inseminasi Buatan dan Masalah Individu
Inseminasi Cup, yang juga dikenal sebagai inseminasi homolog dalam istilah medis, adalah ketika sperma dicuci ditempatkan di leher rahim perempuan selama ovulasi. Masalah terbesar dalam prosedur ini adalah bahwa air mani mungkin tidak "kuat" cukup untuk menahan proses pencucian. Inseminasi intracervical, di mana air mani diperiksa dan semen terbaik ditempatkan ke dalam saluran leher rahim dengan menggunakan kateter, kebutuhan wanita untuk menjadi bebas infeksi. The intrauterin inseminasi, yang dianggap sebagai salah satu metode yang lebih baik untuk hamil bayi, membutuhkan waktu ovulasi untuk menjadi sempurna, yang berarti bahwa ini bisa gagal jika kondisi tidak optimal atau periode ovulasi yang salah perhitungan.

Inseminasi intrauterin (IUI atau) merupakan prosedur di-kantor yang mencoba untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan dengan membawa sperma lebih dekat ke telur agar fertilisasi terjadi. Ini harus dilakukan pada waktu yang tepat agar efektif, dan sebagai hasilnya inseminasi intrauterin harus diatur untuk ovulasi spontan (yaitu lonjakan LH) atau induksi menggunakan human chorionic gonadotropin (HCG yaitu). Inseminasi intrauterin harus dilakukan sehari setelah deteksi lonjakan LH, atau dalam 34-40 jam setelah ovulasi dipicu oleh HCG. Hal ini karena oosit (yaitu telur) memiliki jendela yang terbatas setelah rilis akan berhasil dibuahi.

Inseminasi intrauterine umumnya digunakan untuk mengobati ringan infertilitas, endometriosis, infertilitas dijelaskan, disfungsi ovulasi, dan serviks infertilitas. Ini juga merupakan pilihan pengobatan yang layak untuk wanita di bawah usia tiga puluh delapan dan untuk pasangan yang telah gagal beberapa ovulasi atau siklus induksi superovulasi (siklus pengobatan biasanya 3-4) sebelum pindah ke fertilisasi in vitro (IVF). Meskipun pengobatan dengan inseminasi intrauterin sering dilihat sebagai langkah sebelum IVF, tingkat kehamilan dicapai dengan IUIs belum meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu (karena mereka memiliki dengan IVF) dan sebagai hasilnya jumlah inseminasi intrauterin yang dilakukan mulai menurun.

Dalam rangka meningkatkan angka kehamilan dengan inseminasi intrauterin, beberapa bahkan menganjurkan melakukan dua inseminasi bukan satu pada 12 dan 36 jam setelah ovulasi HCG-induced. Namun, penelitian belum menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat kehamilan dengan melakukan dua inseminasi. Akibatnya, saya mendorong pasien untuk hanya melakukan inseminasi tunggal selama siklus pengobatan mereka karena inseminasi kedua lebih dikaitkan dengan peningkatan biaya daripada hasil yang diharapkan.

Ketika harus melihat ke dalam salah satu pilihan pengobatan lain ketika inseminasi intrauterin telah gagal? Ini lebih tergantung pada usia wanita, diagnosis infertilitas lainnya, lama infertilitas, dan kualitas spesimen inseminasi. Saya biasanya merekomendasikan fertilisasi in vitro jika pasangan wanita di atas usia 38 adalah atau memiliki sejarah cadangan ovarium berkurang karena tingkat keberhasilan dengan IVF secara signifikan lebih tinggi daripada yang dicapai dengan inseminasi intrauterin. Saya juga merekomendasikan IVF setelah tiga atau empat siklus inseminasi intrauterine gagal, karena tingkat kehamilan mulai menurun setelah upaya IUI keempat.

Pengobatan IUI Gagal
IUI (inseminasi intrauterine) merupakan salah satu pilihan pengobatan sederhana bagi pasangan infertil. Namun, ia memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Apa yang harus Anda lakukan jika Anda telah gagal beberapa siklus IUI?
IUI atau inseminasi intrauterine merupakan salah satu perawatan kesuburan umum yang tersedia. Ini adalah biaya pengobatan murah cukup rendah, dan karena tidak memerlukan keahlian teknis banyak untuk menawarkan, sebagian besar ginekolog akan menawarkan IUI sebagai pilihan pengobatan pertama untuk pasien subur mereka, setelah melakukan laparoskopi untuk mereka.

IUI tampaknya menjadi pengobatan yang sangat logis, itulah sebabnya kebanyakan pasien langsung setuju untuk melakukannya. Setelah semua, jika semua yang Anda butuhkan untuk membuat bayi adalah telur dan sperma, dan jika dokter sedang mencuci sperma dan menempatkan mereka dalam rahim pada waktu yang sama di mana ovulasi terjadi, maka bagaimana bisa pengobatan IUI mungkin gagal?
Ini adalah alasan mengapa banyak pasien dengan senang hati setuju untuk melakukan IUI. Hal ini tidak sangat mahal - dan mereka memiliki harapan yang sangat tinggi keberhasilan. Ini sebenarnya masalah terbesar!

Apa yang dokter sering tidak akan berbagi dengan pasien mereka adalah bahwa tingkat keberhasilan dalam siklus IUI yang sempurna hanya sekitar 10 sampai 15 persen. Ini berarti bahwa sekitar 90 persen dari siklus IUI akan gagal, tidak peduli seberapa baik telur dan sperma di-atau seberapa baik dokter!

Karena pasien tidak memadai menasihati, ketika siklus IUI gagal mereka menjadi sangat terguncang. Mereka tidak bisa memahami kegagalan, dan sering akan menyalahkan dokter untuk tidak melakukan pekerjaan yang baik.

Namun, Anda perlu ingat bahwa reproduksi manusia bukanlah perusahaan yang sangat efisien - dan bahkan di kamar tidur tingkat kesuburan alami untuk pasangan usia subur (apa yang disebut fekunditas mereka) hanya antara 20 sampai 25 persen per siklus. Faktanya bahwa dibutuhkan waktu alam untuk membuat bayi, dan ini benar, apakah Anda melakukannya di kamar tidur Anda atau apakah dokter adalah melakukan IUI (meskipun pasangan donïŋ-t pikiran sebanyak ketika dibutuhkan waktu dalam tidur!)

