Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
RoriMa...   TS 
 
Posts: 6
Default Cara Memandikan Bayi yang Benar


Banyak ibu yang baru saja melahirkan bayi pertamanya masih was-was dan ragu untuk mengurus bayinya dari mulai menggendong hingga memandikan. Maka dari itu sebagian ibu ini menyerahkan semuanya kepada asisten rumah tangga atau baby sitter. Tetapi mengurus bayi diri sendiri itu lebih baik karena kita sebagai ibu pun akan mendapatkan pengalaman langsung untuk ke depannya atau kalau punya anak lagi.

Dalam hal memandikan bayi, kita harus teliti dan hati-hati karena kulit bayi masih sangat sensitif. Cobalah tips memandikan bayi yang saya dapatkan dari twitter Prenagen ini semoga dapat membantu. Secara umum yang perlu dibersihkan lebih dulu sebelum mulai memandikan bayi adalah mulut, mata, telinga dan alat kelaminnya. Usai pemanasan, lakukan langkah-langkah berikut:

Replying to:
  1. Taruh bayi di atas perlak. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belum puput.
  2. Tutupi tubuh bayi bisa dengan kain bedong atau handuk kecil agar tak kedinginan karena Anda akan mengeramasi kepalanya lebih dulu.
  3. Pegang punggung & leher bayi dengan telapak tangan kiri sementara ibu jari & telunjuk menutup telinga kanan & kiri agar tidak masuk air.
  4. Dengan tangan kanan, basuh kepalanya pakai air dari baskom pertama. Tuang sedikit shampoo ke rambutnya, lalu keramasi dengan lembut. Hati-hati terhadap ubun-ubunnya yang masih sangat lembut. Jaga jangan sampai sampo mengenai mata bayi.
  5. Ambil waslap pertama, celupkan ke dalam air di baskom pertama, lalu bilas kepalanya dengan lembut.
  6. Selanjutnya buka penutup tubuh bayi, basuh tubuhnya dengan air dari baskom kedua. Sabuni bagian depan tubuhnya. Tak apa-apa bila tali pusatnya yang belum puput terkena air atau sabun.
  7. Perlahan miringkan tubuhnya ke kiri dan kanan dengan memiringkan kepalanya untuk menyabuni belakang tubuhnya.
  8. Selanjutnya pegang tangan kanan bayi berganti dengan tangan kiri, kaki kanan dan kiri untuk disabuni pula. Lakukan secara lembut.
  9. Ambil waslap kedua, celupkan ke dalam air di baskom kedua, lalu bilas tubuh si bayi.
  10. Setelah itu angkat si bayi untuk dimasukkan ke dalam bak mandinya. Sangga punggung dan lehernya dengan lengan kiri sementara telapak tangan Anda menyangga ketiak kirinya. Lakukan bilasan terakhir dengan membasuh seluruh tubuhnya, dimulai dari bagian kepala. Usahakan jangan lama-lama agar bayi tidak kedinginan.
  11. Setelah tak ada bekas busa sabun dan shampoo, angkat bayi dan letakkan di atas handuk yang telah disiapkan, tepat di tengah-tengah.
  12. Tutup tubuh bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri dan kanan, lalu keringkan kepalanya dengan "sisa" handuk di bagian atas.
  13. Setelah itu keringkan seluruh tubuhnya, tangan dan kaki.
  14. Pindahkan si bayi ke susunan pakaiannya. Perhatikan tali pusatnya. Bersihkan dengan cotton buds yang dibasahi alkohol 70% bila terdapat kerak di pinggiran pusar maupun kotoran di bagian dalamnya. Lalu libat pangkal tali pusat dengan kasa steril yang sudah dicelup alkohol 70 persen.
  15. Olesi perut dan punggung bayi dengan minyak telon. Beri bedak. Boleh juga diberi krim pada daerah lipatan paha.
  16. Setelah itu pakaikan popoknya, baru kemudian bajunya. Selanjutnya sisir rambutnya.
  17. Nah, si kecil sekarang sudah bersih dan wangi.
Sekian tips cara memandikan bayi yang benar. Semoga berguna dan para ibu tidak perlu takut lagi untuk mengurus bayinya sendiri.

Via
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
tri ya...
 
Location: Malang
Posts: 1,693
 
bunda rori...nice info nich
 
  #3  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
kalo udah puput pusar gimana?
 
