Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
Luthvi...
 
Posts: 1
 
Mohon di bantu??😭
Saya member baru dsini..
Buat bunda2 yang di vonis pcos dan berhasil hamil atau yang sedang berjuang jg seperti saya karena baru kmrn d bilang dokter seltelur saya kecil2..
Yang mau saya tanyakan diet seperti apa untuk pcos??
Dan bunda2 punya grup bbm atau wa yang khusus pcos biar menambah semangat saya..
Trimakasih😁💪😔😢
 
  #32  
Old
ana ar...
 
Location: sekarang di karawang
Posts: 531
 
Replying to: View Post
Mohon di bantu??😭
Saya member baru dsini..
Buat bunda2 yang di vonis pcos dan berhasil hamil atau yang sedang berjuang jg seperti saya karena baru kmrn d bilang dokter seltelur saya kecil2..
Yang mau saya tanyakan diet seperti apa untuk pcos??
Dan bunda2 punya grup bbm atau wa yang khusus pcos biar menambah semangat saya..
Trimakasih😁💪😔😢
Usahakan kurangi makan nasi putih, bs ganti dgn kentang/ ubi2/ beras merah
Hindari makanan/ minuman manis2.
Pcos bs karena kelebihan insulin makanya ada yg dkasih obat metformin (sperti aku)
Hindari makanan dr bahan kedelai,
BB harus ideal.
Gizi harus seimbang,
Minum rebusan kacang hijau bs bikin sel telur besar, bubuk kayu manis&madu jg bs. OR Teratur

Tapii pada kenyataan, aku ya ttp makan nasi putih &males OR

---------- Post added at 10:36 ---------- Previous post was at 10:32 ----------

Replying to: View Post
Buat bunda-bunda yg masih bingung tentang PCO atau PCOS, saya coba sedikit memberi info tentang PCOS ini dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya bunda-bunda..


PCO (Polycystic Ovary) atau disebut juga PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) adalah kondisi dimana seorang wanita mengalami ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini dicurigai akibat dari adanya transfer kimia antara otak dan indung telur. PCOS bisa terjadi karena hormon LH (Lutheinizing Hormone) dan Insulin yang terlalu tinggi. Dan juga tingginya hormon Androgen (hormon laki-laki) pada wanita.

CIRI-CIRI PENDERITA PCOS :
  1. Antara 50% - 60% wanita dengan diagnosa PCOS, menderita obesitas.
  2. Dalam pemeriksaan USG terlihat sejumlah sel telur dengan ukuran kecil-kecil.
  3. Siklus haid yang tidak teratur dengan gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) yang lebih berat. Jika anda mendapati siklus haid anda terjadi hanya 2-3 kali dalam setahun, kemungkinan anda mengalami PCOS.
  4. Mengalami kesulitan untuk hamil, karena ovulasi yang tidak teratur.
  5. Pertumbuhan rambut-rambut halus pada beberapa bagian tubuh, dan penipisan rambut pada bagian kepala.
  6. Jerawat.
  7. Bercak-bercak hitam pada leher bagian belakang, bawah ketiak atau pada lipatan-lipatan tubuh yang lain (disebut Acanthosis Nigricans).
  8. Penambahan berat badan yang cepat.
RESIKO Yang bisa ditimbulkan karena faktor PCOS :
  1. 7 kali lebih tinggi terkena Diabetes.
  2. Penyakit jantung.
  3. Tekanan Darah Tinggi.
  4. Penebalan Lapisan Endometrium (lapisan dinding rahim) yang dapat meningkatkan resiko kanker jika tidak segera ditangani.
  5. Gangguan tidur dan depresi.
PENANGANAN UNTUK PCOS :
  1. Pengobatan dengan obat-obat dari dokter.
  2. Diet Sehat Untuk Penderita PCOS. *
  3. Olah Raga.

* DIET SEHAT UNTUK PCOS :

1. Hindari makanan yang mengandung gula-gula buatan yang bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin.----- Seperti : gula halus, permen, kue-kue manis, soft drink dan minuman-minuman yang manis lainnya.