Beberapa masalah terjadi ketika ginekolog berlebihan dan penyalahgunaan IUI untuk pasien yang tidak mungkin mendapatkan keuntungan dari itu dalam-biasanya, pasien dengan jumlah sperma yang buruk. Ingat bahwa jika sperma secara fungsional tidak kompeten, di dalamnya-s ada cara siklus IUI bisa membantu. Namun, dokter akan sering menyesatkan pasien dengan mengatakan bahwa karena hanya satu sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur, tidak ada alasan mengapa IUI tidak harus bekerja, tidak peduli seberapa buruk sperma mereka, karena dokter adalah "washingïŋ-sperma untuk meningkatkan kualitas dan menyuntikkan langsung ke rahim!

Masalahnya adalah bahwa ketika pasien mendapatkan muak dengan melakukan pengobatan IUI dengan satu dokter, mereka kemudian akan berpindah ke dokter kedua. Jika dokter kedua ini juga ginekolog, maka semua yang dia tawarkan adalah siklus IUI lagi, itulah sebabnya kami akan sering melihat pasien yang dilakukan selama tujuh atau delapan siklus IUI dengan dua atau tiga dokter yang berbeda. Ini tidak masuk akal sama sekali. Setelah semua, Anda mengubah dokter, tetapi pasien tetap tetap sama, dan itu sia-sia mengulangi perlakuan yang sama lagi dan lagi. Yang penting adalah untuk melanjutkan - jika tidak, anda mungkin mendapatkan muak dan frustasi.

Harap diingat bahwa sebagian besar dari siklus IUI akan berakhir dengan kegagalan dan Anda harus siap untuk ini. Jika tiga siklus IUI telah gagal ada sedikit gunanya melanjutkan dengan pengobatan IUI, dan saatnya untuk beralih ke mempertimbangkan alternatif pilihan. Untuk pasien dengan infertilitas dijelaskan pilihan logis berikutnya adalah IVF, sedangkan bagi mereka dengan jumlah sperma rendah, pilihan terbaik adalah ICSI. Kabar baiknya adalah bahwa tidak peduli berapa banyak siklus IUI Anda mungkin telah gagal, ini tidak akan mempengaruhi tingkat keberhasilan dengan IVF / ICSI.
 
  #23  
Old
rizkaa...
 
Location: Cibodas Bandung Jawa Barat
Posts: 224
 


Makasiihhh bundsay
 
  #24  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda holden
Udah aku baca... nice info..
Bun, kl boleh ksh saran... sblm dipost kl bs di edit dl kalimat"nya ya bun..
Atau diambil intinya, di rangkum gitu bund.. kl pure translate gini byk yg aku gak paham bund.. *maaf oot bund..*
Oya bun, sm kl bs diksh judul msg"... jd kl ada yg mau baca sesuai kebutuhan lbh gampang carinya.. bs baca judul bahasannya dulu..
Makasih infonya mommy holden..
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #25  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
Bunda Rizka...sama" Bun...

Bunda Vebby...wah aku klo suruh rangkum gak ada waktu Bun...aku dapatnya info dari email seperti itu yang tak copy seperti itu aja, tapi judulnya kan ada masing" di atasnya Bun...cuman sama ya Tulisannya. maaf lo Bun..klo membuat Bunda gak paham...dan aku klo suruh bikin kesimpulan ya malah gak bisa lagi...malas mikirnya...pokoknya dapetnya itu ya tak copy gitu aja... sekali lagi maaf lo Bun...
 
  #26  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Replying to: View Post
Bunda Rizka...sama" Bun...

Bunda Vebby...wah aku klo suruh rangkum gak ada waktu Bun...aku dapatnya info dari email seperti itu yang tak copy seperti itu aja, tapi judulnya kan ada masing" di atasnya Bun...cuman sama ya Tulisannya. maaf lo Bun..klo membuat Bunda gak paham...dan aku klo suruh bikin kesimpulan ya malah gak bisa lagi...malas mikirnya...pokoknya dapetnya itu ya tak copy gitu aja... sekali lagi maaf lo Bun...

Iya Mommy holden... ya wis gak usah dipikir... apa adane itu aja...
Sory mom, aku iki sing aneh" njaluk'e.. wis dikei info koq isih nganyang.. hehe
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #27  
Old
hindic...
 
Posts: 182
 
mami Holden
thanks for sharing maaaaammmm
serius baca nih
 
  #28  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
- Berbagai Jenis Keputihan Dan Penyebabnya

Pengeluaran cairan berlebihan seperti keputihan sebenarnya bukan salah satu penyakit hanya gejala dari cairan rahim, dalam keadaan sehat dan bisa juga normal
Lendir ini diproduksi secara alami dari leher rahim, saluran indung telur atau kelenjar lainnya
Adanya kotoran pada vagina bervariasi selama dalam siklus menstruasi (warna coklat biasanya akhir dari mens) dan sebagian besar wanita hamil juga berlebihan cairan keputihan.
Keputihan bukan gejala penyakit bila dalam keadaan sehat, tidak berbau dan warna bisa bening dan putih. Keadaan menjadi basah yang membuat tidak nyaman, bila tidak ada rasa gatal atau nyeri, maka bisa , dikatakan sehat.

-Bagaimana membedakan keputihan yang normal dengan abnormal?
Setiap perubahan mendadak dengan pengelauran cairan, maka harus hati-hati bila terjadi infeksi pada vagina Perhatikan secara seksama sepanjang siklus bulanan, apa ada kelainan yang tidak normal dari biasanya..
•Cairan mengandung nanah,kental putih sampai kehijauan.
•Bau tidak enak seperti bau busuk
•Pengeluaran cairan terlalu banyak
•Bengkak dan gatal , nyeri panggul atau perut
•Pengeluaran darah diluar menstruasi
Bila ada tanda seperti yang disebutkan , alangkah baiknya bila segera memeriksakan diri. Agar bisa diadakan pengobatan.

