Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Replying to: View Post
Ya suami asli orang sini bunda
Oke deh bu.. Selamat menikmati sisa kehamilan di bumi Belanda :-)
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #32  
Old
kamila...
 
Posts: 995
 
Bunda pika,keju2 belanda banyak di larang sama di konsumsi bumil kan ya.... kayak keju edam,mozarella,trs apalagi ya bund? Kalo disana ada keju babybell yg bungkus merah,itu bagus buat bumil
 
  #33  
Old
indahL...
 
Posts: 18
 
positiv thinking aja bund..
dulu pengalaman mamah ku wkt hamil adik ku jg ,mirip ky cerita bunda
Mamahku dulu gabisa makan nasi setiap makan nasi muntah , cm makan mie ayam yg msuk ke perut bhkn setiap hari makan mie ayam .
minum susu pun gak bisa ..
tp alhamdulilah adik ku baik"aja

Tp kalo bisa d usahakan jgn berlebihan , d batasi aja bund ,klo lg kepengen ya gpp asal jgn sering"
 
  #34  
Old
Laily ...
 
Posts: 7
 
bun aku susah banget makan . hiks..
jujur nih, sering ngerasa kelaperan.
pengen makan nasi tapi ga bisa.
kentang bosen.
alhasil kemaren malah makan burger.
trus kemaren lusa baru pertama ngerasa kenyang banget gegara makan pempek porsi gedee.

duh sehat gak ya..
fyi, aku baru 4 week. makanya was2.
 
  #35  
Old
bundai...
 
Posts: 37
 
waduh bun, bisa dikejar kok. coba bunda konsumsi makanan ibu hamil yang mengandung kalsium, zat besi, asam folat dan protein. biasanya dapat ditemukan dalam bentuk kacang2an dan buah2an kalo bunda takut enek. (fyi, pisang mengandung asam folat yang tinggi bun)
 
  #36  
Old
bundai...
 
Posts: 37
 
coba bunda liat menu makanan untuk ibu hamil yang sehat. dari menghindari buah-buah yang di larang oleh dokter, kebiasaan buruk ibu hamil...

Biasanya buah-buah yang di larang itu seperti delima dan aprikot..
 
  #37  
Old
iid vi...
 
Posts: 4
 
Replying to: View Post
Jajanan yang Perlu Dipantang Saat Hamil - Kompas Female

KOMPAS.com - Bakso merupakan makanan favorit kebanyakan orang Indonesia, begitu pula siomay, sate, dan lalap-lalapan mentah. Sebetulnya, meskipun makanan-makanan tersebut mengandung protein dan vitamin, tetapi menurut dr Mariono Reksoprodjo, SpOG, dari Klinik Bersalin Seruni, Jakarta, ibu hamil perlu hati-hati kala menyantapnya. Ia mengingatkan, ada jenis-jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari atau setidaknya diwaspadai dengan berbagai alasan. Berikut beberapa di antaranya:

* Jajanan (bakso, siomay, bakwan malang, dan sejenisnya)
Bakso, mi ayam, bakwan malang, siomay, dan sejenisnya, yang mengandung zat-zat kimia yang diduga dapat menyumbang munculnya beberapa gangguan pertumbuhan saraf pada janin, seperti autisme, hiperaktif, cerebral palsy, dan lainnya. Bahan-bahan yang perlu diwaspadai ibu hamil pada jajanan ini adalah boraks yang biasanya terdapat pada bakso dan siomay, formalin pada mi dan MSG (monosodium glutamate) atau bumbu penyedap pada kuah bakso, bakmi atau bakwan malang.

* Olahan daging (sate, steak, burger)
Jika cara pengolahan daging yang digunakan untuk sate, steak, dan burger kurang matang, maka parasit dan mikroorganisme lain yang terkandung di dalamnya tidak akan mati. Termasuk parasit toksoplasma yang sangat berbahaya bagi pertumbuhan fisik janin. "Hampir dipastikan, janin akan tumbuh abnormal bila ibu menderita toksoplasma," tutur Mariono yang juga bekerja di Dinas Kesehatan TNI-AU Mabes TNI-AU Cilangkap, Jakarta Timur.

Perjalanan toksoplasma sendiri cukup unik. Awalnya parasit tersebut terkandung pada kotoran kucing yang kemudian terpapar ke tumbuh-tumbuhan dan rerumputan yang merupakan makanan hewan-hewan, seperti sapi, kambing, atau ayam. Dari situlah hewan-hewan ternak tersebut dapat terinfeksi toksoplasma.

Kalau ibu hamil mengonsumsi daging yang terinfeksi parasit ini, otomatis ia juga akan terjangkit toksoplasma. Parasit tersebut lalu berkembang biak hingga kemudian mengganggu pertumbuhan janin yang dikandungnya. "Selama hamil, pilihlah makanan yang benar-benar matang untuk menghindari berbagai kelainan, seperti bayi lahir tanpa kaki atau jari jemari yang tidak lengkap, tulang tengkorak yang tidak sempurna, hidrosefalus, bahkan menderita kelainan jantung bawaan."

