Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Misc Stuff > Ngobrol Apa Saja

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Cecili...   TS 
 
Posts: 248
Default Serba-serbi mpasi

Hai Bunda,

Ngga terasa bayi saya sebentar lagi memulai mpasi. Share, dong, Bun, tipsnya. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mpasi, terutama untuk ibu yang bekerja full time seperti saya. Saya berharap bisa kasih mpasi buatan sendiri, bukan yang instan. Kira2 gimana triknya supaya proses nyiapinnya jadi lebih praktis dan menyenangkan buat saya yang sibuk kerja?

Oya, share juga kalo ada Bunda2 yang punya referensi buku tentang mpasi yang bagus, ya. Trims Bunda ...
 
  #2  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
klo saya dulu masak subuh yg buat d makan sore saya masukin kulkas nanti pas mau makan d angetin lg, yg buat makan pagi gpp d suhu ruang karena biasanya bayi jam 7 juga udah mamam...
kecuali sayurnya bayam gak boleh d hangatkan ya bun,harus 2 kali masak saja.saya dl masak nya simpel aja bubur pake ayam+kaldu d kasih sayuran kadang brokoli kadang wortel kdg ketang

kadang bubur pakai ikan gabus atau ikan lele, kadang saya kasih pure alpukat aja sesekali...
kdg saya kasih labu kuning, atau kadang ubi ungu.saya seadanya bahan aja kadang bun..saya kasih lemak tambahan kdg keju,Evoo,Unsalted Butter...
saya gk pake buku resep
 
  #3  
Old
Cecili...   TS 
 
Posts: 248
 
Makasih ya sharingnya Bun Pramesty.
Btw, bukan buku resep sih yang saya cari. Lebih ke buku yang kasih wawasan scr umum tentang mpasi. Iya googling juga pasti banyak nemu ... Tapi saya lebih suka baca buku (punya buku pegangan) atau sharing scr lamgsung dgn yg udah berpengalaman ... Soalnya buat googling saya gak punya banyak waktu, Bun ...
 
  #4  
Old
Thaniz...
 
Posts: 876
 
Kalau sy dulu pakai slowcooker bun.. krna anak gk bsa ditinggal dan gk ada yg bantuin..
Jadi mlm mau tidur sy masukin bahan2,, nanti subuh tinggal saring2 bagi 3 tempat dan simpan di kulkas, kalau makan tinggal angetin di mejikom..

Menu2 yang penting langsung menu seimbang yaitu, karbo, protein hewani, nabati, vitamin, mineral dan lemak

Semangat ya bunda untuk mpasi dedeknya..
 
  #5  
Old
Rindi ...
 
Posts: 427
 
Yg saya tau sih katanya utk pertumbuhan anak yg sebaik2 diutamakan itu protein dan lemah, bukan serat tinggi seperti sayur2an.
Cmiiw.
 
الحمدلله الذي بنعمته تتم الصالحات
  #6  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Replying to: View Post
Makasih ya sharingnya Bun Pramesty.
Btw, bukan buku resep sih yang saya cari. Lebih ke buku yang kasih wawasan scr umum tentang mpasi. Iya googling juga pasti banyak nemu ... Tapi saya lebih suka baca buku (punya buku pegangan) atau sharing scr lamgsung dgn yg udah berpengalaman ... Soalnya buat googling saya gak punya banyak waktu, Bun ...

d gramed banyak bun buku panduan MPASI seperti sayur apa gk boleh ktmu sama sayur apa,atau buah apa aja yg tinggi serat jd tdk bs d mix...ada kok bun tp saya gk tau judul nya
 
  #7  
Old
nurul ...
 
Posts: 857
 
Gabung di grup asosiasi ibu menyusui indonesia (AIMI) atau homemade healthy baby food aja bunda...nanti ada di file panduannya...
 
  #8  
Old
Friza5...
 
Posts: 58
 
salam kenal bunsayy,,,
klo aku awal2 mpasi aku kasi mnu 1 bintang dulu biar anak kenal rasa plus klo ada alergi makanan tertentu jdi ketauan
aku kasi dya buah2an dulu bun sama biskuit bayi buat selingannya
satu minggu berikutnya aku naikkin menu 2 bintang itupun yg gampang aja kaya bubur beras sama daging, ayam, tahu, tempe secara bergantian (aku ga pake ikan soalnya punya riwayat alergi jadi ga brani kasih dulu)
smbil liat kondisi si dede klo oke baru deh naik menu 4 bintang
aku masak pagi bareng kukus nasi gtu bun,, yg separoh buat pagi sisanya dimasukin kulkas buat makan sore diangetin dulu
semangatt bundaa
 
  #9  
Old
Cecili...   TS 
 
Posts: 248
 
Terima kasih ya Bunda2 sarannya, sambil saya catat nih. Ngomong2, untuk tahap awal (minggu2 pertama) itu berapa kali sih dia makan dalam sehari? Saya nih agak worry sama mpasinya, selain karena anak pertama, posisinya saat saya tinggal kerja adalah dititip di rumah saudara, karena saya ga punya pengasuh anak/ART.