- Penyebab keluar cairan abnormal
Ada banyak penyebab dari keputihan yang abnormal, tetapi biasanya sebagai tanda infeksi. Infeksi ini sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu keseimbangan alami dari bakteri atau jamur pada vagina, seperti mencuci bagian dalam vagina, atau tertular dari hubungan seksual.
Penyebab yang sering dialami dari:
•Penyakit kotor, infeksi jamur yang menyebabkan cairan
•Bakteri vaginosis – infeksi bakteri pada vagina
•Trikomoniasis – infeksi menular seksual (IMS) ada sejeni s parasit yang menyebabkan gatal dan panas.
•Gonore atau klamidia – IMS disebabkan oleh bakteri
•Herpes genital – IMS yang disebabkan oleh virus herpes simpleks

- Keputihan dengan rasa gatal
Bila cairan sedikit dan encer atau kental dan putih dan adanya kotoran seperti keju berwarna putih,ini sejenis infeksi parasit . Infeksi jamur menyebabkan gatal dan panas disertai nyeri di sekitar vagina Carilah penyebab pengeluaran cairan itu.
Hampir semua wanita pernah mengalami masalah jamur , tapi ini bukan penularan dari hubungan seksual. Hal ini mudah diobati dengan obat antijamur , yang dapat dibeli tanpa resep diapotik
Kelebihan cairan Putih dan berbau amis
Jika keputihan berwarna abu-abu atau mengeluarkan bau amis yang kuat, terutama setelah hubungan seksual, maka bisa ada jenis vaginosis bakteri (BV). BV adalah ketidak seimbangan dalam bakteri normal yang ditemukan di vagina. Tidak menyebabkan gatal atau luka .Seperti jamur, BV bukan penularan dari seksual. Hal ini mudah diobati dengan antibiotik .
Kelebihan cairan Hijau , kuning atau berbusa.

-Trikomoniasis adalah PMS yang disebabkan oleh parasit kecil. Akibatnya pengeluarancairan putih dan perandangan kronis , dengan rasa gatal dan panas terjadi busa, kuning atau hijau. Infeksi bertahan karena peradangan membuat bau amis . Infeksi ini mempergaruhi leher rahim dan selaput liang vagina. Trikomoniasis mudah diobati dengan antibiotik disebut metronidazol ,
Cairan Abnormal rasa nyeri dan perdarahan
Cairan keputihan adalah abnormal dan terjadi rasa sakit di panggul atau ketika buang air kecil, atau berdarah antara waktu atau setelah berhubungan seks, kemungkinan jenis klamidia atau gonore (baik IMS). Gonore penyakit kotor yang mempunyai cairan berwarna hijau, terasa sakit dan panas sewaktu buang air kecil dan pengeluaran nanah yang banyak. Pendarahan terjadi bila berhubungan seksual
Bila ada gejala maka perlu cepat mengadakan pengobatan. Agar tidak menyebar sampai ke panggul.Infeksi ini bisa menyebar kedalam rahim dan saluran indung telur dan terus kerongga perut sampai timbul radang diselaput rongga perut..
Cairan Abnormal adanya lecet di sekitar alat kelamin
Herpes genital penyakit ini menimbulkan rasa sakit menyebabkan nyeri, lecet atau luka merah disekitar alat kelamin , serta keputihan abnormal. Luka-luka dapat disembuhkan dalam 3 sampai 6 minggu. Dan akan timbul kembali. Tidak ada obat mujarab ,karena pengobatan hanya menghilangkan gejala.
Keputihan Pada wanita muda dan wanita pasca-menopause
Keputihan pada wanita muda , abnormal sebelum masa pubertas. Bila terjadi keputihan, maka terjadi masalah pada bagian kemaluan. Karena kurang kebersihan atau memakai pembalut yang jadi penyebabnya
Keluar cairan yang abnormal juga tidak biasa pada wanita yang lebih tua. Jika masa menopause dan tiba-tiba timbul keputihan yang abnormal, dokter akan memeriksa karena bisa menyebabkan adanya penyakit kanker serviks atau kanker endometrium .

- Cara mengobati keputihan dengan bahan alami adalah seperti dibawah ini :
Bahan : Tiga batang tanaman sambiloto
Cara membuat : tanaman sambiloto dicuci bersih allau dipotong-potong. Masukkan potongan tadi ke dalam empat gelas air dan direbus hingga tersisa dua gelas. Saring setelah airnya dingin.

- Cara memakai : Diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas setiap kali minum. Jika perlu ditambahkan madu secukupnya.
Agar Keputihan Tidak Berulang

- Keputihan tak boleh dianggap remeh: Bisa mengakibatkan kemandulan dan kanker. Hampir setiap wanita pernah mengalaminya. Data penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita menunjukkan 75% wanita di dunia pasti menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalaminya sebanyak dua kali atau lebih.
Pada dasarnya dalam keadaan normal, organ vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna dan jumlah tidak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual.

- Keputihan normal: ditemukan pada bayi baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari yaitu akibat pengaruh hormon estrogen ibu terhadap rahim dan vagina janin, saat janin masih didalam kandungan, perempuan dewasa apabila ia dirangsang waktu senggama dan saat mengalami haid yang pertama kali.

- Keputihan yang berbahaya: adalah keputihan yang tidak normal. Ini karena terjadi infeksi yang disebabkan kuman, bakteri, jamur atau infeksi campuran. Keputihan bisa juga disebabkan adanya rangsangan mekanis oleh alat-alat kontrasepsi sehingga menimbulkan cairan yang berlebihan. Pada tipe keputihan ini, cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan. Biasanya diiringi rasa gatal dan bau tak sedap.

- Untuk mencegah terjadinya keputihan berulang maka kaum hawa harus selalu menjaga kebersihan alat kelamin luar. Upaya ini sangat penting dalam upaya mencegah timbulnya keputihan dan juga mencegah Penyakit Menular Seksual (PMS).

Seperti diketahui kulit daerah alat kelamin dan sekitarnya harus diusahakan agar tetap bersih dan kering, karena kulit yang lembab /basah dapat menimbulkan iritasi dan memudahkan tumbuhnya jamur dan kuman penyakit. Keadaan ini dapat dicapai dengan mengeringkan kulit dengan handuk atau tisu bila berkeringat atau setelah buang air, selain menggunakan pakaian dalam yang bersih dan kering, menghindari menggunakan pakaian ketat dan sering mengganti pembalut saat datang bulan. Agar tidak terjadi infeksi dari mikroorganisme yang berasal dari anus/dubur dianjurkan untuk membasuh vagina dari arah depan ke arah belakang.

- Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan douche: (mencuci/membilas) vagina dengan larutan antiseptik dapat merugikan, karena akan menghilangkan cairan vagina yang normal dan dapat mematikan bakteri alamiah didalam vagina. Keadaan ini pula akan lebih merangsang pengeluaran cairan vagina. Demikian juga dengan pemakaian deodoran, bahan spermisidal atau bahan lain yang dimasukkan kedalam vagina akan dapat mengakibatkan alergi dan iritasi pada vagina sehingga dapat juga timbul keputihan. Untuk itu dianjurkan hanya mencuci alat kelamin bagian luar cukup dengan air bersih dan sabun mandi biasa saja.

- Yang terpenting juga: jagalah pola hidup,makanan yang sehat, dan hindari stress.
Bebas dari Keputihan
Jika keseimbangan alami daerah sekitar vagina terganggu, organisme asing masuk, keputihan bisa terjadi. Beragam faktor dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya keputihan, antara lain panas dan basah akibat penggunaan pakaian dalam dari nilon, stres, diet tinggi karbohidrat, perubahan hormonal dan kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi, iritasi kimia, dan lainnya.

- Pada umumnya wanita bersangkutan dapat merasakan tanda-tanda: antara lain gatal-gatal dan iritasi di daerah vagina dan vulva, bau yang tidak biasa, dan nanah.
Berikut ini beberapa saran yang dapat dilakukan:
1.Makan menggunakan metode gizi seimbang, rendah gula.
2.Menjaga kesehatan secara umum dengan cukup tidur, berolahraga, melepaskan tekanan emosi.
3.Menjaga kebersihan secara teratur dengan: bersihkan vagina dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus); memakai pakaian dalam yang bersih dan dari bahan katun (bahan nilon terlalu menyimpan panas dan menimbulkan kelembaban berlebihan yang mendorong tumbuhnya bakteri); menghindari penggunaan cairan atau semprotan pembersih vagina, kertas toilet berwarna, dan handuk milik orang lain; sering mengganti pembalut saat haid.
4.Yang utama dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.
5.Melakukan pemeriksaan sendiri daerah sekitar vagina sangat disarankan, supaya Anda segera tahu apakah ada infeksi atau tidak. Biasanya terjadi perubahan pada warna daerah sekitar vagina menjadi lebih merah, kadang disertai bau yang kurang sedap maupun rasa gatal.
 
  #29  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
- Penyebab Dan Tanda Endometriosis:

Penyakit endometriosis adalah sebuah penyakit pada kaum wanita yang disebabkan oleh karena faktor hormonal yaitu estrogen. Pengertian penyakit endometriosis secara medis adalah penyakit poligenik inheren disease dan penyebabnya kompleks dan multifaktorial dan merupakan hasil dari interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan. Penyakit ini berhubungan dengan proses inflamasi, imunobiologi dan dan hormonal. Ini adalah definisi pengertian endometriosis.

Penyakit ini adalah merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab wanita sulit hamil atau penyebab infertilitas (kemandulan pada perempuan wanita). Angka infertilitas pada pasien dengan endometriosis sekitar 20-50% adalah merupakan infertilitas primer, sedangkan infertilitas sekunder 15%.
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit yang menyebabkan kemandulan pada wanita ini. Beberapa teori mengatakan bahwa penyebab endometriosis ini adalah karena faktor keturunan dan juga bisa dikarenakan adanya pertumbuhan jaringan menstruasi di luar rahim sebagai akibat reaksi dari sistem kekebalan tubuh seorang wanita. Ada juga yang mengatakan bahwa hal ini terjadi karena teori menstruasi retrogard yang mana justru proses mentruasi malahan bergerak mundur.

Gejala endometriosis ini berupa pelepasan sel-sel endometrium bergerak ke arah tuba falopi kemudian masuk ke dalam perut dan tumbuh menjadi bercak jaringan. Dan ada juga yang mengatakan bahwa hal yang bisa menyebabkan hal ini adalah wanita yang seringkali dihadapkan dalam keadaan stress yang berkepanjangan.

Beberapa hal yang bisa mengindikasikan seseorang terkena radang endometrium ini adalah dengan mengenali akan tanda gejala endometriosis yang bisa berupa gejala seperti halnya :
Sakit dan nyeri pada daerah pinggang bawah dan bagian perut. Dan rasa nyeri ini timbulnya adalah ketika menstruasi pada wanita atau pun sebelum terjadinya menstruasi.

Nyeri saat atau setelah berhubungan intim dengan pasangan suami istri.
Pada keadaan dan saat tertentu timbul juga rasa nyeri pada usus, ketika kembung, sembelit atau pun terjadi diare. Lebih spesifik lagi adalah timbulnya nyeri saat pergerakan usus dan juga pada saat buang air besar.
Menstruasi yang sangat berat dan hal ini bisa terjadi dan diketahui dengan adanya perdarahan atau ngeflek diantara waktu haid.
Tidak subur atau infertil. Dan ini juga termasuk dalam ciri-ciri endometriosis juga.
Selain kita mengenal apa yang dimaksud dengan penyakit endometriosis pada wanita ini secara umum dan belum secara spesifik tentunya bagi para penderitanya menginginkan terapi dan pengobatan serta perawatan endometriosis ini.

Pengobatan endometriosis dan perawatannya bisa dilakukan setelah kita memeriksakan diri kepada ahli medis yang berkompeten dan ahli dalam mengatasi penyakit radang endometrim ini. Karena dengan memeriksakan diri akan diketahui diagnosa pasti serta macam pengobatan yang bisa dilakukan. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara ultrasound melalui vaginal sonography.

Jika terdapat "chocolate cyst" (kista coklat) ataupun keadaan rahim yang terbalik (retroverted), pembedahan akan dilakukan. Pembedahan akan membetulkan rahim dengan menjahit rahim ke otot perut di bagian depan (ventro-suspension of the uterus). Setelah ini dilakukan, bagian peranakan (rahim) serta bagian sekitarnya akan dibasuh dengan cairan untuk menghilangkan segala kotoran dan keracunan yang dikeluarkan oleh endometriosis. Jika pembedahan pada saluran fallopian, tersumbat ketika pembedahan maka pembedahan dan tindakan operasi pada endometriosis akan dilakukan sekali lagi.
Selain langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, tindakan medis sebagai terapi endometriosisi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian obat-obatan untuk mereduksi aktifitas ovarium sehingga memperlambat tumbuhnya jaringan endometrium yang merupakan salah satu dari penyebab endometriosis itu sendiri.


