Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Fariha...   TS 
 
Location: Makassar
Posts: 831
Default contoh kisah divonis keguguran tapi janin bertahan

Assalamu alaikum.
Bundas , saya baca di detik.com ttg bumil yg divonis keguguran tapi nyatanya janinnya selamat. Saya kepikiran utk bagi informasinya ke bundas skalian.
Mungkin sudah ada yg pernah baca, tapi gak papa kan bundas??
Niy bund :
Jakarta - Entah keajaiban atau kesalahan medis semata, ibu-ibu ini mengalami pengalaman serupa ketika mengandung. Berikut ini beberapa pengalaman ibu hamil yang didiagnosa keguguran, namun tak lama malah melahirkan bayinya.

Dikutip dari The Sun, Jumat (28/6/2013) penelitian terbaru yang dilakukan Imperial College London menemukan kesalahan yang sering terjadi saat membaca scan ultrasound. Beberapa wanita yang melakukan pemeriksaan biasanya ingin mendapati bahwa bayi mereka sehat, tetapi yang lainnya memiliki ketakutan kalau-kalau mereka keguguran dan harus kehilangan bayi.

Seperti yang dialami oleh Stacey Farmer (30). Wanita yang berasal dari Bestwood, ini sebelumnya didiagnosa mengalami keguguran, tetapi kemudian ia menemukan dirinya telah mengandung bayi 34 minggu dan ia memiliki janin kembar.

"Ketika saya mulai pendarahan saat usia kehamilan 11 minggu, saya diberitahu bahwa kandungan saya telah lenyap," katanya.

Karena keguguran ini, hubungan Stacey dan pasangannya sempat rusak sebab ia selalu kesal sepanjang waktu dan merasa sedih. Tapi beberapa minggu kemudian pasangan ini memutuskan untuk berbaikan, 3 bulan kemudian Stacey kembali mendapati menstruasinya tidak normal.

Ia memutuskan untuk mengambil alat tes kehamilan dan hasilnya positif. "Saya melakukannya 6 kali sebelum saya benar-benar menerima bahwa saya hamil dan tak ingin terlalu berharap. Meski khawatir keguguran lagi, saya senang bisa hamil lagi," katanya.

Saat ia memeriksakan ke dokter, ternyata salah satu dari janin kembarnya saat itu ternyata selamat dan bertahan. Anaknya itu kini diberi nama Thomas dan sudah memiliki adik lagi bernama Molly.

Nah, seperti yang dialami Stacey, Linda Aitchison (45) pun mendapatkan diagnosa serupa. Saat kandungannya berusia 6 minggu ia diberitahu bahwa ia telah keguguran.

Awalnya pada 1 April 1998 ia mendapati dirinya mengandung. Linda dan suaminya sangat bahagia, namun tak lama setelah itu ia mengalami sakit perut hebat dan mengalami perdarahan dan diberitahu bahwa ternyata ia keguguran.

"Mereka menyuruh saya datang kembali dalam 10 hari untuk pemeriksaan. Namun ajaibnya, mereka mengatakan kedua bayi saya masih hidup," ujar Linda.

Karena sempat keguguran, Linda ketakutan akan keguguran lagi tapi siapa yang tahu bahwa janin kembarnya dapat bertahan. "Tetapi setelah 34 minggu akhirnya saya melahirkan Emily dan Melissa secara normal," ucap Linda.

Namun, pada 2011 Neil suaminya mengalami melanoma dan pada Mei lalu Neil meninggal. Namun keadaan ini tak lagi menjadi terlalu berat bagi Linda karena ia sempat merasakan bagaimana rasanya kehilangan, saat didiagnosa keguguran beberapa tahun lalu.

Selain kedua wanita tersebut, Julia pun turut berbagi cerita. Julia Murray (27) mengatakan bahwa ia mengalami perdarahan saat kandungannya berusia 8 minggu.

