Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
ai nee...   TS 
 
Posts: 288
Default PLACENTA PREVIA, help para bunda ...

Dear bunda-bunda sekalian ...

Di usia 22w baru-baru ini saya melakukan USG dan diketahui bahwa Placenta Previa dimana Placentanya menghalangi jalan lahir, bisa menyebabkan pendarahan di uk 7 bulan, selain itu sangat dipantangkan untuk berhubungan badan dengan suami.

Aduh bunda, galau berat. Bukan masalah HB dengan suami karena kebetulan suami tipe yang cukup sabar walau tidak dikasih jatah, tapi saya sangat takut karena ketika browsing di mbah google, wanita hamil dengan Placenta Previa itu bisa menyebabkan pendarahan di usia 7 bulan sehingga membahayakan nyawa ibu dan menyebabkan bayi lahir prematur.

Saya sempat bertanya pada dokter tetapi dokternya hanya bilang tergantung keajaiban karena Placentanya ada yang bisa bergeser kembali normal, tapi ada juga yang tetap di situ sehingga nanti harus lahiran saecar.

Lahiran saecar tidak apa asalkan bayi saya selamat, lahir di usia kandungan yang cukup dengan berat yang cukup dan saya juga diberi panjang usia.
Para bunda di sini adakah yang pernah mengalami Placenta Previa namun kemudian Placentanya balik ke posisi normal?
Kalau ada, apa saja yang bunda lakukan ketika itu sehingga Placentanya normal kembali?
Tolong bantuannya ya para bunda ...

---------- Post added at 15:15 ---------- Previous post was at 12:58 ----------

Halo para bunda ... ada yang bisa bantu ngga ya?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Tari D...
 
Posts: 438
 
bun kmrn smpet ktmu ama istri ny tmn suami, beliau baru kehilangan anak ny saat persalinan uk 34w krna PP (smga anak kita panjang umur yah bun)
beliau nyaranin saya utk terapi sujud sehari 15menit, banyak minum air putih dn konsul dokter yg bsa bner2 mengarahkan jln keluar

alhamdulillah bun kmrn usg plasenta ny udh bgus ini jga saya jd ganti dokter, smga msh bsa bergeser yah bun dn dede ny panjang umur
 
  #3  
Old
ranie ...
 
Location: Medan
Posts: 1,535
 
twnang aja bund,kk spuou aq jg pp pas 4 bkn dy pendarahan trus smpt gnti dsog krn dsog ptma cuma d suntik pnguat aja,nah pas gnti dsog di kasih obat mlalui miss v nya bund trus gk bedarah lg smpe 9 bln lahir normal deh

jd pp bukan berarti hrus sc bund
 
  #4  
Old
vamen2...
 
Posts: 256
 
saya juga placenta previa bun,udah 2x usg placenta nya masih nutupin jalan lahir.banyak yg support aku,katanya banyakin sujud n dilamain.sujud nya sampai dada menyentuh ke lantai,yg lama n rutin tiap pagi aku jalani.itu hal yg sekarang aku lakukan,mau di usg lagi karna penentuan aku lahirannya normal/sc.aku udah siapin mental untuk sc,tapi kita harus berfikir positif untuk lahiran normal.jadi jangan patah semangat y bunda,awal2 aku tau hal itu juga langsung down.
semangat y bunda!!!apa pun keputusan akhir kita normal/sc,itu adalah jalan terbaik n teraman untuk kita para bunda n debay...aku UK 27W.
 
  #5  
Old
ai nee...   TS 
 
Posts: 288
 
Aamiin bunda semua. Terima kasih atas saran-sarannya. Sekarang saya gitu juga bunda, tiap ada kesempatan saya sujud, trus kalau malam-malam ngerasain gerakan baby nya di perut saya ajakin ngomong supaya babynya mau bawa placentanya kembali normal dan kepala dede nya supaya di bawah, semoga saja babynya ngerti. Saya takut banget bunda ... masalahnya ini kehamilan pertama saya dan memang saya baru hamil setelah setahun pernikahan dengan suami. Saya hamil di atas usia 30 tahun mungkin itu salah satu faktor saya Placenta Previa, karena saya baca di artikel sih seperti itu bunda. Dokternya bilang bisa berubah seiring usia kandungan, haduhhh kemarin dapet dokter yang males banget menjelaskan sehingga saya ngga tahu kalau Placenta Previa saya tergolong yang marginal, total, atau parsial. Semoga saja masih bisa kembali ke normal, aamiin.
Bunda-bunda di sini, uk nya berapa dan HPL kapan? Senang banget denger ada bunda yang lahiran normal walau awalnya Placenta Previa.
Semoga saya juga lancar sampai lahiran nanti, semoga Tuhan melindungi saya dan calon bayi saya ini, semoga kami dipanjangkan usia agar bisa saling menjaga hingga anak saya dewasa dan saya punya cucu dari dia, aamiin. Heheheee ... ^___^

---------- Post added at 12:13 ---------- Previous post was at 12:05 ----------

Oh bunda Vamen sudah uk 27w ya ... terus berusaha ya bunda, semoga kita semua diberkati olehNya, aamiin bunda.
Saya beneran down bunda begitu tahu. Untung suami selalu support, kata suami harus terus pikiran positif.
Maklum bund, saya tipe yang melankolis sedangkan suami tipe yang optimis. Kalau saya bawaannya cepet down dan mewek terus. Tapi sekarang agak tenang karena ada yang Placentanya balik normal.
Kebetulan ini saya lagi flu berat ... batuk dan pilek ... jadi rencana pengen ke SpoG lagi mau minta resep obat flu buat ibu hamil sekalian mau minta USG kembali dan minta dokternya menjelaskan lebih detail karena sekarang saya sedikit banyak tau tenang Placenta Previa setelah banyak baca-baca artikel di internet, padahal baru seminggu yang lalu saya ke SpoG. Heheheee ...
 