-Penyebab Wanita Sulit Untuk Hamil

Sulit hamil kerapkali dialami oleh beberapa wanita. Bahkan pada beberapa keluarga yang telah menikah 10 sampai dengan 15 tahun bahkan lebih belum juga dikarunia momongan buah hati. Bahkan tidak dipungkiri dalam kehidupan masyarakat kita mitos susah hamil juga banyak beredar. Contoh mitos dalam masyarakat yang membicarakan penyebab wanita sulit hamil adalah karena sperma yang encer dan lainnya.

Untuk itulah perlunya kita mengetahui akan beberapa penyebab wanita sulit hamil yang ditinjau dari sisi medis dan kesehatan. Pentinganya mengetahui akan hal yang menyebabkan seorang wanita susah hamil ini akan bisa memberikan manfaat bagaimana cara dan solusi yang tepat dalam mengatasi hal tersebut dan mendapatkan pengobatan yang benar-benar bisa membantu seorang perempuan untuk mendapatkan kehamilan.
Pada banyak sejumlah kasus yang mengalami kesusahan dalam memperoleh kehamilan dan anak, masalah kehamilan yang tak kunjung datang.

prosentase kesulitan hamil ini adalah 40% berasal dari wanita. Sedangkan pada dari pria, prosentasenya juga 40% sedangkan penyebab karena alasan lainnya adalah berkisar 5-10%. Dan sisanya disebabkan faktor sulit hamil yang tidak diketahui. Tetapi dalam masyarakat kita kaum wanita lah yang biasanya menjadi 'korban' atas stigma mengapa sulit hamil.

Pada kaum wanita maka masalah kesuburan adalah pertama adalah adanya gangguan hormonal. Dan hal ini akan berakibat pada gangguan ketika sedang ovulasi. Sedangkan pada pria masalah sulit hamil ini berkaitan erat dengan kualitas sperma. Kualitas sperma yang rendah atau pun tidak bagus ini sering mengakibatkan kesulitan dalam memperoleh keturunan. Penyebab kualitas sperma rendah atau jelek adalah gangguan pada proses pembentukan spermatozoa, yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan gaya hidup seseorang.

Berikut beberapa kemungkinan hal yang bisa penyebab susah hamil pada wanita diantaranya yaitu :
Endometriosis.
Yang dimaksud dengan pengertian endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Kadaan seperti ini umumnya akan bisa mempengaruhi keadaan indung telur, sel telur, saluran telur, rahim dan bahkan fungsi sperma. Pada endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas.

Pada kasus ini, pemeriksaan laparoskopi bisa digunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan karena adanya endometriosis dan bermanfaat untuk membantu pembuahan antara sel perma dan sel telur. Ada juga beberapa penyebab dan tanda endometriosis yang perlu juga kita ketahui bersama.

Pola Hidup Tidak Sehat Serta Konsumsi Obat-obatan Tertentu.
Hal ini bisa dkarenakan beberapa pola hidup yang kurang sehat seperti halnya konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, makanan tidak sehat, kegemukan (kelebihan berat badan). Untuk itulah diperlukan juga cara menurunkan berat badan yang tepat dalam hal ini. Obatan-obatan tertentu bisa menjadi penyebab infertilitas pada wanita. Tetapi dengan menghentikan konsumsi obat itu sepenuhnya, wanita masih mungkin untuk kembali menjadi subur seperti semula.

Kerusakan Tuba Falopi (saluran telur)
Ketika terjadi peradangan pada tuba saluran telut ini, karena adanya penyumbatan atau jaringan parut atau hal lainnya, akan bisa menyebabkan infertilitas. Pada proses ovulasi, sel telur yang sudah matang dilepaskan dari dalam rahim menuju saluran telur untuk dibuahi. Jika saluran ini rusak, maka sel telur juga akan terpengaruh. Penyebab kerusakan saluran telur pada wanita ini bisa karena infeksi penyakit menular seksual, terutama klamidia. Kasus-kasus lain yang bisa menjadi penyebab penyumbatan pada tuba adalah penyakit radang panggul, atau bekas operasi akibat kehamilan ektopik.

Alergi Pada Sperma.
Wanita yang mengalami kelainan hormonal antisperma tubuhnya otomatis akan membentuk antibodi setiap kali dimasuki oleh sperma. Antibodi akan 'menolak' dan 'mengusir' sperma yang masuk. Karena tidak adanya pertemuan antara sperma dan sel telut ini makatidak mungkin akan terjadinya pembuahan. Alergi ini harus diatasi dengan paternal leukocyte immunization.

Stress.
Keseimbangan dan ketenangan adalah salah satu kunci dan juga tips cara cepat hamil. Bila kita selalu dalam kondisi stressor yang tinggi maka hal ini akan mempengaruhi akan keinginan kita untuk memperoleh buah hati dalam keluarga kita. Apalagi memang tidak disalahkan juga bila telah sekian tahun menikah dan belum juga dikaruniai momongan maka keluarga, teman, saudara, tetangga akan banyak menanyakan akan hal ini dan tentunya akan membuat kita juga bertambah stress. Dan akan banyak tanda gejala stres yang kita dapati. Maka harus segera dicarikan solusi dan cara yang tepat untuk bisa lebih menenangkan diri dan memanajemen stres pada diri kita dengan lebih baik lagi.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Hanya saja untuk kepastiannya akan hal apa yang menjadi penyebab wanita sulit hamil ini adalah dengan memeriksakan kepada dokter yang ahli dalam bidang infertilitas tentunya dengan didampingi suami juga karena sang suami juga harus memeriksakan dirinya juga.


---------- Post added at 11:23 ---------- Previous post was at 11:11 ----------

- Tanda Gejala Stress

Stres adalah merupakan gejala yang umum terjadi pada diri kita sebagai manusia. Karena sebagai manusia kita tidak mungkin terlepas dari masalah yang satu ini. Akibat stres berkepanjangan akan bisa membuat produktivitas kita menurun, rasa sakit dan bahkan bisa terjadi gangguan mental bila kita tidak segera menyikapinya dengan bijaksana. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik yang berupa fisik atau pun mental.

