Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
T I A...   TS 
 
Location: jakarta selatan
Posts: 59
Default keluhan ibu menyusui

Hallo bunda2.. Mohon sharingnya yah
Aku new mom dari baby boy, lahir 27des. Dari awal lahiran kondisi asi luar biasa melimpah, bahkan harus merasakan breastcare selama di rumah sakit krn payudara bengkak. Kondisi si baby jg agak males2an, mungkin krn asinya gak enak kali yah. Yg bikin nangis itu bund sakitnya luar biasa, melebihi sakit waktu lahiran malahan di badan berasa kayak bawa batu, payudara kanan kiri sampe segede buah melon yg di pasar2.
Hari ke-3 persalinan aku dibikin lebih down lg krn babyku harus test bilirubin karna kata dokter babyku kuning
Kebayang gak bund, anak sekecil itu udah harus ditusuk jarum buat diambil darahnya. Syukurnya hasilnya masih diambang batas normal
Bunda2 semua, awal2 menyusui ngerasain puting pecah + luka gak? Tiap kali nyusui aku pasti keringet dingin nahan sakitnya, ditambah si dede kuat bgt ngisepnya.
Solusinya gimana yah bund, minimal untuk ngurangin rasa sakitnya gitu
 
Thread lain yang berhubungan:
Rafardhan Athalla Firmansyah
  #2  
Old
bryani...
 
Location: pemalang
Posts: 389
 
aku ngrasain bund.. sampe berdarah putingnya. tapi tetep tak susuin aja anak ku. nahan sakit dikit kok,
dulu putingnya selalu tak olesin asi sebelum n sesudah baby nyusu, bikin lecet ny cpet sembuh
klo mslh bengkak kna asi ny terlalu deras, coba di pompa aja bund utk mengurangi produksi asi ny
smoga membantu
 
  #3  
Old
ifanda...
 
Posts: 77
 
Dulu waktu hamil putingny gk dibersihin yaa bun...
KL sering dibersihin tar putih2 itu kluar,itu kotorannyy...
Jd kl udh bersih mempermudah asi kluar n gk skit jg wktu di isep baby...

Ak jg new mom babyku llahir 28 november,,,alhamdulillah gk skit wktu babyku nyusu...
Cm yg jd kndalaku asiku kurang mlimpah,gk kyk wktu awal bru lhir.
 
  #4  
Old
Rhieaa...
 
Posts: 449
 
aku juga ngalamin bun dlu pd bengkak smpe bdan panas dingin.
tpi berlangsung 3hari aja pasca melahirkan.
klo puting lecet sih emng iya bun,,tpi dikit n cma 3hari aja.
aku banyak tau dri info ibuhamil.com ini,,gmna crax nenenin yg benar yg bikin puting gag lecet.
sebelum n sesudah menyusui aku olesin putingq pke asix bun,,trus klo nenenin jgan putingx aja yg di masukin ke mulut dedex,,tpi hitam2x juga bun.
 
  #5  
Old
T I A...   TS 
 
Location: jakarta selatan
Posts: 59
 
Duhh bund, baby ku itu gak sabaran bgt. Emang sih bidan nyuruh sebelum nyusuin olesin puting pake asi dulu. Tp kalo nunggu begitu keburu jerit2an si dede, gak tega jg yaa mau gak mau bundanya yg nahan sakit.
Udah dipompa + keluar sendiri jg, sampe harus gonta ganti baju karna lepek asi. Tp alhamdulillah sih skrg udah gak bengkak lg bund, yaa tinggal mencari solusi untuk masalah luka di putingnya ajah
 
Rafardhan Athalla Firmansyah
  #6  
Old
IcaPra...
 
