Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mama f...   TS 
 
Posts: 4
Smile kehamilan dengan plasenta previa, share ya

hi mommy2 semuanya.
aku skrg lagi hamil ank ke 2 uk 24w dengan posisi ari2 di bwh (istilah kedokteran ny plasenta previa). dokter bilang hrs caesar kl ntar ampe waktuny lahir msh blm bergerak jg ari2 ny.

aku sich ga pernah keluar flek cm awal2 kehamilan usia 8w berasa kontraksi nyeri2 di perut bawah.

ad yg pernah mengalami ga ya?share ke aku donk.

thx be4
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nayluf...
 
Posts: 211
 
memang betul bun klo plasenta previa it nda da plhan lain selain SC soalny bs membahayakan ibu n janinny..
tetanggaq jg gt 1 minggu lg mw diSC nunggu 37w..
tpi msh bs berputar mgkin bun..
trz berdoa sm yg maha kuasa ya bun..
semangaaaaattt..
 
  #3  
Old
kiki r...
 
Posts: 543
 
Replying to: View Post
hi mommy2 semuanya.
aku skrg lagi hamil ank ke 2 uk 24w dengan posisi ari2 di bwh (istilah kedokteran ny plasenta previa). dokter bilang hrs caesar kl ntar ampe waktuny lahir msh blm bergerak jg ari2 ny.

aku sich ga pernah keluar flek cm awal2 kehamilan usia 8w berasa kontraksi nyeri2 di perut bawah.

ad yg pernah mengalami ga ya?share ke aku donk.

thx be4
pagi mama felicia...
bukan pengalamanku sih bund,,tanteku placenta previa,dri UK 24w udh di diagnosa placenta previa,,
pas hmil 7 bulanan tnteku pendarahan bund,,akhirnya pas cukup bulan di lakukanlah tindakan SC bund,,demi kselamatan bunda n babynya...
stauku sih bund plasenta bisa brubah posisi,,soalnya aq wktu hmil 5 atau 6 bulanan plasenta sbagian nutupin jalan lahir,,tpi pas 8 bulan plasenta udah di atas,,dan akhirnya aq bisa lahiran normal,,smoga plasentany bisa geser y bund,,n bunda bisa lahiran normal,,amiin
 
My Keyvaro Aufa Ahmadinejad
  #4  
Old
bunda ...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 1,235
 
kalo PP biasanya harus d SC bund tapi itu juga gimana PP nya coba tanya sama dr nya PP nya totalis ap bukan kalo misalnya masih marginalis bisa kemungkinan geser lagi placentanya kita berdoa aj ya bund.... masalahnya kalo totalis jalan lahir ketutup placenta n bisa pendarahan aktif ngeri bund kasian bunda n dede jadi harus langsung SC...
 
  #5  
Old
fathin...
 
Posts: 849
 
saya kemarin jg PP totalis nutup jalan lahir.
Waktu awal2 hamil juga flek terus sampe 2 bulan.
Setelah itu ga lg.
Tp kalau capek sedikit aja suka flek darah.
Walaupun kehamilan saya IUFD di uk 30w.
Melahirkannya harus dg cara secar.
Padahal 2 minggu sblm iufd saya ke dokter, bayiku masih sehat.
 
  #6  
Old
mama f...   TS 
 
Posts: 4
 
thx ya bunda2 semua ats info ny.
iya nich tiap hari berdoa trs biar bs lahir normal
 
  #7  
Old
amadia...
 
Posts: 22
 
Sya kemarin juga dibilang klo PP bund .
Sekarang UK 20W.
Sempat mengalami 2x pendarahan. Tapi alhamdulillah debay sehat.
Dokter juga bilang klo placentanya ga bergeser harus SC.
Semoga kits bisa lahiran normal ya bund...
 
Terima kasih ya Allah atas anugerahmu. Bidadari kecil yang sehat. Semoga kami bisa menjaga Dan mendidik amanah-Mu ini dengan baik.
  #8  
Old
yunna...
 
Posts: 890
 
Bunda,aku kmrn uk 26w dokter juga blg aku plasenta dibwh,tp Ĝɑ̤̥̈̊>:/ menutup jln lahir,hnya low lying plasenta,hny ditepi jln lahir.. Aku juga sering berdoa agak plasenta bisa naik,juga sering sujud tiap pagi n mlm... Aku juga sering flek2 bunda,tp mudah2an dgn sujud tiap hr plasenta ku bergeser..
Diajak ngmg dd nya bunda...mudah2an qt smua bisa lahir normal
 
<3 luv my cutie baby n my hubby <3
  #9  
Old
aliefa...
 
Posts: 15
 
Aku juga pp bun gak total sih, sekarang uk 22w, aku gak pernah flek bun, tp dokter bilang begitu jd sukses buat aku susah tidur, walapun dokter juga ngomong santai aja, masih bisa bergeser seiring berkembangnya janin.
 
  #10  
Old
mimi i...
 