* Lalapan
Seperti halnya daging mentah atau setengah matang, sayuran mentah yang dijadikan lalapan dapat pula mengandung parasit toksoplasma. Namun bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumsinya. Boleh-boleh saja, tapi perhatikan kebersihannya dengan saksama. Cuci sayuran dengan air mengalir. Cairan khusus untuk mencuci makanan yang bisa membunuh kuman atau parasit bisa juga digunakan.

Menurut Mariono, mencuci dengan air bersih terkadang tidak bisa membasmi tuntas kuman atau parasit yang menempel pada sayuran. "Apalagi kalau mencucinya asal-asalan, sangat mungkin parasit toksoplasma masuk ke dalam tubuh," ujarnya.

Efek dari penyemprotan pestisida pada sayuran juga patut dikhawatirkan. Pestisida yang merupakan bahan kimia pembasmi hama dapat menempel di kulit sayuran dan sulit hilang meski sudah dicuci bersih. Zat kimia pestisida diduga menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit gangguan saraf seperti autisme, cerebral palsy, gangguan pemusatan perhatian, dan sebagainya.

Sarannya, ibu hamil lebih baik mengonsumsi sayuran atau buah yang bebas dari bahan-bahan kimia atau ditanam secara organik. Sayuran jenis ini sudah banyak ditemukan di beberapa tempat di kota-kota besar. Atau kalau tidak, pilih sayuran hidroponik yang relatif lebih bersih dari bahan kimia.

* Makanan dalam kemasan (sosis, nugget, kornet dan sejenisnya)
Makanan dalam kemasan umumnya mengandung bahan pengawet yang dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan ibu hamil sehingga zat gizi yang tersalurkan ke tubuh janin akan berkurang. Zat pengawet juga diduga dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin, padahal masa kehamilan adalah masa paling pesat pertumbuhan otak.

Jadi, semasa hamil tidak ada ruginya ibu menghindari makanan dalam kemasan. Lebih baik pilih makanan segar tanpa bahan pengawet. "Umumnya daging kornet yang berada dalam kemasan mengandung bahan pengawet. Daging sapi segar relatif tidak terkontaminasi zat kimia sehingga lebih baik untuk dikonsumsi, tapi dengan catatan sudah diproses atau dimasak dengan cara yang benar dan matang."

* Minuman ringan dalam kemasan
Minuman ringan dalam kemasan, walaupun dipromosikan tanpa bahan pengawet tetapi pada kenyataannya ada yang mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu, Mariono menganjurkan ibu hamil untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya. "Mana mungkin minuman tersebut kuat dalam jangka waktu lama kalau tidak diberi bahan pengawet," ujar Mariono. Jadi, saat ibu hamil ingin menikmati teh di sore hari misalnya, lebih baik minum teh seduhan sendiri dan bukan air teh dalam kemasan.

Namun demikian, tidak semua minuman ringan dalam kemasan pasti mengandung bahan pengawet. Seperti beberapa produk susu dan jus buah alami misalnya, produsen memang sengaja membuatnya tidak memakai bahan pengawet. Ciri dari kemasan tersebut adalah tidak tahan lama. "Umumnya, minuman kemasan ini hanya awet hingga tiga hari saja," ungkapnya.

Akan halnya minuman bersoda, selama tidak menimbulkan rasa mual boleh saja dinikmati selama hamil. Masalahnya, banyak ibu bertambah mual karena minuman bersoda memicu bertambahnya gas dalam lambung. Kasus ini banyak terjadi terutama di trimester awal kehamilan. Saat itu asam lambung dan enzim pencernaan lain sedang begitu berlimpah sehingga mengganggu sistem pencernaan ibu hamil. Jadi tak heran kalau minuman bersoda bisa menambah kembung perut.

* Mi instan dan camilan ringan
Mi instan dan camilan ringan, umumnya selain mengandung bahan pengawet juga mengandung MSG yang cukup besar. Mariono mewanti-wanti agar ibu hamil menghindari MSG karena dampaknya bisa langsung terjadi. "Pada beberapa orang, efek dari MSG bisa menimbulkan pusing, jantung berdebar-debar, bahkan sesak napas," jelasnya.

