Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Bahota...   TS 
 
Location: Addis Ababa
Posts: 131
Default INFO : Keluhan saat hamil..

1.Nafsu makan hilang
Biasanga terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan, keadaan ini akan sembuh dengan sendirinya, motivasi diri anda untuk memberikan yang terbaik (nutrisi) bagi bayi anda.


2.Mual dan muntah
Sejalan dengan hilangnya nafsu makan maka mual-mual akan mulai dirasakan.
Pada sebagian wanita hamil, disertai dengan muntah. Hal ini tidak berbahaya dan disebabkan karena kehamilannya. Hal ini akan hilang dengan sendirinya pada bulan ke empat.
Tersedia obat-obatan yang aman untuh mengurangi rasa mual.


3.Rasa penuh atau perut terbakar/ gangguan pencernaan lainnya
Bersama-sama dengan keluhan mual/muntah biasanya disebut “morning sickness”
Langkah-langkah untuk mengatasi hal ini :
-makan makanan kecil kering (biskuit, krekers, roti kering) sebelum bangun dari tempat tidur.
-makan dan minum dalam porsi kecil tapi lebih sering.
-Hindarkan makanan berlemak, sukar dicerna, banyak berbumbu (“spicy”)
-Bila keluhan tetap, dapat minum obat sakit maag seperti mylanta, kalmag, sanmag, maalox, dsb.


4.Cepat lelah
Pada awal kehamilan, sering ibu merasa cepat lelah, terutama pada ibu-ibu yang nafsu makannya berkurang, mual-mual dan muntah. Pada saat ini tidak dibutuhkan pengobatan, perbaiki masukan makanan/minuman.
Pada hamil tua ibu cepat lelah karena beban yang berat dan tekanan rahim pada rongga dada, terutama pada waktu ibu duduk atau tidur terlentang. Perbanyak istirahat pada siang dan malam hari, berbaring miring ke kiri akan membantu kelancaran peredaran darah dan bermanfaat untuk pertumbuhan janin.
Keadaan anemi (kurang darah) sering juga terdapat pada wanita hamil, tablet besi dan masukah protein akan membantu memperbaiki anemi.


5.Sakit kepala
Sering menyertai mual dan muntah pada hamil muda. Kadang2 dirasakan berat atau migraine. Bila tidak dapat hilang dengan dibawa tidur, dapat meminta obat yang aman pada dokter anda.
Sakit kepala hebat pada hamil tua (trimester ke tiga) yang disertai dengan bengkak2 mungkin merupakan tanda bahaya “preeklampsi” (keracunan kehamilan). Segera hubungi dokter anda bila hal ini terjadi.


6.Sembelit
Sembelit dapat diatasi dengan minum yang cukup dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi (sayuran, buah-buahan dan sereal)


7.Ngidam (“pica”)
Kadang-kadang wanita hamil mempunyai keinginan yang lai dari biasanya. Tidak berbahaya dan akan hilanh dengan dukungan lingkungannya serta penerimaan kehamilan yang wajar.


8.Hiperemesis Gravidarum
Mual muntah yang berlebihan sehingga tak ada makanan dan minuman yang dapat masuk. Berat badan menurun drastic dan kulit terlihat kurang cairan. Keadaan ini dapat membahayakan ibu dan janin akibat keyidak seimbangan cairan/mineral. Bila pengobatan yang diberikan dokter tidak dapat mengatasi keadaan ini, ibu dirawat di rumah sakit untuk mendapat cairan dan pengobatan.


9.Pingsan
Pusing dan pingsan sering terjadi pada awal kehamilan, hal ini ada hubungannya dengan perubahan tekanan darah dan sirkulasi darah akibat kehamilan.
Keadaan ini dapat diperberat dengan seringnya mual-muntah, situasi yang ramai (pada tempat banyak orang) atau sengatan matahati. Ibu tiba2 merasa lemas dan penglihatan menjadi gelap. Hindari tempat yang ramai, kelelahan atau pakaian yang ketat.


10.Sakit perut bawah
Reganga dinding perut karena membesarnya rahim yang cepat (mulai bulan ke-4), akan menyebabkan rasa tegang/nyeri perut bawah, terutama malam hari. Tidak membutuhkan pengobatan.


11.Nyeri bokong/nyeri pinggang
Mulai dirasakan pada trimester ke-2, poros tulang belakang sudah mulai berubah sehingga ibu akan cepat sakit pinggang bila berdiri/duduk lama.
Kadang2 nyeri dapat menjalar ke kaki dan ibu akan sulit untuk bangun dari posisi tidur. Milailah melakukan senam ringan dan tambah waktu istirahat anda dengan berbaring.
12.Kebas pada tangan (mati rasa) dank ram (kejang kaki)
Hal yang umum terjadi mulai pertengahan kehamilan. Diduga karena kekurangan kalsium atau komponen vitamin/mineral lainnya.terimalah keadaan ini sebagai akibat kehamilan, dapat diberi kalsium atau vitamin lainnya.