2. Ganti nasi putih dengan beras merah yang memiliki indeks glikemik rendah.

3. Konsumsi ikan-ikan segar yang banyak mengandung Omega-3, seperti contohnya ikan Salmon yang kaya akan Omega-3.----- Asam lemak Omega-3 terbukti mampu menurunkan kadar hormon testosteron (hormon laki-laki), sehingga membantu kinerja ovarium dalam mematangkan sel telur.

4. Putih Telur Ayam Kampung.--- Selain tinggi protein, putih telur juga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kualitas sel telur. Dari hasil riset Dr. Sidika E.Kasim-Karakas, MD, pakar endokrinologi dari UC Davis Medical Center ENS, Sacramento, California, AS, membuktikan bahwa diet dengan menu makanan berprotein tinggi dapat membantu mempertahankan kadar hormon, sehingga siklus haid menjadi lebih teratur dan bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, tempe, dan tahu biasanya mengandung karbohidrat rendah, yang membuat kadar gula menjadi normal dan menurunkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas. Kadar insulin yang rendah akan menurunkan kadar hormon androgen yang diproduksi ovarium. Artinya, sel-sel telur di dalam ovarium berkesempatan untuk matang, yang memungkinkan terjadinya kehamilan.

5. Kurangi kacang-kacangan, termasuk Susu Soya.------ Kedelai yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa memperpanjang siklus menstruasi, menurunkan FSH (Follicle-Stimulating Hormone) dan LH (Leutinizing Hormone). Namun tidak perlu khawatir karena hal ini akan timbul hanya jika kedelai dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun begitu, disebagian negara, susu soya sangat dianjurkan untuk orang-orang yang sedang dalam penanganan kesuburan. Ini dimaksudkan untuk menekan perkembangan sel telur yang berlebihan, atau OHSS (Ovarium Hyper Stimulating Syndrome), dan untuk membantu mengurangi produksi gas di perut yang berlebihan saat menjalani terapi induksi ovarium.

6. Umbi-umbian, seperti ubi jalar, kentang, wortel, lobak dan jenis umbi lainnya mempunyai kandungan vitamin A, E, dan C, juga kandungan beta-karoten yang bagus sebagai antioksidan. Dan kandungan phytoestrogen dan progesteron pada ubi jalar dapat membantu ovarium mampu memproduksi sel telur matang.

7. Suplemen DHEA.-------DHEA (dehydroepiandrosteron) bisa dikategorikan 'hormon awet muda' ,bahkan dikalangan gerontology dikenal sebagai 'ibu dari segala hormon' ini adalah hormon yang sebenarnya sudah dimiliki setiap orang. Hormon ini berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan hormon-hormon yang lain. Tapi seiring bertambahnya usia, hormon ini lambat-laun akan mengalami penurunan, sehingga untuk mempertahankan agar hormon ini tetap stabil, diperlukan penunjang dalam bentuk suplemen. Suplemen untuk DHEA berfungsi sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan organ tubuh seperti kulit, otak, mata, tulang, dll. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan gairah sex (libido).
(TIDAK dianjurkan dikonsumsi pria atau wanita dibawah 40th dan penderita pembesaran/kanker prostat)

8. Olah-raga ringan seperti jogging dan yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Dalam gerakan-gerakan yoga mampu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan mengatur semua fungsi hormon. Selain itu juga dapat menghilangkan stres dan menjadikan emosi tetap stabil.
“Filosofi seluruh yoga adalah perbaikan dan pembersihan diri, olahraga, serta berfokus pada hal yang positif dalam hidup. Ini bagus untuk mengurangi berat badan, mengurangi stres, dan banyak hal," kata Dr Pfeifer.


(sumber : thewomens.org.au dan berbagai sumber lainnya).
Ini sudah sangat jelas kan bun,,
 
  #33  
Old
fitria...
 