Pengertian stress adalah merupakan suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Stres pada ibu hamil juga bisa membahayakan bagi janin yang ada dalam kandungan. Karena memang segala hal yang berhubungan dengan ibu hamil baik itu secara fisik maupun mental psikologi akan bisa mempengaruhi juga bagi kesehatan serta psikologi janin yang ada dalam kandungannya.

Ada beberapa hal bisa menyebabkan seseorang stres atau mengalami ketegangan emosional. Beberapa penyebab stres bisa dikarenakan oleh faktor :
Kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang bisa berupa kesedihan atau kehilangan bahkan kegembiraan.
Status kesehatan.
Status sosial ekonomi.

Masalah dalam hubungan interpersonal
Lingkungan masyarakat atau lingkungan kerja yang baru.
Kehidupan rumah tangga, pekerjaan, sekolah, masa remaja dan sejenisnya.
Beberapa hal yang tersebut di atas bisa merupakan faktor yang menyebabkan stres pada diri seseorang.

Lalu bagaimana tanda dan gejala bila seseorang sedang mengalami sesuatu yang menggangu pikirannya dan menguras pikiran dan juga tenaganya. Berikut beberapa Tanda Gejala Stress yang bisa dikenali ada pada diri seseorang :
Merasakan Kelelahan.
Lelah ketika mengalami stress adalah sering dirasakan oleh penderita tekanan psikologi yang berlebihan. Menurut profesor di departemen fisiologi integratif University of Colorado yaitu Monika Fleshner, PhD bahwa ketika seseorang sedang stres, maka sistem kekebalan tubuh keliru menganggapnya sebagai suatu infeksi.

Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, yang berdampak akan memaksa orang untuk beristirahat. Kecemasan juga dapat menyebabkan insomnia (sulit tidur), yang dapat menyebabkan kelelahan. Ini termasuk dalam gejala stress.

Sering Merasakan Lupa
Hormon yang dilepaskan ketika sedang dalam masa stres akut atau berkepanjangan dapat menekan memori jangka pendek orang. Tetap pada umumnya efek lupa ini hanya berlangsung sementara dan tidak bersifat permanen. Bruce McEwen, PhD, kepala laboratorium neuro-endocrinology di Rockefeller University, di New York City mengatakan stres kronis dapat mengubah struktur sel saraf dan hubungannya dengan otak.
Perubahan ini yang akhirnya dapat menyebabkan gangguan mengingat nama atau arah.

Mudah Berkeringat
Hormon yang ada dalam tubuh orang yang berkitan langsung dengan stressor ini yaitu hormon kortisol atau hormon stres akan mengalami peningkatan. Dan peningkatan hormon tersebut akan berakibat kepada munculnya tanda stress lainyya yaitu memicu keringat berlebih, terutama pada daerah di bawah lengan.

Sakit Kepada Dan Leher Terasa Kaku serta Kencang
Hal ini diakibatkan karena reaksi dari stress akan memacu jantung untuk berkontraksi lebih keras dari pada biasanya dan akan meningkatkan tekanan darah seseorang yang berakibat pada timbulnya sakit kepala dan leher dirasakan kencang.

Mimpi Buruk
Ketika seseorang sedang diserang dengan kecemasan dan ketegangan tingkat tinggi maka hal ini akan berakibat seseorang tersebut mengalami mimpi yang buruk pada tidurnya. Hal ini dikatakan oleh Barry Krakow, MD, Direktur Medis dari Maimonides Sleep Arts and Sciences, Albuquerque, New Mexico bahwa ketika pikiran kita dipenuhi dengan kecemasan dan selalu merasa tegang maka mimpi buruk akan sering datang.

Demikian beberepa hal yang berhubungan dengan penyebab stress, serta tanda dan gejala pada diri seseorang yang sedang mengalami stres. Hanya saja tidak selalu tanda stres akan bisa terlihat dari perilaku di atas. Hal ini juga tergantung mekanisme koping masing-masing individu dalam mengatasi stress yang dialaminya.
Sehingga kita juga perlu untuk mengetahui tips mengatasi stres yang bisa dilakukan dengan baik ketika sedang melakukan koping mekanisme mengahadpi stress dan stressor pada diri kita sendiri. Dan juga tips atasi stress ini juga tentunya akan berbeda pada masing-masing individdu atau orang.

Kesimpulan nya yang bisa kita ambil adalah bahwa stress ini akan bisa mempengaruhi kondisi fisik, psikis mental dan emosi seseorang. Akan tetapi, di sisi lainnya stress dapat mempunyai dua efek yang berbeda, yaitu bisa berupa hal yang negatif ataupun hal yang positif, tergantung bagaimana individu tersebut dalam cara menghadapi stress dan bagaimana seseorang tersebut mempersepsikan stress yang sedang di alaminya.
 
  #30  
Old
Holden...   TS 
 
Posts: 2,026
 
- Pap Semear

Mengapa perlu Pap Smear ? (Deteksi dini kanker leher rahim)
Bagi anda wanita yang sudah aktif secara seksual perlu membaca artikel tentang pap smear dan vaksinasi HPV.

Apakah pap smear itu?
Pap smear merupakan kepanjangan dari Papanicolau test. Tes ini ditemukan oleh Georgios Papanikolaou. Tes ini merupakan tes yang digunakan untuk melakukan skrening terhadap adanya proses keganasan (kanker) pada daerah leher rahim (servik).

Mengapa perlu skrening?
Kanker leher rahim merupakan kanker yang paling sering dijumpai pada wanita setelah kanker payudara. Kanker ini termasuk penyebab kematian terbanyak akibat kanker. Secara internasional setiap tahun terdiagnosa 500.000 kasus baru. Seperti halnya kanker yang lain, deteksi dini merupakan kunci keberhasilan terapi, semakin awal diketahui, dalam artian masih dalam stadium yang tidak begitu tinggi atau bahkan baru pada tahap displasia atau prekanker, maka penanganan dan kemungkinan sembuhnya jauh lebih besar. Meskipun sekarang ini sensitivitas dari pap smear ini ramai diperdebatkan dalam skrening kanker leher rahim, Pap smear ini merupakan pemeriksaan non invasif yang cukup spesifik dan sensitif untuk mendeteksi adanya perubahan pada sel-sel di leher rahim sejak dini, apalagi bila dilakukan secara teratur. Cervicography dan tes HPV DNA diusulkan sebagai metode alternatif bagi skrening kanker leher rahim ini, karena kombinasi antara pap smear dan cervicography atau tes HPV DNA memberikan sensitivitas yang lebih tinggi dibanding pap smear saja.