Alhamdulillah
  #4  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Wastafel dapur bisa menjadi tempat yang bagus untuk memandikan bayi Anda (dengan keran yang telah ditutup, dan handuk atau busa lembut di bawahnya), atau Anda bisa menggunakan tempat mandi bayi kecil dan terbuat dari plastik, yang ditempatkan di dalam bak rendam ukuran dewasa, untuk membantu Anda lebih mudah untuk memegang bayi
  1. Mulailah dengan mengisi bak mandinya dengan beberapa cm air hangat. Pastikan suhu air mandi bayi Anda antara 32,2-37,8 derajat Celcius. Setelah bak mandi terisi air, aduk air dengan tangan sehingga panas air dapat merata dan tidak berkumpul di satu tempat.
  2. Sebelum memasukkan bayi Anda di air, uji suhu air menggunakan bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan air tidak terlalu panas. CATATAN: Pastikan alat pemanas air di rumah Anda diatur tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk mencegah perubahan suhu air yang mendadak.
  3. Gunakan satu tangan ibu untuk menopang punggung, kepala, dan leher bayi dengan lembut. Lalu, pelan-pelan masukkan bayi ke air. Terus topang bayi dengan satu tangan saat ibu membersihkan tubuh bayi dengan tangan yang lain.
  4. Bersihkan area sekitar mata bayi dengan lembut menggunakan cotton pad yang telah dilembapkan dengan air hangat yang bersih. Gunakan cotton pad baru untuk masing-masing mata dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Kemudian, usap area sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi menggunakan handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher dan jangan lupa bagian belakang telinganya!
  5. Untuk bayi yang lebih muda, basahkan waslap bayi dengan air hangat dan gunakan pembersih lembut yang diformulasikan untuk bayi, seperti JOHNSON'S® TOP-TO-TOE® baby wash. Jika rambut bayi Anda lebat, Anda dapat mencoba sampo yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby shampoo. Jangan takut untuk mencuci bagian kepala bayi yang lunak (disebut fontanel) dengan lembut.
  6. Area popok adalah bagian tubuh yang terakhir dicuci. Untuk bayi perempuan, bersihkan area kelamin dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, cuci penis dan area kelamin, juga bersihkan dari depan ke belakang, lalu keringkan sepenuhnya. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) ke belakang.
  7. Biarkan bayi Anda meluangkan waktu sebentar di kamar mandi untuk menikmati air hangat. Tuang semangkuk air ke tubuhnya agar tetap hangat. Hati-hati mengucurkan air langsung dari keran, karena suhu air bisa berubah secara mendadak.
  8. Selimuti bayi dengan kedua tangan Anda, melewati daerah sekitar dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lalu topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, dan angkat dia keluar dari bak mandi, kemudian segera balut si kecil dengan handuk.
  9. Keringkan bayi Anda dengan baik hingga ke bagian lipatan tubuhnya, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi kulit. Keringkan dengan perlahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk hingga kering untuk menghindari kerusakan kulit.
  10. Sebelum memakaikan baju pada bayi, oleskan pelembap bayi yang lembut, seperti JOHNSON'S® baby lotiondengan kandungan antialergi yang secara klinis terbukti lembut dan ringan untuk bayi. Itulah tips merawat bayi dan memandikan bayi yang dapat ibu terapkan.
Semoga bermanfaat ya bun
 
  #5  
Old
Alvion...
 
Posts: 52
 
Makasiihh bund adindajulia infonya... buat catatan nih..
 
  #6  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
sama2 bunda
 
  #7  
Old
adinda...
Non-aktif
 
Posts: 245
 
cara memandikan bayi yang benar
 
  #8  
Old
BundaS...
 
Posts: 79
 
kalau untuk cara memandikan bayi baru lahir mungkin ada tambahan khusus ngga bunda bunda?
 
  #9  
Old
listen...
 
Posts: 28
 
infonya bermanfaat bund. makasih.
ini aku berbagi info tentang manfaat dongeng untuk anak
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
baju bayi|selimut bayi|tas bayi|perlengkapan bayi aneka harga -- Area Promosi 1
Bagaimana cara aturan pakai yang benar mengkonsumsi beberapa vitamin?? -- Diskusi Umum 3
cara menambah berat badan bayi dlm rahim -- Diskusi Umum 48
Surat dari bayi yang di aborsi -- Diskusi Umum 0
Apa Benar Ibu Yang Melahirkan Banyak Anak Akan Memiliki Jantung Yang Lebih -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:54.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com