Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
nikenn...   TS 
 
Location: Pondok Gede
Posts: 12
Default minta info soal hamil ibu penderita diabetes

dear bunda...
mau sharring dong...
kmr janin saya yg berumur 5 minggu jatuh (gugur), ini sudah yg ke-3 kalinya, ternyata kmr setelah saya tes glukosa darah, saya positif diabetes...dan menurut dokter faktor inilah yang membuat janin saya tidak berkembang baik...ada diantara bunda yang punya pengalaman spt ini?? saya harus bagaimana ya bun? selain saya harus diet mengurangi konsumsi gula, apalg kira2 yang harus saya lakukan jika ternyata nanti saya hamil lagi...jujur, saya sempat trauma sama kejadian ini...dan saya blm pernah berhasil hamil melebihi 2 bulan...saya jadi merasa 3 semester pertama itu berat untuk saya lalui...saya sedih setiap melihat ekspresi suami saya setiap mendengar janin kami jatuh lagi...mohon saran dan masukkannya ya bunda...
makasih..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda..aq ikut berduka dengan apa yg bunda alami. semoga bunda tetap tabah dan semangat yah!

aq insyaallah tidak mengidap diabetes, namun aq punya literatur tentang ibu hamil yg mengidap diabetes dan aq mo share buat bunda. semoga bisa memberi sedikit pencerahan ya..

Risiko diabetes pada Ibu. Untuk calon ibu, risiko yang mungkin terjadi akibat diabetes adalah:
  • Pre-eklampsia.
  • Persalinan prematur
  • Cairan ketuban berlebihan (hidramnion).
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi vagina berupa keputihan karena jamur yang berulang.
Risiko pada Janin. Apapun yang terjadi pada calon ibu, janin pasti turut merasakan akibatnya. Hati-hati, sebab diabetes bisa membuat janin di perut mengalami:
  • Pertumbuhannya terhambat.
  • Lahir besar atau giant baby (makrosomia) sehingga harus dilahirkan secara caesar. Ini akibat janin menerima pasokan gula berlebih dari ibu, diubah menjadi protein dan lemak, sehingga membuatnya besar.
  • Cacat bawaan, peluangnya 3 kali lebih besar dari kehamilan normal.
  • Meningkatnya kadar bilirubin.
  • Sindroma gangguan napas. Kelebihan insulin menghambat kerja hormon kortisol yang berfungsi mematangkan paru-paru janin. Akibatnya, paru-paru janin belum matang di usia 38 minggu. Risikonya, terjadinya sindroma gawat napas. Cegah dengan melakukan pemeriksaan air ketuban untuk memantau kematangan paru-paru janin.
  • Kekurangan glukosa dan kalsium.
  • Kelainan jantung.
  • Kelainan neurologik dan psikologik pada bayi di kemudian hari.
  • Kematian mendadak di kandungan (sudden death), akibat darahnya kekurangan oksigen dan kelebihan asam laktat. Ini risiko jika kadar gula darah ibu tidak terkontrol.
Pantau Ekstra Janin. Lalu apa yang harusdilakukan untuk menyelamatkan bayi dari risiko yang ditimbulkan akibat diabetes?
  • Pemeriksaan USG (ultrasonografi) pada usia kehamilan 16 dan 20 minggu.
  • Pemeriksaan serial setiap 2 minggu sejak kehamilan 34 minggu.
  • Pemeriksaan serial setiap minggu setelah kehamilan 36 minggu, berupa rekaman jantung janin (kardiotokografi), pemeriksaan janin dan fungsi plasenta (profil biofisik) dengan USG Doppler.
  • Mulai kehamilan 38 minggu dilakukan pemeriksaan cairan ketuban (amniosintesis) untuk menilai kematangan paru-paru janin.
jadi, buat bunda yg mengidap diabetes dan ingin hamil memang harus merencanakan dan menjalani kehamilan dibawah pengawasan ahli kesehatan.
 
  #3  
Old
nikenn...   TS 
 
Location: Pondok Gede
Posts: 12
 
Makasih banyak infonya ya Bunda...
Sekarang aku jadi ada gambaran, harus melakukan apa jika tahu positif hamil nanti.
Sekali lagi makasih ya Bun...
 
  #4  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
sama2 bunda niken, mudah2an ke depannya bunda n suami bisa mempersiapkan program kehamilan dg lebih baik lagi..
salam sayang..!
 
