Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
Met kenal jg ya bunda rissa..^_^
Sblmny makasi ya utk jwbnnya,bs mngurangi galau aq nih,hehe..

Iya bun rncananya mmg mau ke dokter lg,tp dokter aq cuti 1 minggu,weew..
Ok de aq cb tnggu slesai haid dlu ya,nnti bru aq cb bromokriptinnya..tp efeknya lumayan ya yg bunda rissa rasakan stlah mnum obat itu..--__--
Tp insya Allah nurut dokter jg ky bunda risaa..
Makaaassi yaa..
Ttp semangatt utk para bunda..
efeknya cuma 1 minggu .. kata org kaya mabok hamil muda, tapi semua itu rela aja di jalanin demi kesembuhan bukan

tetap semangat ya .. semoga lekas Hamil aminnn
 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
  #32  
Old
gekmas...
 
Posts: 4
Default prolaktin tinggi

Lam kenal bund
Kemarin ak periksa dokter ternyt kdr prolaktin ak tinggi skitr 38,20. Stlh USG trans vaginal ternyt bener gak ada telur yg matang. Jd sedih. Biasanya trs ada telur matang mgkn krna akhir2 ini stres. Kepala jg sering migrain mgkn krna hormon prolaktin tinggi.
Kita hrs tetap semangat ♈‎​ªäaª bund. Mdh2n kita segera dpt baby
 
  #33  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
Lam kenal bund
Kemarin ak periksa dokter ternyt kdr prolaktin ak tinggi skitr 38,20. Stlh USG trans vaginal ternyt bener gak ada telur yg matang. Jd sedih. Biasanya trs ada telur matang mgkn krna akhir2 ini stres. Kepala jg sering migrain mgkn krna hormon prolaktin tinggi.
Kita hrs tetap semangat ♈‎​ªäaª bund. Mdh2n kita segera dpt baby

iya masih lumayan punyaqu kayaknya paling tinggi prolaktin nya
alhamdulilah aku sekarang udah hamil 9week bund
 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
  #34  
Old
dhinni...
 
Posts: 1
 
hai bunda2,,

saia td mlm jg bru dr dokter,saia baru merit 3 bulan n bulan ini telat 2 minggu lebih tp ternyata belum hamil n mens saia nyeri n lemes banget,
setelah konsultasi ternyata dokter bilang prolaktin saia tinggi *saia g periksa lab lho bund* tp saia g d kasi obat macem2 cuma vitamin doang buat stamina n penyubur,
saia n suami yg minum,sebener'a saia takut konsumsi obat macem2 krna saia toh masi muda n takut ada efek samping'a,tp yaa mdh2an usaha'a ada hasil'a yaa bund,
dokter bilang prolaktin ini menganggu pembuahan,yg tadi'a udh mw pembuahan d gagalin ama ini hormon jd saya lum hamil jg,
dokter cuma nyaranin kurangi n kalo bisa jgn mkn telur n ayam dulu bund,
mudah2an sharing'a bermanfaat yaa bund
salam kenal
 
  #35  
Old
Rere81...
 
Posts: 46
 
bun.. setelah menikah, sy sering telat haid.. kdg 2-3 bulan br dpt...
sampai skrg sy blum dpt momongan...
skrg sy sering pusing-pusing bun.. apa itu tanda hormon prolaktin meningkat?
 
  #36  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
bun.. setelah menikah, sy sering telat haid.. kdg 2-3 bulan br dpt...
sampai skrg sy blum dpt momongan...
skrg sy sering pusing-pusing bun.. apa itu tanda hormon prolaktin meningkat?

hanya test di lab lah yang bisa menjawabnya bund, karena lebih akurat
murah aja kok bund kemarin aku cuma 175rb. gag ada salahnya di cek, syukur2 enggak bund ya
 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
  #37  
Old
Mona W...
 
