Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
lynnzg...   TS 
 
Posts: 189
Default bayiku lahir premature, di usia 3mg terkena positif cmv

Hi Bunda..
lama gak buka forum. aku uda lahiran di usia kandungan ku 8 bulan akibat ketuban pecah dini (KPD)
anakku lahir dengan fisik sempurna tp karna premature kurang umur & kurang bb harus masuk perina selama hampir 1 mg.
Sepulang dari rumah sakit bayiku sehat tidak ada tanda2 sakit apapun. bilirubin 9,8 tp diperbolehkan pulang.
menjelang masuk minggu ke 3, tiba2 anakku demam selama 3 hari.
akupun ke dokter untuk test darah dbd & tifus. Hasilnya negatif. senangnya..
demam pun hilang jelang beberapa hari anakku sering muntah, aku kira awalnya dia terlalu kenyang minum susu. ternyata ada masalah dengan hati & limpa.
Lalu dokter menyarankan tes darah ulang skalian untuk cek bilirubin karna umur 1 bulan lewat msh kuning kliatan sampe bola mata yg seharusnya wana putih bgt ini malah butek warnanya agak kekuningan.
Pas di cek ternyata bilirubin nya diangka 6, ternyata untuk bayi lewat 1 bulan kalau bilirubin diatas 0 dicurigai hepatitis, thalasemia atau cmv.
hepatitis di cek negatif, thalasemia gak mungkin positif soalnya gak ada keturunan itu.
dan ternyata setelah di cek cmv igg reaktif &cmv igm reaktif ditambah sel darah merahnya selalu pecah berlebihan yang mengakibatnya bilirubinnya gak turun2.
Selama ini anakku sudah memakai bebrpa dokter untuk sembuh dari cmv. dokter hati & pencernaan , dokter darah, dokter saraf, dokter mata, dokter THT dan dokter ahli virus, karena katanya cmv kalau terlambat dioabti bisa menyerang saraf dan organ tubuh lainnya. kalau dilihat dari fisiknya, CMV ini tidak akan bisa terlihat kalau tanpa test darah, anakku malah gak kliatan sakit, ceria sekali tiap hari. Untungnya msh boleh asi karna msh terbilang tahap ringan (awal) kalau pengobatannya benar & tepat bisa 100 % sembuh dari CMV.
setelah melakukan berbagai macam pemeriksaan dari screening mata & telinga, usg perut sampai usg kepala untuk dilihat saraf otaknya.
Sejauh ini CMV tidak menyerang saraf & organ lainnya. untuk hati & limpa sudah membaik karna sudah diobati dengan obat minum. kasian ya sebenarnya msih bayi harus minum obat pahit , ambil darah per 2 minggu ditambah usg screening ini itu.
sedih & tragis lihatnya. tp apadaya demi kesembuhannya kita harus sedikit tega.
Karena kasihan lihat diambil melulu darahnya, akhirnya diputuskan untuk transfusi darah, tragisnya aku ibunya gak boleh donor darah karna lagi asi (bisa langsung kering kalau maksa) & ayahnya belum ada 6 bulan sembuh tifus + vaksin tifus. T.T
Setelah transfusi darah anankku sudah tidak kuning lagi, bilirubinnya sudah turun, kulitnya sudah putih memerah sekarang. karena trauma bilirubin tinggi lagi, dijemur agak lamaan sekrang kulitnya agak gosong. hahaha

ada yang punya pengalaman anaknya terkena cmv seperti anakku setelah lahir ( waktu hamil negatif cmv, anakku terkena cmv setelah lahir bukan dari kandungan) boleh di share dong pengalaman nya...
 
Thread lain yang berhubungan:
Jesus bless you, Baby MAXINE..
be pretty & strong like your own name...
  #2  
Old
ershi...
 
