Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > Misc Stuff > Area Promosi

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
julian...   TS 
 
Location: Jakarta
Posts: 4
Default 15 Makanan Yang Dapat Membantu Menyuburkan Kandungan!! Nomor 9 Membuat Saya

Ada banyak mitos dan rumor disekitar kita yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil atau mereka yang baru saja menikah dan mengahrapkan untuk memperoleh momongan dalam waktu yang relatif singkat. Banyaknya rumor dan mitos ini ternyata jika tidak disikapi dengan benar justru bisa berakibat butuk bagi kesehatan.

Ada yang bilang, “kalau mau cepat hamil jangan makan ini!”, “harus minum itu pada jam sekian”, atau “jangan suka aktifitas berat”, dan lain sebagainya.

makanan untuk menyuburkan kandungan

Beberapa hal memang ada yang benar bahwa untuk memperoleh momongan, pasangan suami istri disarankan untuk mengurangi intensitas kesibukan dan stress sehingga bisa lebih relaks dan membangun hubungan yang lebih dekat antar keduanya.

Kelelahan dan kurang istirahat sangat berpengaruh pada kesehatan rahim, kesuburan, dan juga kualitas sperma dari sisi calon ayah.

Nah tentunya tidak mau dong harus menunggu bertahun – tahun untuk menimang buah hati tercinta! Maka dari itu kita akan bahas beberapa asupan nutrisi yang dibuthkan oleh ibu atau calon ibu untuk memastikan rahimnya kuat untuk memulai proses fertilisasi atau pembuahan dan bisa menopang kehidupan calon jabang bayi dengan sehat.

Makanan Sehat Calon Ibu

Kalau Ibu mempunyai masalah dengan reproduksi namun sebelumnya tidak pernah punya hambatan dalam periode bulanan dan masalah rahim, maka cobalah untuk mengganti pola makan.

Cermati apakah pola makan yang dilakukan sudah benar dan sudah sehat atau belum. Apakah pola makan Ibu bisa mencukupi kebutuhan energi dan gizi seimbang untuk mendukung atifitas harian Ibu?

Nah berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil dan calon ibu hamil untuk melancarkan kandungan, antara lain sebagai berikut:

makanan kesuburan kandungan

• Daging rendah lemak

Salah satu makanan penyubur kandungan yang pertama adalah daging rendah lemak.

Jika memiliki masalah dengan siklus menstruasi yang tidak tetap maka mulailah mengonsumsi daging rendah lemak seperti daging spai dan daging ayam tanpa lemak (gajih).

Konsumsi yang disarankan adalah sesuai dengan asupan gizi yang disarankan bagi setiap orang.

Maksimal yaitu 3 kali sehari, selebihnya tidak disarankan karena justru bisa berakibat mengganggu kesuburan.

Konsumsi daging dengan rendah lemak terbukti melancarkan menstruasi terutama karena kandungan dari zat besi pada daging. Olahlah daging dengan sehat juga dan ampingi dengan makanan seperti sayur dan buah.

• Makanan berprotein nabati

Jika kamu kurang menyukasi mengonsumsi daging, terutama untuk alasan vegetarian atau hal lainnya tak perlu khawatir bahwa kamu tidak bisa melancarkan menstruasimu.

Ibu tak perlu khawatir karena protein tiak hanya dihasilkan oleh hewan tetapi juga oleh tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang disebut sebagia sayuran penyubur kandungan antara lain yaitu kacang polong, kacang tanah, dan olahan kedelai seperti tahu dan tempe.

Keuntungan mengonsumsi tahu dan tempe atau sayuran dengan protein nabati tinggi, mudah ditemukan di sekitar kita dan harganya yang murah meriah.

• Ikan

Budaya makan ikan di Indonesia, terutama di daerah – daerah pedesaan masih harus ditingkatkan lagi karena kandungan omega 3 dalam ikan sangat baik gunanya bagi calon ibu dan sebagai nutrisi perkembangan bayi nantinya.

Dengan mengonsumsi tida lebih dari 12 ons ikan per minggunya, konerja respoduksi akan meningkat dan memmperbesar kemungkinan pembuahan. Selain itu juga beberapa jenis ikan yang kita konsumsi sehari – hari seperti ikan lele ternyata mengandung omega 3 yang tinggi selain salmon dan tuna.

Kalau calon ibu kurang menyukai ikan atau mual dengan amis ikan maka sangat disarankan mengonsumsi pengganti ikan yaitu telur, kacang kenari, dan almond.