Location: Surabaya
Posts: 613
 
Masalah luka puting tinggal tunggu waktu aja kok bun,
seiring berjalannya waktu pasti sembuh2 sendiri, ditahan2 aja deh, namanya jadi ibu ya, disitu kali diitung pengorbanan, dulu aku juga gitu kok, ya ditahan2 aja katanya sih sembuh2 sendiri
 

~ Kalandra ~ The Greatest gift from God

The Kalandra's Diaries
  #7  
Old
Alessa...
 
Location: yogyakarta
Posts: 125
 
puting yang luka disebabkan pelekatan menyusui yang kurang sempurna ibu, sehingga bayi menggigit puting ibu, karena seharusnya areola ibu masuk ke mulut bayi.

berikut saya copy-kan penjelasan dari AIMI :
Posisi dan pelekatan yang kurang tepat dapat menyebabkan kesakitan pada ibu (payudara bengkak, puting lecet dan luka) serta bayi tidak dapat minum ASI secara optimal ketika sedang menyusu, sehingga mengganggu tumbuh kembangnya.
Posisi menyusuinya sebetulnya bisa bermacam-macam, tergantung kenyamanan ibu dan bayi. Tetapi ada elemen-elemen dasar penting yang harus dipastikan untuk mendapatkan posisi yang benar apapun macam posisi menyusui yang digunakan:

  1. Kepala dan badan bayi dalam satu garis lurus, Jadi biasanya kalau menyusui sambil duduk, bisa letakkan seluruh tubuh bayi di atas bantal agar posisinya tidak terlalu rendah.
  2. Badan bayi didekap dekat dengan badan ibu hingga menempel. Kalau menggunakan posisi tidur miring, berarti indikatornya di perut dimana perut bayi menempel di perut ibu
  3. Tangan ibu harus menopang seluruh badan bayi, bukan hanya kepala dan bahu
  4. Bawa bayi menghadap ke payudara, dengan hidung bayi berhadapan dengan puting.
Posisi yang biasa digunakan untuk menyusui bermacam-macam, antara lain:
  1. Posisi mendekap atau cradle hold, yaitu menyusui dari payudara kiri dan bayi ditopang dengan lengan kiri.
  2. Posisi menyilang atau cross cradle, yaitu menyusui dari payudara kiri dan bayi ditopang dengan lengan kanan.
  3. Posisi dari samping atau football hold, yaitu menyusui dari payudara kiri dan tubuh bayi disebelah badan ibu serta ditopang dibawah lengan kiri.
  4. Posisi tiduran menyamping atau lying down, muka bayi menghadap payudara dan perut bayi menempel pada perut ibu.
Setelah mendapatkan posisi yang benar, tahap berikutnya adalah memastikan pelekatan yang benar juga:

  1. Mulut terbuka lebar. Jangan buru-buru memasukkan payudara ke mulut bayi jika mulutnya belum terbuka lebar.Tunggu sampai bayi membuka mulut lebar dengan lidah di bawah. ibu dapat mengajari bayi membuka mulut lebar dengan cara:
    a. arahkan bayi menuju payudara, sentuhlah bibir atas bayi pada puting pelan-pelan mundurkan mulut bayi
    b. Sentuhkan kembali bibir atas bayi pada puting, mundurkan kembali mulut bayi
    c. Ulangi hingga bayi membuka mulut lebar-lebar dan lidahnya maju
    Bayi akan membuka mulutnya lebar untuk mencakup puting dan lingkaran gelap di sekitar puting (areola), puting ibu sebaiknya berada pada langit-langit mulut bayi
  2. Daerah gelap di sekitar puting (aerola) masuk banyak ke mulut bayi, terutama yang terletak di bagian bibir bawah bayi. Dengan kata lain, Areola yang masih nampak (setelah payudara masuk mulut), lebih banyak di bagian atas daripada bagian bawah. Jadi ketika memasukkan payudara ke dalam mulut, lakukan dari bagian bawah mulut bayi agar areola bagian bawah banyak yang masuk.
  3. Bibir bawah bayi harus melengkung keluar. Jangan sampai mulut bayi berbentuk kuncup (mecucu).
  4. Dagu bayi menyentuh payudara ibu
Apakah benar menyusui dengan posisi tidur miring (side-lying tidak diperbolehkan? Jika tidak diperbolehkan mengapa, jika diperbolehkan bagaimana caranya?