Posts: 361
 
Aq pco n berhasil hamil alhamdulillah udah 15w, aq kosong nyaris 2tahun..

Bener kata bunda2,klo pco itu langkah awalnya harus benerin siklus mens (dlu aq terapi sulih hormon 3 siklus obatnya cyclo proginova) sambil diet jg, aq dietnya santai, cm ganti makanan no gorengan,no junk food,no indomie, no gula2 spt permen,cake,,teh botol dkk,no soda,ganti nasi pake beras merah,sarapan pake oatmeal,cemilan rendah kalori,kaya fitbar or snack gandum,roti gandum, siang makan spt biasa, nasi lauk sayur,plus buah potong,malamnya mnum susu lowfat or jus alpukat gula dikit, cm itu aja kok, aq malas olahraga, akhirnya aq turun 7kg,pdhl bb ku ideal.. dulu bb 64 tinggi 171..
Setelah itu baru program pke profertil.. 2x siklus langsung hamil alhamdulillah.. klo pcos itu intinya kt diet gula,diet bb.. plus doaa.. bismillah..
 
  #34  
Old
BIDAN ...
 
Posts: 5
 
amiiiinnnn bunda, selalu berdo'a dan ikhtiar yaa bunda
 
  #35  
Old
ana ar...
 
Location: sekarang di karawang
Posts: 531
 
Bunda, apakah disini ada yg diresewpin metformin 3x1 selama 3bulan dan akhirnya + ? Apakah metforminnya harus ttp diminum?
 
  #36  
Old
ragil ...
 
Posts: 3
 
Aq jg pco.
Apa pco bisa menyebabkan keguguran???
Krn aq pernah keguguran
 
  #37  
Old
missy...
 
Posts: 4
 
Hy bunda2 semua salam kenal.. sy missy dr kendari, sulawesi tenggara.. sy nikah 1 tahun 8 bulan tp baru2 ini di vonis PCO awal cek sy di kasih inlacin sm prolic, setelah disuruh cek diabetes sy gak kena diabetes tp sy di kasih metformin supaya berat badan sy turun.. mudah2an usaha sy juga berjalan dengan lancar ya bunda.. dan cepet dapet kepercayaan dr Allah..
Yuk sm2 berjuang bunda..
 
  #38  
Old
raisap...
 
Posts: 12
 
Puji Tuhaaan...
bund, thankyou yaaah. Threadnya membantu dan menguatkan banget
aku Jadi semangat lagi
 
  #39  
Old
Mustho...
 
Posts: 60
 
Salam kenal bunda dl. Sy haid nya gak teratur. Pernah promil ke SPOG dikasih Cyclo progynova 3x siklus, setelah stop masih kacau jg. Lalu sy cari dokter Yg lain, sy di suruh tes hormon progesterone hari ke 21 haid dan hasil nya 0,2 ng/l. Artinya sel telur tidak pecah. apa ini yg di maksud PCOS ya bunda? Bunda yg PCOS apa saja promil nya agar bisa hamil? Mohon saran nya
 
  #40  
Old
fitria...
 
Posts: 361
 
Baca komenku diatas deh bunda mus..
Udah lengkap..
 
  #41  
Old
Gangga...
 
Posts: 2
 
Hallo salam kenal,saya new member nih. Mau tanya soal gejala pco.Saya menikah sekitar 1,5 tahun yang lalu. Skrng usia saya 22th. Stelah menikah saya memutuskan brhenti total dr rutinitas olahraga (karna waktu itu olahraga yang saya ikuti itu bela diri suami pun gak setuju kalo saya teruskan OR tsb) smnjak itu berat badan saya lumayan drastis naik dr 49 kg sampai skrng 65. saya udh telat 2 bulan pas saya cek k dr kandungan katanya ada sel telur saya kecil2 tidak brkembang karna gangguan hormon yang disebabkan pola hidup dan BB saya.padahal dlu siklus mens saya selalu teratur. Skrng saya masih dalam tahap pengobatan dr. Yang saya tanyakan apa mungkin kalau saya kembali olah raga lagi dan mengontrol BB siklus mens saya jd teratur lagi tanpa minum obat2an dr dokter?
 