Siapa saja yang perlu melakukan pap smear?
Pada umumnya seorang wanita disarankan untuk melakukan pap smear untuk pertama kali kira-kira 3 tahun setelah melakukan hubungan seksual yang pertama kali. American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan pap smear dilakukan setiap tahun bagi wanita yang berumur 21-29 tahun, dan setiap 2-3 tahun sekali bagi wanita yang berumur lebih dari 30 tahun dengan catatan hasil pap testnya negatif 3 kali berturut-turut. Namun apabila seorang wanita mempunyai faktor resiko terkena kanker leher rahim (misalnya : hasil pap smear menunjukkan prekanker,terkena infeksi HIV, atau pada saat hamil ibu mengkonsumsi diethylstilbestrol (DES)) maka pap smear dilakukan setiap tahun tanpa memandang umur. Batasan seorang wanita untuk berhenti melakukan pap smear menurut American Cancer Society (ACS) adalah apabila sudah berumur 70 tahun dan hasil pap smear negatif 3 kali berturut-turut selama 10 tahun.

Apa saja persiapan yang diperlukan?
Persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan pap smear antara lain :
• Hindari melakukan hubungan seksual, gurah vagina, penggunaan kream dan jelly 2 hari sebelum pap smear karena dapat menyamarkan hasil pemeriksaan.
• Meskipun pap smear ini dapat dilakukan pada saat menstruasi, namun disarankan untuk melakukannya pada saat tidak menstruasi, karena akan menyulitkan pameriksaan.

Bagaimana prosedur pap smear?
Pemeriksaan pap smear hanya berlangsung beberapa menit dan tidak menyakitkan, dokter akan menyuruh pasien membuka pakaian bagian bawah dan pasien terlentang di tempat tidur periksa dengan posisi lithotomy (kaki membuka dan lutut menekuk seperti posisi pada saat melahirkan).Dokter akan memasukkan alat bernama spekulum (cocor bebek) ke dalam vagina untuk membuka vagina sehingga dokter dapat memeriksa kondisi leher rahim, kemudian dokter akan mengambil sampel sel yang ada pada leher rahim dengan menggunakan Aylesbury spatula atau endocervical brush atau semacam sapu lidi kecil dari plastik untuk mengumpulkan sel-sel tersebut. Kemudian dokter akan memproses sel-sel tersebut, tergantung metode yang digunakan apakah konvensional pap smear (sel-sel tadi akan dibuat hapusan tipis secara langsung pada slide dari kaca baru difiksasi) atau liquid-based cytology (sel-sel tadi dimasukkan ke dalam wadah yang berisi cairan khusus biasanya berbasis etanol untuk menjaga kondisi sel-sel tersebut, kemudian sampel tadi dibawa ke laboratorium patologi anatomi untuk dibuatkan hapusan tipis sel).Setelah dibuat hapusan sel, slide kaca tadi dicat dengan metode Papanicolau dan didiagnosis oleh dokter spesialis patologi anatomi dengan menggunakan mikroskop. Kedua metode tersebut tidak mempunyai perbedaaan yang bermakna. Setelah melakukan pap smear pasien dapat langsung melanjutkan aktivitasnya.

Interpretasi hasil
Hasil pemeriksaan pap smear dikategorikan berdasarkan Bethesda sistem, secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Negative for Intraepithelial Lesion or Malignancy
2. Epithelial Cell Abnormalities
3. Atypical glandular cells (AGC)
4. Other

Tindak lanjut
• Jika hasil pap smear negatif yang berarti tidak ditemukan adanya abnormal sel, maka tidak diperlukan terapi sampai jadwal pap smear yang berikutnya
• Apabila hasil pemeriksaan positif yang berarti ditemukan adanya sel yang abnormal,maka penanganannya tergantung pada tipe sel yang ditemukan. Apabila ditemukan displasia atau prekanker dokter akan melakukan kolposkopi menggunakan mikroskup untuk memeriksa area leher rahim dan melakukan biopsi. Apabila hasil biopsi juga menunjukkan displasia maka dokter kandungan akan melakukan cryosurgery atau cone biopsi sebagai terapi terhadap displasia tersebut. Apabila ditemukan keganasan dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk menentukan stadium dari keganasan tersebut dan akan melakukan terapi sesuai stadium yang ditemukan.

Jadi mencegah lebih baik dari mengobati kan?
Pada postingan berikutnya akan dibahas tentang tes untuk medeteksi HPV, pengaruh HPV pada kanker leher rahim, dan vaksinasi HPV. Jadi jangan sampai ketinggalan.

Waspadai Gejala
Apa saja gejala terkena kanker serviks? Berikut ciri-cirinya:
- Perdarahan pervagina paskasenggama atau spontan di luar haid.
- Keputihan yang berulang, bau, gatal, atau panas.
- Nyeri di panggul, pinggang, dan tungkai.
- Gangguan berkemih dan pembesaran ginjal.
- Nyeri di kandung kemih dan rektum atau anus.
- Penurunan berat badan secara drastis.

Antisipasi Dini
Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa terbebas dari penyakit ini.

Yakni sebagai berikut:
1 Tes Pap (Pap smear)
Menurut dr. Yurni Satria, M.Phil., dari Yayasan Kanker Indonesia, pap smear adalah salah satu pemeriksaan untuk melihat apakah terjadi sel-sel abnormal, pra kanker, atau infeksi di leher rahim dengan cara mengambil lendir di leher rahim.

prosedur pelaksanaan nya sendiri sangatlah mudah, cepat, dan tidak menyakitkan.

