Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
sintaa...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 31
Default Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

Hai Hai Bu Ibuuu...


Bicara soal pertumbuhan si anak, gak mungkin bisa lepas dari nutrisi. Karena tumbuh kembang anak yang baik gak mungkin lepas dari asupan nutrisi yang diberikan kepada mereka. Asupan nutrisi penting adanya buat aktivitas dalam tubuh anak berjalan dengan lancar.

Gak cuma itu, asupan nutrisi juga berpengaruh pada tahapan perkembangan anak yang signifikan dan tidak terhambat. Disini, aku mau sedikit sharing apa aja sih kandungan nutrisi yang sangat mempengaruhi pertumbuhan anak. Dimulai dari aku ya.

Asam Lemak Omega-3. Kandungan omega 3 sangat dianjurkan bagi si anak. Nutrisi yang terdapat di asam lemak omega 3 mampu membuat otak anak lebih tajam dan cerdas, dan menambah daya ingat mereka. Biasanya kita bisa menemukan kandungan omega 3 pada makanan seperti mentega dan kacang merah. Gak cuma itu, ikan tuna dan salmon juga kaya akan kandungan asam lemak omega, Bu.

Karbohidrat. Kandungan nutrisi yang satu ini juga gak kalah penting dibanding asam lemak omega 3. Karbohidrat dan protein mampu memberikan sumber energi terkuat yang sangat diperlukan oleh si anak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Asupan karbohidrat yang tidak cukup, maka protein bisa jadi penggantinya. Tapi jika si anak kekurangan protein dan karbohidrat, maka akan cenderung mudah lemas dan tidak berenergi. Karbohidrat dan protein ada dimakanan seperti roti, jagung, dan kacang-kacangan. Jangan lupa asupkan anak karbohidrat dan protein ya, Bu.

Antioksidan. Banyaknya zat radikal bebas semakin berkeliaran di luar sana, jadi pr tersendiri buat si orang. Tapi jangan khawatir Bu, dengan menyajikan makanan yang mengandung nutrisi antioksidan dalam menangkal zat radikal bebas yang mampu menganggu pertumbuhan si anak. Antioksidan ini gampang banget kita temuin di berbagai makanan yaitu sayur-sayuran seperti tauge, wortel, bayam, dan labu. Gak cuma itu, kita juga bisa nemuin di beberapa buah seperti manggis, anggur dan tomat, Bu.

Vitamin A, B,C,D,E. Vitamin yang lengkap sangat dibutuhkan sebagai nutrisi untuk membantu tumbuh kembang si anak. Makanan bervitamin A seperti pisang, apel, dan ubi jalar sangat baik untuk pertumbuhan mata. Untuk, makanan bervitamin B seperti kepiting, udang karang, gandum, alpukat, susu dan yoghurt mampu membantu pencernaan tubuh si anak. Untuk makanan bervitamin C seperti jeruk,berry,per,kiwi dan apel, berfungsi sebagai daya tahan tubuh dan sangat baik untuk kulit anak. Telur, jamur, dan kuning telur sebagai makanan dengan kandungan vitamin D, mampu memperkuat tulang anak. Dan makanan bervitamin E seperti sayuran, kacang tanah, alpukat dan oat, berfungsi melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan.

Kalsium. Nah, untuk jenis gizi yang satu ini tentu Bunda sudah mengetahui terdapat pada menu makanan apa saja. Ya Buu, memang benar kalsium terdapat pada susu, mulai dari olahan susu seperti yoghurt, keju hingga jenis susu kedelai, dan nggak lupa oatmeal serta kacang kedelai pun juga menjadi sumber kalsium.

Makanan untuk pertumbuhan anak berupa zat kalsium tersebut bisa membantu membentuk tulang dan gigi, anak-anak yang memiliki zat kalsium yang kurang pada tubuhnya akan mengalami penghambatan pada proses tumbuh kembangnya, sehingga bentuk tubuhnya bisa jadi lebih kecil daripada anak kebanyakan yang memiliki cukup kalsium. Biasanya sih aku ngasih Pediasure sebagai asupan tambahan, karena mengandung nutrisi yang lengkap banget buat pertumbuhan si anak.

Itu dia beberapa kandungan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan si anak. Biasanya aku terapin makanan dan minuman yang bernutrisi buat asupan utama si anak. Kalo dari ibu disini, jenis nutrisi yang sering diberika untuk membantu pertumbuhan si anak? Yuk share pengalaman dan diskusi bareng di kolom komentar ya bu!

 
Attached Thumbnails
Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-42.png   Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-43.jpg   Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-44.jpg  

Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-45.jpg   Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-46.jpg   Kandungan Nurtisi Yang Sangat Mempengaruhi Pertumbuhan Anak-47.png  

  #2  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
terimakasih bunda nice info dan bermanfaat banget tuh

 
  #3  
Old
AlunaB...
 
Posts: 28
 
Bermanfaat banget nih. Kita perlu mastiin anak kita gizinya terpenuhi juga

---------- Post added at 20:33 ---------- Previous post was at 13:59 ----------

4 sehat 5 sempurna ya
 
  #4  
Old
soniaw...
 
Posts: 25
 
4 sehat 5 sempurna nya jangan kelewat
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bahayakah air kelapa muda pd usia kandungan yang masih sangat muda? -- Diskusi Umum 8
Informasi tentang Nurtisi yang baik untuk Ibu hamil -- Kenalan Yuk! 5
Product Micro Herbal Khusus Pertumbuhan & Kecerdasan Anak -- Area Promosi 0
Susu Anak 1 Tahun untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang -- Diskusi Umum 4
Beberapa hal yang sangat mempengaruhi pertumbuhan anak! -- Ngobrol Apa Saja 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com