Posts: 26
 
hai bunda....salam kenal....
baca tread bunda tragis bgt ya,,,sedih+takut akunya,,soalnya aku lagi hamil nih bun...
semoga debaynya sehatt selalu yaa bun,,,dan dijauhkan dari penyakit apapun....amiin
 
  #3  
Old
lynnzg...   TS 
 
Posts: 189
 
hi bund. aku sewaktu hamil selalu check up & hasilnya negatif. anakku kena cmv pas di luar kandungan bkn di dalam kandungan. klo kena pas di luar kandungan msh tahap awal msh bisa dioabti. klo kena pas di dalam kandungan itu yg bahaya berbulan2 di dalam kandungan gak bisa dioabatin sampai nanti lahir baru bisa diobatin.
tega gak tega harus tega demi kesembuhan anak. duit bisa dicari kalau nyawa telat bisa nyesel seumur idup.
banyak doa & positif thinking ya bund semoga kelahirannya aman dan lancar. pikiran yg positif itu obat mujarab buat terhindar dari segala seusatu bund. harus yakin pasti bisa. kalau aku dulu mungkin karna terlalu tkt ini itu. hehehe
 
Jesus bless you, Baby MAXINE..
be pretty & strong like your own name...
  #4  
Old
Albahi...
 
Posts: 119
 
sabar bunda yah....smoga si kecil cpt smbuh...
bundaaa mzh gabung digroup bbm hpl maret kh...?gmn kbrx...?
 
  #5  
Old
lynnzg...   TS 
 
Posts: 189
 
hi bund Albahiyyah, long time no see. aku msh ada mejeng di group nih say. qm emang udah gak gabung yah? aku uda gak gitu sering pegang hp sibuk ngurus & main sama si kecil nih hehehe.. kamu gimana kabarnya? baby nya uda bisa apa nih skrg? btw cewe ato cowo sih?
 
Jesus bless you, Baby MAXINE..
be pretty & strong like your own name...
  #6  
Old
Arsyie...
 
Location: medan
Posts: 249
 
Ya ampun bun...ngilu saya bacanya...saya saja anak cuma pilek dan malamnya susah tidur karna hidung si baby mampet emaknya udah uring2an
Bunda hebat,kuat...

Semoga debay lekas sembuh ya bunda
Oia,ciri fisik baby terkena virus cmv itu gmn y bun?saya jd takut jg soalnya...trus kok bs dia terpapar virus begitu bun?
 
  #7  
Old
lynnzg...   TS 
 
Posts: 189
 
dia mirip flu biasa bund. beda anak beda gejalanya. klo anakku gejala awal panas 3 hari. kata dokter ada yg gejalanya lgsng kejang2 itu uda gawat katanya uda nyerang otak.
cmv nular dari cairan manusia atau hewan dan udara. secara teori gak ada obat buat sembuhin cmv, sekali kena cmv selmanya akan terus kena, asal badan anaknya gak drop/ sakit virusnya akan terus bobo di dalam badan gak akan nyerang.
jadi solusi satu2nya sekarang harus serba benar2 steril.
klo kata dokter sebenarnya CMV sudah umum menyerang siapa saja, cuma orang itu sadar atau gak terkena CMV karna gejalanya hanya seperti flu biasa umumnya.
 
Jesus bless you, Baby MAXINE..
be pretty & strong like your own name...
  #8  
Old
050607...
 
Location: jakarta timur
Posts: 155
 
maaf bun...anak bunda kena cmv sewaktu diluar kandungan itu gmn mksdnya bun?
maaf q kurang ngerti
 
  #9  
Old
phankp...
 
Location: Surabaya
Posts: 1,921
 
Semangat trs ya bunda
Moga2 si kecil sehat2 n ga kena apa2 yg aneh2 lg
Jd cmv itu kl uda kena ya uda bakal positif trs smp tubuh bikin antibodi sndiri dr cmv itu ato gmn bun?
Efeknya buat perkembangan anak gmn bun?
Si kecil masih bayi uda hrs berjuang, pst jd anak yg kuat yaa