13.Sering kencing
Mulai dari awal kehamilan, karena rahim yang membesar akan meregang kandung kencing, selanjutnya ibu akan terbiasa dengan keadaan ini, namun pada bulan terakhir kehamilan akan lebih mengganggu karena bagian bawah anak masuk ke rongga panggul dan lebih menekan kandung kencing.


14.Kontraksi
Kontraksi rahim dapat terjadi tanpa rasa sakit atau terasa perut sedikit meregang. Hal ini umum terjadi dan disebut kontraksi. Braxton hicks, makin tua kehamilan akan makin sering. Hati2 dengan kontraksi “ancaman premature” yang terjadinya lebih sering dan biasanya disertai rasa sakit.


15.Bengkak kaki
Biasanya mulai pad trimester ke-3, bila tidak disertai dengan peningkatan tekanan darah, maka biasanya hal ini tidak berbahaya. Sebabnya ialah bendungan aliran darah pada pembuluh balik. Biasanya hilang bila istirahat rebah dengan menyimpan kaki pada posisi lebih tinggi dari dada (jsntung).
Bengkak yang berbahaya adalah bengkak pada pelupuk mata, bengkak pada punggung tangan, pada kaki disertai sakit kepala hebat, keadaan ini dapat merupakan tanda2 “preeklampsi”


16.Varises dan wasir (ambeien)
Disebabkan karena perubahan hormonal pada masa kehamilan. Akan lebih berat bila sebelum hamil sudah mempunyai varises. Varises selain pada kaki, dapat pula pada vulva (alat kelamin luar) atau vagina (jalan lahir). Tidak benar keadaan ini harus melahirkan dengan operasi sesar.


17.Gatal- gatal atau kelainan kulit lainnya
Kelainan kulit pada masa kehamilan dapat berupa gatal2, garis kehamilan (“singkayo”), jerawat, bintik2 pigmentasi (coklat atau kehitaman), garis hiperpigmentasi atau lainnya.
Cobalah kalamin lotion atau bedak2 anti gatal. Pada beberapa kasus mungkin perlu antihistamin.


18.Perasaan cemas
Hal yang umum terjadi pad wanita hamil. Biasanya karena tidak begitu paham mengenai perubaan yang terjadi pada masa kehamilan. Mendekati persalinan perasaan ini dapat bertambah. Perlu support mental dari lingkungannya dan sadarilah bahwa hamil dan melahirkan adalah prose salami yang dialami bukan saja oleh manusia, tapi juga oleh mahluk lainnya sebagai cara untuk meneruskan keturunan.


19.Sulit tidur
Biasanya dipengaruhi oleh perasaan cemas. Sebaiknya makan makanan ringan sebelum tidur, tidur dengan posisi yang nyaman dan beristirahat yang cukup sing hari untuk mengimbanginya.
Jangan membiarkan diri untuk minum pil tidur.


20.Nyeri tulang iga
Dirasakan pada saat rahim sedemikian besarnya sehingga ibu merasa terganggu untuk duduk atau berbaring terlentang. Bila bagian terendah anak telah masuk kerongga panggul, maka keadaan ini akan berkurang dengan sendirinya.


21.Pada bulan bulan terakhir kehamilan, sering dirasakan perut bawah kebih berat dan nyeri, berjalan harus lebih berhati2 karena keseimbangan berubah.


22.Gejala flu ringan seeperti salesma, hidung meler, batuk2 ringan, demam dan bersin2 serta sakit kepala ringan dapat diobati dengan obat anti influenza seperti unagen, sanaflu, stop cold, decolsin dll. Demam dapat diobati dengan golongan parasetamol ( sanmol, panadol). Bila demam tinggi, atau diobati sendiri belum turun, segera hubungi dokter anda.

disadur dari blog teh siti.. semoga bermanfaat..
 
Thread lain yang berhubungan:
*Alhamdulillah for everythings
  #2  
Old
naylan...
 
Location: Bandung
Posts: 120
 
wah,, panjang buangeeuutt... hehehe
tp nice info budaaa
 
  #3  
Old
Bahota...   TS 
 
Location: Addis Ababa
Posts: 131
 
Replying to: View Post
wah,, panjang buangeeuutt... hehehe
tp nice info budaaa

iya panjang bun.. semoga bermanfaat for US.. ^^
 
*Alhamdulillah for everythings
  #4  
Old
camila...
 
