Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hasna6...   TS 
 
Posts: 78
Default Perubahan kulit semasa hamil

Masalah kecil pada kulit di sepanjang kehamilan adalah perkara biasa dan kebanyakan tidak membawa sebarang bahaya. Bagaimanapun ibu hamil disarankan untuk berjumpa doktor jika anda mengalami luka radang, melepuh atau sebarang kondisi seperti ruam,rengsa kulit atau kegagalan melebihi beberapa hari.

Melecet
Semakin berat badan bertambah,bagian badan seperti di antara dua belah paha dan di bawah payudara mudah menjadi merah dan basah. Kulit mudah menjadi radang,melepuh dan ibu hamil mungkin sadar ada sedikit bau. Kondisi ini dikenali sebagai intertrigo iaitu keradangan dermatitis superfisial pada dua permukaan bersentuh disebabkan oleh lembapan,panas,keringat,geseran dan agen berjangkit.

Pastikan bagian kulit ini sentiasa kering dan kekal sejuk dengan memakai pakaian berkain kapas, dan elak daripada memakai pakaian ketat. Sila berjumpa doktor karena intertrigo boleh menyebabkan infeksi kandida.

Kulit sensitif dan tidak selesa (radang)
Kulit menjadi lebih sensitif semasa hamil bukan hanya karena level hormone yang tinggi di dalam badan,tetapi karena kulit menjadi lebih tegang dan sensitif. Sabun dan bahan pencuci boleh menyebabkan radang kulit terjadi dengan tiba-tiba,atau kondisi seperti eczema boleh menjadi lebih buruk. Coba tentukan penyebab pada iritasi kulit yang dialami. Ia mungkin disebabkan oleh serbuk pencuci atau parfum yang digunakan. Pilih pakaian longgar dan berkain kapas,dan sentiasa melembapkan kulit. Berendam lama di dalam bak mandian air suam akan mengeringkan kulit, jadi coba meminimakannya.

Ruam dan kegatalan
Ruam dan kegatalan yang datang dan pergi semasa hamil tanpa sebab ketara adalah perkara biasa. Kegatalan melampau pada keseluruhan badan,terutamanya di bagian tapak tangan dan kaki pada sebelah malam mungkin petanda canggung dalam kehamilan. Ia berhubungan dengan gangguan pada hati yang dipanggil obstetric kolestasis. Jika ia berlanjutan selama beberapa hari, dinasihatkan untuk berjumpa doktor.


semoga bermanfaat
Info Kesehatan
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Sarasv...
 
Posts: 563
 
Thanks infonya.
 
Pengen punya travel online dengan modal kecil atau mau booking/reservasi tiket pesawat? SMS rute ke 08114443464. Praktis & Terpercaya!
  #3  
Old
ummi k...
 
Location: di persingahan
Posts: 4,357
 
nice info... tak bantu up ya...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perubahan semasa hamil -- Diskusi Umum 4
Perubahan Kulit Selama Kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 0
perubahan-perubahan yg akan terjadi padi ibu hamil secara fisiologis :) -- Ngobrol Apa Saja 6
Ada perubahan dengan kondisi kulit saat hamil tidak bun? -- Diskusi Umum 5
Perubahan warna kulit -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:46.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com