Saya udah kebayang seperti saran Bun Thaniz: makanannya dibagi2 ke wadah kecil untuk disimpan di kulkas, biar kalau makan praktis tinggal diangetin. Paling saya tinggalin jadwal2 makannya untuk pegangan saudara yang ngasuh dia. Pertanyaan saya, slow cooker itu signifikan bgt ya gunanya, Bun, buat mpasi (masih ga kebayang fungsinya, secara ga pernah masak, hahaha)? Terus buat portioning makanannya, enaknya pakai wadah apaan? Kayak tupperware gitu? Untuk peralatan makannya sendiri, ada merk tertentu yg direkomendasikan ga Bunda2 berdasarkan pengalaman?

Last but not least, maaaaafff kalo pertanyaannya receh bangeett ...
 
  #10  
Old
Bunda ...
 
Posts: 64
 
ikutan nimbrung ya bunsayyy,,,
babyku bulan dpan udh mulai mpasi
 
  #11  
Old
Cecili...   TS 
 
Posts: 248
 
Replying to: View Post
ikutan nimbrung ya bunsayyy,,,
babyku bulan dpan udh mulai mpasi
Halo Bunda Amanda. Kayaknya anak kita sepantaran, nih.

Setelah tanya sana tanya sini, untuk mpasi bayi saya, kayaknya saya mau pakai bubur organik gasol aja untuk weekday, supaya praktis. Karena sy kerja, pulang malam pergi lagi pagi banget, saya kayaknya gak kan sanggup kalau bikin mpasi sendiri. Sabtu-minggu baru deh masak sendiri, sekaligus untuk variasi menunya. So far begitulah rencananya, kita lihat nanti praktiknya .

Oya, Bunda udah mulai beli peralatannya? Saya lagi ngelist aja nih ... Dan masih galau, perlu beli slow cooker gk ... Hahaha... Rata2 temen saya merekomendasikan sc, tp sbrp signifikan sih kepakenya ...smp brp lama. Saya naksir juga tuh electric cooker yg bisa masak 3 menu sekaligus, macem haezbaby, tapi harganya lumayan. Masih mikir2 mana yg akan lbh cocok buat saya yg males/ga pny waktu masak, suka bawa bayi traveling, dan utk jangka waktu lama.
 
  #12  
Old
Nana M...
 
Posts: 69
 
halo bu, saya ibu bekerja juga.

jaman MPASI, saya masak pakai slow cooker. malam semua bahan dimasukkan dan cliing paginya udah mateng.
ketika MPASI 6 - 7 bulanan masakannya saya blender kasar trus disaring lagi. tapi ini optional sih, menyesuaikan sama kemampuan bayi naik tekstur.

dan sekarang slow cooker masih saya pakai masak kok. kalo menurut saya, nggak rugi beli slow cooker. saya masak rendang, soto, rawon, dll pakai slowker.

oh ya, kalau ada rencana mau kasih gasol aja, . karena gasol kan cuma karbo aja, nah sementara anak juga butuh zat lain kan. takutnya kalau cuma karbo aja, nggak terpenuhi gizi lainnya.

mungkin sebaiknya baca-baca dulu banyak referensi bu biar makin mantep.

dan yang paling penting : berdoa biar anaknya mau maem dan bahagia saat maem

karena kadang emaknya udah masak, eh bocahnya GTM. kadang suka sedih hehe
 
  #13  
Old
Cecili...   TS 
 
Posts: 248
 
Rencana saya memang gasolnya di-mix dgn bahan lain. Ujung2nya sama2 meracik sendiri sih, ya ...tapi dalam bayangan saya lebih praktis aja krn ga perlu bikin bubur. Bahan lainnya bisa tinggal diblender lalu dicampurkan.
 
  #14  
Old
Prames...
 
Posts: 889
 
Replying to: View Post
Rencana saya memang gasolnya di-mix dgn bahan lain. Ujung2nya sama2 meracik sendiri sih, ya ...tapi dalam bayangan saya lebih praktis aja krn ga perlu bikin bubur. Bahan lainnya bisa tinggal diblender lalu dicampurkan.

saya pernah baca d grup MPASI di FB bun sudah tdk di rekomen lg tepung Gasol untuk MPASI anak saya yg gede dl saya kasih gasol tp gak sering klo pas saya bner2 mentok gk smpt buat masak,tp skrg kata nya sdh tdk di rekomendasiin lg...
seru yah nyiapin MPASI anak bun...
 
  #15  
Old
Nana M...
 
Posts: 69
 
nah iya betul kata bun pramesty. gasol tidak direkomendasikan.

oh ya, kalau mau praktis bikin bubur ( kalau memang ada rencana pakai slow cooker ), dari slowker bisa langsung bikin bubur kok. tinggal diatur jumlah air dan waktu masaknya aja.

atau kalau mau tidak repot, bisa dari nasi yang sudah dimasak seperti biasa ( nasi untuk kita ) tinggal diblender trus kekentalannya diatur pakai kuah. jadi masaknya bisa sekalian sama seperti kita masak untuk orang dewasa, jadi nggak 2x masak. tapi karena di bawah 1 tahun, garemnya diskip / ditambahkan di akhir khusus untuk org dewasa. saya dulu pakai trik ini ketika malemnya ketiduran gak bisa bangun buat masak di slowcooker.

semangat ya buibu yang mau MPASI
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
serba serbi USG -- Diskusi Umum 5
serba-serbi bab pada bayi -- Diskusi Umum 6
serba-serbi BAB pd bayi asi -- Diskusi Umum 0
serba serbi MPASI -- Ngobrol Apa Saja 59
Serba serbi bpjs -- Diskusi Umum 50


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com