Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ivande...   TS 
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 725
Default Berpuasa Saat Hamil Ada Syaratnya Supaya Debay Tetap Sehat

Dear Bumil dan Bunda,

Sebenarnya tahun lalu saya sudah pernah share artikel ini, tetapi karena banyak pembaca yang masih suka menanyakan hal ini, maka saya kembali merevisi artikel tentang “Puasa dalam Kehamilan”. Silahkan dibaca dan dibagikan pada bunda2 lain yang membutuhkan.

Sebentar lagi menghadapi bulan Ramadhan. Tentunya semua umat Muslim akan bersiap menghadapi bulan puasa ini dengan sepenuh hati. Bagaimana dengan ibu yang sedang hamil? Apakah boleh berpuasa? Adakah persiapan khusus?


Kehamilan dibagi menjadi 3 fase penting, yaitu : trimester I, II dan III.


Trimester pertama biasa ditandai dengan mual-mual dan kadang disertai muntah yang disebut emesis gravidarum. Dalam keadaan mual dan muntah maka lambung akan berada dalam kondisi rawan, karena dalam keadaan kosong maka asam lambung akan mengiritasi dinding lambung sendiri sehingga terjadi gastritis atau sakit maag. Jadi seorang bumil akan lebih mudah terserang sakit maag bila mual2 dan muntah. Seorang yang tadinya tidak pernah sakit maag dapat terserang maag saat hamil, sedangkan yang sudah sering sakit maag maka dapat bertambah parah. Oleh karena itu puasa dapat memperparah keadaan ini. Dalam keadaan mual dan muntah hebat, maka puasa tidak dianjurkan mengingat hal ini dapat memicu kekurangan cairan, gangguan elektrolit ,dan sakit maag. Bukan hanya itu saja, trimester pertama merupakan saat penting untuk pertumbuhan organ, terutama otak. Maka sangat dianjurkan agar ibu tetap sehat selama trimester pertama. Namun bila dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, maka puasa diperbolehkan namun dengan kontrol teratur.


Trimester kedua biasa ditandai dengan membaiknya mual dan muntah. Saat ini kondisi ibu sudah membaik dan lebih sehat. Trimester kedua merupakan tahap pertumbuhan dan perkembangan bagi bayi dalam kandungan. Seorang bumil membutuhkan 200 kalori lebih banyak saat hamil daripada saat tidak hamil. Kebutuhan ini diperoleh melalui makanan minuman sehari-hari.

Pada saat kehamilan semakin besar, maka tubuh ibu juga akan mengeluarkan cairan lebih banyak melalui penguapan dan keringat. Oleh karena itu, lebih dikhawatirkan bayi mengalami kekurangan cairan dibandingkan kekurangan gizi.
Bila perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam keadaan baik dan proporsional, maka puasa diperbolehkan dan tentunya harus dilakukan kontrol di pertengahan bulan puasa untuk menilai kondisi bayi dan ibunya.

Trimester ketiga adalah pematangan paru-paru bayi dan persiapan menghadapi persalinan. Bila ibu dan bayi sehat, maka dianjurkan untuk puasa. Namun harus juga bersiap untuk menghadapi persalinan yang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu kontrol kehamilan harus dilakukan lebih sering. Perekaman denyut jantung bayi (CTG) harus dilakukan untuk menilai kesejahteraan bayi di dalam kandungan selama berpuasa.


Tips Berpuasa Saat Hamil


1. Kontrol ke dokter kandungan sebelum mulai berpuasa, untuk memastikan kondisi ibu dan bayi baik.
2. Di pertengahan bulan puasa lakukan kontrol ulangan untuk menilai keadaan dan kesehatan bayi.
3. Saat berbuka, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 1 gelas besar. Menu Tajil dapat diganti dengan buah-buahan yang berserat tinggi dan kacang-kacangan. Buah sangat baik karena memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula darah tiba-tiba yang beresiko menimbulkan diabetes dalam kehamilan. Dengan kata lain, boleh makan manis, tetapi jangan banyak-banyak. Kurma yang juga dianjurkan untuk berbuka puasa sebaiknya dikonsumsi tidak terlalu banyak, sebab dapat menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah.
4. Menu untuk sahur sangat dianjurkan memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan protein tinggi seperti telur dan daging baik ikan, ayam dan sapi, serta memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini membuat ibu kenyang lebih lama dan mencegah terjadinya hipoglikemik atau kekurangan gula di siang hari.
5. Cukup istirahat, dan bila memungkinkan untuk menyempatkan diri tidur siang. Dengan cara ini anda dapat menghemat pengeluaran energi di siang hari.
6. Perubahan pola makan minum saat bulan puasa kadang tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh bayi dalam kandungan. Oleh karena itu pastikan anda memeriksakan kehamilan sesuai dengan jadwal yang dianjurkan.


7. Mintalah nomor kontak dokter anda atau pastikan anda dapat berkomunikasi dengan dokter kandungan anda secara efektif. Setiap perubahan dan keluhan silahkan disampaikan kepada dokter anda.
8. Pastikan bumil diperiksa oleh dokter kandungan dengan seksama sebelum mulai puasa.