---------- Post added at 22:08 ---------- Previous post was at 22:06 ----------

Replying to: View Post
maaf bun...anak bunda kena cmv sewaktu diluar kandungan itu gmn mksdnya bun?
maaf q kurang ngerti
Bntu jwb,moga2 ga salah hehe
Kl kena dr dlm kandungan tu pas qta test torch kan ada cmv jg bun
Itu kl positif anaknya bs kena jg
Ini uda lahir br kena virusnya
 
www.viotrace.com
GeoMedical,MagicAngelEyes,BeautyBlender,ELF,Sigma
BBM Channel : C0048FEFD / BeautyBlender • barbieEye
  #10  
Old
lynnzg...   TS 
 
Posts: 189
 
selama hamil sampai sekarang saya cek darah selalu negatif hasil cmv nya.
anak saya terkena cmv pas di luar kandungan mksdnya dia tertular cmv setelah dia lahir & sudah pulang dari rs, lbh tepatnya umur 3 mg setelah lahir. gejala awalnya demam 3 hari turun naik persis seperti dbd atau tifus.

sekali terkena virus CMV, virus itu akan selamanya ada di dalam tubuh, pengobatannya hanya bisa mencegah agar virus itu gak menyerang saraf otak ataupun organ lainnya. kalau menyerang saraf otak kemungkinan bisa keterbelakangan mental (autis sama seperti rubella), mata dan telinga juga harus di cek seharusnya stlh lahir, cmv yang menyerang mata/ telinga bisa menyebabkan buta dana tuli. CMV yang menyerang paru2 bisa menyebabkan kanker paru2, CMV yang menyerang sumsum tulang belakang akan menyebabkan saraf motorik tidak bekerja ( harus cangkok sumsum tulang belakang), CMV yang menyerang hati & limpa akan menyebabkan kelainan hati & limpa, CMV yang menyerang jantung akan menyebabkan jantung berhenti tiba2 / kematian. dan masih banyak lagi CMV bisa menyerang organ tubuh lainnya.

saat ini baru diketahui CMV menyerang hati & limpa anakku yang menyebabkan ukurannya membesar / membengkak. setelah 1 bulan menjalani terapi obat, ada kemajuan membaik, ukuran limpa sudah hampir normal namun msh harus terus di cek darah per 2 minggu untuk melihat indeks CMV nya naik atau turun, kalau CMV nya naik berarti CMV akan siap menyerang organ lainnya.
per 3 bulan harus terlus melakukan screening mata & telinga , usg perut & usg kepala untuk melihat perkembangan virus tsbt teteap bobo di dalam badan atau dia aktif menyerang.

ada obat yg bisa langsung menidurkan CMV melalui infus, tp obat itu beresiko dapat merusak ginjal karena obatnya cukup keras,. biasanya obat ini diberikan apabila CMV nya sudah parah.

selama bayi nya masih kuat minum susu, masih aktif, gak lemes, masih bisa naik berat badan dan pup gak warna putih berarti CMV msh dalam tahap ringan.

oh ya kalau menurut dokter saraf, cmv kalau menyerang lagi akan menyebabkan badan bayi kembali kuning seperti sebelumnya.

anakku terkena CMV darah bukan CMV urin. kalau CMV urin msh sangat mudah pengobatannya dan bisa 100% sembuh dengan obat biasa karna blom masuk ke darah.

untuk bunda yang mau shairng info seputar sakit spt anak saya ataupun ingin bertanya silahkan, saya siap membantu berbagi ilmu. bisa chat saya ya. LINE : Lynnzgabriella
 
Jesus bless you, Baby MAXINE..
be pretty & strong like your own name...
  #11  
Old
prince...
 
Location: malang
Posts: 979
 
Smoga virusnya cmv ttp diem ya bun gk mnyebar di organ lainnya.
Smoga baby sehat sllu smpe bsar.

Miris bc ny bun...

Ank sy aj jg sring skit2an,dan udh 2X opname...tapi demi ksmbuhan si kcl...sy ikhlas dgn obt2 an maupun infus.
 
  #12  
Old
ershi...
 