Posts: 1
 
Hi para bunda,

seneng bisa saling share dan berbagi pengalaman.
pengen share jg ne, aku kan sdh punya anak satu, yg sekarang genap berusia 3thn, nah kami sedang program punya anak ke 2, berhubung kemarin anak pertama perempuan, sekarang pengen nya laki-laki.
Saya sudah program di RS Harapan Kita, sdh dari bulan Juli (krn lepas minum pil kb br 1 bln yg lalu), dan Septembeer baru mulai ke dokter kandungan lg. Setiap ke dokter pasti di kasih profertil, 1 bulan terakhir, baru di kasih parlodel, dan saya di suruh tes prolaktin, dan hasil nya 18. Tapi kenapa kata dokter, prolaktin saya tinggi dan tidak ada telur yg di buahi ya? Dan mau di turunkan di angka 7. Saya jadi sedih, padahal saya berpikir kalau prolaktin saya masih dalam batas normal. Dan saya di suruh minum cripsa atau parlodel, yg katanya dalam 1 bulan saja, belum tentu telur saya sudah matang :'(

Kok bisa gitu sih ya, padahal saya hamil anak pertama, setelah 3 bulan menikah. Sekarang di vonis prolaktin saya tinggi.
Apa iya angka 18 itu kadar masih tinggi sekali? please sharing nya ya para bunda dan mama..

Tks byk
 
  #38  
Old
Lilik ...
 
Posts: 17
 
tetap semangat bunda,,, tetap posotive thinking, kita disini saling support, Alloh memudahkan segala kesulitan..amiin..
 
  #39  
Old
vifa...
 
Posts: 42
 
Replying to: View Post
Dear Bunda ...

ijinkan saya share pengalaman pribadi saya ya ..
siapa tau dengan adanya pengalam saya ini, bisa sedikit membantu bunda2 yang sampai sekarang belum di karuniai anak...dan sedikit bisa berbagi pengalaman, siapa tau ada yang pernah mengalaminya seperti saya

singkat aja ya ceritanya :
usia pernikahan saya tergolong masih muda, bukan Mei ini memasuki 6 bulan,
tetapi bulan ke bulan saya tak kunjung di berikan kehamilan.
inisiatiflah saya program ke salah satu dikter kandungan:

1. saya datang ke spog waktu haid dapat 2 hari, sampai di ruangan dokter saya di USG, kata dokter, rahim saya posisinya sudah bagus, tidak ada kista, karena masih mens saya di anjurkan datang di hari ke 9,10,11 karena di hari itu kata dokter bisa memantau sel telur. setelah di usg, saya memang berinisiatif untuk cek TORCH lengkap 10 Parameter. dan si dokter menambahi tes-tes lab lainnya selain TORCH termasuk hormon prolaktin. kata dokter hormon prolaktin salah satu penghambat kesuburan dan susah hamil. okeii .. rujukan sudah saya terima dan saat itu juga saya cek ke Lab.


2. hasil lab sudah saya dapatkan. analisa dokter untuk visus2 TORCH saya aman, karena hasilnya negatif semua (padahal saya pelihara kucing banyak sekali di rumah) #alhamdulilah dalam hati. lalau dokter kaget dengan hasil "HORMON PROLAKTIN" kadar normal hormon ini berkisar 4.00 - 23.00 sedangkan hasil lab saya menunjukkan di angka yang sangat amazing yaitu 324.6 WOWWW jauh dari batas normal.

kata dokter. Hormon prolaktin itu dalah hormon menyusui, pusat hormon tersebut letaknya di otak, jadi otaklah yang memberikan stimulus itu. dalam artian kalau hormon prolaktin tinggi maka wanita itu susah hamil karena kondisi rahim selalu dalam keadaan tidak subur karena tidak ada sel telur yang mau berkembang. padahal saya belum hamil dan belum punya anak, sehingga mustabil memproduksi hormon menyusui. tapi payudara sama sekali tidak mengeluarkan air susu.

