Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
arimbi...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 393
Post Tips Mengatur Pola Makan Saat Hamil

Dari Postingannya Mba Mumtaza Annisa di Myquran.org



Masalah tidak mau makan pada ibu hamil memang banyak di jumpai. Hal ini dikarenakan pada ibu hamil muda akan terjadi mual-muntah. Untuk menyikapinya atur pola makan dan jenis makan.
* Jumlah dan jenis makanan, serta bagaimana penyajiannya memang bisa memicu keluhan dan gangguan mual muntah. Untuk itu, ingatlah seberapa banyak porsi yang bisa masuk, dan jenis makanan apa saja yang sekiranya memancing rasa mual serta ingin muntah.
* peningkatan kadar asam lambung merupakan salah satu penyebab utama rasa mual, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong. Aturlah pola makan menjadi lebih sedikit porsinya tapi lebih sering frekuensinya. Yang perlu diingat, ibu hamil tak perlu makan berlebihan.
* Lambung yang mengalami perlukaan bisa sedikit terobati oleh makanan dan minuman yang segar dan hangat. Sekalipun hobi, sebaiknya hindari dulu kegemaran menyantap makanan pedas, asam, dan bersantan karena hanya akan memperberat kerja lambung.
* Agar sarapan tidak diganggu keluhan, nikmati sepotong roti kering bersama secangkir teh manis hangat. Selain bisa meredakan dorongan mual muntah, makanan itu bisa menggugah nafsu makan.
* Untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang lewat muntah, jangan ragu untuk banyak-banyak mengonsumsi makanan atau minuman berkadar air tinggi seperti sayuran, jus buah, dan sejenisnya.
* Makanan berkarbohidrat tinggi juga bisa dijadikan pilihan agar energi yang terbuang akibat muntah bisa segera tergantikan.
* Jenis-jenis makanan yang diduga memicu perut kembung sebaiknya juga tidak dikonsumsi. Soalnya, kondisi kembung akan membuat perut serasa terisi penuh padahal kosong.
* Yang pasti hindari stres dan ketegangan dalam bentuk apa pun. Jangan pernah menganggap kehamilan sebagai beban, melainkan sebagai fase kehidupan baru yang menyenangkan.

catatan penting :
makan lah dengan porsi kecil tapi sering
hindari makanan yg tinggi lemak dan terlalu merangsang (berbau dan berasa yg berlebihan)
jgn biarkan perut kosong (konsumsi makanan ringan seperti biskuit or roti kering untk mengemil)
jangan diartikan si ibu berbadan dua maka makanan porsinya harus 2 kali lipat juga (yang terpenting adalah kecukupan nutrisinya, maka itu makanlah dengan menu seimbang)
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
makan serabi oncom(bukan serabi manis,tapi yang asin) saat hamil -- Diskusi Umum 2
Tips biar cepat hamil -- Diskusi Umum 43
makan durian saat hamil -- Diskusi Umum 31
makan permen saat hamil -- Diskusi Umum 1
Tips aman di perjalanan untuk ibu hamil -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com