Saya biasa melakukan pemeriksaan USG Terarah dan laboratorium untuk bumil yang mau puasa. Tujuannya adalah memastikan kondisi ibu dan bayinya baik dan sehat. Selain itu 2 minggu atau pertengahan bulan puasa, dilakukan kontrol ulangan untuk melihat kondisi bumil dan bayinya. Menjelang akhir bulan puasa, maka akan dilakukan pemeriksaan ulang untuk menilai kondisi bayi dan ibunya, bila perlu dilakukan perekaman denyut jantung bayi. Jadi selama bulan puasa sebaiknya dilakukan 3 kali kontrol hamil, yaitu : sebelum puasa, ditengah puasa (2minggu) dan menjelang akhir bulan puasa.
Hal ini penting karena tidak semua bayi kuat dibawa puasa, dan untuk yang tidak kuat pada gambaran USG seringkali kita lihat bayi seperti mengalami busung lapar (kurus, kepala besar dan ketuban sedikit).
Supaya mudik menjadi aman dan tenang kontrol harus dilakukan secara teratur. Selain itu untuk yang sudah mendekati taksiran persalinan, maka harus meminta surat keterangan riwayat kehamilan dari dokternya, tujuannya adalah untuk berjaga-jaga karena persalinan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Selamat berpuasa, semoga bermanfaat...
 
Thread lain yang berhubungan:
www.instagram.com/ivanderutama
www.youtube.com/user/drivanderutama
@ivanderutama
  #2  
Old
Ayu Ga...
 
Posts: 75
 
nice artikel dok , saya baru masuk TM1 ini baru 6 week ajah udh mual parah ,, pengennya sih puasa , tapi sepertinya harus absent puasa tahun ini
kalau memang di paksakan untuk puasa di TM satu dalam ke adaan seperti ini apa sangat berpengaruh buat janin yah dok ..
Ada tips yang ampuh ga dok buat menghilangkan mual yang parah
thanks before dok ..
 
  #3  
Old
ayu pr...
 
Location: jakarta
Posts: 825
 
nice info dr,sangat bermanfaat sekali
saya skrg 31w,brarti nanti kalo puasa kira2 udah uk 32w an,

jadi saya mau pastikan ke spog dulu bagaimana keadaan janin saya,semoga dede kuat dan bisa diajak puasa sebulan full,yeyyyyAmin YRA
 
  #4  
Old
Ananda...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,127
 
Kalau puasa untuk ibu menyusui gimana dok?
 
  #5  
Old
hamida...
 
Posts: 1,708
 
Terima kasih info nya pak dokter...
 
"Zahra annisa putri"
  #6  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Hi hi.. Iya dok, kalo buat busui bagaimana? Apakah ada tips n tricknya supaya tidak tekor di nutrisi n ASI-nya? Selain sufor, minuman apa yg bisa dijadikan alternatif tambahan buat bayi usia 1 tahun?
 
  #7  
Old
lovely...
 
Posts: 70
 
Nice info dok..lagi galau mau ikut puasa apa gak udah deket hpl pas bulan puasa
 
  #8  
Old
DianaS...
 
Posts: 613
 
Trit yg sangat bermanfaat...walaupun saya belum hamil,setidaknya saya punya gambaran yg harus saya lakukan seandainya hamil di saat bulan puasa...terima kasih dok..
 
  #9  
Old
bocism...
 
Posts: 598
 
Nice info
Up
Up
Up
 
  #10  
Old
Pivie...
 
Posts: 407
 
Up nice info dok, saya UK 20Week pengen ikut puasa tapi kayaknya saya urungkan dulu, soalnya nggak bisa nahan laper dikit2 laper rasanya.
 
  #11  
Old
Bunda ...
 
Location: Madura
Posts: 1,053
 
Makasih dok, infonya sangat brmanfaat
 
My Girls Y and My Boy A. My honey jadilah anak yg shaliha & shalih. Doa kami menyertaimu nak...
Keep fighting...!
  #12  
Old
Ririn ...
 
Posts: 211
 
Saya 35 - 36 week ( 3- 4 minggu sblm lahiran) udh 3 mgguan, puasa senin kamis, alhmd semua sehat ( mungkin krn puasanya msh di jedah, mknya tdk brpengaruh byk kpd baby ) hanya sj saat hari pertama puasa, saat it uk di 32 week, si baby siang nya sedikit "berontak" aktif ny lebih dr sblmny, tp stlh hr ke dua, baby udh tenang lagi. Selamat puasa buat bunda semua, positif think, trus ajak baby ngbrol "nak, hari ini kita puasa yah l
 
  #13  
Old
Babby ...
 
Posts: 4
 
saya jualan bunda, masih galau mau puasa ato gak T_T
 
  #14  
Old
ekaviv...
 
Posts: 919
 
saya skrg 33w. memasuki bulan puasa nanti insha Allah 35w. udah mendekati hpl nih.
galau bisa puasa full gak ya.
soalnya rasanya kok kalo laper dikit aja perut suka sakit dan gampang kecapekan.
punya maag pula.
konsul dulu deehh...
 
Nothing to do~
  #15  
Old
rinda ...
 
Posts: 425
 
Dok hamil kali ini saya gak mual gak muntah ,, biasa aja dok ,, uk saya 10w4d apa bisa berpuasa karna saya gak mual ,,
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
hamil, ivander, kontrol, puasa, usg


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Berpuasa Saat Hamil?? Boleh Saja... -- Diskusi Umum 21
Konsultan 坐月子 Cuo Ge Lai ibu hamil agar tetap cantik singset dan sehat kuat -- Area Promosi 1
Bun, Ini Tips Tetap Sehat Saat Mudik -- Ngobrol Apa Saja 2
makan rawon pake toge mentah ,, smoga bayiku gpp dan tetap sehat (•˘ʃƪ˘•) -- Ngobrol Apa Saja 12
Supaya Perut saat hamil tidak stretch marks gimana ya caranya ? -- Diskusi Umum 61


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:08.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com