Menyusui sambil tidur miring (side-lying) DIPERBOLEHKAN. Bayi baru lahir ke dunia saja sudah diajari menyusu dengan posisi tidur tengkurap ala posisi IMD. Di berbagai literatur, posisi menyusui side lying atau tidur miring bahkan dianjurkan utk mereka yang baru saja menjalani operasi cesar. Sebagaimana SEMUA posisi menyusui, tetap ada syaratnya: pelekatan menyusui harus tepat. Apapun posisi menyusuinya, yg penting pelekatan harus tepat. Itu yang SELALU kami tekankan ke semua member. Untuk posisi menyusui tidur miring, posisi pelekatan yg tepat berarti perut ibu harus menempel pada perut bayi, badan bayi seluruhnya menghadap ke badan Ibu (saling berhadapan), dan jangan lupa posisi tubuh ibu dan bayinya sama tinggi, kalau tidak ya tidak bisa melekat dengan baik
 
  #8  
Old
T I A...   TS 
 
Location: jakarta selatan
Posts: 59
 
Waahh makasih bgt infonya bund alessandra, aku coba praktekin yah
 
Rafardhan Athalla Firmansyah
  #9  
Old
sandra...
 
Location: Pancoran, Jakarta Selatan
Posts: 51
 
iya bun aku juga dulu waktu abis ngelahirin PD bengkak, puting kaya mau copot saking sakitnya, dari berdarah sampe kaya mau bernanah. sempet dikasih salep sama dokter tapi tetep aja ga ngaruh di aku. yang paling mendingan diolesin asi aja bun.
terus disemangatin sama mama aku jangan sampe ga nyusuin cuma gara2 sakit, meskipun meringis2 aku terusin nyusuin sampe sekarang bun. alhamdulillah sakitnya cuma 2 mingguan aja, sampe umur bayi aku 2 bulan ini enjoy banget nyusuin.
pokoknya tetap semangat nyusuin bun.
 
Safa, my lovely daughter
  #10  
Old
T I A...   TS 
 
Location: jakarta selatan
Posts: 59
 
Waduhh separah itu bund sampe berdarah2. Intensitas nya gimana tuh? Kalo baby ku 2jam sekali pasti minta + lama bgt kalo udah ketemu makanannya
 
Rafardhan Athalla Firmansyah
  #11  
Old
Raya H...
 
Location: Palangka Raya
Posts: 411
 
nanti semakin hari baby pintar menyusu koq.jadi nyusunya ga lama,tp hisapnya semakin pintar..happy breastfeeding mom...
 
  #12  
Old
Putri ...
 
Location: Surabaya
Posts: 372
 
hai bun...

ahh jd inget2 waktu aq ngelahirin anakku 4 bulan lalu...

ya emang gitu kalo anak pertama, puting kita lecet sakit bgt...aq ampe meringis2 kesakitan tiap kali nyusuin. Tp itu cuma berlangsung selama 2 minggu kok. Hbs gitu ya udah gpp.
Tips dari dokterku di RS sih waktu itu tiap kali aq mau nyusuin, keluarin air susu kita dulu sedikit terus diolesin ke puting. Puting yang licin bikin dikenyot bayi ga sakit. Aq sih merasakannya.
Jd putingku ga sempet aq ksh salep macem2 seperti yang orang bilang. Cukup ASI aja ampuh buat ngilangin sakit/ngurangin lecet.
Boleh dicoba