oke setelah itu dokter periksa USG Trans Vaginal untuk membuktikan analisanya tadi ... Jedeeerrrrrr ternyata hasil analisa lab dan keadaan kandungan saya sangat kompak sekali.
hasilnya :
dinding rahim saya tipis dan tidak ada sel telur yang tumbuh, ada 1 butir sel telur itupun sangat kecil hanya 4 mm yang seharusnya di hari aku periksa ukurannya bisa besar.

itulah mengapa sampai skrg aku susah hamil

3. setelah itu saya di sarankan CT Scan untuk melihat apakah ada benjolan di otak, karena hormon prolaktin memicu tumor otak apabila tidak di turunkan kadarnya. hasil lab sudah saya dapatkan dan alhamdulilah lagi tampak normal otak saya tidak ada kelainan. lalu dokter memberikan obat penurun hormon prolaktine yaitu CRIPSA BROMOCRIPTIN, untuk di minum selama 2 minggu. setelah itu saya harus ke lab lagi tuk tau kadar prolaktin sudah turun atau belum

4. hasil lab sudah saya terima lagi dan WOWWW senang bgt, hormon saya sudah turun di angka 12, 4. dan kata dokter hormon saya sudah turun pesat. langkah selanjutnya ttp meminum obat Bromocriptine dengan dosis yg di turunkan. apabila HAID hari 1 saya wajib konsultasi dengan dokter dan stop konsumsi obat tsbt. apabila tidak hais, ttp minum sampai dengan tgl 20 Juni lalu akan diadakan tindakan tertentu, mungkin USG TransV lagi.

kesimpulannya :

untuk bunda-bunda gag ada salahnya yuuk di coba test di lab Hormon Prolaktin, tapi sebelumnya konsultasi ke dokter dulu.

apa salahnya kita berusaha di awal daripada nanti sudah terlalu lama di diamkan.

untuk tarif lab untuk cek Hormon Prolaktin sekitar 175ribu.


copy paste dari google :

Prolaktin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar hipofisis di otak. Bila kadar prolaktin tinggi akan menyebabkan reaksi umpan balik negatif yang membatasi produksi dua hormon yang punya peran penting dalam proses ovulasi yakni hormon GnRH dan FSH. Kedua hormon ini yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sel telur dalam ovarium. Bila kadar prolaktin dalam badan tinggi, ovulasi tidak akan terjadi dan menyebabkan susah hamil.

ternyata HORMON PROLAKTIN gag bisa kita remehkan
ciri2 hormon prolaktin tinggi ;
• 90 persen mengeluarkan air susu dari payudara. Dalam istilah medis disebut galaktore.
• Sakit kepala yang teramat sangat.
• Gangguan penglihatan.
• Siklus haid tidak teratur (tidak haid selama kurang lebih 3 bulan).
• Sulit hamil


Diagnosa
Untuk mengetahui kadar prolaktin dalam darah bisa dilakukan tes darah di laboratorium. Dokter juga mungkin menyarankan beberapa tes lagi seperti:
• CT / MRI otak untuk melihat apakah terdapat tumor pada kelenjar hipofisis. Bila tumor tersebut membesar, dapat menekan saraf sehingga menyebabkan pusing, hingga gangguan penglihatan. Biasanya disertai pula dengan amenorrhea (tidak haid).
• Ujian penglihatan: untuk memastikan Anda tidak mengalami komplikasi penglihatan.




Semoga bermanfaat bunda .. minta doanya semoga saya bisa subur lagi
dan saya doakan bunda2 yang belum hamil dapat segera hamil. tidak ada yg tidak mungkin bagi Allah, selama kita selalu berdoa n berusaha


maaf kepanjangan ya ceritanya .. semoga thread saya ini bermanfaat bagi bunda2 semua.
mkasih bgd infonya bunda,aku juga ada msalah sma hormon tpi ga tauw jelas cma dikasih obat namanya CYCLO PROGYNOVA,mdah"an ga ada apa" ya bundd aminnn

bund selain ciri" diatas yg bunda sebutkan ada lagi ciri" yg lain ga bund.??
mkasihh banyak ya bund

semangat buat dpt dede bayinya
 
  #40  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
Met kenal jg ya bunda rissa..^_^
Sblmny makasi ya utk jwbnnya,bs mngurangi galau aq nih,hehe..

