Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
anis s...   TS 
 
Location: Pasuruan
Posts: 573
Default Penyebab Ketuban Pecah Dini

bunda.. mau tanyak ya... penyebab ketuban pecah dini itu apa sih bund?? kan ada tuh yg pecah pas uk 20w, 33w, pkoknya dbawah 38w.. bund atau penyebabnya apa ya? biar bisa qt cegah gituuu.. makasi ya bunda...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ana zo...
 
Posts: 731
 
Duh aq jg blum tau bun, mdh2n kita jgn ngalamin yaks...
 
Sehat terus ya dedek, mama n ayah loves U...
  #3  
Old
kusapo...
 
Posts: 1,949
 
Oohh.. ini ya bund kpd tu hihi.. maap kaga tau aye
Saya bantu up ya bund.. saya pengen tau juga lah
Up
Up
Up
Up
Up
Up
 
Syukur karo GUSTI ALLAH
  #4  
Old
anis s...   TS 
 
Location: Pasuruan
Posts: 573
 
hehehehe iya bunda2 semua... makasi ya udabantu up...
smoga qt ga ngalamin ya bund.. amin... biar si dede nyaman di dalem...
 
  #5  
Old
kusapo...
 
Posts: 1,949
 
Aamiin.. iya bunda anis moga2 kita ga ngalami,
Mungkin ada bunda2 disini yang lebih tau bund.. saya mau tau lebih jelas lagi donk
 
Syukur karo GUSTI ALLAH
  #6  
Old
anis s...   TS 
 
Location: Pasuruan
Posts: 573
 
saya dapet ini bund coba deh diliat Hai Ibu Hamil, Perhatikan Ini Agar Ketuban Tak Pecah Dini
 
  #7  
Old
taniap...
 
Location: SALATIGA - Central Java
Posts: 122
 
malem bunda2.. Aku share tntg KPD sepengetahuan aku aja ya smg membantu..

Ketuban Pecah Dini (KPD) yg paling rawan biasanya dialami ibu hamil uk kehamilan dibawah 37W. Sebenernya semuanya rawan krn sangat membahayakan bagi bayi & ibu.
Nah faktor2 trjdnya KPD, bbrp sprti berikut, bunda :
Adanya anemia (kurangnya hemoglobin dlm darah), leher rahim trll lemah, tubuh kurang fit / kondisi tdk optimal, ibu kurang gizi, infeksi, faktor keturunan, kelainan letak janin : sungsang/melintang, prnh mengalami KPD saat kehamilan sblmnya, panggul yg trll sempit. Untk hubungan seksual yg trll 'ekstrim' sy kurang tahu bund krn blm prnh denger, tp bisa saja krn ibu mengalami 'trauma' saat melakukan HB.
Untk bisa membedakan mana ketuban & mana air kencing begini bund. Biasanya sih kalo ketuban pecah kyk ada bunyi suara 'plup' gt, kyk balon dlmnya air pecah hehe. Trs ketuban baunya jg amis, kyk amoniak gt. Lebih2 keluarnya gabisa ditahan, biasanya disertai lendir2 darah.
Nah, kalo udh ky gini hrs buru2 lapor sm dokter/bidan spy lekas ditangani, kalo bayi tdk segera dikeluarkan nnti bisa terinfeksi bakteri, kan ketuban fungsinya melindungi bayi dari bakteri bund.
KPD jg rawan dialami oleh ibu yg hamil bayi kembar, tp tdk semua kok
Untk meminimalisir adanya infeksi, maka ibu hamil wajib berkonsultasi apakah memiliki penyakit yg kira2 menyebabkan infeksi sprti : keputihan, gigi berlubang, infeksi telinga, hidung, atau organ tubuh yg lain.
Semoga share yg sy post ini membantu mengurangi rasa ingin tahu bunda2 tntg KPD ya, bukan malah bikin parno asalkan kita yakin, optimis, sdh memberikan yg terbaik, kejadian yg tdk diinginkan smg tdk akan trjd kok bund.
Rajin2 kontrol, tanya dokter 'air ketubannya cukup gak dok?', bnyk2 minum untk mencukupi jmlh air ketuban. Sehat trs ya bunda2!! Jgn dibawa pikiran, anggap saja ini sekilas info sj.. Adek sehat kok di dalem
 
  #8  
Old
kusapo...
 