Posts: 352
 
Saya sendiri ga mual muntah, skit kepala selama hamil. Cuma flu terus-terusan dan eksim (gatel berupa ruam) kambuh di kedua betis
 
Follow me on twitter @camilaharahap
  #5  
Old
Bahota...   TS 
 
Location: Addis Ababa
Posts: 131
 
Replying to: View Post
Saya sendiri ga mual muntah, skit kepala selama hamil. Cuma flu terus-terusan dan eksim (gatel berupa ruam) kambuh di kedua betis
beda2 bawaannya ya bunda..
Alhamdulillah saya juga ga ada keluhan di awal hamil.. kayak ngidam, mual dll.. cuma ni ga tau kenapa malah jelang persalinan ada kalanya perut ni nolak makanan.. tp mudah2an semuanya baik2 aja,, mohon doanya ya bunda camila..
 
*Alhamdulillah for everythings
  #6  
Old
camila...
 
Posts: 352
 
Wajar kok nolak makanan, karena stress mikirin si baby mau launching. Tapi tetep harus makan sesedikit apapun. Aku pas bersalin ga bisa sentuh makanan RS sama sekali. Mual, eneg pengen muntah. Apalagi aku di ruang tunggu bersalin 3 malem. Akhirnya sama sodara dibeliin sushi, pizza, pecel ayam hehehe
 
Follow me on twitter @camilaharahap
  #7  
Old
Bahota...   TS 
 
Location: Addis Ababa
Posts: 131
 
Replying to: View Post
Wajar kok nolak makanan, karena stress mikirin si baby mau launching. Tapi tetep harus makan sesedikit apapun. Aku pas bersalin ga bisa sentuh makanan RS sama sekali. Mual, eneg pengen muntah. Apalagi aku di ruang tunggu bersalin 3 malem. Akhirnya sama sodara dibeliin sushi, pizza, pecel ayam hehehe

hehe bunda bs aja.. hmmmm klo sy c ga stress bunda.. ALhamdulillah,, tapi mungkin memang lagi "butuh" makanan yang enak,,, i'll try,, mkasih bunda dah share.. mohon doanyaaa..
nb: sy klo mkn sushi malah jd kebalik bun,, alias tmbh mual.. lidahnya mungkin lidah ndeso .. ^^ xixi.
 
*Alhamdulillah for everythings
  #8  
Old
sri wa...
 
Posts: 1
 
Klau muntah darah
apkah ada pengaruhnya dengan janin
 
  #9  
Old
Bahota...   TS 
 
Location: Addis Ababa
Posts: 131
 
Replying to: View Post
wah,, panjang buangeeuutt... hehehe
tp nice info budaaa

hehe iya bun.. oke sip.. ALhamdulillah kalau bermanfaat^^
 
*Alhamdulillah for everythings
  #10  
Old
estiyu...
 
Posts: 3
 
nice info bun...
 
  #11  
Old
rizkaa...
 
Location: Cibodas Bandung Jawa Barat
Posts: 224
 
Makasih info nya bunda... Nice info...
Dan selamat menikmati :')
 
  #12  
Old
Ovi oc...
 
Location: bekasi
Posts: 17
 
alhamdlh. . .

Kehamilan prtama ku tdak trllu bnyak keluhan yg ku alami. . . Calon baby ku pngrtian skali
Cuma ada sdkt rasa takut hadapi saat melahirkan nanti
 
  #13  
Old
rizkaa...
 
Location: Cibodas Bandung Jawa Barat
Posts: 224
 
Bunda ovi udah brp bulan bund..
 
  #14  
Old
Buchan...
 
Location: Sydney
Posts: 115
 
Assalamuallaikum bun bismilah
Saya jual vit2 Asli australia bun ada vit promil , vit untuk ibu hamil, dan menyusui,, dan banyak lagi vit2 lainnya bahakan sampe untuk kesehatan lainnya ...untuk prrawatan dan produk australia lainnya,, bagi yang mau bisnis produk australia, boleh langsung hub saya ajj, kebetulan saya tinggal dis sydney Bunda bisa liat di fb ku buchanan ozy sale
Atau add pin:2A579357
whatsapp: +61420889688
Line: +61420889688
Makasih bun
 
  #15  
Old
BundaD...
 
Posts: 16
 
alhamdulillah pas hamil anak pertama ga bermasalah kl kata ortu hamilku "ngebo" semoga kehamilanku kedua dst nanti jg ga bermasalah..aammiiinnnn....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
banyak keluhan -- Diskusi Umum 1
Cara Hadapi Keluhan Ringan di Awal Kehamilan -- Ngobrol Apa Saja 1
hamil diatas 8 bulan dan keluhan nya, apa memang normal bunda? -- Diskusi Umum 15
Keluhan saat progmil bln pertama -- Diskusi Umum 0
Keluhan diawal kehamilan -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 07:04.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com