Ketiganya selain diperkaya oleh omega 3 tetapi juga memiliki DHA tinggi yang sangat membantu pertumbuhan bayi nantinya.

• Ubi

Berbgaia jenis umbi – umbian sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

dari ubi jalar hingga ubi rambat semuanya bisa diperoleh dengan mudah dan juga harganya terjangkau. Menurut beberapa penelitian, ubi mampu meningkatkan kinerja sistem reproduksi dan mengsang ovulasi.

• Makanan yang mengandung zinc tinggi

Kandungan zinc tinggi pada makanan bisa ditemukan pada tiram laut atau produk susu.

Kandungan zinc pada makanan akan membantu memperlancar siklus mentruasi dan meningkatkan produksi sel terus yang berkualitas.

Hal ini pastinya sangat diinginkan calon ibu untuk memiliki rahim yang kuat dan sel telur yang sehat dan berkualitas.

Namun apabila kurang menyukai tiram dan kebetulan susah ditemukan di pasaran, maka bisa menggantinya dengan konsumsi telur, biji – bijian dan juga daging sapi meski kandungan zinc tentunya tidak sebanyak pada tiram. Sebaiknya calon ibu mengonsumsi produk susu yang mengandung zinc seperti susu penyubur kandungan yang banyak kita kenal di pasaran.

Susu Pendukung Asupan Gizi

Sebagaimana disebutkan bahwa disamping mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, sangat dianjurkan bagi calon ibu mengonsumsi susu penyubur kandungan agar cepat hamil.

Susu sejenis ini biasanya dijual di supermarket skitar kita sehingga mudah di dapat dengan harga yang juga relatif terjangkau.

Sebagaimana asupan nutrisi, susu yang diminum oleh calon ibu harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada nutrisionis atau ahli gizi yang biasa mengonsultasikan kebutuhan gizi pasangan yang ingin memiliki anak.

Beberapa calon ibu memiliki sensitifitas yang tinggi pada produk susu sehingga akan lebih baik untuk meminta pendapat ahli gizi and mengikuti saran yang dianjurkan.

Susu yang diminum untuk mempersiapkan kehamilan biasanya dikonsumsi mulai pada fase sebelum menikah.

Fungsinya adalah untuk menyiapkan rahim dan meningkatkan siklus mentruasi dan juga menghasilkan sel telur yang berkualitas.

Kesehatan calon ibu yang terjaga prima akan mempermudah ovulasi sperma dan sel telur.

Saat membeli produk susu yang beredar di pasaran, calon ibu harus jeli untuk memperhatikan beberapa hal antara lain: tertulis dengan jelas tanggal kadaluarsa pada kotak atau kaleng susu dan tertulis jelas kandungan yang ada pada susu tersebut untuk menghindari alergi.

Jika setelah meminum susu ibu mengalami mual atau gelaja penolakan tubuh terhadap asupan produk susu, maka hentikan penggunaan dan konsultasikan pada ahli gizi.

Asupan tambahan: Sayur dan Buah Bergizi Untuk Calon Ibu Hamil

Banyak sekali sayur mayur yang biasa kita temui sehari – hari.

tapi tidak semuanya memiliki manfaat untuk menyuburkan kandungan an menyiapkan rahim untuk menerima janin.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran penyubur kandungan yang mudah kita temui di sekitar kita dan beberapa buah-buahan yang juga bermanfaat.

• Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. khususnya untuk calon ibu, kandungan zat besi yang tinggi pada sayuran yang berwarna hijau seperti bayam bisa melancarkan siklus mentruasi.

sayur hijau untuk ibu hamil

Lancarnya siklus menstruasi menjadi indikasi sehatnya sistem reproduksi wanita. Biasanya masalah susah memiliki keturunan muncul pada mereka yang memiliki masalah pada tidak tetapnya siklus menstruasi, sehingga waktu fertil sulit untuk ditentukan bagi ovulasi.

Konsumsi sayuran hijau setiap hari memabntu menyegarkan tubuh, melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan an tentunya menyehatkan kandungan calon ibu.

• Cabai

Cabai memang terkenal pedas dan bisa membuat perut melilit jika dimakan terlalu banyak. Namun ada juga manfaat cabai yang baik bagi tubuh.

cabai untuk penyubur kandungan

Selain dikenal memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi, cabai pedas juga dikenal bisa mengontrol jumlah bakteri dalam usus.

