Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > IbuHamil.com > Kenalan Yuk!

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Tina B...   TS 
 
Posts: 2
Default Kista 2 cm

Halo bunda, perkenalkan saya anggota baru.
Saya ada keluhan yaitu kista 2 cm di ovarium sebelah kiri. Saya baru usg di dokter 2 hari yg lalu dan diagnosa nya seperti itu.
Saya shock bunda krn umur saya masih muda 21 thn. Ada yg bisa kasih masukkan utk pengobatannya? Krn saya masih bingung sampai saat ini.
 
  #2  
Old
rentys...
 
Posts: 1
 
hallo mbk tina, gak usah takut.. saya jg ada kista dulu 2.89cm ,
trus kata dokter gpp, soalny masih kecil malah gk dikasih obt sama sekali dg dkter utk kistany.
kista kalau masih kecil bisa hilang dengan sendirinya kok,
alhamdullilah kista saya udh hilang karna wktu itu saya hamil..
gk usah terlalu dipikirin yaa..
 
  #3  
Old
sheldo...
 
Location: Nomaden
Posts: 2,450
 
Kista dan miom sama ga sih? Klo kakakku dlu ada miom 5cm. Oleh spognya disuruh cepat2 nikah dan hamil biar hilang sendiri. Tapi krn gaya hidup kakakku ga sehat. Malah membesar dan beranak miomnya sampe 10cm dan ada beberapa biji. Akhirnya dioperasi.
Klo kista memang sama, ya bunda hindari makanan kaleng dan instant. Ayam2an potong, telur2an jg dihindari. Ayam/telor kampung masih aman.
Olahraga teratur dan makan2an sehat dan bergizi bund...
 
  #4  
Old
Cecili...
 
Posts: 248
 
Kista dan miom itu berbeda.
Sama-sama tumor jinak, tapi beda tempat tumbuh dan isinya.

Kista: kantong yang dibungkus selaput dan berisi cairan/air, yang pada dasarnya bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun seperti ginjal, payudara, dan ovarium.

Miom: sel dari jaringan otot dinding rahim yang tumbuh abnormal. Atau, gampangnya, bisa disamakan seperti daging tumbuh pada dinding rahim. Miom ini bisa beranak-pinak dan berukuran besar, hingga sebesar kepala bayi.

Penyebab kista dan miom ini sama2 belum jelas. Banyak ahli yang mengaitkannya dengan ketidakseimbangan hormon. Dan, salah satu pemicu ketidakseimbangan itu adalah dari gaya hidup. Merokok, minum alkohol, diet & pola makan tidak sehat, stres, adalah contoh gaya hidup yang bisa memicu kista & miom.

Munculnya kista juga gak tergantung sama usia seorang perempuan. Muda, tua, bisa aja punya kista. Kabar baiknya untuk Mbak TS, kebanyakan kista gak berbahaya dan gak mempengaruhi kesuburan, kok. Ada yang dinamakan kista fungsional, yaitu kista yang terbentuk sebagai bagian dari siklus haid perempuan dan akan hilang (luruh) dengan sendirinya ketika perempuan itu haid. Biasanya, dalam penanganan kista, dokter akan memantau pasien selama 3x siklus haid (3 bulan) untuk melihat perkembangan si kista apa menghilang sendiri atau malah berkembang tambah besar. Bisa juga pasien yang datang sebelum haid, diminta untuk datang lagi ketika haid. Setahu saya, kista baru memerlukan penangan khusus hingga operasi kalau ukurannya sudah lebih dr 5 cm dan menimbulkan gangguan2 serius pada perempuan.

Saya dulu juga terdeteksi kista ovarium 2 dan 4 cm, terus hilang sendiri saat haid. Lalu pas saya hamil muda, muncul lagi kista 6 cm, tapi alhamdulillah seiring berkembangnya kehamilan, si kista juga hilang sendiri.

Jadi, saran saya gak usah khawatir dulu, Mba. Dipantau aja dulu selama 1-2 bulan ini. Coba balik lagi ke dokter pada siklus haid berikutnya untuk tahu perkembangannya. Besar kemungkinan cuma kista fungsional dan ga perlu pengobatan khusus. Meanwhile, bagus juga kalau Mbak mulai mengurangi makanan instan, ber-MSG, dan berlemak untuk menekan risiko kista, miom, dan polip seperti saran Bunda @sheldon.
 
  #5  
Old
Tina B...   TS 
 
Posts: 2
 
Mba renty, terimakasih mba dukungannya. berarti kalau hamil itu bisa membuat kista mengilang juga ya mba?

---------- Post added at 07:43 ---------- Previous post was at 07:38 ----------

Mba cecilia, terimakasih mba. saya sekarang sebisa mungkin makan tidak sembarang mba. Karena saya takut kalau kista nya nanti makin membesar dan harus operasi. Banyak yg bilang setelah operasi mengganggu kesuburan utk punya anak soalnya mba, itu yg saya khawatirkan sedangkan saya belum menikah.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bunda semua adaa yaang kista ovarium/kista coklat? -- Diskusi Umum 34
oprasi kista,kista (Lagi),smbuh,promil Ladyfem dn positif -- Diskusi Umum 264
kista(yg sudah pernah operasi kista merapat ya bunsay) -- Diskusi Umum 93
usia 63 tahun mengidap kista 22cm, share yg berhasil mengobati kista please -- Ngobrol Apa Saja 3
hamil dalam kondisi kista di leher / kista thyroid (nangis seharian) -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com