Berikut caranya:
- 1-2 minggu setelah haid
, pasien (usia 25-60) bisa datang ke dokter patologi dan anatomi atau bidan untuk melakukan pap smear (terutama wanita usia yang aktif berhubungan seksual).
- 1 hari sebelum pemeriksaan, jangan dulu melakukan hubungan seksual dan mencuci vaginanya dengan sabun, gel, dan lain-lain (cukup dengan air bersih), karena dapat mengacaukan hasil tes.
- Saat pemeriksaan, dokter/bidan akan mengambil pusaktan sel yang berada di batasan antara squamous sel dan kolumnar sel (sel kanker lebih senang berada di batasan itu) dengan Aylesbury spatula atau endocervical brush .
- Lalu pusaktan sel diletakkan dalam gelas objek, dicampur dengan alkohol 70 persen, diberi pewarna, dan dikirim ke laboratoriun patologi dan anatomi.
- Hasil pemeriksaan biasanya akan keluar setelah 1 minggu dan selama itu pun pasien bisa beraktivitas seperti biasa.

Lalu apa yang dilakukan pasien
1 jika pada leher rahimnya ditemukan sel pra kanker? Dokter/bidan pastinya akan langsung melakukan tindakan pengobatan. Untuk menghindar terjangkit dari penyakit ini, ada baiknya tiap wanita memeriksakan dirinya (melakukan pap smear) minimal 1 kali dalam setahun.
Jika selama 3 tahun berturut-turut hasilnya normal, secara otomatis dokter akan mengurangi frekuensinya.

2 Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Kolposkopi, dan Vaksin HPV.
Cara ini bisa dilakukan oleh dokter, bidan, atau paramedik. Alat dan bahan yang digunakan hanyalah speculum vagina, asam asetat 3-5 persen, kapas lidi, dan meja pemeriksaan. Apabila dalam pulasan terjadi perubahan warna asam asetat (bercak putih), kemungkinan ada kelainan tahap prakanker serviks.

3 Kolposkopi
Pemeriksaan mulut rahim de­ngan menggunakan kamera pembesar.

4 Vaksin HPV
Yaitu dengan memasukkan serum antibodi ke dalam tubuh. Yang dimasukan adalah bagian dari virus HPV yaitu kulit/cangkang yang telah dipurifikasi dan dilarutkan dalam cairan tertentu sehingga merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh terhadap APV.

Pemberian vaksin dilakukan 3 kali, yakni di bulan 0, kedua, dan keenam (quadrivalent HPV vaksin yang dapat memberikan proteksi HPV tipe 16, 18 dan 6, 11 dari 100 tipe yang ada). Vaksin ini sudah beredar di seluruh negara negara maju.

Pencegahan Lebih Efektif
Berikut cara yang diterapkan untuk mencegah kanker serviks.
- Banyak membaca dan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kanker serviks dari mana saja.
- Tidak berganti-ganti pasangan. Setelah menikah, Sigi juga mengedukasi suaminya mengenai hal ini. Jika ia tertular suaminya juga berisiko tertular.

---------- Post added at 15:07 ---------- Previous post was at 12:34 ----------

- Penyebab dan Jenis Kista Ovarium

Penyebab dan Jenis Kista Ovarium. Kista Ovarium adalah kantong kecil yang terbentuk di dalam ovarium atau indung telur wanita. Kantong ini berisi cairan dan dikategorikan sebagai tumor jinak dan tidak berbahaya. Sebenarnya kista dapat hilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus justru menimbulkan masalah kesehatan seperti haid tidak lancar, pendarahan, kista pecah, tidak bisa hamil, batang ovarium terlilit, dan juga kanker endometrium.

Proses Terbentuknya Kista
Seorang wanita yang sehat biasanya memiliki sepasang ovarium di kanan dan kiri rahim. Setiap ovarium menghasilkan satu telur setiap bulannya dan telur itu terbungkus dalam kantong yang bernama folikel. Setelah telur matang, telur akan keluar menuju rahim dan dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan tempat bagi telur yang telah dibuahi oleh sperma. Namun apabila telur tidak dibuahi, rahim yang menebal tersebut akan luruh bersama telur dan kemudian keluar. Inilah yang disebut menstruasi.

Ketika folikel tidak berhasil pecah untuk mengeluarkan telur di dalamnya, cairan di dalamnya akan membentuk kista kecil yang tidak lebih besar dari 4 cm. Kista varium ini disebut kista fungsional yang lumrah terbentuk pada salah satu ovarium wanita. Setelah beberapa waktu, kista ini akan menyusut dan hilang dengan sendirinya.

Beberapa Jenis Penyakit Kista Ovarium
1.Kista Corpus Luteum:
berdiameter sekitar 2-6 cm. Terbentuk dari folikel yang terisi cairan atau darah setelah sel telur keluar. Kista ovarium ini dapat membesar dan melilit batang ovarium. Pada kondisi ini, penderitanya akan merasa sangat kesakitan dan memerlukan tindakan pembedahan untuk mengangkat kista tersebut.

2.Kista Hemorrhagic: Kista fungsional biasa yang mengalami pendarahan dan menimbulkan kram perut.

3.Kista Dermoid: dapat tumbuh hingga diameter 15 cm dan melilit batang ovarium. Isinya tidak hanya berbentuk cairan, tetapi juga lemak, jaringan tulang, tulang rawan, dan bahkan rambut.

4.Kista Endometrium (endometriosis): merupakan jaringan pelapis rahim yang tumbuh di sekitar ovarium. Berisi darah yang berwarna kecoklatan dan dapat berdiameter 2-20 cm. Menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa saat menstruasi dan dapat menimbulkan masalah untuk mendapatkan keturunan.

5.Kista Denoma: kista ovarium yang dapat berukuran sangat besar hingga diameter 30 cm dan dikategorikan sebagai tumor. Kista ini terbentuk dari jaringan ovarium.

6.Kista Polikistik: terbentuk di sekitar ovarium, kecil – kecil, dan berisi cairan jernih. Terjadi karena gangguan haid atau hormon.

7.Sindrom Polikistik Ovari: kista ovarium yang tumbuh dalam jumlah yang banyak di dalam ovarium. Penyebabnya yaitu berlebihnya hormone androgen atau faktor keturunan. Kista ini dapat menyebabkan kemandulan, pendarahan, gangguan kehamilan dan keguguran, bahkan kanker endrometrium yang juga komplikasi penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung dan kolesterol. Penyakit ini menyerang 4-7% wanita yang dalam usia produktif.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mnta informasi mengenai "Klinik Harmoni Obginozone Health Center" di jkt -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:22.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com