Iya bun rncananya mmg mau ke dokter lg,tp dokter aq cuti 1 minggu,weew..
Ok de aq cb tnggu slesai haid dlu ya,nnti bru aq cb bromokriptinnya..tp efeknya lumayan ya yg bunda rissa rasakan stlah mnum obat itu..--__--
Tp insya Allah nurut dokter jg ky bunda risaa..
Makaaassi yaa..
Ttp semangatt utk para bunda..

iya bund efel minum obatnya kaya lagi mabok hamil 1 bulan

tapi gag masalah demi kesembuhan bunda

sukses ya bunda, semoga cepat sembuh n cepat hamil amiinnn

---------- Post added at 16:10 ---------- Previous post was at 16:08 ----------

Replying to: View Post
Hi para bunda,

seneng bisa saling share dan berbagi pengalaman.
pengen share jg ne, aku kan sdh punya anak satu, yg sekarang genap berusia 3thn, nah kami sedang program punya anak ke 2, berhubung kemarin anak pertama perempuan, sekarang pengen nya laki-laki.
Saya sudah program di RS Harapan Kita, sdh dari bulan Juli (krn lepas minum pil kb br 1 bln yg lalu), dan Septembeer baru mulai ke dokter kandungan lg. Setiap ke dokter pasti di kasih profertil, 1 bulan terakhir, baru di kasih parlodel, dan saya di suruh tes prolaktin, dan hasil nya 18. Tapi kenapa kata dokter, prolaktin saya tinggi dan tidak ada telur yg di buahi ya? Dan mau di turunkan di angka 7. Saya jadi sedih, padahal saya berpikir kalau prolaktin saya masih dalam batas normal. Dan saya di suruh minum cripsa atau parlodel, yg katanya dalam 1 bulan saja, belum tentu telur saya sudah matang :'(

Kok bisa gitu sih ya, padahal saya hamil anak pertama, setelah 3 bulan menikah. Sekarang di vonis prolaktin saya tinggi.
Apa iya angka 18 itu kadar masih tinggi sekali? please sharing nya ya para bunda dan mama..

Tks byk

menurutku masih normal, karena "HORMON PROLAKTIN" kadar normal hormon ini berkisar 4.00 - 23.00


 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
  #41  
Old
Prisch...
 
Posts: 2
 
Hallo,salam kenal smuanya...
Saya menikah januari 2012,sampe saat ini blm hamil jg... Sblm mrrid uda test TORCH,hasil negatif smua... Tp blm kunjung hamil jg, d bulan maret says mulai ke dokter kandungan... Yg tidak ada hasilnya jg... Lalu baru sebulan ini saya beralih ke profesor yg specialis androlog... Saya di suruh test darah,dan hasilny pun prolaktin 16,tp prof bilang ini sangat tinggi dan susah jika untuk hamil... Maka sata d beri obat CRIPSA 1X1hari tiap mlm... Baru 2mlm ini saya mnm,efeknya dasyat sekali... Pusing putar2,mual,badan sakit smua,lemeess seharian... Huuuuuft...

Yg saya maw tanyakan,bunda Mona Wijaya...
Qm ke dokter spesialis jg?
Kata prof saya,prolaktin harus jadi 7 jg soalnya...

Untuk bunda2 lainya, semoga promilnya berjalan lancar ya...
Mohon bantu doa jg, supaya yg blm hamil bisa secepatnya hamil...
 