Namun bukan itu saja manfaat besar cabai ini. Ternyata cabai juga bisa membantu untuk menyuburkan kandungan. Hormon endhorpin yang ada pada cabai ternyata membantu untuk melepas stres dan membuat kita merasa lebih relax.

Sebagaimana diketahui salah satu faktor yang mempercepat kehamilan adalah tenangnya pikiran.

Hindakan stres dan konsumsi cabai pada porsi yang wajar bisa membantu menenangkan pikiran.

• Sayuran berpigmen

Sayuran berpigmen yang dimaksudkan disini adalah sayuran yang memiliki warna cenderung kemerahan atau orange seperti labu, wortel, atau paprika merah dan kuning.

Sayuran berpigmen unutk penyubur

Sayuran dengan warna cerah ini mengandung banyak Vitamin A yang baik sekali untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan dan juga rahim. Memberikan kesiapan maksimal pada rahim calon ibu untuk mengandung janin.

• Biji-bijian

Biji – bijian memiliki manfaat yang besar bagi calon ibu hamil yang ingi memiliki anak dalam waktu singkat adalah dengan mengonsumsi sumber vitamin salah satunya vitamin E. vitamin E banyak ditemukan pada biji – bijian seperti gandum, kecambah, dan jenis bijian lainnya.

Konsumsi beras merah atau kacang merah pun sangat dianjurkan bagi calon ibu dikarenakan beras merah dan kacang merah memiliki kandungan vitamin B6 yang dipercaya bisa menstabilkan hormon progesteron dan esterogen yang menunjang dan mempercepat hamilnya seorang ibu. Vitamin B6 juga disa ditemukan pada berbagai seafood.

• Tomat dan Brokoli

Sebagaimana makanan sehat lainnya toman dan brokoli memiliki kandungan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya adaah Vitamin C.

meski vitamin C bisa didapat dari cabai sebagaimana disebutkan di atas, namun variasi makanan dan serat amat baik bagi kesehatan tubuh calon ibu hamil.

Kemampuan Vitamin C untuk melawan radikal bebas sungguh bermanfaat bagi wanita karena sering terkena paparan radikal bebas bisa mempengaruhi sistem reproduksi menjadi kurang produktif sehingga baik untuk didukung dengan anti radikal bebas seperti vitamin c alami.

Buah penyubur kandungan juga ada yang dipercaya sangat manjur. Asupan gizi, vitamin dan mineral yang tinggi pada beberapa buah-buahan berikut akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan menyiapkan kandungan yang sehat.

Buah - buahan tersebut antara lain:

Jambu biji.

Jambu biji yang kita kenal sebagai obat mujarab bagi mereka yang terkena penyakit demam berdarah dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah ternyata juga baik bagi calon ibu hamil.

Kandungan likopen yang tinggi pada jambu biji membantu menyuburkan sistem reproduksi.

Selanjutnya ada Semangka yang selain memiliki kandungan air yang tinggi, juga memiliki senyawa situlin yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual pada pasangan anda.

Sementara pada laki-laki kandungan asam amino ini memicu produksi nitrit oksida yang meningkatkan kualitas reproduksi pria.

Buah kurma.

Buah yang sangat populer di masa bulan Ramadhan ini memang dikenal berkhasian menyembuahkan banyak penyakit dan menjaga kesehatan tubuh kandungannya antara lain kalsium, magnesium, karbohidrat, zat besi, kalium, dan masih banyak lagi sehingga membantu asupan gizi ibu.

Madu Penyubur Kandungan

sumber: Makanan Penyubur Kandungan Bagai Ibu Yamg Ingin Hamil - Herbal Penyubur Kandungan | Madu Penyubur Kandungan

Ada tambahan lagi bunda? Yuk berikan koment juga ada tambahan lagi ya..
 
Makanan Penyubur Kandungan
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
makanan cepat hamil, makanan penyubur


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bisakah makanan tertentu membuat bayi dalam kandungan bersih? -- Diskusi Umum 2
JUAL NOMOR CANTIK - GALERI NOMOR (Setiap Ada Nomor Baru Post Disini) -- Area Promosi 334
makanan yang dapat menyuburkan untuk saya dan suami -- Diskusi Umum 4
Jual Herbal Asli Papua untuk membantu menyuburkan kandungan -- Area Promosi 0
Makanan Yang Dapat Membantu Mempermudah Melahirkan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:51.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com