  #5  
Old
nenna0...
 
Posts: 1
 
Bunda Niken, jangan bersedih ya ....
Yang bunda alami tidak sendirian,saya juga alami hal yang sama. saat ini saya lagi berusaha baby program juga. saya sampai trauma ama kuret krn seringnya jatuh janin saya. janin saya pernah bertahan sampai 8minggu,yg lainnya 3-4minggu gugur dah.
kejadian itu diawal pernikahan kami sampai 2th menikah. belum menyadari klo diabetes. setelah tau,saya mencoba datang ke DSOG di kota saya. dari 3 dokter DSOG dan Dokter penyakit dalam KEMD,memvonis saya tidak bisa hamil. frustasi dah ....
setelah sering cari2 info,ada dokter yang sangat optimis saya masih bisa hamil. asal harus menjaga pola makan & diet teratur,sama halnya yang seperti Bunda Kucik2 sarankan dari literatur yang sudah di share.
beliau sangat optimis,krn pasien dia ada yg skr dah hamil 5bulan dan dengan pengawasan yg ketat,(dia ibu diabetesi).
Tetap semangat ya .....
Semoga Tuhan segera mewujudkan mimpi kita,amin ....
 
  #6  
Old
ekawat...
 
Posts: 92
 
mohon infonya bunda, apa sudah ada yang berhasil hamil dan melahirkan dengan sehat? saya juga ibu diabetes bunda.
 
  #7  
Old
mai af...
 
Posts: 4
 
Sy Jΰƍä ǎϑǎ diabetes bunda sdg mengandung 8minggu, sy disaran konsult ke doct special doct diabetes. Dah sy dhrskan suntik insulin 4x shari dan ϑî ksh PR buat cek gula darah sediri ϑî rumah sebelum makann dan 2jam setelah makann.jd biar tercontrol dah doct bs papantau apakan sesuai Ўäng diharapkan. Dibwh 120 untk ibu hamil.dan Jΰƍä sy ϑî konsult kan ke doct gizi agar dietnya terpantau, ϑäπ terjaga untuk si babynya. Jd kehamilan slama ǎϑǎ diabetes hrs extra ketat. Sy Jΰƍä dah 2x ke guguran. Makanya sy minta info Jΰƍä dunjk gmana nanti pas lahiran kondisi ϑî baby kl slama kehamila ibunya insulin.
 
  #8  
Old
bunda ...
 
Posts: 1
 
Dear...mai afay salam kenal gimna kabarnya saya juga lg hamil 15 minggu gula saya juga tinggi sampai 152 terakhir cek tapi dokter sarankan diet dl jika ngk berhasil suntik insulin kalau harus suntik insulin berapa kali sehari ya buat gula darah yang setinggi aku itu please infonya buat bunda semua kalau ada yang tau
 
  #9  
Old
hafiza...
 
Posts: 6
 
Bunda semua salam kenal...
Saat ini saya sedang mengandung anak ke 2 (pertama keguguran) usia kandungan 35 w, saya positif diabetes + hipertensi 1.5 thn sblm hamil, alhmdllh smp hari ini bayi dlm keadaan baik dlm kandungan, wlopun dgn perjuangan.. Saya di pegang 2 dokter, kandungan dan internist... Bahkan gula saya smp 238, dan di periksa HbA1C dgn hsl 9,6%, mnrt dokter hasil itu sgt tdk bgs untuk ibu hamil... Skrg saya terapi insulin 3x sehari nevorapid dan hrs periksa gula darah rutin...alhmdllh d usia kehamilan 35 w berat badan bayi saya normal tdk terlalu besar... Jd bunda semua tetep semangat ya, dan doain ya bunda nanti lahiran bisa lancar semua.
 
  #10  
Old
ummi a...
 
Location: kalapanunggal sukabumi
Posts: 112
 
Bund, mhon bntuannya, .. Ά̲̣Pà saja ciri2 pngidap diabet slain hrus test gula darah?
 
  #11  
Old
widia...
 
Posts: 26
 
Bunda Hafiza,

untuk hipertensi apakah bunda rutin minum obat tensi sebelumnya? dan selama kehamilan juga minum? sy jg hipertens bunda, dan sy kuatir juga kalau sampai hamil lalu tensinya tinggi, sy rutin minum obt hipertnsi sesuai anjuran dokter. terima kasih bunda atas sharingnya.
 