  #6  
Old
vamen2...
 
Posts: 256
 
sama bun...aku juga lagi flu berat n demam...mungkin karna faktor cuaca juga...kalau aku umur masih 23thn,tapi placenta previa totalis lagi...kebanyakan dokter n bidan ditanyain masalah placenta previa pada ga ada yg tau penyebab pastinya terjadi placenta previa bun....ini kehamilanku yg ke3,yg ke2 keguguran di UK 10W,yg pertama lahir normal....makanya aku juga heran kenapa aku bisa kayak gini....
 
  #7  
Old
ai nee...   TS 
 
Posts: 288
 
Oh iya bunda, saya baca di artikel juga kalau sebelumnya pernah keguguran juga menjadi pemicu di kehamilan berikutnya terjadi Placenta Previa. Kalau saya mungkin karena hamilnya di usia 30 tahun bunda.
Aduuuhh, ya semoga saja kehamilan kita diberkati selalu oleh Allah SWT ya bunda, Aamiin.
 
  #8  
Old
vamen2...
 
Posts: 256
 
iya bun...aku lagi h2c nih,nunggu usg lagi yg bakalan jadi penentuan aku lahir sesar/normal..........aku udah berusaha setiap hari sujud lama sampai 10 menitan,aku lagi sakit jadi aja cuma 5 menit....
 
  #9  
Old
lullab...
 
Posts: 905
 
bener bun,,PP bs jd krn mengalami keguguran sblmnya,,krn adanya jaringan parut di rahim bunda akibat luka keguguran,,tp biasanya ini klo dikuret,,klo keguguran spontan,,ya gag..krn kan alami..dlu kk ku bayi tabung bun,,PP totalis..pendarahan pas u.k 6bl,,tp gpp kok...slm penangannya cpt n lgs bedrest...g bahaya..kk ku bs melahirkan scr sesar di usia 39w...jgn panik bun,,yg pntg jgn kcapekan n angkat2 yg berat dlu..
 
A mom to be, with her bloated stomach, puffy hands
and feet, heavy body, but those all are for something
worth, priceless, and precious.
  #10  
Old
tete...
 
Posts: 71
 
Siang bunda2...
aku mau nanya donk bund, gejala2 nya apa aja sih bund klo kt PP?
aku lagi hamil 24 W , jd parno senditi bunda...
 
  #11  
Old
vamen2...
 
Posts: 256
 
bunda lullaby>>>aku UK 28W alhamdulillah ga pernah pendarahan,sering naik motor n kadang angkat barang berat gitu.kerja sampai 6 bulanan lebih,sekarang resign.baru kemarin aku usg lagi,masih dibawah ari2 nya.tapi untungnya dokter nya baik banget,dia support aku bahwa ari2 nya masih bisa berubah...walau pake bpjs dapet rujukan dari puskesmas untuk usg,usg nya gratis tapi dokter n perawat nya pada baik2...alhamdulillah...
 
  #12  
Old
babybo...
 
Posts: 221
 
Sore bun, sy jg kata dokter ada cenderung pplasenta previa parsial. Insha allah bs berubah seiring dgn bertambah besarnya usia kehamilan kita. Kalo yg total yg susah krn menutup seluruh jln masuk....kt dokter sujud or nungging belum sll pasti bakalan bergeser tuh plasenta. Posisi nungging dan sujud hnya merubah posisi kepala bayi ke arah jalan keluar. Yg bs kita lakukan hnya berdoa sj ikhlas sj bun. Berharap posisi plasenta bergeser.
 
  #13  
Old
ai nee...   TS 
 
Posts: 288
 
Replying to: View Post
Sore bun, sy jg kata dokter ada cenderung pplasenta previa parsial. Insha allah bs berubah seiring dgn bertambah besarnya usia kehamilan kita. Kalo yg total yg susah krn menutup seluruh jln masuk....kt dokter sujud or nungging belum sll pasti bakalan bergeser tuh plasenta. Posisi nungging dan sujud hnya merubah posisi kepala bayi ke arah jalan keluar. Yg bs kita lakukan hnya berdoa sj ikhlas sj bun. Berharap posisi plasenta bergeser.
Hallo Bunda, ini thread lama banget yak, 3 tahun yg lalu, tp saya share lg yakk Bunda, yg lalu saya pendarahan 3 kali dan akhirnya anak saya keluar dini, usia 34 atau 35 w gitu krn disuruh caesar spontan sama dokter untuk nyelamatkan bayinya. Alhamdulillah kami berdua ngga kenapa2.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Placenta Previa -- Diskusi Umum 0
placenta previa -- Diskusi Umum 8
placenta previa ni bun ad sedikit info nya -- Diskusi Umum 0
placenta previa totalis -- Diskusi Umum 6
placenta previa totalis -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com