Posts: 1,949
 
Makasih banget bunda tania.. makin tambah ilmu nih
Soalnya ga pernah dengar kpd
baru dengar istilah kpd dari bunda anis
 
Syukur karo GUSTI ALLAH
  #9  
Old
ivande...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 725
 
Wah topiknya menarik nih bunda anis,
Ijin share ya...
Kalo artinya KPD kan semua udah tahu, tapi ada banyak mitos di seputaran KPD.
Ada yang bilang KPD artinya ada pembukaan...jelas salah. Pecah ketuban dan pembukaan gak ada hubungannya. Soalnya pintu jalan lahir bisa saja tertutup, tapi selaput ketuban yang dibelakang pintu tersebut sudah pecah, akibatnya biarpun pintu masih rapat, yang namanya air pasti masih bisa keluar.
Penyebab pecah ketuban yang paling sering ditemukan adalah adanya infeksi vagina yang tidak ketahuan. Biasa disebut Bakterial vaginosis (BV), biasa cuma ketauan kalau diperiksa vaginal swab sama dokter bunds. Keputihan juga merupakan salah satu tanda kalau ada infeksi. Meskipun keputihan bisa saja normal, tapi bumil tetap harus waspada dengan keputihan yang tidak seperti biasanya. Saran saya adalah vaginal swab untuk setiap kasus keputihan yang abnormal. Kalau sudah diobati, mudah-mudahan KPD bisa dihindari.
Belum pernah ada penelitian yang meunjukkan kalau anemia bikin KPD bund, tapi kalau ibu kurang gizi dan sosial ekonomi rendah bisa meningkatkan resiko KPD. Penyebabnya adalah karena kualitas kontrol kehamilannya tidak baik.
Hubungan suami istri tidak menimbulkan KPD juga bund, bahkan meskipun bunda mengalami orgasme...kalau ada yang abis hubungan jadi KPD, mungkin itu kebetulan saja.
KPD tidak selalu keluar air banyak. Kadang hanya seperti keputihan yang merembes tapi celaa dan pembalut selalu basah. Setiap keluar air dari jalan lahir harus dianggap ketuban bund...jadi langsung kontrol aja ya.
KPD terjadi tanpa disadari, kadang saat kerja atau bangun tidur. Suara yang terdengar saat KPD cuma mitos saja bund. Kalau ketuban dipecahkan oleh dokter waktu persalinan, mungkin saja terdengar bunyi.

Untuk ketuban, baunya tidak seperti amonia ya bund, karena air ketuban tidak mengandung amonia...ini juga mitos. Kalau ketuban mengandung amonia, maka debay bisa keracunan bund.
Ketuban baunya khas, tapi seringkali bumil tidak bisa membedakanbau ketuban dan bau kencing. Pada bumil terutama yang jarang senam hamil, kadang sering nggak bisa nahan pipis kalau ketawa, batuk dan bersin...nah saat inilah yang keluar pipis beneran bund.
Ketuban warnanya bervariasi, mulai dari jernih, agak kekuningan, hingga kuning kehijauan. Yang paling akhir itu berbahaya ya bunds. Kalau air ketuban mengandung darah, mungkin bunda sudah masuk persalinan, sehingga tidak akan disebut KPD lagi.
Jadi penyebab KPD adalah : keputihan, infeksi vagina, tidak pernah kontrol ke dokter, bayi letak kaki atau lintang.

Semoga berkenan dengan penjelasannya ya bunds...
 
www.instagram.com/ivanderutama
www.youtube.com/user/drivanderutama
@ivanderutama
  #10  
Old
kusapo...
 
Posts: 1,949
 
Terimakasih sekali.. mm.. apa panggilnya yah?? Seperti nama cowok hehe..
Terimakasih mas ivan,
Klo seperti isk itu ada kemungkinan menyebabkan kpd ga mas??
 
Syukur karo GUSTI ALLAH
  #11  
Old
Diah b...
 