  #42  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
Hallo,salam kenal smuanya...
Saya menikah januari 2012,sampe saat ini blm hamil jg... Sblm mrrid uda test TORCH,hasil negatif smua... Tp blm kunjung hamil jg, d bulan maret says mulai ke dokter kandungan... Yg tidak ada hasilnya jg... Lalu baru sebulan ini saya beralih ke profesor yg specialis androlog... Saya di suruh test darah,dan hasilny pun prolaktin 16,tp prof bilang ini sangat tinggi dan susah jika untuk hamil... Maka sata d beri obat CRIPSA 1X1hari tiap mlm... Baru 2mlm ini saya mnm,efeknya dasyat sekali... Pusing putar2,mual,badan sakit smua,lemeess seharian... Huuuuuft...

Yg saya maw tanyakan,bunda Mona Wijaya...
Qm ke dokter spesialis jg?
Kata prof saya,prolaktin harus jadi 7 jg soalnya...

Untuk bunda2 lainya, semoga promilnya berjalan lancar ya...
Mohon bantu doa jg, supaya yg blm hamil bisa secepatnya hamil...

saya bantu jawab ya bund
harusnya 16 termasuk normal sih bund
memang efek obat cripsa memang seperti itu biasanya di 1 minggu pertama (pengalaman soalnya)

kemarin saya ke dokter kandungan ngeceknya trus di rujuk ke Lab bund .. biasanya habis konsumsi obat cripsa habis di rujuk ke lab lagi untuk liat apakah sudah turun kadarnya.

sukses yah bunda .. di telatenin aja n ttp semangat insya allah bisa nyusul saya
 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
  #43  
Old
meeras...
 
Location: Bandung-Balikpapan
Posts: 26
 
Bunda rissa, sblm tes lab prolaktin ini, haid bunda teratur gak? Keluar air susu jg?
Baiknya tes prolaktin itu di haid hari ke brp ya? Dan baiknya jam brp? Krn pernah baca, utk tes hormon trtentu, disarankan utk tes pagi2 jam 7-10 pagi. Tks ya bunda...
 
Still trying to: less complaining - more grateful
  #44  
Old
Bunda ...
 
Posts: 80
 
aammiinn... thanks infony y bunda, saya juga lagi menunggu n sangat berharap bisa hamil )
 
  #45  
Old
rissa...   TS 
 
Posts: 402
 
Replying to: View Post
Bunda rissa, sblm tes lab prolaktin ini, haid bunda teratur gak? Keluar air susu jg?
Baiknya tes prolaktin itu di haid hari ke brp ya? Dan baiknya jam brp? Krn pernah baca, utk tes hormon trtentu, disarankan utk tes pagi2 jam 7-10 pagi. Tks ya bunda...
test prolaktinnya aku lupa kapan itu bund .. kyaknya gg wajib patokan habis haid keberapa deh .. tapi setauku kyaknya hari ke 10 - 13 setelah haid bund

kemarin aku test lab ambil darahnya pagi sih bund, sebelumnya aku puasa dulu .. gag makan dari jam 10 malam, besoknya paginya baru ke lab ambil darah.

---------- Post added at 13:14 ---------- Previous post was at 13:14 ----------

Replying to: View Post
aammiinn... thanks infony y bunda, saya juga lagi menunggu n sangat berharap bisa hamil )

tetap semnagat ya Bunda Chey
semoga buldep udah hamil amiin
 
u're the best gift from allah .. love u my baby in my womb
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Terlambat datang bulan,,,,"""" -- Diskusi Umum 6
obat herbal "gamat" dan "spirulina" -- Diskusi Umum 36
Salam Kenal..mhn info ttg kehamilan krn kmrn "+" tp hr ini "-" -- Diskusi Umum 3
salam kenal,,bunda yg udah "+" hamil absen dulu -- Kenalan Yuk! 4
"Titik hitam" apa sudah pasti kantung hamil? -- Diskusi Umum 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:01.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com