"Saya pergi ke dokter dengan banjir air mata tetapi ia meyakinkan saya bahwa kandungan saya baik-baik saja. Dua minggu kemudian saya mengalami perdarahan besar-besaran dan Graham suami saya membawa saya ke A&E di Broomfield Hospital di Essex," tuturnya.

Mereka mendapati kabar bahwa Julia mengalami keguguran. Namun ternyata Julia hanya mengalami pecah plasenta, dan ia ternyata salah didiagnosis mengalami keguguran. "Untungnya itu adalah sebuah kesalahan. Sonografer itu bahkan terkejut ketika menemukan detak jantung," lanjut Julia.

Julia memang sempat merasa ngeri bagaimana bisa bayinya dapat bertahan dengan usia 24 minggu dan itu sangan rentan. Akhirnya dengan intuisinya sebagai ibu, Julia berusaha mempertahankan kondisi janinnya semaksimal mungkin.

Tiga minggu kemudian ia merasa sehat dan memutuskan untuk berbelanja. Tetapi, saat ia kembali ke rumah ia mengalami pendarahan dan ibunya menelepon ambulans.

"Ketika sampai di Broomfield mereka menemukan ketuban saya sudah pecah ketika umur 24 minggu tetapi janin saya tetap baik-baik saja," ujarnya.

Saat dirawat ia dihubungkan dengan monitor. Malamnya, ketika perawat ingin mematikan monitor tersebut tetapi ia meminta untuk tetap menyalakannya. Untungnya karena tak dimatikan ia menemukan bahwa detak jantung bayinya perlahan mulai lemah.

"Detak jantung bayiku turun ke tingkat yang berbahaya sehingga dokter memutuskan operasi caesar," tambah Juli.

Dalam usia kehamilan 27 minggu, memang masih sangat awal untuk kelahiran seorang bayi, sehingga ia khawatir. Untunglah si bayi lahir dengan selamat walaupun berat badannya hanya 1,4 kg.

"Kami memanggilnya Alfie dan dia sekarang berusia 14 bulan dan sehat. Alfie adalah sebuah keajaiban. Saya tidak percaya, saya pikir saya akan mengalami keguguran dan sekarang bayi kami lebih dari satu tahun," tutupnya.

Terdapat lebih dari 400 wanita setiap tahunnya mengalami salah diagnosa. Mereka didiagnosa mengalami keguguran setelah mengalami pendarahan, namun ternyata diagnosanya salah.


Sumber : detikHealth : Aneh! Dinyatakan Keguguran, Para Ibu Hamil Ini Malah Melahirkan
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
lia k...
 
Posts: 1
 
mau tanya bunda-bunda cantik ..
30 okt lalu sy keguguran keluar gumpalan darah ky hati ayam usia 5w
17 nov sdh mulai haid lg tp sleseny mau 2 minggu

tp bln desember ini sdh g haid lg ..merasa pydra ny jg agak g nyaman ky prtama hamil

akhirny sy putuskn TP dan hasilny positif

yang aku bingung saya hamil lg atau janin saya yg dlu masih bertahan ya bun ..ada yg bisa bntu jawab?

perutny jg udah agak besar beda dg kehamilan yg dl
 
  #3  
Old
bintan...
 
Posts: 62
 
Cek ke dokter saja, bunda. Nanti akan ketahuan usia kehamilannya berapa w.
Tapi kalo dari ceritanya, sepertinya bunda baru hamil lagi. Krn yang dulu kan jelas2 hampir 2 minggu mens nya
 
  #4  
Old
Miftak...
 