Posts: 911
 
Meminta" Pertolongan Si Plasenta Previa
http://www.facebook.com/groups/gentl...6444531116223/
coba bunda dibuka link-nya...semoga bisa membantu......
 
menanti kehadiranmu adalah kebahagiaan...my baby..
  #11  
Old
Idha N...
 
Posts: 52
 
saya juga bund, waktu usia 19w, dokter blg klo placentanya letaknya terlalu di bawah...tp kata dokter masih bisa geser tergantung debaynya

sekarang usia udah 26w,sabtu besok mau USG lagi bund,mohon doanya ya bund...moga2 c debay bisa geser2in placentanya
 
  #12  
Old
angyun...
 
Posts: 1
 
sama bund...
dua minggu yang lalu wkt uk 23w, ak konsul ke obgyn, katanya letak placenta dibawah....trus ak tanya ma dokternya kira2 saya harus ngapain dok biar placenta bisa naik ke atas, dokter bilang ga ada yg bisa dilakuin...yaudah akhirnya ak cari2 sndiri di inet, tapi emang g ada, sampai nemu satu web yg bilang klo mau naikin placenta nglakuin excercise, dan jgn lupa ngomong ma baby nya biar dibantuin....walhasil dua minggu kemudian cek, kata dokternya alhamdulillah placentanya udah naik ke atas n g nutupin jalan lahir...
 
  #13  
Old
d3vy...
 
Posts: 38
 
Replying to: View Post
saya kemarin jg PP totalis nutup jalan lahir.
Waktu awal2 hamil juga flek terus sampe 2 bulan.
Setelah itu ga lg.
Tp kalau capek sedikit aja suka flek darah.
Walaupun kehamilan saya IUFD di uk 30w.
Melahirkannya harus dg cara secar.
Padahal 2 minggu sblm iufd saya ke dokter, bayiku masih sehat.
Bun, salam kenal.... merasa senasib. saya juga iufd di minggu 29. cesar juga. pdhal 2 hari sebelumnya cek dan baby sehat.
walau sudah 6 bulan berlalu, kadang masih sedih juga :'(
 
  #14  
Old
putri8...
 
Posts: 145
 
Banyak keajaiban terjadi di Bumi Sehat, yayasan yang dibina oleh Ibu Robin Lim. Saya tahu itu dari posting-posting beliau di facebook. Yang paling fantastis adalah pada suatu kasus gawat janin yang sudah tidak bernafas selama 3 jam, namun dengan doa dan upaya, janin tersebut akhirnya bernafas normal tanpa ada gejala kerusakan otak. Entah energi apa yang membuat segala keajaiban itu terjadi, mungkin daya spiritual Ibu Robin Lim yang sangat tinggi, atau memang rata-rata penduduk Bali punya optimisme dan mental berharap yang bagus, jarang berburuk sangka. Maka dari itu saya ingin menyebarkan satu saja dari sekian kasus fantastis yang terjadi di sana. Moga bisa menjadi bahan pembelajaran dan perenungan buat kita semua. Berikut adalah cerita Ibu Robin tentang pengalamannya dengan kasus plasenta previa.

Li Wati gembira bukan main saat mengetahui dirinya sedang hamil anak kedua. Anak pertamanya, Niti, dulu lahir dengan lembut dan penuh cinta di rumah. Kebetulan yayasan kami, Bumi Sehat, baru saja resmi dibuka tak jauh dari rumahnya, maka dengan penuh antusias ia ingin melahirkan secara waterbirth di Bumi Sehat bersama para bidan yang dulu juga menolong persalinan pertamanya. Namun, mimpi indah itu ternyata terusik oleh kejadian perdarahan di usia kandungan 16 minggu.

Flek selama kehamilan salah satunya dapat menjadi tanda adanya suatu kelainan yang jarang terjadi namun sangat berbahaya, yang disebut Plasenta Previa: yakni saat posisi plasenta di dalam rahim begitu rendahnya hingga menutupi mulut rahim. Bila plasenta tersebut secara total menutupi serviks, pasien bisa mengalami perdarahan hebat saat nanti kontraksi persalinan mulai terjadi, dan sudah pasti sangat beresiko pada kehidupan ibu maupun janinnya.

Begitu Li Wati melaporkan perdarahannya, saya membawanya untuk USG ke DSOG yang masih kolega baik saya, dr. Wedagama. Hasil USG menunjukkan bahwa plasenta secara total tumbuh menutupi jalan lahir, complete Placenta Previa. Ini berarti tidak ada jalan lain, kelahiran nanti harus melalui operasi cesar. Li Wati menangis sedih karena dia sangat menginginkan persalinan normal, bukan SC. Saya menganjurkan agar kita semua ‘bicara’ kepada plasenta: ‘Plasenta sang pelindung…tolong lakukan usaha terbaikmu untuk naik, menjauhi serviks sehingga kamu, ibu, dan bayi bisa aman dan selamat.’ Kami juga bicara kepada sang bayi: “Bayi, kamu harus bilang ke plasentamu, minta dia untuk berpindah ke utara dalam rahim ibumu, sehingga kamu mungkin bisa lahir secara normal.’

