Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bunda ...   TS 
 
Location: Sumedang
Posts: 101
Smile Yuk kita cari tahu tentang ALERGI SUSU SAPI PADA BAYI!!!

Hi Bunda...
Apa kabar semua?
Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaaa

Kita berbagi pengalaman yu Bun!! Khususnya bagi Bunda yg memberikan Sufor pada Debay krn keadaan tertentu.Misalnya,karena Bunda kerja jadi ga bisa ngasih ASI pada siang hari,ataupun krn ada masalah pada payudara itu sendiri.

Gini Bun...
Anakku,Ana lahir dgn BB rendah yaitu 2,1 kg.Sehingga diharuskan untuk meminum susu BBLR.Dalam jangka 1 bulan,Ana sudah mendapatkan berat badan yg cukup.Sehingga pemberian susu BBLR sudah dihentikan.Lalu saya ganti dgn Sufor merk lain,bukan BBLR.Kenapa saya kasih Sufor? Krn Ana tuh kalo nete di saya ga pernah bisa kenyang walaupun sudah di kanan dan kiri dia nete nya (Gembul juga sih_heheee)

Saya kasih Ana Sufor sebagai selingan.Tapi...setelah saya kasih Sufor,Ana malah sering mencret,muntah,ngorok,dan yang paling ngeri adalah Ana sering bersin mengeluarkan lendir putih seperti susu.Dan kayaknya sih itu memang susu.Saya kaget banget Bun...!!! Setelah 1 minggu Ana terus2an kayak gitu,saya bawa ke dokter Spesialis anak.Dan hasilnya adalah Ana di diagnosa Alergi Susu Sapi

Kata Dokter "Bu,kenapa dikasih Sufor?"
Saya bilang "Saya kerja dok.Tp sebetulnya saya juga kasih ASI saat saya pulang kerja.Tadinya memang saya mau ngasih ASI perah.Tp ibu mertua saya ngotot biar dikasih Sufor aja.Tp nyatanya malah sakit.Tadinya saya mau perah ASI saya dan memasukannya ke Cooler Bag.Dan BB anak saya pd lahir itu rendah dok.Cuma 2,1 kg.Jadi dikasih susu BBLR"
Kata Dokter "Ibu minum susu sapi ga?"
Saya bilang "Ya minum dok.Saya minum Lactamom"
Dokternya bilang "Karena ibu juga menyusui,jadi mulai sekarang ibu TIDAK BOLEH mengkonsumsi susu sapi ya! Krn anak ibu alergi susu sapi"
Dengan berat hati "Baiklah dok" (Padahal saya suka banget susu sapi) :-(
Sambung Dokter "Pencernaan anak ibu belum sempurna tp sudah dipaksakan harus minum Sufor penambah berat badan.Kulit anak ibu merah2,lendir yg keluar dr hidungnya itu memang susu.Itu sebagai tanda penolakan tubuhnya terhadap laktosa.Jadi kalau bayi ibu mau dikasih Sufor sebagai selingan pun masih tetap bisa asalkan susu nya harus yg bebas laktosa"

Bun...
Saya curiga bahwa Ana bukan hanya sakit perut biasa tuh soalnya gini...
1.Ana mencret sampai 5x sehari
2.Kulit Ana jadi kemerahan
3.Ana sering muntah
4.Ana sering bersin mengeluarkan lendir putih seperti susu
5.Tidurnya sering ngorok

Sebetulnya masih banyak pertanda lain yg muncul pada bayi yg alergi susu sapi selain tanda2 yg Ana alami.Bahkan ada juga yg sampai BABnya berdarah.Tp Ana sih ga sampai kayak gitu Bun...

Alergi susu sapi bisa dirasakan penderitanya sampai umur 3 tahun.
Maka dr itu,bagi yg sudah menderita alergi susu sapi sejak lahir,harus extra diperhatikan dr segi makanannya saat bayi sudah mulai makan yaitu usia 6 bulan.Jadi,saat Ana berusia 6 bulan nanti,saya harus check lg ke dokter tentang perkembangan pencernaannya.Dan asupan nutrisi apa yg sangat baik bagi Ana.Serta konsultasi ttg makanan yg hrs diperbanyak pengonsumsiannya agar kalsium Ana terpenuhi krn Ana tidak minum susu sapi.

Sekarang usia Ana 5 bulan.Sejak Ana di diagnosa Alergi Susu Sapi,saya berikan Sufor selingan selama Ana ditinggal kerja,yaitu susu Nestle AL 110 bebas laktosa.
Sedikit outlet yg menjual susu ini.Saya juga pertama kali nemuin susu ini di Kimia Farma (Maaf ya Bun...bukannya mau promosi tp memang Ana diarahkan untuk mengkonsumsi susu itu) :-)

Setelah dari dokter,saya kasih Ana susu kedelai.Tapi ternyata...Jangankan Ana yg masih bayi,Saya aja ga mau kalo disuruh minum soya milk.Baunya itu lho Buuun!!!
Soya milk buat bayi beda baunya dgn soya milk untuk org dewasa.Kalo soya milk dewasa biasanya bau tahu dan rasanya enak kalo mnrut saya.Tp soya milk bayi,iiiiiiihhh baunya aneh bangeeett dan rasanya ga enak.Ana aja sampe ngemuntahin lagi (-.-)

Sekian dulu ya Bun...
Semoga Bunda&Debay sehat selalu,tambah montok debaynya,dan makin sayang sama Ayah&Bunda nya...amin

*Doakan Ana juga ya Bunda sayang... semoga Ana sembuh dari alerginya Amiin ya Rab
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
UnyilU...
 
Posts: 115
 
Sama bund...aku juga ga boleh minum susu sapi gara2 babyku alergi bund...
 
  #3  
Old
Thisa...
 
Posts: 3
 
Kalau saya malah dilarang mengkonsumsi semua turunan susu sapi seperti cokelat, keju, kue, dsb. Jadinya stress bunda😢soalnya kesukaan semua
 
  #4  
Old
ummuza...
 
Posts: 4
 
sekrang udah sembuh dari alerginya bun?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jual Susu Kambing Penghilang Alergi Susu Sapi -- Area Promosi 0
Tolong Bantu, baby 5,5 bln alergi susu sapi blm ketemu susu yg cocok -- Diskusi Umum 40
alergi susu sapi, tanya: susu merk apa yg anti alergi ??? -- Diskusi Umum 23
bayi umur sebulan bisakah alergi susu sapi ? -- Diskusi Umum 2
tanda2 alergi susu sapi pada bayi -- Ngobrol Apa Saja 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:59.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com