Posts: 26
 
Replying to: View Post
hi bund. aku sewaktu hamil selalu check up & hasilnya negatif. anakku kena cmv pas di luar kandungan bkn di dalam kandungan. klo kena pas di luar kandungan msh tahap awal msh bisa dioabti. klo kena pas di dalam kandungan itu yg bahaya berbulan2 di dalam kandungan gak bisa dioabatin sampai nanti lahir baru bisa diobatin.
tega gak tega harus tega demi kesembuhan anak. duit bisa dicari kalau nyawa telat bisa nyesel seumur idup.
banyak doa & positif thinking ya bund semoga kelahirannya aman dan lancar. pikiran yg positif itu obat mujarab buat terhindar dari segala seusatu bund. harus yakin pasti bisa. kalau aku dulu mungkin karna terlalu tkt ini itu. hehehe
Ya ampunnn ngeri juga ya bun dngernya....smga debayku sehat deh...
Amin..aminn....Iya bun...skrg aku juga udh mulai kepikir ini itu soal debay n lahirannya nnti....tp smga ttp bsa postink aja deh.....
 
  #13  
Old
intan ...
 
Posts: 485
 
Semoga dede segera sembuh dan sehat lg ya bunda.
Anak q dlu jg terkena kuming karna bilirunin tinggi.lahiran d rs tp setelah 2 hr d rumah aq curiga krna mata nya warna kuning dan dia jd mlas nyusu.. lebis sering tidur. Ahir nya aq bawa ke rs untuk cek darah dan ternyara bulirubin tinggi bgt 18 jauh d atas normal. Ahirnya di rawat dan harus di fototeraphy degn sinar biru selama 4 hari dengan lampu dobel jd 10 lampu krna kuning bgt. Kasihan bgt bun kulit nya kering pda ngelupas. Dan yg bkin tambah sedih stlah 4 hri bilirubin msh tinggi 14. Dan hrs lanjut sinar. Setelah seminggu cek lg bilirubin mlah naik jd 17. Dokter udah kasih saran buat rujuk ke rs yg lbih besar tp aq tdk mau bun.. stlh berunding sm kluarga ahirnya aq mutusin untk bwa plg anak q krn seminggu d rawat tdk asa perubahan..
Ahirnya aq bawa dia ke seorang dokter senior di pinang dan dikasih reaep obat yv hrg nya lumayan mahal. Sambil trs di beri asi dan rajid d jemur ahirnya kuning nya berangsur hilang bun ..
dan sekarang udah sehat dan semoga sehat selaluu..

bunda ttp semangt demi dede bayi
 
  #14  
Old
lestar...
 
Location: Depok
Posts: 727
 
saya salut sama bunda, semangaaat terus yaa bun demi kesembuhan anaknya..
Kalau bunda ke RSCM bagian anak, bunda akan merasa bersyukur karena disana masih banyak anak-anak yang penyakitnya lebih parah dari anak bunda..
semoga virusnya terus "tidur" sampai anak bunda besar nanti, biar engga nyerang organ2 lainnya.. aamiin ..
 
  #15  
Old
Albahi...
 
Posts: 119
 
Replying to: View Post
hi bund Albahiyyah, long time no see. aku msh ada mejeng di group nih say. qm emang udah gak gabung yah? aku uda gak gitu sering pegang hp sibuk ngurus & main sama si kecil nih hehehe.. kamu gimana kabarnya? baby nya uda bisa apa nih skrg? btw cewe ato cowo sih?
hehe...iy nich udh kluar....coZ lg seneng''x jd mom bru...q alhmdllh baek say...u ndri gmn...?babyku cwo,,,nie udh mulai bljr tengkurap....nmaz c princess spa yah q lupa nich...
trs udh bza ngpain...???
mzh bnyk kh yg nongkrong di group...?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
15 tahun menunggu, akhirnya bayiku lahir kedunia ini... -- Ngobrol Apa Saja 125
Khawatir bayiku lahir cacat -- Ngobrol Apa Saja 18
bayiku lahir dgn berat badan rendah -- Ngobrol Apa Saja 23
Bayiku lahir 2kg -- Diskusi Umum 22
Bayiku telah lahir di uk 39 week -- Diskusi Umum 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:26.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com