Posts: 59
 
@dokter ivan,malam dok,boleh saya btanya2 dgn dokter,kbetulan januari kmrin saya melahirkan dgn KPD jg,tp mungkin memang Tuhan bkehendak sya unt belum memiliki debay,krn anak sya cuman berumur 3 hari krn keracunan ketuban..pd saat sya sampai d RS d cek trnyta bukaan 1 n ketuban sudah rembes,saya d suntik antibiotik unt mcegah infeksi pd ketuban,kmdian d observasi slama 6jam,pasca 6 jm dokter dtang n d cek trnyta pmbukaan blum btambah,dokter mnyarankn sya unt d induksi,pacu pertama d tunggu slama 6 jam n sya belum mrasakan kontraksi yg makin kuat,kmudian d masukkan induksi ke 2 (induksi saya lewat jalan lahir),bru mulai kontraksi yg smakin kuat,d cek trnyta pmbukaan memang mulai btambah,pd saat menuju bukaan 8 saya mzi bisa menahan sakit n mngatur nafas saya,tp memang stelah bukaan 8 sya sudah mulai benar2 kesakitan n mulai tdk bisa mngatur nafas,..seingat sya d bukaan 9 dokter datang,n mlakukan episiotomi,krn sewaktu ketuban sya d pecah oleh suster ketuban sudah keruh,waktu adik keluar tidak menagiz,kmdian anak saya d bawa ke Nicu,yg pda awalny ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ d bawa ke patologi,slama ini sya selalu kontrol dgn rutin mulai dr 2 minggu sekali smpai seminggu sekali,sya jg mlakukan usg 4 dimensi,prnah 1 hari sya merasa gerakan adik d perut bkurang tdk sprti biasany sya jg lgs bwa k RS unt d cek,kira2 yg mjdi pnyebab tbesar sampai anak sya mgeluarkan mekonium yg bikin ketuban ny jd racun buat adik apa y dok?krn KPD,induksi atau saya yg waktu itu kesakitan n tdk bisa mngatur nafas dgn baik?waktu sya tanya ke dokter saya,knapa bisa terjdi itu smua,beliau jwb,smua sudah sesuai prosedur,beliau jg sngat ingat bahwa saya kontrol dgn baik,waktu adik kluar dgn kondisi sudah hijau n tdk menagiz beliau jg kaget krn tidak ada laporan detak jantung yg gak normal (krn memang perut saya d pasang alat CTG,tp yg saya ingat suster memang tdk mmperhtikan alat itu dok)

---------- Post added at 00:30 ---------- Previous post was at 00:21 ----------

Maksud sya btanya unt pmbelajarn sya dok,krn mulai maret kmrin dokter sudah mulai mempromil kan sya ℓa̶̲̅ĝι̥,n sya memang pgen cpet hamil unt mngobati ksedihan sya,krn ju2r sya agak trauma,hati kecil sya pgen mlahirkan dgn normal krn itu jg lbih baik unt baby,tp d sisi lain sya jg mrasa ketakutan dgn kejdian kmrin..maaf y dok klo pnjang,,trimakasih klo dokter bkenan mmberikan info yg tntuny akn sngat bmanfaat unt sya..
 
  #12  
Old
anis s...   TS 
 
Location: Pasuruan
Posts: 573
 
trimakasih ya bunda2 semuaaa jadi banyak tau nih... wahhh trnyata keputihan jg bisa buat KPD yaaa saya trkadang keputihan bund saya juga penderita anemia tp sy berjuang biar debay selalu sehattt smangaaaaaat smoga qt am debay sehat sejahtera terus ya bundaaa.. dijauhkan dari masalah2 kehamilan yg bhaya amin...
oya.. bau ketuban yg benr kyk apa sih bund.. ada katanya kyk pipis.. pesing donk apa amis anyir kyk keputihan gitu??
 
  #13  
Old
riahan...
 