Dokter Wedagama memberikan tatapan aneh kepada saya. Saya tahu dia menganggap ini gila. ‘Well’ ujarnya dengan penuh keraguan, ‘ini sangat butuh keajaiban, tapi tidak ada ruginya dicoba.’ Dia terus membuat mimik wajah yang sangat aneh keheranan sehingga Li Wati tak kuasa tertawa serta menghapus air matanya. Kami menyuruhnya bed rest selama beberapa minggu untuk menghilangkan tekanan pada serviks guna mencegah terjadinya dilatasi akibat menanggung tumpuan plasenta di atasnya. Saya juga minta agar kita semua tetap fokus, yakin, satu visi, sehingga plasenta dapat melakukan usaha terbaiknya untuk naik dan tidak terganggu oleh keraguan maupun kecemasan kita. Dengan begitu maka seharusnya perdarahan akan berhenti, dan kami tidak perlu lagi melakukan USG hingga nanti usia kandungan Li Wati mencapai 8 setengah bulan.

Setelah beberapa minggu melakukan bed rest, Li Wati pelan-pelan mulai bangun dan bergerak, tapi dia berusaha untuk tidak pernah mengangkat benda apapun atau membuat tubuhnya lelah. Dia secara seimbang beristirahat, beraktifitas, makan sehat, minum banyak air putih, dan mengkonsumsi vitamin organik ‘Perfect Prenatal’ sumbangan dari New Chapter. dIa juga terus melakukan perbincangan dengan plasenta. Dia bicara dan terus bicara padanya, memintanya untuk memberikan jalan yang aman buat sang bayi. Saya juga selalu ikut dalam komunikasi ini, bersama keluarganya, dan seluruh staf Bumi Sehat. Bicara kepada plasenta bayi Li Wati telah menjadi sebuah proyek bagi seluruh desa.

Dua minggu sebelum due date, kami datang lagi ke tempat praktek dr. Wedagama. Dokter itu tampak tegang penuh dilema, seperti merasa bahwa dia dan alat USG nya akan menjadi pembawa kabar buruk. Sebenarnya dia juga sangat berharap agar ibu ini jangan sampai mengalami operasi SC, namun dia tahu semua kondisi ini adalah kontra indikasi untuk persalinan normal. Dia mempersiapkan alat-alat lebih lambat dari biasanya. Akhirnya, dia mengoleskan gel dingin pada perut Li Wati dan menempelkan alat USG di atasnya, mencoba melihat hasil perjuangan, doa dan pengharapan kami selama berbulan-bulan ini.

Saat dr. Wedagama pertama-tama mencari di separuh rahim bawah, kami hanya melihat kepala bayi, sudah masuk panggul dengan sempurna. Tapi mana plasentanya? Dia bergerak ke atas sedikit, sedikit lagi, lalu balik turun, terus ke atas lagi, mencari pelan-pelan. Akhirnya jauh di atas sana, setinggi posisi yang seharusnya terjadi pada kasus normal, di sanalah kami melihat plasenta berada, plasenta yang luar biasa.. Sang pelindung ini ternyata mampu mendengar dan bertindak. Li Wati akan bisa melahirkan normal seperti yang selalu didoakannya. Setelah melompat-lompat kegirangan, dr. Wedagama bertanya ‘ibu ingin tahu jenis kelaminnya?’ Li Wati berkata ‘tidak perlu dokter, saya akan menunggu sampai saat lahir apakah bayi ini laki-laki atau perempuan. Saya sudah sangat bahagia cukup dengan mendengar bahwa saya tidak perlu dioperasi’

Tiga minggu kemudian (minggu 41), Kakak Edi lahir di dalam kolam bersalin penuh bunga-bunga. Saat si plasenta keluar, kami menaruhnya dalam mangkuk khusus dan menaburinya dengan bunga, mengucapkan terima kasih karena ia telah melakukan sebuah keajaiban.
 
  #15  
Old
lindat...
 
Location: Bogor
Posts: 33
 
Hai Bunda,

Saya saat ini hamil 15 w 5 d, dari 8 w, saya mengalami flek merah darah segar, yang dokter simpulkan bahwa Plasenta saya ada di bawah.

Baca kisah di Bumi Sehat saya terharu sekali, saya jadi berpikir positif terus tentang kehamilan saya ini..
Thank you for sharing..Doakan semoga kehamilan saya berujung indah yaaa...saya sangat menantikan sekali bayi ini, karena sudah menunggu 1,5 tahun
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil dengan Plasenta Previa -- Ngobrol Apa Saja 3
Plasenta Previa -- Diskusi Umum 0
plasenta previa -- Kenalan Yuk! 1
Plasenta Previa -- Diskusi Umum 34
Plasenta previa total -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com