  #42  
Old
Devi H...
 
Posts: 4
 
Alhamdulillah,, saya jadi semangat lagi untuk diet sehat menyembuhkan PCO, Terimakasih Tipsnya bunda ,, Semoga kita segera diberikan kepercayaan oleh Allah SWT untuk bisa segera memiliki Baby, Amin ya Robbal alamin,, SAlam Kenal ya bunda bunda semua, saya anggota baru ^^

---------- Post added at 17:24 ---------- Previous post was at 17:22 ----------

Replying to: View Post
Aq pco n berhasil hamil alhamdulillah udah 15w, aq kosong nyaris 2tahun..

Bener kata bunda2,klo pco itu langkah awalnya harus benerin siklus mens (dlu aq terapi sulih hormon 3 siklus obatnya cyclo proginova) sambil diet jg, aq dietnya santai, cm ganti makanan no gorengan,no junk food,no indomie, no gula2 spt permen,cake,,teh botol dkk,no soda,ganti nasi pake beras merah,sarapan pake oatmeal,cemilan rendah kalori,kaya fitbar or snack gandum,roti gandum, siang makan spt biasa, nasi lauk sayur,plus buah potong,malamnya mnum susu lowfat or jus alpukat gula dikit, cm itu aja kok, aq malas olahraga, akhirnya aq turun 7kg,pdhl bb ku ideal.. dulu bb 64 tinggi 171..
Setelah itu baru program pke profertil.. 2x siklus langsung hamil alhamdulillah.. klo pcos itu intinya kt diet gula,diet bb.. plus doaa.. bismillah..
Alhamdulillah Terimakasih Tipsnya bunda
 
  #43  
Old
Devi H...
 
Posts: 4
 
Salam Kenal bunda-bunda semua
saya newbie diforum ini,,berbagi cerita sedikit sama bunda-bunda semua,
Usia pernikahan saya sudah 1thn 6 bulan, tpi sy dan suami belum diberi kepercayaan, padahal sy sudah sangat ingin punya momongan,
saya divonis PCO sama dokter diusia pernikahan sy yang ke 7, bulan ke 8 bulan ke 9, sy msh kontrol dan kosumsi obat yang dokter kasih, tpi belum ada perubahan juga,
lalu kita stop dlu kosumsi obatnya, mau coba yang alami2 saja, sambil trus brdoa,
tiga bulan yang lalu ada med-check dikantor, dan saya terkena hypercholestrol, saya bingung, disarankan dokter umum untuk olahraga berat dan kosumsi obat2 penurun kolestrol, sementara kalau dokter SPOG blg gak boleh capek2 dan olahraga ringan saja,
saya jadi bingung

bunda-bunda ada saran atau mengalami hal yang sama ga dgn saya,
mohon pencerahannya,

Terimakasih
Salam Hangat

Sumber: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/43...i-yuuk-17.html
Like us: IbuHamil.com on Facebook - @infoibuhamil on Twitter
 
  #44  
Old
evaapr...
 
Posts: 54
 
Ini yang lg sya lakukan sekarang diet sehat ya walupun kdang2 msih susah, bb sblum nika 48-50 setelah nikah naik 5kg jd 55, brusaha bnget ini nurunin berat bdan biar ideal, mudah2n awal thun udah positif Amiin
 
  #45  
Old
Ve Elz...
 
Posts: 2
 
Mksh byk bun infonya..saya didiagnosa pcos, mudah2n segera sembuh dan segera diberi keturunan
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
PCOs, mohon info nya?? -- Diskusi Umum 41
Jual Vitex AC, herbal untuk mengatasi PCOS, menstruasi tidak teratur -- Area Promosi 14
bantu program diet yg sehat donk -- Diskusi Umum 2
Diet sehat -- Area Promosi 0
Diet sehat ibu menyusui -- Area Promosi 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com