Posts: 2
 
Kalo aku bun, 26 juli 2017 HPHT , Bulan agustus udah gak haid lagi. Aku tes alhndllh positif , usia khmilan jln 7 minggu. Nah hari senin kmren tggal 11 september 2017 aku keluar gumpalan darah putih gitu. Tapi aku gak rasa sakit perut atau apa. Kata bidannya, aku di suru istrht total dlu 3 hari smbil di ksih obat onguat kandungan. Besok tggal 13.9.3017 insya allah mau usg. Sya jdi brtnya" apa itu keguguran atau bgmn yaaa? Solanya baca" postingan bunda" yg lain juga. Ada yg kyak gini tapi janinnya msh bertahan. Mudah"an doakan ya bunda"ku. Smga saya dan janin saya kuat dan bisa bertahan.
 
  #5  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
sguh keajaiban sang pencipta bun,, buat miftahuljannah semoga sehat ya kandungannya

 
  #6  
Old
kristm...
 
Posts: 478
 
nah itu pentingnya second opinion dari dokter.

temen kakak saya dulu juga begitu. periksa di dokter A divonis kalau kandungan lemah dan lebih baik dikeluarkan saja, akhirnya pindah ke dokter B diberi penguat dll akhirnya juga bisa lahiran dengan selamat. bahkan anak yg awalnya disuruh digugurkan itu sekarang sudah besar.

makanya di kehamilan yang lalu saya sampai periksa ke 2 dokter lagi yang berbeda saat divonis BO. ehh tapi mungkin memang belum rejeki saya, karena kandungan saya kemarin memang benar2 BO dan harus dikuret karena kantong janin sudah terlalu besar.
 
  #7  
Old
Umi fa...
 
Posts: 2
 
jadi takut bund... aku keluar flek udah
1 minggu... usg baru kelihatan kantungnya semoga debay nya mau berkembang usg 2 minggu lagi paz 7week
 
  #8  
Old
kristm...
 
Posts: 478
 
Replying to: View Post
jadi takut bund... aku keluar flek udah
1 minggu... usg baru kelihatan kantungnya semoga debay nya mau berkembang usg 2 minggu lagi paz 7week
bunda sudah periksa ke dokter mengenai flek ini?

di kehamilan saya yang kedua saya juga ngeflek di usia 5 minggu, hari pertama ngeflek saya langsung periksa. terus diberi penguat dan penghenti pendarahan. harus bed rest total juga

puji tuhan 3 hari flek sudah berhenti. sekarang kandungan saya sudah 19 minggu dan baik2 saja.

waktu 7 minggu kandungan saya jg baru terlihat kantong saja kok. di usia 9 minggu baru terdengar detak jantung yg cukup jelas.

oh ya karena saya ada riwayat flek itu makanya dokter menyuruh saya untuk periksa tiap 2 minggu sekali untuk memonitor bahwa kandungan saya memang baik2 saja
 
  #9  
Old
Linna ...
 
Posts: 5
 
Ikut gabung ya bunda...
Q juga lg H2C nih. Bln kmrn q sempet telat 9 hari. To q blm sempet TP. stlh itu muncul flek coklat lama sih, sekitar 3 mingguan. Setelah itu sembuh. Q denger cerita tmn. Kalau dia juga seperti itu dan ternyata positif. Q penasaran .N coba TP. Ternyata bener q positif. Padahal aktivitas qbanyak bgt akhir" ini. Karen penasaran q USG. Katanya bener, tp baru kantong aja yg kelihatan. Dan placenta udah mulai menebal. Usianya 6w. Dokter nyuruh balik lg tar 2 Minggu lg untuk lihat hasilnya.

Bunda ada yg pengalaman gitu g? Q takutnya BO, spt cerita org.....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Divonis rahim kering tapi kok hamil?! -- Diskusi Umum 13
USG rahim kosong but bidan blg janin bertahan -- Ngobrol Apa Saja 2
divonis dokter janin tidak ad detak jantung... -- Diskusi Umum 15
Kisah Inspiratif : Lihat Foto Janin Tersenyum, Ibu Tolak Gugurkan Kandungan -- Ngobrol Apa Saja 7
Apakah bisa hamil setelah keguguran dan divonis punya kista? -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:08.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com