Posts: 192
 
Replying to: View Post
@dokter ivan,malam dok,boleh saya btanya2 dgn dokter,kbetulan januari kmrin saya melahirkan dgn KPD jg,tp mungkin memang Tuhan bkehendak sya unt belum memiliki debay,krn anak sya cuman berumur 3 hari krn keracunan ketuban..pd saat sya sampai d RS d cek trnyta bukaan 1 n ketuban sudah rembes,saya d suntik antibiotik unt mcegah infeksi pd ketuban,kmdian d observasi slama 6jam,pasca 6 jm dokter dtang n d cek trnyta pmbukaan blum btambah,dokter mnyarankn sya unt d induksi,pacu pertama d tunggu slama 6 jam n sya belum mrasakan kontraksi yg makin kuat,kmudian d masukkan induksi ke 2 (induksi saya lewat jalan lahir),bru mulai kontraksi yg smakin kuat,d cek trnyta pmbukaan memang mulai btambah,pd saat menuju bukaan 8 saya mzi bisa menahan sakit n mngatur nafas saya,tp memang stelah bukaan 8 sya sudah mulai benar2 kesakitan n mulai tdk bisa mngatur nafas,..seingat sya d bukaan 9 dokter datang,n mlakukan episiotomi,krn sewaktu ketuban sya d pecah oleh suster ketuban sudah keruh,waktu adik keluar tidak menagiz,kmdian anak saya d bawa ke Nicu,yg pda awalny ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ d bawa ke patologi,slama ini sya selalu kontrol dgn rutin mulai dr 2 minggu sekali smpai seminggu sekali,sya jg mlakukan usg 4 dimensi,prnah 1 hari sya merasa gerakan adik d perut bkurang tdk sprti biasany sya jg lgs bwa k RS unt d cek,kira2 yg mjdi pnyebab tbesar sampai anak sya mgeluarkan mekonium yg bikin ketuban ny jd racun buat adik apa y dok?krn KPD,induksi atau saya yg waktu itu kesakitan n tdk bisa mngatur nafas dgn baik?waktu sya tanya ke dokter saya,knapa bisa terjdi itu smua,beliau jwb,smua sudah sesuai prosedur,beliau jg sngat ingat bahwa saya kontrol dgn baik,waktu adik kluar dgn kondisi sudah hijau n tdk menagiz beliau jg kaget krn tidak ada laporan detak jantung yg gak normal (krn memang perut saya d pasang alat CTG,tp yg saya ingat suster memang tdk mmperhtikan alat itu dok)

---------- Post added at 00:30 ---------- Previous post was at 00:21 ----------

Maksud sya btanya unt pmbelajarn sya dok,krn mulai maret kmrin dokter sudah mulai mempromil kan sya ℓa̶̲̅ĝι̥,n sya memang pgen cpet hamil unt mngobati ksedihan sya,krn ju2r sya agak trauma,hati kecil sya pgen mlahirkan dgn normal krn itu jg lbih baik unt baby,tp d sisi lain sya jg mrasa ketakutan dgn kejdian kmrin..maaf y dok klo pnjang,,trimakasih klo dokter bkenan mmberikan info yg tntuny akn sngat bmanfaat unt sya..
hi bun salam kenal..turut bduka bun yg sabar yaa..
mf bun..sy mo tny bunda melahirkn d usia berapa w??trus tanda2 ud kontraksi dlu ato KPD dlu??
coz sy jg KPD d usia 29w n gk ada kontraksi sm skali,wktu lair ddek romeo jg gk nangis bun..d ksh hidup smggu d nicu..
 
  #14  
Old
anis s...   TS 
 
Location: Pasuruan
Posts: 573
 
Replying to: View Post
hi bun salam kenal..turut bduka bun yg sabar yaa..
mf bun..sy mo tny bunda melahirkn d usia berapa w??trus tanda2 ud kontraksi dlu ato KPD dlu??
coz sy jg KPD d usia 29w n gk ada kontraksi sm skali,wktu lair ddek romeo jg gk nangis bun..d ksh hidup smggu d nicu..
bunda diah.. bunda rahanna.. saya turut berduka ya bund gatau deh perasaannya jd bunda waktu itu gmana.. bunda riahanna.. waktu itu penyebab KPDnya apa ya??
 
  #15  
Old
riahan...
 
Posts: 192
 
Replying to: View Post
bunda diah.. bunda rahanna.. saya turut berduka ya bund gatau deh perasaannya jd bunda waktu itu gmana.. bunda riahanna.. waktu itu penyebab KPDnya apa ya??
ak sndiri jg krg tau bun..bgn tdr tiba2 air ketuban kluar terus gk bsa bhenti tp kata dokter mgkn infeksi jd klo mo pipis gk boleh d tahan..tp yaa ak jg gk tau bun klo memang Tuhan ijinkn ddek romeo hidup pasti dy hidup appun carax .. sbg ortu cm bsa mengikhlaskn ddek romeo d jaga Tuhan d surga
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Akibat KPD (Ketuban Pecah Dini) -- Diskusi Umum 21
apa penyebab pecah ketuban -- Diskusi Umum 8
apa itu KPD (Ketuban Pecah Dini) yu kita bahas??? -- Diskusi Umum 60
ketuban pecah dini -- Diskusi Umum 2
ketuban pecah dini -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 09:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com