PENYEDAP:
* * *Apa sih tujuan pedagang menambahkan penyebab rasa? Agar makanan lebih enak bukan? Tetapi penyebab makanan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Contoh yang terbaik adalah MSG (Monosodium Glutamat), sejak ditemukan pada tahun 1940, MSG telah digunakan berbagai makanan. Produk makanan cepat saji, makanan instant, makanan kaleng, makanan proses, makanan cemilan biasanya mengandung MSG dalam jumlah yang cukup banyak. Efek dari MSG adalah sakit kepala, gatal, mual, masalah sistim saraf dan reproduksi, tekanan darah tinggi, migrant, asma bahkan depresi. Chinese Restaurant Syndrome: umumnya terjadi pada orang-orang seusai mengkomsumsi masakan Chinese yang dikenal mengandung kadar MSG tinggi. Makanan yang sering kali sekali menimbulkan sindrom ini adalah sup. Mengapa? Karena sup dihidangkan paling awal sehingga akan memasuki saluran pencernaan dalam kondisi perut kosong, akibat MSG dapat dengan mudah terserap dalam darah sehingga menimbulkan efek yang disebutkan tadi, 20-30 menit setelah seseorang komsumsi MSG. Meski pembuktiannya menjadi perdebatan banyak pihak, ada baiknya jika sebagai konsumen kita harus berhati-hati.

PEMANIS:
* * Korban terbesar BTM pemanis makanan adalah anak-anak. Hampir semua makanan manis untuk anak-anak mengandung pemanis buatan seperti sakarin, siklamat, aspartame. Sakarin (200700 kali manis gula/sukrosa) sering digunakan pada soft drink, selai, permen, jajanan pasar. Siklamat (30x) sering digunakan pada makanan kaleng atau makanan proses lain karena tahan panas. Pada hewan percobaan pemanis ini menyebabkan kanker kandungan kemih. Aspartam (160-220x) banyak digunakan sebagai pemanis buatan pada berbagai jenis makanan dan minuman terutama makanan dn minuman rendah kalori (makanan penderita diabetes, nol kalori, salat dressing, snack,soft drink). Aspartam pada saat ini masih merupakan gula buatan yang masih dianggap aman dibanding dengan sakarin dan siklamat. Perhatikan label makanan, sekarang banyak makanan yang menggunakan aspartame sebagai pemanis. Terlalu banyak komsumsi makanan yang mengandung aspartame dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko kerusakan system saraf, menstruasi yang sulit, dapat mempengaruh perkembangan otak janin, Alzheimer, lupus, multiple sclerosis maupun kanker otak. Wanita hamil sebaikanya menghindari produk yang mengandung aspartame (agar bayi yang lahir terhindar dari retardasi mental). Walaupun masih dianggap aman tetapi sebaiknya hindarilah ketiga jenis pemanis buatan tersebut apabila anda ingin sehat.

PEWARNA:
* * *Banyak ditemukan pada makanan buatan industri kecil dan jajanan pasar dan juga industri besar. Rhodamin B dan Metanil Yellow sering dipakai untuk mewarnai kerupuk, makanan ringan, terasi, kembang gula, sirup manisan, tahu kuning. Rhodamin B dan Metanil Yellow adalah pewarna tekstil bukan food grade. Sebenarnya kemajuan teknologi, pewarna sintetis digunakan. Karena kelebihannya praktis menggunakannya dan lebih murah harganya. Penelitian menunjukkan bahwa pewarna buatan dapat menyebabkan hiperaktif pada anak-anak, infertilitas, cacat bayi, kerusakan liver dan ginjal, kanker, mengganggu fungsi otak dan kemampuan belajar dan kerusakan kromosom.


Semoga bermanfaat...
Maksih banget info nya... Sangat mmbantu.. Kbtulan q bru hamil5 mggu.. Jd lagi antusiasnya cari cari makanan yg baik untuk calon debay.
 
  #38  
Old
Alika ...
 
Posts: 22
 
Replying to: View Post
bun aku susah banget makan . hiks..
jujur nih, sering ngerasa kelaperan.
pengen makan nasi tapi ga bisa.
kentang bosen.
alhasil kemaren malah makan burger.
trus kemaren lusa baru pertama ngerasa kenyang banget gegara makan pempek porsi gedee.

duh sehat gak ya..
fyi, aku baru 4 week. makanya was2.

trimester1 biasanya mmg nafsu makan berkurang bun, soalnya lagi ngerasain mual muntah, sampe bener2 gak mau mkn sama sekali...huhuhuhuhu (itu pengalaman ku waktu hamil)
skrg aku lagi menyusui baby baru usia 2bulan...
mau kasih saran juga nich bun, klo lagi mual coba makan buah biar seger, dan usahin makan nasi walaupun dikit, terus tetep minum susu sedikit2.
semoga kehamilannya selalu sehat ya..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
merinding diawal kehamilan -- Diskusi Umum 1
hamil n punya mag kadang kalo salah makan perut jadi mulas bner g ya?????? -- Diskusi Umum 5
Tips Mengatur Pola Makan Saat Hamil -- Diskusi Umum 0
jadi serba salah .... -- Diskusi Umum 6
Keluhan diawal kehamilan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:12.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com