  #12  
Old
resya1...
 
Posts: 3
 
Salam kenal bunda
Bunda saya mau tanya ada kah yg bisa melahirkan dengan dibetes?
Saya juga seorang penderita diabetes walupun di usia masih 24th, saya sudah pernah keguguran sebanyak 3 kali dan alasn'y di karenakan diabetes'y. Dan keguguran terakhir sya baru 1 minggu yg lalu usia kehamila baru 7w, tiap janin'y gugur pasti di sekitar 7-8 minggu
Saya jd trauma untuk hamil lg, tp kepengen bgt pnya debay,
Mohon saran'y bunda. .
Terimakasih
 
  #13  
Old
Nia Ba...
 
Posts: 137
 
Replying to: View Post
dear bunda...
mau sharring dong...
kmr janin saya yg berumur 5 minggu jatuh (gugur), ini sudah yg ke-3 kalinya, ternyata kmr setelah saya tes glukosa darah, saya positif diabetes...dan menurut dokter faktor inilah yang membuat janin saya tidak berkembang baik...ada diantara bunda yang punya pengalaman spt ini?? saya harus bagaimana ya bun? selain saya harus diet mengurangi konsumsi gula, apalg kira2 yang harus saya lakukan jika ternyata nanti saya hamil lagi...jujur, saya sempat trauma sama kejadian ini...dan saya blm pernah berhasil hamil melebihi 2 bulan...saya jadi merasa 3 semester pertama itu berat untuk saya lalui...saya sedih setiap melihat ekspresi suami saya setiap mendengar janin kami jatuh lagi...mohon saran dan masukkannya ya bunda...
makasih..
turut sedih bundaaa
kalo aku ga pernah but dokter pernah jelasin penderita diabetes itu memang rentan saat hamil janin tidak berkembang
bener bun konsumsi glukosa sedikit aja untuk menstabilkan kadar gula darah yg ada pda bunda

jgn konsumsi susu hamil bun krna ada kadar glukosanya , konsumsi susu uht kya macam ultramilk .
sering2 cek gula darah dan jgn smpe mentang2 hamil bunda nempel sma kasur mulu. lakuin aktivitas2 ringan tp bsa mengeluarkan keringat.
konsumsi nasi merah,sayur bening bun kalo bisa tiap hari.

itu aja bun maaf kalo ga mmbantu
just sharing
 
  #14  
Old
phiphi...
 
Posts: 9
 
Bunda,,sya pnderita diabetes kdar gula sya smpat 350 pda khamilan pertama,,cuma bertahan 7w lalu gugur,,hamil kdua juga masih blm sadar klo pnyebab kguguran adl gula drh yg tinggi..dan alhasil gugur lagi
Nah..skrg sya hamil 15w bund..dan sya ikut terapi insulin dr sblm hamil..dr 350 jd 240 bund kadar gula saya..wlaupun msh tinggi tp secara berangsur menurun
Slain suntik insulin 3x pagi-sore (@8 unit)dan 1x mlm (16 unit) selama hmpir 4 bln alhamdlh debay sehat,,dokt kndungan juga kasih cygest 2x sehari agr kndungan kuat
Slain itu konsumsi cal-45 ama DHA..ribet bgt ya bund..tiap bln hrus kencan ama 2 dok spesialis demi kesehatan si debay
Smoga bunda2 sehat juga babynya..
 
  #15  
Old
KkumaB...
 
Location: Semarang
Posts: 336
 
Mmm ad post an soal diabet saya jadi deg2an bund... kmrn saya check darah nah gula saya sampe 130 bund.. smpe d tnyain dokternya sblm test darah ad makan ap? Saya lupa.. trus dokter blg nya ini agak ambigu gula nya.. saya langsung deg2an bund... normal gula brp sih bund?? Kalo mo nurunin kadar gula gmn bund?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Info Untuk Ibu Hamil -- Kenalan Yuk! 1
Seminar online "PERAN PEMERIKSAAN PATOLOGI ANATOMI BAGI PENDERITA KANKER" -- Area Promosi 0
Hi salam kenal > mu tanya soal DR.SPOG -- Kenalan Yuk! 0
bunda minta informasinya ya.. -- Diskusi Umum 1
minta info dokter di jakarta selatan -- Kenalan Yuk! 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com