Replying to: View Post
Hallo bunda2.. Mohon sharingnya yah
Aku new mom dari baby boy, lahir 27des. Dari awal lahiran kondisi asi luar biasa melimpah, bahkan harus merasakan breastcare selama di rumah sakit krn payudara bengkak. Kondisi si baby jg agak males2an, mungkin krn asinya gak enak kali yah. Yg bikin nangis itu bund sakitnya luar biasa, melebihi sakit waktu lahiran malahan di badan berasa kayak bawa batu, payudara kanan kiri sampe segede buah melon yg di pasar2.
Hari ke-3 persalinan aku dibikin lebih down lg krn babyku harus test bilirubin karna kata dokter babyku kuning
Kebayang gak bund, anak sekecil itu udah harus ditusuk jarum buat diambil darahnya. Syukurnya hasilnya masih diambang batas normal
Bunda2 semua, awal2 menyusui ngerasain puting pecah + luka gak? Tiap kali nyusui aku pasti keringet dingin nahan sakitnya, ditambah si dede kuat bgt ngisepnya.
Solusinya gimana yah bund, minimal untuk ngurangin rasa sakitnya gitu
 
  #13  
Old
Adhist...
 
Posts: 381
 
dulu saat menyusui anakq yang pertama, aq juga merasakan sakitnya bund. karena kulitku sangat kering, putingku pun juga mjd sangat sensitif. putingku lecet, berdarah, bahkan ilang separo bund (bentuknya jd seperti lipstik). sakittttt bgt... trus karena ada luka itu jadinya infeksi, dan akhirnya aq pun kena mastitis. PD rasanya keraassss bgt, asinya susah bgt keluar.
pas dikenyot2 sama dedek, aq sampe nangis2 bund, karena nahan perihnya lecet putingku dan karena bdanku udah gak karuan, asinya mampet gak bisa keluar.. rasanya tulang2ku linu semua...huuuaaaaaa....membayangkan itu lagi jadi ngeri sendiri.
tp itulah perjuangan bund...semua itu gak akan lama...aq 1,5 bulan, lama sih,,karena kondisi kulitku emang super sensitif bund.
saat aq konsul ke dokter, aku diberi antibiotik dan salep bioplacenton.
terus menyusui bund....semangattt....
 
ku akan selalu menjagamu....
  #14  
Old
poutin...
 
Location: Bandar Lampung
Posts: 2,424
 
Iyah bund, PD ku klo gag dipompa asinya badanku kena panas dingin gt.
Qlo menyusui PD na harus kanan kiri bund, jd gag bengkak sebelah.
Qlo puting nya lecet sembuh dengan sendirinya kok bunda,alami ya pke asi ajah.
Aku awal menyusui gag ampe lecet, skrg baby uda numbuh gigi puting ku yg sakit kena gigit baby, mgkn giginya gatel.
 
Add pin baru ya : 548F160A
  #15  
Old
Arsyie...
 
Location: medan
Posts: 249
 
Puting lecet?sy bund...
Awal lahiran,nyusuin,sempet lecet.perih pun sy tahan aj bund..itu g lama,sebulan kemudian sembuh sendri.nah,pas baby mau masuk 5 bln smp skrg,kumat lg bund..tp x ni g nahan..meskipun g smp berdarah.tp puting pecah,memerah dan bntuknya udah kae lipstik dan g sembuh2 krn baby suka bgt gigitin puting bund..akhirnya puting sy kasih salep dr.brown bun..itu aman kalo tertelan baby.tp jd opsi terakhir aj bun.lok msh sanggup tahan,y tahan aj dulu..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Bagaimana cara mengurangi keluhan-keluhan pada awal kehamilan .. -- Diskusi Umum 3
bunda2,share keluhan-keluhan saat hamil tua donk? -- Diskusi Umum 20
Keluhan-Keluhan Yang Sering Dialami Bumil (Part 1) -- Diskusi Umum 29
Keluhan-Keluhan Yang Sering Dialami Bumil (Part 2) -- Diskusi Umum 28
keluhan saat menyusui -- Ngobrol Apa Saja 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 04:30.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com